Bagaimana cara Anda membuat sub topic peta minda pada freemind

Bagaimana cara Anda membuat sub topic peta minda pada freemind

NAMA : SUHAILI

NPM : 3061446065

STKIP PGRI BANJARMASIN TAHUN 2017







"Belajar FreeMind"

Langkah 1. Jalankan Aplikasi FreeMind

-          Pada Dekstop / Layar Komputer, Double Click pada icon / gambar aplikasi FreeMind.

-          Atau dengan Click Start – All Programs - FreeMind

Langkah 2. Membuat Parent Node

-          Click pada lingkaran New MindMap, lalu ketikkan mengajar sebagai gagasan utama dari Mind Map

Langkah 3. Membuat Child Node

Click kanan pada Parent Node “Mengajar”, dan pilih New Child Node untuk menambahkan informasi yang berkaitan dengan gagasan utama. Lalu kita pikirkan hal-hal yang dibutuhkan untuk mengajar, seperti Materi, Sumber Belajar, dan Penilaian

-          Maka akan muncul Child Node yang akan otomatis terhubung pada sebuah garis yang dapat digunakan untuk memasukkan informasi Child Node-nya. Ketikkan Materi, Sumber Belajar, dan Penilaian

-          Tambahkan Child Node lagi pada Materi. Ketikkan Bab 1, Bab 2, Bab 3, Bab 4

-          Tambahkan Child Node pada Sumber Belajar. Ketikkan Buku Paket Kelas 1, dan LKS

-          Tambahkan Child Node pada Sumber Belajar. Ketikkan Buku Paket Kelas 1, dan LKS

-          Tambahkan Child Node Pada Penilaian. Ketikkan Tekhnik Penilaian dan Soal.

-          Tambahkan Child Node pada Tekhnik Penilaian. Ketikkan Tekhnik Penilaian 1, 2, 3

-          Tambahkan Child Node pada Soal. Ketikkan Uraian dan Pilihan Ganda

A.    Memodifikasi posisi garis/edges antar informasi Node

-          Posisikan kursor mouse pada garis / edge misalnya edge antara Mengajar dan Materi. Letakkan mouse tepat didekat Node Materi sampai kursor mouse berubah gambar menjadi Lingkaran oval.

-          Lalu Click dan tahan lalu geser edge keatas atau membuat lebih lebar jaraknya antara Node Materi dan Penilaian

-          Lakukan juga untuk membuat lebih lebar jarak edge pada node Penilaian dengan menggeser ke bawah.

-          Ubah juga posisi antar node yang lain agar desain Mind Map lebih jelas dilihat.

B.     Memodifikasi Desain Node dan Edge

-          Click kanan pada salah satu node, kemudian pilih Format, lalu Bubble

-          Format Bubble akan mengubah node menjdi kotak.

-          Untuk mempertebal garis / edge dengan cara Click salah satu node, lalu pilih Format, lalu Edge Widths, pilih angka ketebalan 4.

-          Untuk mengubah Edge dengan cara click kanan pada salah satu node, kemudian pilih Format, lalu pilih Edge Color.

-          Akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Kemudian pilh salah satu warna yang diinginkan, misalnya Biru. Lalu Click OK

C.    Memodifikasi Bentuk dan Warna Font tulisan Informasi

-          Membuat bentuk Font, caranya click kanan pada node Mengajar. Kemudian pilih Format, lalu pilih Bold untuk mempertebal tulisan.

-          Mengubah warna Font, caranya click kanan kembali node mengajar, kemudian pilih Format, lalu pilih Node Color. Pilih warna yang diinginkan. Click OK.

-          Font Node Mengajar akan berubah menjadi warna Merah

D.    Menambahkan Icon/gambar pada informasi Node

-          Click kanan pada Node Mengajar, kemudian pilih Icons, lalu pilih icon/gambar, misalnya icon Important.

-          Tambahkan icon lain pada node-node lain seperti tampak pada gambar berikut ini

E.     Menyimpan Project Mind Map di FreeMind

-          Click File-Save atau dapat dengan menekan CTRL+S

-          Masukkan nama file Project Mind Map misalnya Latihan FreeMind lalu click Save.

-          Maka Project Mind Map telah tersimpan menjadi Latihan FreeMind.mm.

F.      Export / Konversi File yang ada di Mind Map

-          Click File – Export, pilih As PDF, isikan Latihan Free Mind, kemudian Click Save


-          Maka file sudah tersimpan dengan nama Latihan Free Mind.pdf


Page 2

Lihat Foto

freepik.com

Ilustrasi peta minda atau mind map

KOMPAS.com - Peta minda lebih dikenal dengan istilah mind mapping atau mind map. Peta minda digunakan untuk memetakan pikiran atau ide yang dimiliki seseorang, agar lebih mudah dipahami ketika dibaca orang lain.

Salah satu cara untuk memvisualisasikan proses berpikir adalah dengan menggunakan peta minda atau mind mapping. Karena peta minda memudahkan seseorang untuk menyusun kerangka berpikir lewat visual.

Pengertian peta minda

Menurut Khabib Sholeh dan Siti Afriani dalam jurnal Teknik Mind Mapping sebagai Upaya untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen pada Siswa SMA [2016], peta minda adalah salah satu bentuk penggabungan dari banyaknya pemikiran atau ide yang dimiliki.

Penggunaan peta minda atau mind mapping dapat meningkatkan kreativitas dan kapasitas memori manusia.

