Bagaimana cara memasukkan IP Address pada Winbox?

Konfigurasi IP Address pada Mikrotik Melalui Winbox

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk mengkonfigurasi IP Address pada Mikrotik yang diakses melalui winbox, yaitu dapat dengan mode GUI ataupun mode CLI. Dengan mode GUI akan sedikit lebih mudah untuk mengkonfigurasinya. Karena akan sangat terbantu dengan tampilan graphic yang tinggal klik dan klik. Sedangkan mengkonfigurasi dengan mode CLI atau text terlebih dahulu harus tau perintah apa yang dibutuhkan.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan ketika mengkonfigurasi dengan mode GUI.

1. Klik menu IP > Addresses

2. Isi kolom Address sesuai IP yang diinginkan dan arahkan pada interface yang ingin dikonfigurasi

3. Setelah mengisi IP Address dan memilih interface klik Apply > OK

Jika ingin mengkonfigurasi dengan mode CLI atau text, berikut perintah yang harus dilakukan

1. Buka New Terminal pada winbox

2. Untuk mengkonfigurasinya masukan perintah seperti berikut

    [[email protected]] > ip address add address="IP Address" interface="ethernet yang dituju"


    Contoh :

    [[email protected]] > ip address add address=192.168.20.1/28 interface=ether2

    
    Cek IP Address tersebut sudah terkonfigurasi atau belum dengan perintah berikut


    [[email protected]] > ip address print

Jika IP Address muncul seperti diatas, maka konfigurasi berhasil. Selamat Ngoprek

Halo sahabat TKJ, pada kesempatan kali ini saya akan memulai sharing materi jaringan komputer pada blog ini. Pada tutorial kali ini saya akan membahas mengenai penambahan Ip Address pada router mikrotik sebagai latihan anda, di sini anda dapat menggunakan mikrotik routerboard, Router PC, ataupun Virtual.

Ada baik nya sebelum anda memasuki teknik ini anda mempelajari dulu apa itu Ip Address bagi pemula, seperti penghitungan dan pemahaman nya, agar anda tidak mengalami kebingungan nantinya. Tapi saya yakin sahabat TKJ sudah mengerti semua tentang pengertian IP Address oleh karna itu saya tidak akan menjelaskan lagi, langsung saja kita ke Mikrotik nya

1. Untuk pertama kali, setelah anda login ketikan perintah "interface print" ini untuk mengecek interface pada mikrotik, lalu tentukan interface mana yang akan anda tambahakan ip address? di sini saya akan menggunakan interface 1 (ether1)

2. Selanjutnya ketikan perintah "ip address add address 192.168.137.2/24 interface=ether1"  Nah ip address dan prefix /24 serta ether1 dapat anda ganti sesuai dengan aturan atau topologi jaringan anda.

3. Terakhir anda dapat mengecek apakah ip sudah masuk ke dalam interface, dengan perintah "ip address print"  maka akan terlihat gambar seperti di bawah ini, terdapat ip address yang telah anda tambahkan tadi

4. selanjutnya anda dapat melakukan ping dari komputer client yang berada dalam 1 jaringan ke router mikrotik ini, untuk menguji konektifitas jaringan apakah sudah terhubung ke router atau belum. 

Nah saya rasa cukup sekian dulu tutorial mikrotik kali ini, tunggu tutorial selanjutnya ya hanya di andre-networking

Neicytekno    - IP Address atau Internet Protocol Address merupakan label numerik yang diterapkan pada setiap perangkat yang terhubung dengan jaringan komputer. alamat ip memiliki dua fungsi utama yaitu sebagai host dan sebagai pengalamatan lokasi. IP Address sangat berperan peting dalam dunia jaringan terurama dalam menggunakan Router untuk proses routing. 

Mikrotik merupakan salah satu Router yang selalu menggunakan alamat ip dalam menjalankan proses routing. Pengelamatan alamat ip dapat dilakukan sesuai topologi jaringan local maupun jaringan yang lebih luas. Menyetting alamat ip pada mikrotik terdapat dua jenis cara yang pertama menggunakan aplikasi GUI atau berbasis Grafik ataupun menggunakan Command line interface (CLI) atau perintah-perintah tertentu dengan menggunakan perangkat PC/Laptop.

Namun untuk menyetting mikrotik kita juga bisa menggunakan perangkat smartphone asalkan wifi pada mikrotiknya sudah dalam keadaan aktif sehingga dapat terhubung dengan smartphone kita. Caranya dengan menggunakan aplikasi MikroTik Pro yang bisa di download di appstore/playstore secara gratis.

Cara Menambahkan Alamat IP Menggunakan Mikrotik Pro

1. Pertama download apliakasi Mikrotik Pro di Appstore/Playstore

2. Kemudian sambungkan smartphone kalian ke jaringan wifi mikrotik.

3. Buka aplikasi MikroTik Pro dan masukan username dan password Mikrotik

4. Kemudian tekan icon tiga garis di atas dan masuk ke menu " IP -- Addresses -- add(+)"

5. Masukan Alamat ip yang baru dan tentukan IP tersebut akan dialokasikan untuk ether mana, misal kita ingin ether3 memiliki ip 192.168.3.1/24 maka sesuaikam seperti dibawah ini.

6. Tekan "OK" dan tekan icon "ceklis pada lingkaran biru" jika sudah sesuai.

Dengan begitu ether3 sudah memiliki alamat ip yaitu 192.168.3.1 dengan prefik /24 atau 255.255.255.0 cara ini bisa dilakukan menggunakan perangkat smartphone yang sudah terhubung dengan mikrotiknya, perlu di ingat kemabali bahwa tidak semua mikrotik mempunyai jaringan wifi bawaan, sehingga kita harus menambahkan access point external agar bisa terhubung dengan jaringan wifi smartphone. 

cara ini hanya untuk menambahkan alamat ip saja dimana ip tersebut masih menjadi ip static belum menggunakan DHCP Server.

Baca Juga : Cara Memperluas Jankuan WIFI Menggunakan TPLINK WR840N

Bagaimana langkah atau cara memberikan IP address di Winbox?

Buka aplikasi winbox, kemudian isi kolom di winbox seperti ini: Connect To = MAC address..
Address : 10.22.22.1/24..
Network : (Di kosongkan saja karena akan mengikuti subnet diatas).
Interface : ether3..
Kemudian klik OK..

Bagaimana cara menambahkan IP Address pada mikrotik di winbox?

Menambahkan Address List WAN di Mikrotik.
klik menu IP, kemudian klik Addresses dan klik tanda plus..
Bagian Address : isi 192.168.22.2/30 (sebagai contoh).
Bagian Network : kosongkan saja..
Bagian Interface : isi ether 2..
Silahkan klik menu OK..

Langkah

Hubungkan Modem dengan Mikrotik Router Anda dengan menggunakan kabel straight masing – masing di Ethernet 1..
Hubungkan Mikrotik ke laptop dengan menggunaan kabel straight ke Ethernet 2 pada Mikrotik Router..
Masuk ke Winbox..
Setelah muncul alamat MAC Address kalian klik yang MAC Address kemudian Connec..

Kenapa IP mikrotik tidak terdeteksi di Winbox?

Itu disebabkan karena RouterBoard baru biasanya memiliki konfigurasi default, yang mana Ether1 terdapat semacam firewall sehingga memblock MNDP (MikroTik Network Discovery Protocol) yang membuat WinBox tidak dapat menemukan RouterBoard anda.