Apakah Aloevera bisa menghilangkan jerawat dan bruntusan?

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya ternyata banyak lho, Moms! Ada berbagai campuran yang bisa diaplikasikan bersama lidah buaya agar hasilnya lebih efektif.

Setelah jerawat kempes, Moms biasanya akan mengalami masalah baru, yaitu timbul bekas jerawat hitam yang sulit hilang.

Mungkin Moms akan langsung cari produk kecantikan mana yang bisa digunakan untuk mengatasi bekas jerawat.

Sebenarnya, tak perlu pusing, Moms. Moms bisa menggunakan ekstrak lidah buaya sebagai cara yang ampuh menghilangkan bekas jerawat membandel lho.

Baca Juga: 3 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Madu, Ampuh!

Ekstrak lidah buaya dapat membantu menghilangkan bekas jerawat karena memiliki sifat antiradang dan antiiritasi.

Dalam sebuah jurnal yang berjudul Are Natural Ingredients Effective in the Management of Hyperpigmentation? A Systematic Review, komponen dalam lidah buaya yang bernama aloesin bisa membantu hiperpigmentasi dalam bekas jerawat.

Aloesin sendiri bisa membantu mengurangi produksi berlebihan melanin, yakni pigmen gelap yang memiliki kemampuan untuk membuat bekas jerawat menjadi lebih terlihat

Hal ini akan membantu Moms menghilangkan bekas jerawat yang masih membengkak.

Tak sampai situ, lidah buaya juga punya kemampuan untuk menenangkan dan melembutkan tekstur kulit. Hal ini tentu baik bagi Moms yang memiliki jerawat yang meninggalkan bekas luka dan bopeng.

Baca Juga: Perlu Dicoba, Ini Dia 3 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat

Supaya cepat hilang, begini cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya. Ampuh banget agar kulit bisa kembali cantik secara alami dan kembali mulus seperti semula, lho!

1. Lidah Buaya dengan Perasan Lemon

Foto: succo aloe vera benefici

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya yang pertama adalah dengan mencampurkannya dengan lemon. Lidah buaya bisa lebih ampuh dan cepat menghilangkan bekas jerawat jika digabungkan dengan perasan lemon.

Perasan lemon memiliki kandungan asam alami yang tinggi vitamin C. Kandungan nutrisi ini telah terbukti bisa mencerahkan dan menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Namun, karena cukup asam, Moms harus mencampurkan lidah buaya untuk menetralisir asamnya tersebut. Jadi, dengan masker ini, Moms bisa membuat kulit lebih halus dan lebih cerah.

Nah, sebagai cara menghilangkan bekas jerawat, Moms bisa membuat masker dari kedua bahan alami ini.

Campurkan seperempat sendok teh perasan lemon dengan dua sendok teh ekstrak lidah buaya.

Kemudian, oleskan di area wajah dan tunggu sampai 5-10 menit. Setelah itu, cuci muka sampai bersih, ya Moms.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Kentang

2. Lidah Buaya, Madu, dan Kayu Manis

Foto: Lidah Buaya Madu.jpg (https://www.atlantialoe.com/blog/en/acne-fight-it-off-with-honey-and-aloe-vera/)

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya yang kedua adalah dengan menacampurkannya dengan madu. Tak perlu diragukan lagi, madu dan kayu manis adalah bahan alami yang bisa Moms andalkan untuk menghilangkan bekas jerawat.

Keduanya punya sifat antibakteri yang dapat membersihkan bekas luka jerawat.

Dalam sebuah jurnal yang berjudul Honey: A Therapeutic Agent for Disorders of the Skin, madu murni memiliki berbagai macam potensi yang menyehatkan dan memiliki keuntungan dalam perawatan wajah terutama antimikrobal dan menyembuhkan luka yang dalam kasus adalah jerawat.

Mengombinasikan ketiga bahan alami ini jadi cara menghilangkan bekas luka jerawat jadi lebih cepat hilang dan warna kulit merata.

Untuk membuat masker ini, Moms harus mencampurkan dua sendok teh madu dan satu sendok teh ekstrak lidah buaya. Selanjutnya aduk sampai semua tercampur.

Kemudian masukkan bubuk kayu manis sebanyak seperempat sendok teh dan aduk lagi hingga rata. Pakai masker selama 5-10 menit.

Baca Juga: 5 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berjerawat

3. Lidah Buaya dan Tea Tree Oil

Foto: lidah buaya dan tea tree oil

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya selanjutnya adalah mencampurkannya bersama tea tree oil. Mungkin Moms sudah sering dengar khasiat dari tea tree oil. Minyak yang disebut-sebut sebagai produk yang mujarab atasi jerawat dan bekas lukanya.