Peta minda juga mempermudah manusia dalam membayangkan tujuan, kebiasaan, perubahan, dan juga meningkatkan kualitas pembelajaran.

Baca juga: 9 Komponen Peta dan Fungsinya

Arum Putri Rahayu dalam jurnal Penggunaan Mind Mapping dari Perspektif Tony Buzan dalam Proses Pembelajaran [2021] menuliskan bahwa peta minda atau mind mapping dikembangkan pertama kali oleh Tony Buzan.

Pengembangan peta minda ini didasarkan pada fakta bahwa otak manusia terdiri atas satu juta sel otak. Sel tersebut terbagi menjadi beberapa bagian, yakni bagian pusat dan bagian cabangnya.

Konsep pencabangan sel otak ini mirip seperti ranting pohon, dan menjadi cikal bakal terbentuknya peta minda atau mind mapping.

Kegunaan peta minda

Mengutip dari buku Mekar Berseri di Masa Pandemi [Kumpulan Best Practices Inovasi Pembelajaran pada Skeolah Model di Masa Pandemi Covid 19] SMP, SMA, SMK [2021] oleh Minhajul Ngabidin, dkk, peta minda memiliki beberapa kegunaan, yakni:

  • Memberi pandangan secara menyeluruh mengenai pokok permasalahan yang lebih luas

Peta minda disusun dalam bentuk bercabang-cabang supaya kita bisa melihat pokok permasalahan tidak hanya dari satu sisi, tetapi dari banyak sudut pandang.

