Apa yang dilakukan Hayam Wuruk untuk membuat Majapahit mencapai Kejayaan

Textbook

Penilaian

Hayam Wuruk merupakan raja yang dapat membawa Kerajaan Majapahit menjadi kerajaan yang jaya pada masa pemerintahannya. Hayam wuruk merupakan putra dari Ratu Tribhuwantottunggadewi [1328-1350M]. Pelebaran kekuasaan sudah dimulai sejak masa pemerintahan ibundanya, yakni menyerang Bali yang dipimpin oleh Mahapatih Gajah Mada dan saudaranya dari Minangkabau, yaitu Aryya Wangsadhiraja Adityawarman. Penghancuran tersebut dilakukan karena pemimpin yang berkuasa di Bali [Sri Asta Asura Ratna Bhumi Banten] bertingkah laku jahat dan menyimpang dan sesukanya sendiri. Selain it di masa itu pemerintahan  Ratu Tribhuwantottunggadewi muncullah sumpah Gajah Mada yang buktinya ada pada masa pemerintahan Hayam Wuruk.             Hayam wuruk naik tahta pada tahun 1350M, menggantikan kedudukan ibunya. Masa pemerintahan Hayam Wuruk dianggap masa keemasan kerajaan Majapahit, karena pada masa pemerintahannya, kedamaian yang lama dinantikan terwujud, jarang terjadi konflik kecuali peristiwa Pasundan-Bubat [1357M]. Banyak daerah-daerah di Nusantara yang mengakui kemegahan kerajaan Majapahit, hal tersebut dibuktikan dengan adanya penyerahan upeti secara sukarela dari berbagai daerah untuk Majapahit.                 Berikut daftar perjalanan penting Majapahit di berbagai tlatah Jawa bagian timur. Tahun 1353M melakukan perjalanan ke Pajang, ke pantai Lasem 1354 M, ke pantai selatan 1357 M, pada perjalanan ini juga terjadi tragedi Pasundan-Bubat. Perjalanan ke Lumajang merupakan perjalanan terpanjang [1359M], 1360 M ke Tarib dan Sampur,1361M ia melakukan perjalanan ke Rabut Palah [Kompleks Candi Penataran] untuk memenuhi perintah ibunya yakni mengadakan upacara sradda untuk neneknya Rajapatni Gayatri [1362M].             Setelah tragedi Bubat, pararatonmenyebutkan bahwa Gajah Mada mengundurkan diri dari pemerintahan, yakni untuk “menikmati masa istirahatnya”. Hayam Wuruk menanggapi hal tersebt dengan mengumpulkan dan berembuk dnegan Dewan pertimbangan agungnya yang berjumlah dlapan orang untuk merembukkan siapa yang pantas menggantikan peran Gajah Mada, namun para dewannya menyimpulkan tidak ada yang pantas. Oleh karena itu diangkatlah tiga tokoh untuk mengemban amanah Gajah Mada.               Menurut prasasti Trowulan [1358M] yang memuat nama asli Hayam Wuruk setelah menjadi raja terdapat juga tulisan yang mengatakan bahwa raja dalam melaksanakan pemerintahan dibantu oleh pejabat tingggi utama [patih amangkubhumi/Gajah Mada]. Pejabat tinggi kerajaan disebut tanda [dibawah patih], yang terdiri dari beberapa tingkat. Pada masa pemerintahan Rajasanegara susunan pejabat lebih banyak dari sebelumnya, hal tersebut dapat diketahui dari beberapa prasasti yang dikeluarkan oleh raja. Dalam Nagarakrtagama terdapat penyebutan wilayah-wilayah diluar Jawa yang mengakui kejayaan Majapahit, wilayah tersebut adalah Sumatra, Semenanjung Melayu, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara dan daeran pantai Papua Barat.. ada pula negara yan sudah menjadlin persahabatan dengan Majapahit seperti Syangka [Siam], Ayodhyapura [pedalaman Thailand], Rajapura [bagian selatan Thailand], Darmanagari [Ligor], Marutma [Selatan Thiland], Shinganagari [Sungai Menam], Campa, Kamboja dan Yawana [Vietnam] serta Cina.               Peradaban masyarakat sekitar Mjapahit sudah cukup maju, penduduk di pantai utara di kota-kota pelabuhan kebanyakan menjadi pedagang. Menurut catatan Ma Hua penduduk majapahit pada masa itu 200-300 jiwa. Penduduk sudah memakai baju, kebanyakan laki-laki sudah memegang keris di umur tiga tahun ke atas. Mereka duduk tidak menggunakan bangku, baik laki-laki maupun perempuan senang memakan sirih. Kesenian yang diminati Wayang Beber pedagang pribumi sangat kaya hal tersebut dibutikan oleh kegiatan mereka yang suka membeli batu-batu perhiasan, barang pecah seperti porselin Cina, minyak wangi, kain sutra dan katun. Pembayarannya dengan uang tembaga ina atau Majapahit dari dinasti apapun. Dalam seni Arca, cukup bayak arca yang dihasilkan,  salahsatu ciri yang kuat adalah terdapat garis-garis disekitar Arca. Penggarapan arcanya juga cukup halus, bernilai tinggi karena keindahannya. Bangunan-bangunan suci yang berada dibawah pengawasan dharmmadyaksa [pejabat tinggi keagamaan], bangunan pen-dharma-an [didirikan untuk kerabat raja], penciptaan kitab hukum seperti Kutaramanawa. Karya sastra seperti Nagarakrtagama, Sutasoma, Arjunawijaya dan sebagainya.             Kehidupan religi pada periode Majapahit dikenal dengan konsep dewaraja. Konsep tersebut menjelaskan bahwa raja yang meninggal dianggap bersatu dengan dewa. Banyak yang percaya bahw araja itu adalah dewa itu sendiri yang menjelma menjadi seorang manusia. Untuk menjalankan konsep dewaraja tersebut diperlukan peralatan ritus yang ditujukan untuk mendukung ajaran dewaraja yang sedang dikembangkan. Bangunan suci yang berbentuk candi dianggap melambangkan tiga lapisan dunia kehidupan. Pertama dasar [kaki candi] nafsu keduniawian, kedua bagian tubuh candi yang erlepas dari dunia nafsu duniawi, ketiga atap bangunan [kedewataan]. Konsep tersebut setara dengan konsep tridhatu yang dikenal pada bangunan suci budha.candi dianggap sakral karena dewa-dewa dianggap berada disekitarnya/didalamnya. Jadi candi disimbolkan sebagai tempat bertemunya manusia dengan para dewata.  Konsep pertemuan manusia dengan dewata juga dapat digambarkan melalui relief-relief naratif di candi-candi masa Singhasari-Majapahit, yang dipilih para seniman untuk dipahatkan di relief candi adalah kisah keagamaan.              Mpu Prapanca menyebutkan beberapa mata angin yang dijadikan patokan arah suatu bangunan dalam kompleks pura Rajasanegara. Misalnya terdapat pada pernyataan “kulwan di/dwara waktra mangharapkan ibuh ageng i tngah way edran adalm [disisi barat [kraton] menghadap kearah ibu ageng, ditengahnya terdapat mengalir dalam .....]. Tetapi arah mata angin yang dimaksud Prapanca bukanlah arah mata angin yang sesuai dengan konsep geografis tetapi mngacu pada arah yang lainnya. Meurut Prapanca terdapat kesesuaian antara gambaran penataan Astadikpala denagn arah mata angin khtonis dan yang menjadi titik tengahnya adalah gunung mahameru