Tea tree oil telah terbukti dalam berbagai penelitian bisa menghilangkan bakteri sehingga bisa mencegah bekas jerawat makin menghitam dan terinfeksi.

Kalau sebelumnya lidah buaya dibuat menjadi masker, Moms bisa membuat serum dari bahan lidah buaya dan tea tree oil sebagai cara ampuh menghilangkan bekas jerawat.

Caranya, campurkan 2-3 tetes minyak pada dua sendok teh lidah buaya. Campurkan hingga rata dan langsung oleskan ke bagian muka, terutama pada bekas jerawat.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Komedo dengan Baking Soda

4. Minyak Kelapa, Gula, dan Lidah Buaya

Foto: hero gel lidah buaya

Foto: Orami Photo Stock

Jika tidak punya tea tree oil, Moms bisa pakai minyak kelapa dan gula yang ada di rumah sebagai cara alami menghilangkan bekas jerawat. Ya, cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya yang keempat adalah dengan mencampurkannya bersama minyak kelapa dan gula.

Gula yang dicampur dengan minyak kelapa dan lidah buaya bisa menjadi bahan eksfoliator alami. Bahan eksfoliator ini mampu membantu mengangkat sisa-sisa kulit mati, Moms.

Jadi, kulit akan lebih bersih dan bebas dari bintik hitam bekas jerawat. Untuk membuat eksfoliator alami ini, Moms hanya perlu menyediakan:

  • Setengah gelas minyak kelapa
  • Setengah gelas gula dapur
  • Seperempat ekstrak lidah buaya

Selanjutnya campurkan semua bahan tersebut dan simpan di dalam kulkas. Moms bisa menggunakan eksfolian alami ini setidaknya satu atau dua kali dalam seminggu.

Baca Juga: Perlu Dicoba, Ini Dia 3 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat

5. Lidah Buaya Murni

Foto: cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya tentu saja bisa menggunakan lidah buaya murni, Moms! Moms bisa menggunakan lendir dari tanaman ini atau menggunakan gel berbasis lidah buaya murni untuk menghilangkan bekas jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan ludah buaya sendiri dianggap efektif karena tanaman ini memiliki kandungan antibakteri yang bisa mencegah pertembuhan bakteri biang jerawat serta mencegahnya noda hitam bekas jerawat.

Pengobatannya pun sangat mudah, Moms! Cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya bisa dilakukan dengan mengoleskan gelnya pada kulit yang berjerawat sebelum tidur.

Kendati demikian, Moms perlu memastikan kulit wajah sudah bersih dan sudah mencuci muka dengan menggunakan facial wash, ya!

Usai diaplikasikan, biarlah gel lidah buaya mengering dan meresap ke dalam kulit. Moms bisa membilasnya ketika bangun tidur.

Baca Juga: 12 Khasiat Minyak Peppermint, Salah Satunya Dapat Menghilangkan Jerawat

Selain berbagai cara menghilangkan bekas jerawat di atas, American Academy of Dermatology juga mengingatkan untuk berhenti memencet atau menggaruk jerawat, karena akan menyebabkan bekas jerawat yang sangat sulit untuk dihilangkan.

Nah itu dia Moms cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya dan campuran lainnya! Selamat mencoba cara-cara alami di atas ya, Moms!

Apakah aloe vera bisa menghilangkan jerawat dan bruntusan?

Menghilangkan bruntusan bisa digunakan dengan gel lidah buaya. Di dalamnya mengandung polisakarida yang dapat mendorong pertumbuhan sel kulit baru guna membantu menyembuhkan noda dan bekas luka.

Apakah aloe vera gel dapat menghilangkan bruntusan?

Lidah buaya bisa bermanfaat untuk menghilangkan bruntusan, menangkan dan meredakan rasa gatal akibat bruntusan. Lidah buaya mengandung vitamin E sebagai antioksidan dan mampu meredakan iritasi yang disebabkan oleh bruntusan.

Berapa lama jerawat akan hilang dengan lidah buaya?

Masker lidah buaya segar Ambil lidah buaya dan tekan untuk mengeluarkan gelnya. Oleskan gel pada bagian kulit yang terinfeksi jerawat. Ulangi proses ini dua kali sehari setidaknya selama seminggu.

Apakah lidah buaya bisa menyebabkan bruntusan?

Berisiko Memunculkan Bintik-Bintik Merah pada Kulit Bagi pemilik kulit sensitif, pemakaian gel lidah buaya dapat membuat kulit mengalami gatal, ruam, hingga munculnya bintik-bintik merah pada kulit.