Baca juga: Peta Pikiran Indra Pendengar Manusia

Simulasi dan Komunikasi Digital - EN KATA PENGANTARPuji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT atas rahmat, taufiq dan hidayah-NyaMateri Ajar Berbasis Problem Based Learning ini dapat terselesaikan. Materi Ajar PetaMinda Berbasis Discovery Learning ini penulis susun untuk memenuhi tugas dantagihan mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan 3 tahun 2021 Universitas KristenSatya Wacana Salatiga pada tahap Pendalaman Materi yaitu Penyusunan Materi AjarBerbasis Masalah untuk mengidentifikasi permasalahan pembelajaran yang dialamiMahasiswa PPG yang disebabkan oleh defisit kompetensi maupun miskonsepsi. Sayamengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu sayaalam menyelesaikan bahan ajar ini. Terimakasih atas kerja keras dan masukanberharganya dan semoga materi ajar ini bermanfaat untuk mahasiswa PPG, ucapanterimakasih penulia sampaikan kepada: 1. Dosen Pembimbing. 2. Pendamping dan Tim IT PPG Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga 3. Teman teman tim Mozzila 4. Teman teman PPG Dalam Jabatan Angakatan 3 Tahun 2021Akhir kata semoga materi ajar ini bermanfaat bagi Mahasiswa PPG. Brebes, 06 Agustus 2021 Penulis 2Simulasi dan Komunikasi Digital - EN DAFTAR ISICoverKata Pengantar...........................................................................................................2Daftar Isi......................................................................................................................3Kegiatan 1 : Peta Minda A. Pendahuluan Panduan Belajar ..............................................................................................4 B. Inti Materi Pokok ....................................................................................................5 Informasi Pendukung .......................................................................................6 Aktifitas Pembelajaran .....................................................................................7 Uraian Materi ...................................................................................................7 Pengertian Peta Minda ....................................................................................7 Fungsi Peta Minda ...........................................................................................8 Jenis – Jenis Peta Minda .................................................................................9 Langkah Membuat Peta Minda ......................................................................13 Aplikasi Pembuat Peta Minda ........................................................................15 Aplikasi Personal Computer / Laptop ...................................................................15 Aplikasi berbasis Android ......................................................................................19 Langkah membuat Peta Minda dengan Aplikasi Mindomo ............................22 Forum Diskusi ................................................................................................30 C. Penutup Rangkuman ....................................................................................................30 Tes Formatif ...................................................................................................32 Daftar Pustaka ...............................................................................................34 3Simulasi dan Komunikasi Digital - EN KEGIATAN BELAJAR 1 PETA MINDAA. Pendahuluan 1. Deskripsi Singkat Secara umum, tujuan kegiatan belajar 1 ini adalah untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik tentang Peta Minda. Secara khusus, tujuan kegiatan belajar 1 ini adalah agar peserta didik : [1] peserta didik dapat memahami peta-minda sesuai fungsinya dengan baik. [2] Peserta didik dapat menerapkan metode peta minda untuk menyelesaikan masalah.[3] Melalui diskusi, peserta didik dapat membuat peta minda dengan benar. [4] Peserta didik mampu membuat peta minda menggunakan aplikasi Gitmind versi android. 2. Relevansi Dalam kehidupan keseharian seorang, berpikir adalah hal yang biasa digunakan terutama berpikir secara logis dan kritis. Berpikir logis sangat diperlukan dalam mempelajari informasi yang didapat dan melihat sejauh mana informasi tersebut dapat dipercaya. Kemampuan berpikir logis dan kritis tidak hanya sangat penting dalam dunia ilmiah tetapi juga dalam dunia pekerjaan. Ketika seseorang melakukan penelitian menggunakan metode yang terbilang ilmiah, maka di dalam penelitian tersebut haruslah menggunakan pemikiran yang logis sehingga seorang peneliti akan mampu untuk melakukan pengamatan, perumusan masalah, hingga kepada penyusunan hipotesis Algoritma sendiri sudah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia. Mungkin jika mendengar kata algoritma yang dipikirkan adalah bahasan rumit mengenai ilmu komputer, tetapi sebenarnya, dalam keseharian manusia sendiri telah selalu menerapkan konsep algoritma. Esensi dari algoritma sendiri adalah pemecahan suatu masalah besar dan menyelesaikannya dengan langkah - langkah kecil yang sistematis dan dalam waktu terbatas. sebagai contoh, siswa besok ada ujian, dalam menyikapinya siswa dapat menggunakan algoritma. Hal pertama yang bisa lakukan adalah bertanya kepada diri sendiri, apakah sudah menguasai materi yang akan diujikan? jika belum, maka dapat memulai dari 0 untuk belajar atau 4Simulasi dan Komunikasi Digital - EN dengan mengulang materi yang telah diajarkan. contoh lain yang lebih umum jika siswa hendak berangkat ke sekolah, langkah pertama yang dipikirkan adalah jalur terpendek yang dapat dilalui untuk sampai ke sekolah sehingga tidak terlambat, kemudian langkah berikutnya adalah menggunakan moda transportasi apa. Syarat sebuah algoritma adalah harus terbatas atau memiliki akhir, sebuah algoritma yang tidak memiliki akhir akan menjadi tidak berguna karena tidak menyelesaikan apapun dan membuang tenaga. Selain itu yang paling penting dalam sebuah algoritma adalah tingkat efisiensi dalam menerapkannya sehingga tidak banyak membuang resource yang tersedia. 