           Karya sastra Jawa Kuno merupakan karya sastra yang dihasilkan oleh para pujangga pada masa kerajaan. Sastra jawa kunop setidaknya merupakan hasil rekaman jejak sejarah yang mengkaji beberapa aspek kehidupan pada masa lampau khususnya masa klasik, seperti penataan masyarakat, kehidupan keagamaan, kehidupan istana, kesenian dan aspek kebudayaan lainnya. Kendati demikian karya sastra jawa kuno tidak semuanya bisa ditafsirkan atau menerangkan secara jelas dan terperinci dalam menguraikan peristiwa sejarah dimasa itu. Selain itu harus ada sumber lain yang mendukungnya, seperti artefak [patung] dan sebgainya. Bagian-bagian yang membentuk karya sastra biasanya disebut dengan struktur, maka didalam setiap karya sastra terdapat struktur yang mebentukny antara lain, penokohan, alur dan adegan, latar, dan motif. Keempat komponen tersebutlah yang akan dijadikan patokan selanjutnya dalam membicarakan karya sastra Jawa kuno dan dunia kehidupan yang tergambar didalmnya.  Karya sastera ada kaitannya dengan penggambaran relief candi. Karena untuk menggambarkan sesuatu pada muka relief, harus ada cerita untuk merunut kisah dalam penggambaranya. Sebagian besar para pujangga atau penggubah karya sstra jawa kuno berasal dari lingkungan kaum agamawan. Hal ini disebabkan kemahiran tulis menulis, pengetahuan tentang kaidah susastera, ajaran keagamaan dan pengetahuan lain yang berkenaan dengan sastra tulis dan isinya adalah hal yang layaknya dimiliki kaum agamawan dan menjadi ciri keprofesionalan yang eksklusif. Orang yang betugas dalam bidang keagamaan pada masa jawa kuno disebut wiku.  Diantara mereka ada yang menjalin hubungan akrab dengan istana, sebagi pencatat sejarah suatu istana. Sehingga mereka adpat dikatakan tangan kanan raja setelah patih, bahkan ada juga yang kedudukannya sama, hanya letak wewenangnya saja yang berbeda [pujangga: didalam, disamping raja, patih di luar, khususnya pertahanan negara atau kerajaan.

