Apa istilah atau nama penyanyi lagu daerah yang diiringi musik tradisional di jawa Sunda dan Bali?

(1)

Setelah mempelajari Bab 11, siswa diharapkan mampu:

    1. Mengidentifikasi teknik dan gaya bernyanyi lagu tradisional. 2. Mengidentifikasi gaya bernyanyi lagu tradisional.

    3. Membandingkan teknik dan gaya dalam bernyanyi lagu tradisional.

    4. Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam berlatih teknik dan gaya dalam bernyanyi lagu tradisional.

    5. Menunjukkan sikap disiplin dalam berlatih berlatih teknik dan gaya dalam bernyanyi lagu tradisional.

    6. Menyanyikan lagu tradisional.

    7. Mengomunikasikan keunikan dalam bernyanyi lagu tradisional tradisional.

    (2)

    1

    3

    5

    2

    4

    6

    Setiap suku memiliki lagu yang berbahasa ibu yaitu menggunakan bahasa daerah. Me nyanyikan lagu daerah biasanya diiringi dengan alat musik tradisional. Indonesia memiliki lagu dan alat musik tradisional yang mendapat pengaruh dari berbagai negara seperti India, China, Portugis, serta negara-negara lainnya. Perhatikan dan amati beberapa gambar di bawah ini!

    Sumber : Kemdikbud, 2014

    Setelah mengamati beberapa gambar atau melalui pengamatan pertunjukan musik, jawablah pertanyaan di bawah ini.

    1. Jelaskan 2 ciri lagu daerah!

    2. Jelaskan prinsip-prinsip menyanyikan lagu daerah!

    (3)

    Tahukah kamu bahwa setiap suku di Indonesia me-miliki la gu-lagu daerah. Lagu-lagu ini menggunakan bahasa dae rah se tempat. Lagu-lagu daerah biasanya diiringi de ngan se pe rang kat alat musik daerah yang sering disebut de ngan kara witan. Is ti-lah karawitan untuk menunjuk pada se pe rangkat alat musik tradisional secara lengkap.

    Kebanyakan karya-karya seni musik (karawitan) yang di main kan dengan berbagai ansambel gamelan ataupun pertunjukan lain bia sa nya bersifat tradisional dan anonimus. Oleh karena itu, usia se buah komposisi karawitan sangat sulit untuk ditentukan. Se ring kali seorang pemain/seniman ahli karawitan menambah atau me ngu rangi komposisi karawitan yang dimainkan, begitu juga be berapa gaya. Pada musik karawitan Betawi gaya dalam gam bang kro mong disebut liaw

    sangat lazim pa da pe ri ode tertentu dan wilayah yang tertentu.

    Komposisi karawitan dapat mengembangkan perbedaan-per be daan dari sebuah wilayah dengan wilayah lainnya se pan jang waktu. Inilah yang menyebabkan munculnya gaya yang ber beda-beda. Ga ya mu sikal adalah ciri khas atau ka rakteristik mu si kal yang dihasilkan dari beberapa kondisi.

    A. Teknik dan Gaya Menyanyi Lagu Daerah

    Sumber : Kemdikbud, 2014

    1. Gaya lokal, adalah karakteristik cara menyanyikan lagu daerah yang berbeda dengan daerah lainnya. Pada isu globalisasi, disebut sebagai entitas lokal genius.

    2. Gaya individual, adalah tipologi karakteristik seorang tokoh pencipta lagu-lagu yang membedakannya dengan pencipta lagu-lagu lainnya.

    (4)

    Pada pertunjukan lagu-lagu daerah sering dibawakan oleh se o rang penyanyi. Penyanyi lagu daerah yang diiringi musik Tradisional di Jawa disebut dengan Sinden, demikian ju ga di Sunda dan juga Bali. Di daerah Sumatra Utara sering di sebut dengan Perkolong-kolong. Di Kalimantan dise but dengan Madihin yaitu menyanyikan pantun-pantun de ngan di i ri ngi tabuhan gendang. Setiap daerah memiliki nama tersendiri bagi seorang penyanyi yang diiringi dengan or kes trasi musik tradisional.