3. Panduan Belajar Proses pembelajaran untuk materi modul 1 kegiatan belajar 1 dapat berjalan dengan lancar apabila Anda mengikuti langkah-langkah belajar sebagai berikut: 1. Pahami dulu kegiatan penting dalam program pelatihan ini dengan memperhatikan isi capaian pembelajaran setiap kegiatan belajar. 2. Lakukan kajian terhadap setiap materi dalam kegiatan belajar, agar memudahkan proses pembelajaran. 3. Pelajari dahulu kegiatan belajar 1 yang setiap akhir kegiatan belajar menyelesaikan tugas yang harus dikerjakan secara langsung. 4. Keberhasilan program pembelajaran ini tergantung dengan kesungguhan peserta didik dalam mengerjakan setiap tugas dalam kegiatan belajar. 5. Bila Anda menemukan kesulitan, silahkan hubungi guru mapel simulasi dan komunikasi.B. Inti 1. Capaian Pembelajaran  Setelah membaca materi pembelajaran peserta didik dapat memahami peta- minda sesuai fungsinya dengan baik.  Peserta didik dapat menerapkan metode peta minda untuk menyelesaikan masalah.  Melalui diskusi, peserta didik dapat membuat peta minda dengan benar.  Peserta didik mampu membuat peta minda menggunakan aplikasi Gitmind versi android. 2. Pokok pokok Materi 5Simulasi dan Komunikasi Digital - EN a. Pengertian Peta Minda b. Fungsi Peta Minda c. Jenis jenis peta mind d. Langkah langkah membuat peta minda e. Aplikasi Pembuat Peta MindaC. INFORMASI PENDUKUNG APLIKASI DI DUNIA NYATA Kata ide berasal dari bahasa Yunani ἰdέa idea "bentuk, pola," dari kata asalnya ἰdeῖν idein, "melihat." [2] Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, ide berarti rancangan yang tersusun di dalam pikiran; atau perasaan yang benar-benar menyelimuti pikiran [//id.wikipedia.org/wiki/Gagasan] [3] . Kesuksesan dalam menyampaikan ide/gagasan bergantung pada “penalaran” dan juga “rasa” yang dituangkan dalam rangka mengajak pembaca/pendengar terlibat dalam konten yang dipaparkan. Penalaran merupakan kemampuan untuk mempertimbangkan, menyusun, atau meneguhkan keyakinan. Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang memulai suatu ide dengan menyampaikan imajinasi yang disampaikan dengan suatu penalaran. Misalnya ketika berimajinasi tentang rumah yang pintar atau smart home yang mana semua perangkat elektronik bisa di kendalikan lewat jarak jauh atau bisa di kendalikan menggunakan smartphone kita. Kemudian dari imajinasi muncullah suatu pemikiran kemudian mulai menyusun beberapa pertanyaan yang antara lain sebagai berikut: 1] Apakah manfaat dari kontrol jarak jauh utk smarthome ini? 2] Perangkat apa yang sebaiknya bisa di kontrol lewat jarak jauh? 3] Bagaimana caranya smartphone bisa mengontrol alat elektronik di rumah? Kemudian untuk mewujudkan ide tersebut yang dipikirkan berikutnya peralatan apa saja yang bisa digunakan. 1] Peralatan apa saja yang diperlukan? 2] Bagaimana mendesain perangkat tersebut sehingga bisa di gunakan secara efisien? 3] Bagaimana menerapkan konsep kemudahan bagi pengguna 6Simulasi dan Komunikasi Digital - EN 4] Apakah pengaruh dari penggunaan perangkat elektronik yang di kontrol dari jauh terhadap barang elektronik maupun pengguna? Contoh diatas menunjukan bagaimana proses kerja pikiran kita secara alamai ketika kita menemukan suatu ide. Yang kemudian bernalar dan disampaikan dengan baik. Proses penalaran meliputi pengerucutan ide kemudian memulai merancang desainnya yang di teruskan dengan memtakan jalur atau menggambarkan tahapan-tahapan nya dan untuk merancang serta memetakan jalur maka diperlukan pengetahuan untuk mendukung hal tersebut.D. Aktivitas Pembelajaran Aktifitas dilakukan untuk pembelajaran Menerapkan metode petaminda. Aktifitas pembelajarannya dapat dilakukan menggunakan model Discovery Learning. Model pembelajaran penyingkapan [Discovery Learning] adalah memahami konsep, arti, dan hubungan, melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan. Sintak model Discovery Learning: a] Pemberian rangsangan [Stimulation]; b] Pernyataan/Identifikasi masalah [Problem Statement]; c] Pengumpulan data [Data Collection]; d] Pengolahan data [Data Processing]; e] Pembuktian [Verification], dan f] Menarik simpulan/generalisasi [Generalization].E. Uraian Materi Pengertian Peta Minda Salah satu cara untuk memvisualkan proses berpikir adalah dengan menggunakan peta minda [peta minda]. Peta minda adalah cara mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah, dan menangkap berbagai pikiran tersebut dalam berbagai sudut yang bertujuan untuk meningkatkan dan membudayakan keterampilan berfikir dalam kalangan pelajar ke arah menghasilkan siswa yang kreatif, kritis dan inovatif. Peta Minda dibuat oleh Tony Buzan tahun 1974 berdasarkan cara kerja otak kita dalam menyimpan informasi. 