Apa perbedaan antara malaikat dan manusia?

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Lihat
Sumber: Unsplash.com

Malaikat merupakan makhluk ghaib yang diciptakan untuk taat kepada Allah SWT. Meskipun bersifat ghaib (tidak dapat dirasakan oleh indera manusia), tetapi keberadaannya wajib diyakini dengan hati.

ADVERTISEMENT

Beberapa manusia yang dikehendaki Allah SWT dapat melihat wujud malaikat yang tengah menampakkan diri, tentunya dengan wujud yang berbeda dengan aslinya. Kisah mengenai penampakan malaikat tersebut dijelaskan dalam al-Quran maupun hadits.

Keberadaan malaikat wajib diimani oleh setiap muslim karena itu merupakan Rukun Iman kedua. Salah satu cara agar dapat meningkatkan keimanan kepada malaikat yakni dengan mengetahui sifat-sifatnya yang membedakannya dengan manusia.

Sifat Malaikat yang Membedakannya dengan Manusia

Mengutip dari buku yang berjudul buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti oleh Dr. H. Rudi Ahmad Suryadi, M.Ag. dan Sumiyati, S.Ag., M.M terdapat 6 sifat malaikat yang perlu diketahui oleh seorang muslim.

1. Malaikat diciptakan dari Nur (Cahaya)

Berbeda dengan manusia yang diciptakan dari tanah, malaikat diciptakan dari cahaya. Hal ini membuat malaikat menjadi salah satu makhluk yang tak kasat mata.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Lihat
Sumber: Unsplash.com

2. Malaikat selalu patuh dan berbakti pada Allah SWT

ADVERTISEMENT

Malaikat tidak memiliki nafsu. Sehingga, ketika ia diperintahkan untuk bersujud kepada Allah, ia akan terus bersujud tanpa lelah. Berbeda dengan manusia yang memiliki nafsu dan membuatnya tidak luput dari dosa dan lupa.

3. Malaikat dapat berubah bentuk

Karena diciptakan dari cahaya, malaikat bisa berubah wujud sesuai kehendak Allah. Malaikat Jibril terkadang menghampiri Nabi Muhammad SAW dengan menyamar seperti sahabat bernama Dihyah al-Kalbi dan terkadang seperti sahabat dari Arab Badui.

4. Malaikat tidak makan dan tidak minum

Karena tidak memiliki nafsu, maka malaikat pun tidak membutuhkan makanan dan minuman. Ia akan tetap hidup sesuai kehendak Allah meskipun tidak makan dan minum. Berbeda dengan manusia yang harus makan dan minum untuk bertahan hidup.

ADVERTISEMENT

5. Malaikat tidak berjenis kelamin

Malaikat tidak berjenis kelamin seperti manusia di mana ada laki-laki dan perempuan.

6. Malaikat tidak pernah letih dan tidak pula berhenti beribadah kepada Allah

Malaikat diciptakan untuk selalu menaati apa yang diperintahkan Allah SWT. Jika diperintahkan untuk bertasbih, maka malaikat akan bertasbih hingga kapan pun, bahkan hingga hari kiamat. Allah berfirman dalam AlQuran pada surat Al-Anbiya ayat 20 yang berbunyi:

يُسَبِّحُونَ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ لَا يَفْتُرُونَ

Artinya: Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti- hentinya." (QS. Al-Anbiya: 20)

Dalam artikel ilmiah berjudul Metode Bercakap-Cakap Bagi Anak Usia Dini (Analisis deskriptif terhadap Al-Qur`an Surat Al-Baqarah : 30-33) oleh Elfan Fanhas F Kh, ada juga beberapa sifat lain malaikat yang berdasarkan Alquran.

ADVERTISEMENT
  • Malaikat tidak memiliki sifat angkuh dan rasa lelah, sebagaimana termaktub dalam Alquran:

dan milik-Nya lah siapa yang dilangit dan di bumi. Dan (malaikat-malaikatt) yang disisi-Nya, tidak mempunyai rasa angkuh untuk menyembahNya dan tidak (pula) merasa lelah." (Q.S. Al-Anbiya 21:19)

  • Malaikat tidak memiliki sifat membangkang dan selalu mengerjakan apapun perintahNya.

Hal ini sejalan dengan firman Allah S.W.T yang artinya:

...mereka (malaikat-malaikat itu) tidak durhaka kepada Allah S.W.T., terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahNya." (Q.S. At Tahrim 66:6)

(ULY)