Kondisi/informasi umum:

Situs Majapahit di Trowulan memiliki sejarah panjang sejak Kerajaan Majapahit didirikan pada tahun 1293 oleh Raden Wijaya [1293-1309]. Setelah kematian Raden Wijaya, pimpinan pemerintahan yang digantikan oleh puteranya yang berdarah Sumatera [ibunya adalah Dara Petak dari Kerajaan Dharmasraya] yakni Prabu Jayanegara [1309-1328] mengalami masa sulit karena pemberontakan di berbagai penjuru negeri. �Selanjutnya kerajaan ini mulai memasuki masa kejayaan diawali dengan pembacaan Sumpah Palapa oleh Mahapatih Gajah Mada pada masa pemerintahan Prabu Tribhuwana Tunggadewi [1328-1350] puteri dari Raden Wijaya dengan Gayatri Rajapatni. Pada masa itu kegiatan perdagangan sangat luas tidak hanya meliputi nusantara namun sampai ke negara-negara di benua Asia sampai Afrika. Puncak kejayaan Kerajaan Majapahit adalah pada masa pemerintahan putera dari Tribhuwana yaitu Prabu Hayam Wuruk pada tahun 1350-1389. Pada masa itu� wilayah bawahan Majapahit yang disebutkan dalam Ngarakatagama, wirama 13 - 16 antara lain:

  1. Negeri Melayu [daerah bawahan pertama] meliputi Jambi, Palembang, Toba, Darmasraya, Kandis, Kahwas, Minangkabau, Siak, Rokan, Kampar, Pane, Kampe, Haru, Mandailing, Tumihang, Perlak, Padang, Hilwas, Samudera, Batan, Lampung, dan Barus.
  2. Pulau Tanjung meliputi terdapat Kapuas, Katingan, Sampit, Kutalingga, Kutawaringin, Sambas, Lawai, Kadangdangan, Landa, Samedang, Tirem, Brunei Kalka, Saludung, Solot, Pasir, Barito, Sawaku, Tabalung, Tanjung Kutai, Malano.
  3. Pahang meliputi Ujung Medini, Lengkasuka, Siamwang [Thailand], Kalanten [Kelantan], Tringgano [Trengganu], Johor, Paka, Muwar, Dungun, Tumasik [Singapura], Kedah Jerai, Kanjapiniran.
  4. Bali meliputi Bedahulu [Bedulu] dan Goa Gajah.
  5. Lombok meliputi Sukun, Taliwang, Dompo, Bima, Seran, Hutan Kadali, Sasak, Bantayan, dan Luwuk.
  6. Makasar, Buton, Banggawi, Kunir, Galiyan, Selayar Sumba, Solot, Muar, Wandan, Ambon, Wanin, Seram, Timor.
  7. Negara asing antara lain Negeri Siam Ayodya Pura, Darma Nagari, Marutma, Singha Nagari, Campa, Kamboja, dan Yawana.

Kerajaan ini mulai mengalami kemunduran sepeninggal Prabu Hayam Wuruk dan mengalami kehancuran pada tahun 1518. Kehancuran Majapahit menyebabkan Trowulan ditinggalkan dan menjadi hutan belantara sampai ditemukan oleh Wardenaar tahun 1815 yang ditugaskan oleh Raffles. Trowulan telah menyisakan sebagian besar tinggalan Majapahit terkubur di bawah tanah, mengalami kehancuran ataupun berubah fungsi dalam perkembangan dinamika pembangunan kota saat ini. Selain perubahan fisik, terjadi pula dinamika terhadap pemaknaan nilai, kebiasaan dan tradisi kehidupan yang berkembang sesuai dengan perkembangan karakter masyarakat yang sekarang menempati kawasan tersebut.