7Simulasi dan Komunikasi Digital - EN Hasil penelitian menunjukkan bahwa otak kita menyimpan informasi dalam sel- sel saraf dalam bentuk cabang-cabang sehingga jika dilihat sekilas, akan tampak seperti bentuk pohon dengan cabang dan rantingnya. Peta minda membantu kita untuk memahami suatu hal yang kompleks, cukup dengan satu gambar. Sifatnya yang divergen dan membentuk cabang dan ranting dalam bentuk hierarki membantu kita secara alami dan pelan-pelan membuat peta pemikiran tentang suatu hal. Peta minda dapat dibuat dengan atau tanpa perangkat lunak. Jika memanfaatkan perangkat lunak, beberapa perangkat lunak yang dapat diinstal pada komputer dan berlisensi open source, yaitu FreeMind atau XMind. Cobalah untuk berkolaborasi dengan kawan yang berada di sekolah lain menggunakan www.mindmup.com. Gambar 1. Peta MindaFungsi Peta MindaMenurut Buzan, metode peta minda dapat bermanfaat untuk: 1] Merangsang bekerjanya otak kiri dan otak kanan secara sinergis. 2] Membebaskan diri dari seluruh jeratan aturan ketika mengawali belajar. 3] Membantu seseorang mengalirkan gagasan tanpa hambatan. 4] Membuat rencana atau kerangka cerita. 5] Mengembangkan sebuah ide. 6] Membuat perencanaan sasaran pribadi. 7] Meringkas isi sebuah buku. 8] Menyenangkan dan mudah diingat. 8Simulasi dan Komunikasi Digital - EN Selain itu, metode ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Menurut Michael Michalko, kegunaan metode peta minda antara lain sebagai berikut. 1] Memberi pandangan menyeluruh pada permasalahan pokok. 2] Merencanakan rute atau kerangka pemikiran suatu karangan. 3] Mengumpulkan sejumlah besar data di suatu tempat. 4] Mendorong pemecahan masalah dengan kreatif. 5] Membuat peta minda untuk memvisualkan ide/gagasan bukanlah sesuatu yang sulit. Jenis Jenis Peta Mind Ada 8 jenis peta pikiran atau peta minda yang dapat digunakan sebagai berikut : 1. Circle Map [Peta Lingkaran] untuk sumbangsaran ide dan memamerkan pengetahuan yang terkait sesuatu dengan memberikan infornasi sesuai konteks.Gambar 2 . Circle Map 9Simulasi dan Komunikasi Digital - EN 2. Bubble Map untuk memperkaya kemampuan murid mengidentifikasi atau menunjukan kualitas. Biasanya menggunakan kata deskriptif atau uraian. Gambar 3 . Bubble Map3. Double Bubble Map untuk membanding beda sesuatu. peta pikiran yang umumnya membandingkan berbagai konsep secara bersamaan.Gambar 4 . Double Bubble Map 10Simulasi dan Komunikasi Digital - EN 4. Tree Map untuk mengklarifikasikan bahan atau ide. Peta pikiran yang mengklasifikasikan setiap konsep berdasarkan kategori tertentu Gambar 5 . Tree Map 5. Brace Map untuk menganalisis objek fisik. Pemetaan mental yang secara fisik memeriksa objek dalam bentuk nama atau deskripsi objekGambar 6 . Brace Map 11Simulasi dan Komunikasi Digital - EN 6. Flow Map untuk membuat ururan sesuatu proses. Peta Pikiran Yang Digunakan Untuk Membuat Urutan Proses Gambar 7 . Flow Map 7. Multi-flow Map untuk menunjukkan dan menganalisis hubungan sebab dan akibat. Peta pikiran yang menunjukkan dan mempelajari sebab dan akibat dari suatu peristiwaGambar 8 . Multi-Flow Map 12Simulasi dan Komunikasi Digital - EN 8. Bridge Map untuk memberikan kesempatan kepada siswa mempublikasikanproses analogi dengan menggunakan faktor penghubung. peta pikiran yang digunakan untuk menggambarkan analogi yang menggunakan faktor koneksi antara satu konsep dan lainnya. Gambar 9 . Bridge MapLangkah Langkah Membuat Peta MindaBerikut langkah sederhana memvisualkan gagasan tentang liburan keluarga.1. Buat Subjek [Judul] Langkah pertama, tentukanlah subjek [judul yang akan dibahas]. Tuliskanlah dibagian tengah peta minda karena subjek ini akan menjadi center dalam peta minda Anda.Gambar 10 . Buat Subjek 13Simulasi dan Komunikasi Digital - EN 2. Buat Cabang-Cabang Utama Selanjutnya tulislah ide-ide yang terlintas yang terkait dengan subjek, misalnya: 1] Aktivitas apa saja yang ingin dilakukan? 2] Apa saja perlengkapan yang perlu dipersiapkan? 3] Siapa saja yang akan diajak ikut serta? 4] Kemana saja tujuan perjalanan liburan kali ini? Dalam contoh berikut, dibuat 4 cabang utama yang terdiri dari: aktivitas, perlengkapan, siapa, dan tujuan. Gambar 11. Buat Cabang Utama 3. Kembangkan Cabang-Cabang Utama Setelah cabang-cabang utama dibuat, langkah selanjutnya adalah melebarkan cabang utama. Cabang-cabang utama yang telah dikembangkan juga dapat dikembangkan jika ada ide-ide yang lebih rinci lagi yang perlu dituangkan.Gambar 12. Pengembangan Cabang Utama 14Simulasi dan Komunikasi Digital - EN Keunggulan Peta Minda :  Memberi pandangan menyeluruh pokok masalah atau area yang luas.  Memudahkan kita dalam merencanakan atau membuat pilihan- pilihan dan  mengetahui ke mana kita akan pergi dan di mana kita berada.  Mengumpulkan sejumlah besar data di satu tempat.  Mendorong pemecahan masalah dengan membiarkan ktia melihat jalan jalan terobosan kreatif baru.  Menyenangkan untuk dilihat, dibaca, dicerna dan diingat. Kegunaan Peta Minda  PROBLEM SOLVING : Ketika ANDA ingin menemukan ide yang inovatif dan jalan keluar yang kreatif.  MEMORIZING : Ketika ANDA ingin mengingat informasi secara efektif dan efisien. Artinya, sekalipun ANDA ada dalam tekanan, tetap saja ANDA dapat mengingat informasi itu dengan baik.  GOAL SETTING: Ketika ANDA ingin menetapkan sebuah tujuan, dan langkahlangkah untuk  mencapainya.  PLANNING : Ketika ANDA sedang berpikir untuk mengubah karier ANDA atau memulai usaha baru.  