Apa yang dimaksud dengan sel prokariotik dan sel eukariotik Sebutkan contoh makhluk hidupnya?

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Lihat
Ilustrasi sel manusia. Foto: Pixabay

Sel prokariotik dan eukariotik merupakan ruang kecil berdinding membran yang berisi cairan kimia pekat dalam pelarut air. Kedua sel tersebut diketahui menjadi bagian dari semua makhluk hidup.

ADVERTISEMENT

Sel prokariotik sendiri terdapat pada mikroorganisme sel tunggal seperti bakteri. Sedangkan sel eukariotik terdapat pada makroorganisme seperti tumbuhan dan hewan.

Dilansir dari berbagai sumber, kata prokariotik dan eukariotik berasal dari turunan bahasa Yunani, Karyon yang berarti kacang, biji, atau inti. Istilah prokariot memiliki arti pra inti dan eukariot berarti inti yang terbentuk dengan baik.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Lihat
Ilustrasi sel prokariotik. Foto: Wikipedia

Meski keduanya termasuk dalam golongan sel makhluk hidup, prokariotik dan eukariotik memiliki perbedaan yang mendasar. Perbedaan prokariotik dengan eukariotik secara umum adalah sel eukariotik lebih kompleks dan lebih besar dibanding sel prokariotik.

Sementara untuk perbedaan lainnya adalah materi inti sel prokariotik tidak memiliki membran. Sedangkan sel eukariotik mempunyai membran.

Perbedaan kedua sel itu juga dapat dilihat berdasarkan letak DNAnya. Sel prokariotik memiliki DNA yang berada di daerah nukleoid. Sedangkan sel eukariotik DNAnya terletak di dalam nukleolus.

ADVERTISEMENT

Perbedaan terakhir yaitu, ada atau tidaknya organel. Sel prokariotik tidak memiliki organel seperti mitokondria, badan Golgi, dan retikulum endoplasma. Sementara sel eukariotik memiliki organel seperti mitokondria, badan Golgi, dan retikulum endoplasma.

(DNA)