Apa saja teknik pembuatan dalam KERAJINAN bahan Lunak



Dalam pembuatan produk kerajinan bahan lunak, terdapat beberapa teknik yang digunakan. Berikut beberapa teknik yang digunakan :
1. Membentuk
Biasanya teknik ini digunakan untuk membuat kerajinan dari tanah liat. Teknik ini sangat bermacam macam, yaitu :
a). Teknik Coil (Lilin Pilin)
Teknik coil merupakan teknik pembentukan yang bebas untuk membuat bentuk bentuk yang kita inginkan.
b). Teknik Putar
Teknik putar merupakan teknik pembentukan yang menggunakan alat putar dan bisa menghasilkan banyak bentuk yang simetris dan bervariasi. Teknik ini sering dipakai leh pengrajin keramik.
c). Teknik Cetak
Teknik ini terbagi dua yaitu : sekali cetak dan cetak berulang. Teknik ini biasa digunakan leh pabrik pabrik keramik dengan produksi massal.

2. Menganyam
Teknik menganyam digunakan untuk pembuatan karya kerajinan bahan lunak dengan karakteristik tertentu. Bahan baku yang digunakan untuk teknik ini berasal dari berbagai tumbuhan yang diambil seratnya, seperti rotan, bambu, daun lontar, daun pandan. Contoh karya kerajinan dengan teknik menganyam: keranjang, tikar, topi dan tas.

3. Menenun
Teknik menenun pada dasar nya hampir sama dengan teknik menganyam, perbedaannya hanya pada alat yang digunakan. Pada kerajinan menenun kita menggunakan alat bantu, sedangkan pada kerajinan menenun kita menggunakan alat yang disebut lungsin dan pakan.

4. Membordir
Bordir merupakan hiasan dari benang pada kain. Istilah lain yang hampir sama dengan bordir adalah sulam.

5. Mengukir
Teknik mengukir meupakan kegiatan menggores, memahat dan menoreh pola pada permukaan benda yang diukir. Pada umumnya, teknik mengukir diterapkan pada bahan kayu. Namun teknik ini dapat pula diterapkan pada bahan lunak lain seperti sabun padat dan lilin.

Video

Advertising