MEETING : Ketika ANDA ingin mengadakan rapat yang efisien dan lancar. Aplikasi Pembuat Peta Minda  Aplikasi Personal Computer / Laptop Ada banyak sekali Mind Mapping software yang bisa anda gunakan secara gratis, berikut ini adalah 4 software mind mapping terbaik menurut versi pusatgratis, lengkap dengan contoh mind map nya : 15Simulasi dan Komunikasi Digital - EN a. XMind Xmind merupakan mind mapping software yang memiliki fitur lengkap. Software ini sangat mudah untuk digunakan. Walaupun XMind merupakan versi gratis dari XMind Pro, namun fiturnya terbilang paling lengkap dari software mind mapping gratis lainnya. Dengan XMind, anda bisa membuat Mind Map, Fishbone Diagram, serta spreadsheet. Dilengkapi dengan fitur markers, inline notes, serta hyperlink/attachments..XMind sangat mempermudah anda dalam melakukan brainstorming. Setelah anda selesai membuat mind map, anda bisa mengupload mind map anda di xmind share. Anda juga bisa mengembed mind map anda di situs atau blog yang anda miliki. Selain itu, mind map yang anda buat di XMind juga bisa anda ekspor ke format software mind mapping populer lainnya seperti FreeMind atau MindManager. Menarik sekali bukan? Anda bisa mendownload XMind secara gratis XMind tersedia dalam versi Windows, Mac OS, Debian/Ubuntu, serta versi portabel.Gambar 13. xmind 16Simulasi dan Komunikasi Digital - EN b. FreeMind Banyak para profesional yang menggunakan FreeMind sebagai software mind map mereka. Hal ini tidaklah mengherankan karena fungsi dan fitur dari FreeMind sangatlah lengkap. Namun demikian, memang secara tampilan software ini masih lebih sederhana jika dibandingkan software mind map gratis lainnya. Software mind map yang sangat populer ini didownload oleh lebih dari 4000 orang setiap harinya. Hal ini membuktikan bahwa FreeMind bisa menjadi software mind mapping gratis andalan anda. Anda bisa mendownload FreeMind disini. FreeMind tersedia dalam versi Windows, Linux, Mac OS, serta binary untuk sistem operasi lainnya. Gambar 14. FreeMind c. Edraw MindMap Cara membuat mind map dengan Edraw MindMap tergolong sangat mudah. Hal ini karena Edraw MindMap merupakan software pembuat mind map instan yang dilengkapi dengan fitur Smart Drawing Guide. Dilengkapi dengan banyak sekali template, style, efek dan banyak contoh mind map dalam berbagai topik, membuat Edraw MindMap menjadi software Mind Mapping yang cocok bagi pemula. Selain karena kemudahannya, Edraw MindMap juga sering dipilih karena sudah terintegrasi dengan Microsoft Office. Anda bisamendownload Edraw MindMap disiniatau disini. Sayangnya, Edraw MindMap hanya tersedia dalam versi Windows saja. 17Simulasi dan Komunikasi Digital - EN Gambar 15. Edraw MindMapd. MindMeisterSebenarnya MindMeister bukanlah sebuah software, tetapi merupakan sebuahweb aplikasi yang menyediakan layanan Mind Mapping online. Denganmendaftarkan diri anda secara gratis, anda bisa menikmati fitur import, collaborate,share serta layanan MindMeister hingga 3 mind map.Kelebihan layanan Mind Map online dibandingkan dengan software Mind Mapadalah kemampuannya untuk mengkolaborasikan Mind Map dengan teman atautim kerja anda. MindMeister mendukung juga untuk beberapa perangkat mobileseperti iPad, iPhone serta Android.Gambar 16. Mindmeister 18Simulasi dan Komunikasi Digital - EN  Aplikasi berbasis Android a. Coggle Coggle adalah alat online untuk membuat dan berbagi mind map dan flow chart. Aplikasi ini memungkinkan kamu dan temanmu berkolaborasi dalam membuat catatan, brainstorming ide dan rencana untuk menyelesaikan suatu tugas atau proyek secara efisien. Untuk menggunakan Coggle, kamu cukup membuat akun gratis dan kamu bisa menikmati layanan membuat diagram privat, kolaborasi secara langsung, dan mengunggah gambar tanpa batas. Kamu juga bisa mengunduh mind map buatanmu dalam format TXT, PDF, dan JPEG. Kamu bisa memulainya dengan menentukan satu topik utama. Lalu lanjutkan dengan klik tombol Plus [+] untuk menambahkan cabang dan memasukkan teks di dalam kotak. Selain itu, kamu juga dapat memformat teks, menyisipkan tautan, menambahkan gambar, dan ikon untuk menguraikan poin-poin utama. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan dengan menambahkan cabang sebanyak yang kamu inginkan sesuai kebutuhan. Klik kanan pada item apa saja untuk menjelajahi lebih banyak fitur. b. GitMind GitMind adalah alat mind map online gratis. GitMind memungkinkan kamu untuk memvisualisasikan konsep yang rumit, menghasilkan ide-ide baru, membuat daftar prioritas tugas, dan mempersiapkan presentasi. Dengan GitMind, kamu juga dapat menetapkan prioritas tugas dan ukuran kemajuan dengan simbol. Kamu bisa mengunduh mind map yang sudah kamu buat dalam format teks, PNG, JPEG, PDF, atau SVG.Untuk memulai, kamu bisa mengetikkan nama topik, klik kanan, dan pilih tombol Insert. Kemudian ketik teks kamu di dalam kotak yang tersedia. Lanjutkan dengan memilih Insert subnode untuk membuat cabang pembantu. Kemudian klik garis Relation untuk menunjukkan hubungan antara ide- ide tertentu. 