Sejarah:

Bukti-bukti Majapahit tercatat dalam karya sastra yang ditulis oleh para pujangga pada masa kejayaannya, diantaranya kidung dan kakawin yang menggambarkan kehidupan keseharian di Kerajaan Majapahit antara lain kakawin N?garak?t?gama [1365] dari Empu Prapanca, kakawin Arjunawijaya [1375] oleh Empu Tantular, kakawin Sutasoma [ditulis antara tahun 1375 � 1389], dan babad Pararaton [akhir Abad ke-16]. Selain itu bukti keberadaan Kerajaan Majapahit tertulis pula dalam prasasti. Tercatat beberapa prasasti yang terkait dengan Kerajaan Majapahit yaitu Prasasti Kudadu [1294], Prasasti Sukamerta [1296], Prasasti Balawi [1305], dan Prasasti Waringin Pitu [1447]. Keempat prasasti ini menyampaikan uraian dalam bentuk nyanyian dan puisi berbahasa Jawa Kuno dan Sansekerta yang menggambarkan kondisi Kerajaan Majapahit baik dari sisi ekonomi, sosial budaya, politik maupun kondisi alam masa itu, bahkan silsilah keluarga raja, sistem pemerintahan dan penataan ruang kota dapat digambarkan dengan baik. Walaupun informasi ini bisa dijadikan sebagai sumber sejarah namun keakuratan data tentunya dipengaruhi juga oleh unsur subyektif para penulisnya dalam rangka menyenangkan penguasa saat itu.

Trowulan adalah sebuah �situs kota� di Indonesia [Depdikbud, 1986]- yang dikenal dengan sebutan kotaraja karena diyakini sebagai bekas ibu kota Kerajaan Majapahit. Penjarahan artefak mengakibatkan kehilangan dan kehancuran tinggalan cagar budaya Kerajaan Majapahit di Trowulan. Eksploitasi tanah Trowulan ini terus berlanjut sampai tahun 1960 ketika pembuatan linggan [batu bata lokal] mulai marak dengan mempergunakan bahan baku tanah Trowulan. Penggalian tanah dilakukan sampai kedalaman lebih dari 4 meter dengan jumlah tempat produksi bata linggan mencapai 4.000 lokasi pada tahun 1980. Ancaman penghancuran lebih lanjut di Trowulan terus mengintai hingga kini dengan kehadiran para pelaku ekonomi yang seringkali mengorbankan keberadaan cagar budaya dalam aktivitasnya, kebijakan kepala daerah yang tidak selalu berpihak pada pelestarian, di samping beragam kepentingan lainnya baik dari aspek sosial budaya, lingkungan, hingga politik. Disamping kehancuran fisik, maka keberlanjutan tradisi dan nilai sosial budaya dari masa Kerajaan Majapahit yang bersifat non fisik juga turut mengalami perubahan.

Elemen-elemen Saujana:

Tinggalan arkeologi Kerajaan Majapahit berupa pusaka ragawi antara lain gapura, candi, petirtaan, pemakaman kuno, permukiman kuno, struktur pondasi, dan reruntuhan lainnya yang sebagian sudah direstorasi oleh pemerintah dan masih ada tinggalan yang masih terpendam di bawah tanah. Beberapa diantaranya adalah Gapura Wringin Lawang, Gapura Bajang Ratu, Candi Tikus, Candi Kedaton, Situs Lantai Segi Enam, Kompleks Makam Putri Campa, Sitinggil dan lainnya. Selain itu ditemukan pula artefak seperti uang kuno, peralatan rumah tangga, perhiasan emas, keramik dan lain-lain yang disimpan di Museum Trowulan maupun Museum Nasional Indonesia, serta tersebar pula di museum-museum di luar negeri yang menerimanya saat masa penjajahan. Tidak terhitung pula artefak yang telah diperjualbelikan di pasar gelap.

Pusaka tak ragawi antara lain tradisi yang diwariskan dari masa sebelumnya yang masih tetap dijalankan oleh sebagian besar masyarakat Trowulan saat ini. Namun diakui bahwa penerapan tradisi tersebut sangat� dipengaruhi oleh dinamika masyarakat saat ini. Walaupun tidak ada lagi penduduk asli Trowulan dari masa Majapahit, namun penduduk Trowulan saat ini masih cukup aktif dalam berbagai kegiatan tradisi yang dilanjutkan dari masa sebelumnya.

