Apa itu offset dalam sepak bola

Suara.com - Berikut ini pengertian offside dalam sepak bola. Offside adalah salah satu aturan yang penting dalam permainan sepak bola.

Sebab, seorang pemain sepak bola bisa saja berada dalam posisi offside ketika menerima bola dan pertandingan harus dihentikan oleh wasit.

Bagi sebuah tim sepak bola, offside merupakan aturan yang bisa dimanfaatkan sebagai sebuah strategi, baik ketika mereka dalam posisi menyerang atau bertahan.

Untuk tim yang sedang menyerang, posisi pemain yang offside bisa saja menjadi salah satu pengecoh pemain bertahan lawan. Sebaliknya, tim yang bertahan juga bisa menggunakan strategi offside untuk menjebak pemain lawan.

Baca Juga: Daftar Pertandingan Sepakbola Ditunda karena Ratu Elizabeth Meninggal Dunia

Pertandingan uji coba Timnas Indonesia U-19 vs Persija Jakarta di Stadion PTIK, Jakarta, Senin (6/9/2022). (Dok. PSSI).

Mengenal Aturan Offside dalam Permainan Sepak Bola

Pengertian Offside dalam permainan sepak bola sudah diterangkan dalam Hukum 11 pada aturan Laws of the Games yang disusun oleh International Football Association Board (IFAB) alias Badan Asosiasi Sepak Bola Internasional.

Menurut Hukum Laws of the Game, posisi offside tidak dianggap sebagai suatu pelanggaran.

Offside dianggap terjadi apabila seorang pemain berada di lapangan yang posisinya di belakang lawan.

Kedua pemain Persebaya dan Madura United berebut bola dalam laga lanjutan Liga 1 2022/2023. (Twitter/@irfanirfanmaul4)

Seorang pemain dinyatakan offside apabila tersentuh bola atau menerima operan dari rekan satu timnya, tapi posisi pemain tersebut berada lebih dekat dengan garis gawang lawan setelah kiper.

Baca Juga: Hasil Pertandingan Liga Europa: MU, AS Roma Kalah, Lazio Menang Besar

Dengan kata lain, offside merupakan salah satu istilah dalam permainan sepak bola yang terjadi ketika seorang pemain berada di area permainan lawan dan posisinya di belakang lawan ketika bola diumpan atau dikirimkan kepadanya.

Daftar isi

  • 1 Jelaskan apa yang dimaksud dengan offset piston?
  • 2 Apa yang dimaksud offset dalam permainan sepak bola?
  • 3 Apa yang dimaksud dengan oversize pada piston?
  • 4 Kenapa bisa terjadi offside?

Maksud offset di piston secara sederhana adalah meletakan posisi pen piston yang tidak benar-benar di tengah. Offset di piston sendiri berfungsi untuk mengurangi gesekan antara seher dengan boring. Ketika seher naik, piston sedikit menggesek permukaan boring.

Apa yang dimaksud offset dalam permainan sepak bola?

Biasanya, offside merupakan suatu keadaan di mana posisi pemain sepak bola berada di area lawan ketika bola sedang dioperkan menuju dirinya, sedangkan tidak ada pemain lawan setelahnya selain penjaga gawang. Hukuman yang diberikan pemain bola yang berdiri offside yaitu tendangan bebas atau free kick.

Apa pengertian offset dalam permainan sepak bola?

Offside (bahasa Indonesia:Luar posisi) adalah salah satu aturan sepak bola, yang terkodifikasi dalam Hukum ke-11 dari Laws of the Game. Undang-undang FIFA tersebut menyatakan bahwa seorang pemain di luar area permainan atau offside, apabila tersentuh bola atau menerima umpan bola dari rekan satu tim, dengan keadaan …

Apa yang dimaksud dengan offset dalam permainan sepak bola?

Apa yang dimaksud dengan oversize pada piston?

Oversize piston diartikan sebagai cara memodifikasi mesin motor dengan cara memperbesar ukuran atau diameter pada piston motor. Variasi ukuran untuk oversize motor biasanya menggunakan kenaikan setiap 0,25 mm yaitu ukuran 25, 50, 75, hingga 100 untuk besar oversize maksimal.

Kenapa bisa terjadi offside?

Bagaimana Offside Bisa Terjadi dalam Pertandingan Sepak Bola? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, offside terjadi jika ada penyerang lebih dekat dengan gawang daripada pemain bertahan sebelum bola diumpan.

Apa yang Dimaksud dengan offside dalam permainan bola voli?

Berikut penjelasannya. Off side adalah situasi yang menyatakan atau situasi yang sedang di jalani pada saati itu dimana bola lebih dekat dengan gawang lawan di bandingkan dengan posisi pemain lawan.

Apa yang dimaksud dengan offset?

Offset (istilah dalam ilmu komputer) Cetak offset, teknik cetak yang banyak digunakan, di mana citra (image) bertinta di-transfer (atau di- "offset") terlebih dahulu dari plat ke lembaran karet.

Mengapa pemain dikatakan off side?

Disukai komunitas kami. Pemain sepak bola dinyatakan off side apabila pemain tersebut berada di garis pertahanan lawan tanpa dijaga oleh pemain bek lawan!

Kenapa terjadi offset?

OFFSIDE terjadi jika seorang pemain diberikan bola ketika berada lebih dekat dengan garis gawang lawan dibanding posisi pemain lawan. Biasanya, situasi ini digunakan para pemain belakang sebagai bagian dari taktik untuk menjebak lawan.