19Simulasi dan Komunikasi Digital - ENc. miMindmiMind, aplikasi ini berasal dari negara Amerika serikat. MiMind sendiri telah diunduhlebih dari 1 juta kali, untuk rating aplikasi miMind mendapat nilai sebesar 4,6 padaPlay Store. Aplikasi miMind memiliki berbagai layout menarik sehingga membuat parapengguna betah untuk menggunakan miMind, selain itu juga miMind memiliki berbagaipola dan warna untuk melengkapi kebutuhan mind mapping penggunanya.MiMind juga dapat mengekspor hasil kerja dengan format PDF ataupun XML, selainitu hasil kerja juga dapat dijadikan ke format gambar seperti JPG atau PNG. AplikasimiMind juga memiliki fitur-fitur menarik lainnya.Fitur pertama adalah user interface yang mudah digunakan, pihak miMindmengatakan bahwa aplikasi ini dapat digunakan oleh siapapun tanpa perlu khawatirsusah ketika akan menggunakannya.Selain itu miMind juga memiliki user interface unik, keunikan ini akan dilihat penggunaketika masuk pada halaman awal aplikasi miMind. Dengan adanya user interface yangunik serta mudah maka pengguna akan merasa nyaman menggunakan aplikasi ini.Fitur lainnya adalah bebas dari iklan, banyak pengguna aplikasi merasa terganggudengan kemunculan aplikasi. Dengan bebasnya dari iklan akan membuat penggunamiMind merasa semakin nyaman.Fitur ketiga dari miMind adalah menyediakan penyimpanan online, dengan adanyapenyimpanan online maka membuat pengguna memiliki opsi ketika memorismartphone sudah penuh dengan berbagai file. 20Simulasi dan Komunikasi Digital - ENd. Mindomoadalah alat pemetaan pikiran, pemetaan konsep, dan garis besar kolaboratif freemiumserbaguna yang dikembangkan oleh Aplikasi Perangkat Lunak Pakar . [Dapatdigunakan untuk mengembangkan ide dan bertukar pikiran secara interaktif, denganfitur termasuk berbagi, kolaborasi, manajemen tugas, presentasi, dan publikasi webinteraktif. Versi online Mindomo tersedia melalui browser apa pun. Ada juga versidesktop offline untuk Windows, Linux dan Mac, dan versi aplikasi untuk Androiddan iOS Pengguna terdaftar dapat membuat dan berkolaborasi secara real-time dipeta pikiran, sementara pengguna yang tidak terdaftar dapat melihat peta yangdibagikan dengan mereka. Perangkat lunak ini juga menyediakan cara untukmembuat presentasi dan tugas peta pikiran.Mindomo memiliki node yang sangat dapat disesuaikan di mana pengguna dapatmenyisipkan video, audio, gambar, catatan, emoji, hyperlink, dan lampiran ke nodelain mana pun. Pengguna dapat berkolaborasi secara real time dan dapat memilihuntuk mempublikasikan karya mereka secara online. Mindomo memiliki modepresentasi intuitif yang memungkinkan Anda menjelajahi peta pikiran dengan zoomdan pan. Anda juga dapat mempublikasikan peta pikiran versi interaktif, serta gambarstatisnya.Mindomo dapat digunakan dari browser web standar apa pun, atau denganmenginstal aplikasi desktop , iPad, dan Android. Sebagai perangkat lunak freemium ,Mindomo menawarkan layanan dasarnya secara gratis, dan mengenakan biaya untukfitur premium, seperti mengunduh dalam format tertentu dan mengunggah dokumen.Untuk sektor pendidikan, Mindomo menawarkan tugas siswa untuk guru, integrasidengan banyak sistem manajemen pembelajaran, dan memungkinkan siswa untukmenyertakan video, gambar, dan file eksternal untuk mendukung ide mereka. 21Simulasi dan Komunikasi Digital - ENLangkah membuat Peta Minda Menggunakan Aplikasi Mind Map Mindomoberbasis Android. 1. Buka aplikasi playstore android seperti logo gambar di bawah Gambar 17. Logo Playstore 2. Setelah itu keluar halaman yang meminta kita untuk mengetik aplikasi yang kita inginkan pada telusuri aplikasi & game. Lalu ketik saja “ mindomo “Gambar 18. Pencarian aplikasi 22Simulasi dan Komunikasi Digital - EN 3. Setelah mengetik mindomo akan muncul logo aplikasi berwarna merah ada beberapa bulatan. Lalu tekan install. Gambar 19. Aplikasi mindomo 4. Ketika warna hijau selesai maka keterangan “ Batal “ akan berubah menjadi “ Buka Lalu tekan keterangan “ Buka “Gambar 20. Aplikasi mindomo 23Simulasi dan Komunikasi Digital - ENSetalah itu muncul keterangan “ Izinkan Mindomo mengakses foto, media, dan fileperangkat ? “ Selanjutnya Tekan “ Izinkan “ Maka tampilan dashboard aplikasimindomo sebagai berikut : Gambar 21. Aplikasi mindomoDimana warna biru bulat yang terdapat symbol plus [ + ] tersebut merupakan menuyang ada di Aplikasi Mindomo 24Simulasi dan Komunikasi Digital - EN 5. MENU Create a New Map Merupakan menu untuk membuat peta tanpa template, sehingga alur peta dapat dibuat sesuka mungkin ide yang akan di visualkan. Gambar 22. Aplikasi mindomoGambar sebelah kiri merupakan piliha apakah pengguna ingin membuat manual yaittemplate membuat sendiri atau menggunakan yang sudah disediakan. 25Simulasi dan Komunikasi Digital - EN 6. Menu Choose a Template Merupakan menu dimana template sudah di siapkan oleh aplikasi mindomo. Sehingga pengguna dapat menyesuaikan keinginan ide yang akan divisualkan membentuk mind map, bisa concept map – organism, Personal & Work, Education. Gambar 23. Template mind map 26Simulasi dan Komunikasi Digital - EN7. Create New Folder Merupakan menu dimana membuat folder di dashbord mindomo yang tujuannya nanti mengkelompokan hasil mind map yang sudah di visualkan, sehingga membantu pengguna untuk mengkelompokan dan membuka kembali saat dibutuhkan. Gambar 24. Pembuatan folder 27Simulasi dan Komunikasi Digital - EN 8. Pengoperasian Manual Dimana pengoperasian manual yaitu pada menu Create a new map. Sebelumnya ketik terlebih dahulu minp map yang akan dibuat. Misal “ Event Musik “. Nanti akan muncul “ central topic “, “ main topic “, “ subtopic “. Memunculkan ketiga topic tersebut pengguna hanya menekan terlebih dahulu mana yang akan di main topic atau mana yang akan di subtopicGambar 25. Pengoperasian manual Mindomo 28Simulasi dan Komunikasi Digital - EN Gambar 26. Pengoperasian manual MindomoPada simbol tersebut yang selalu digunakan yaitu bentu arah kanan atau arah kiridimana arah kiri yag berfungsi apabila kita salah membuat main topic atau sub topic,lalu arah kanan berfungsi untuk mengembalikannya. 