Pusaka alam berupa lingkungan yang terutama terdiri dari persawahan dan kebun yang dikelilingi pegunungan dengan sumber air yang menjadi salah satu kekuatan Kerajaan Majapahit di masa lampau. Tata kelola air dalam keterkaitan dengan irigasi persawahan dan sumber kehidupan masyarakat Trowulan menunjukkan tingginya peradaban pada masa kejayaan Majapahit.

Nilai penting/signifikansinya:

Kawasan Trowulan mengandung tinggalan budaya Majapahit yang sangat padat dan dapat ditafsirkan sebagai pusat kota Majapahit. Sejauh ini, situs perkotaan Majapahit di Trowulan merupakan situs perkotaan tertua dan satu-satunya yang bercorak Hindu-Buda yang pernah ditemukan di Indonesia. Karena itu, situs perkotaan Majapahit ini mempunyai nilai signifikan dalam sejarah perkembangan perkotaan di Indonesia. Selain itu berbagai simbol-simbol pemersatu bangsa Indonesia diinspirasi dari Majapahit antara lain semboyan Bhinneka Tunggal Ika, maupun panji-panji merah putih yang dijadikan sebaga bendera Sang Saka Merah Putih.

Upaya-upaya pelestarian yang pernah dilakukan selama ini [termasuk penelitian/publikasi]:

Penelitian tentang Trowulan pertama kali dilakukan pada tahun 1815 oleh� JWB Wardenaar dan dilanjutkan oleh peneliti lainnya yaitu Maclaine Pont mempublikasikan hasil penelitiannya berjudul �De Kraton van Madjapahit� dalam Oudheidkundige Verslag [1926], serta penelitian lainnya dilakukan oleh peneliti pribumi yaitu Bupati Modjokerto yang bernama Raden Adipati Ario Kromodjojo Adinegoro pada tahun 1921. Selanjutnya beberapa penelitian pada masa kolonial Belanda antara lain Vistarini, Logan, Rigg, dan lainnya yang dilanjutkan pada pasca kemerdekaan oleh para arkeolog serta peneliti dari bidang keilmuan lainnya seperti sejarah, geologi, arsitektur dan lainnya, baik dari dalam maupun luar negeri. Beberapa arkeolog yang tercatat melakukan penelitian di Trowulan adalah Mundardjito, Hassan Djafar, Inayati Adrisijanti, Wayan Ardika, yang kemudian diteruskan ke generasi berikutnya seperti Daud Tanusudirdjo, Arismunandar, Ania Nugraheni, Rochtri Bawono, dan lainnya. Penelitian Arkeologi Terpadu Indonesia [PATI] di Trowulan telah diselenggarakan oleh Yayasan ARSARI Djojohadikusumo sejak tahun 2008 bersama Jurusan Arkeologi dari Universitas Indonesia, Univeritas Gadjah Mada, Universitas Udayana, dan Universitas Hasanuddin. Peneliti dari keilmuan di luar arkeologi antara lain Adrian Perkasa dari keilmuan sejarah, Widjaja Martokusumo dan Catrini Kubontubuh dari keilmuan arsitektur, dan lainnya. Selain itu peneliti luar negeri juga terus berkembang antara lain John Miksic, Adrian Vickers, Michael White, Peter Carey, Arnoud Haag, Amrit Gomperts, dan lainnya.

Sebaran tinggalan Kerajaan Majapahit membentuk saujana pusaka berupa kawasan dengan integrasi pusaka ragawi, tak ragawi, alam dan integrasinya dengan dinamika masyarakat masa kini. Pusaka ragawi yaitu tinggalan fisik cagar budaya seperti candi, petirtaan, gapura dan artefak lainnya. Pusaka tak ragawi antara lain tradisi yang diwariskan dari masa sebelumnya yang masih tetap dijalankan oleh sebagian besar masyarakat Trowulan saat ini. Pusaka alam berupa lingkungan yang terutama terdiri dari persawahan dan kebun yang dikelilingi pegunungan dengan sumber air yang menjadi salah satu kekuatan Kerajaan Majapahit di masa lampau.

Nama Info Kontak Catrini KubontubuhWidjaja MartokusumoPeter CareyAdrian Perkasa
Badan Pelestarian Pusaka Indonesia
Institut Teknologi Bandung
Dewan Pakar Yayasan ARSARI Djojohadikusumo,
Universitas Airlagga

Video yang berhubungan

Bài mới nhất

Chủ Đề