    B. Menyanyi Secara Unisono

    Menyanyikan lagu-lagu daerah ada yang dilakukan se ca ra seorang diri tetapi ada juga yang dilakukan secara ber ke lom pok. Madihin misalnya yang menyanyikan pantun se o rang diri sekaligus sebagai pemusiknya. Sinden dapat di lakukan secara berkelompok tetapi dapat juga dilakukan se orang diri. Mereka menyanyi dalam satu suara atau sering di se but dengan menyanyi secara unisono. Menyanyi secara unisono membutuhkan kerjasama antara anggota kelompok karena jika berbeda sendiri suaranya akan terlihat tidak bagus. Menyanyi pada masyarakat sering dilakukan sesuai de ngan kebutuhan. Ada lagu-lagu yang dinyanyikan pada saat upa cara tertentu seperti pernikahan, kelahiran, kematian, atau permainan. Ada juga lagu-lagu yang berisi nasihat atau san jungan terhadap makhluk sesama. Ibu-ibu di daerah masih se ring menyanyikan lagu nasihat saat menidurkan anaknya. De mi kian juga anak-anak dan remaja masih sering menyanyi sam bil melakukan permainan. Hal ini membuktikan bahwa me nya nyi secara unisono maupun perseorangan sering dilakukan oleh masyarakat.

    (5)

    Mak Inang

    C. Berlatih Teknik dan Gaya Menyanyi Lagu Daerah

    (6)(7)(8)

    D. Uji Kompetensi

    No Judul lagu Makna lagu Pencipta

    1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

    Tuliskan nama lagu, makna lagu, dan pencipta nya pada tabel berikut.

    Sinom

    (9)

    F. Refleksi

    Kamu telah belajar menyanyi lagu daerah de ngan teknik dan gaya sesuai dengan daerah masing-masing. Tentu kamu dapat merasakan perbedaan me nya nyi dengan gaya daerah sesuai lagu itu berasal. Kita perlu memahami dan mempelajari budaya-budaya daerah lain selain budaya kita sendiri. Dengan mempelajari bahasa daerah lain melalui nyanyian kita dapat memahami makna dan arti lagu tersebut dalam kehidupan bermasyarakat. Sekarang tuliskan pengalaman kamu ketika bertemu atau berkunjung ke daerah lain yang memiliki budaya yang berbeda denganmu!

    E. Rangkuman

    Setiap daerah di Indonesia memiliki lagu-lagu dengan ba hasa daerah. Setiap daerah memiliki teknik dan gaya da lam menyanyikan lagu tersebut. Lagu-lagu daerah bia sanya memiliki nasehat dalam menjalani kehidupan. Ada juga lagu-lagu daerah yang bersifat dolanan. Lagu-lagu ini dinyanyikan oleh anak-anak dan remaja. Mereka ber nyanyi sambil melakukan permainan tradisional.

    (10)

    1. Penilaian Pribadi

    Saya berusaha menyanyikan lagu tradisonal di daerah saya dengan sungguh-sungguh.

    oYa oTidak

    2

    Saya berusaha menyanyikan lagu tradisional daerah lain dengan sung-guh-sungguh.

    oYa oTidak

    3

    Saya mengikuti pembelajaran menyanyikan lagu daerah dengan tang-gung jawab.

    oYa oTidak

    4

    Saya mengajukan pertanyaan jika ada yang tidak dipahami pada saat pembelajaran menyanyikan lagu daerah.

    oYa oTidak

    5

    Saya berperan aktif dalam kelompok pada pembelajaran menyanyikan lagu

    daerah.

    oYa oTidak

    (11)

    Generasi muda saat sekarang ini kurang tertarik mempelajari dan mau menjadi penyanyi lagu tradisional. Ini disebabkan menjadi penyanyi lagu tradisional tidak menjanjikan secara materi untuk masa depan. Di sisi lain, penyanyi lagu tradisional diperlukan agar kelestarian lagu tradisional tetap terjaga sepanjang masa.

    2. Penilaian Antarteman

    1 Berusaha belajar dengan sungguh-sungguh untuk dapat menyanyikan lagu daerah. oYa oTidak

    2

    Mengikuti pembelajaran dengan penuh perhatian sehingga dapat

    menyanyikan lagu daerah. oYa oTidak

    3

    Mengajukan pertanyaan jika ada yang tidak dipahami pada pembela-jaran menyanyikan lagu daerah.

    oYa oTidak

    4 Berperan aktif dalam kelompok berlatih oYa o menyanyikan lagu daerah. Tidak

    5 Menyerahkan tugas tepat waktu tentang menyanyikan lagu daerah. oYa oTidak

    6 Menghargai keunikan ragam menyanyikan lagu daerah. oYa oTidak

    Baca lebih lajut