29Simulasi dan Komunikasi Digital - ENF. FORUM DISKUSI Diskusikan bersama teman, untuk membuat peta minda dari masalah berikut: Pada organisasi komputer ini menjelaskan tentang perangkat hardware baik output, input maupun proses. Tentang cara kerja komputer dan juga softwarenya. Pada petaminda organisasi komputer ini boleh juga ditambahkan dengan gambar perangkatnyaG. PENUTUP RANGKUMAN  Peta minda adalah cara mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah, dan menangkap berbagai pikiran tersebut dalam berbagai sudut yang bertujuan untuk meningkatkan dan membudayakan keterampilan berfikir dalam kalangan pelajar ke arah menghasilkan siswa yang kreatif, kritis dan inovatif.  Fungsi Peta Minda Menurut Buzan, metode peta minda dapat bermanfaat untuk: 1] Merangsang bekerjanya otak kiri dan otak kanan secara sinergis. 2] Membebaskan diri dari seluruh jeratan aturan ketika mengawali belajar. 3] Membantu seseorang mengalirkan gagasan tanpa hambatan. 4] Membuat rencana atau kerangka cerita. 5] Mengembangkan sebuah ide. 6] Membuat perencanaan sasaran pribadi. 7] Meringkas isi sebuah buku. 8] Menyenangkan dan mudah diingat. 30Simulasi dan Komunikasi Digital - EN  Jenis Jenis Peta Mind 1. Circle Map [Peta Lingkaran] untuk sumbangsaran ide dan memamerkan pengetahuan yang terkait sesuatu dengan memberikan infornasi sesuai konteks. 2. Bubble Map untuk memperkaya kemampuan murid mengidentifikasi atau menunjukan kualitas. Biasanya menggunakan kata deskriptif atau uraian. 3. Double Bubble Map untuk membanding beda sesuatu. 4. Tree Map untuk mengklarifikasikan bahan atau ide. 5. Brace Map untuk menganalisis objek fisik. 6. Flow Map untuk membuat ururan sesuatu proses. 7. Multi-flow Map untuk menunjukkan dan menganalisis hubungan sebab dan akibat. 8. Bridge Map untuk memberikan kesempatan kepada siswa mempublikasikan proses analogi dengan menggunakan faktor penghubung.  Keunggulan Peta Minda : o Memberi pandangan menyeluruh pokok masalah atau area yang luas. o Memudahkan kita dalam merencanakan atau membuat pilihan- pilihan dan o mengetahui ke mana kita akan pergi dan di mana kita berada. o Mengumpulkan sejumlah besar data di satu tempat. o Mendorong pemecahan masalah dengan membiarkan ktia melihat jalan jalan terobosan kreatif baru. o Menyenangkan untuk dilihat, dibaca, dicerna dan diingat. 31Simulasi dan Komunikasi Digital - EN TES FORMATIF 1. Salah satu cara untuk memvisualkan proses berpikir adalah dengan menggunakan a. Flowchart b. Algoritma c. Logika d. Peta Minda 2. Program aplikasi yangdigunakan untuk membuat sebuah peta minda adalah..... a. Corel Draw b. Auto Cad c. MindMaple d. PDF e. Google Slides 3. Berikut manfaat peta minda, kecuali..... a. Membuat perencanaan sasaran pribadi. b. Meringkas isi sebuah buku. c. Menyenangkan dan mudah diingat. d. Merangsang bekerjanya otak kiri dan otak kanan secara sinergis. e. Membebaskan dari jeratan hukum 4. Berikut ini merupakan langkah langkah dalam membuat sebuah Peta Minda... 1] Menentukan tema utama yang dijadikan subjek atau juduk pegembangan peta 2] Mengembangkan sub- sub tem yang lebih lengkap dan mendetail 3] Mengidentifikasi cabang cabang tema a. [2],[3],[1] b. [3],[2],[1] c. [2],[1],[3] d. [1],[3],[2] e. [1],[2],[3] 5. Salah satu cara untuk memvisualkan proses berpikir adalah dengan menggunakan mind map, siapakah yang pertama kali menggagaskan Mind Map... a. Bill Gates b. Tony Buzan c. Steve Jobs d. Linux e. Mark Zuckerberg 32Simulasi dan Komunikasi Digital - EN 6. Dibawah ini termasuk manfaat dari penerapan peta minda adalah, kecuali.... a. Merevisi isi b. Membuat sebuah rencana c. Mengembangkan sebuah ide d. Mengalirkan sebuah gagasan e. Meringkas isi 7. Dalam sebuah peta minda terdapat beberapa objek yaitu motor dan pewsawat center topik dari kedua objek ini adalah.... a. Komputer b. Mesin c. Transportasi d. Elektronik e. Rumah 8. Jenis peta minda yang digunakan mengklarifikasikan bahan atau ide.... a. Buble map b. Double buble map c. Flow map d. Tree Map e. Degre map 9. Jenis peta minda Multi-flow Map digunakan untuk a. Megklarifikasi ide b. Membandingkan suatu benda c. menunjukkan dan menganalisis hubungan sebab dan akibat. d. Menunjukkan ide e. membuat ururan sesuatu proses. 10. Salah satu aplikasi pembuat peta minda berbasis Android, adalah.... a. Corel Draw b. GitMind c. Ms. Word d. Linux e. Machitos NILAI = JUMLAH BENAR X 10 33Simulasi dan Komunikasi Digital - ENKunci Jawaban 1. D 2. C 3. E 4. D 5. B 6. A 7. C 8. D 9. C 10. BDAFTAR PUSTAKA 1. Ratih,cahya kusuma,ilham penta priyadi, Heri Arum Nugroho, Aggry Tiharapitra, Bagiono Djokosumbogo dan Karyana. 2021.Ajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Bagian 1. Direktorat Pembinaan SMK. 2. Fitriyanto,Dwi Bagus, 2019. Unit Pembeajaran program pengembangan keprofesian berkelanjutan. Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus 3. Admin. 2021. Aplikasi Mind Mapping Terbaik Untuk Pengguna Android, //teknologital.com/aplikasi-mind-mapping/ [12 Agustus 2021] 34Simulasi dan Komunikasi Digital - EN 35Simulasi dan Komunikasi Digital - EN

36


Video yang berhubungan