Bagaimana cara menemukan ide dalam menulis sebuah puisi

Bagaimana cara menemukan ide dalam menulis sebuah puisi? ​

  1. 1.Peka terhadap lingkungan.
  2. 2.Selalu bernalar atau berpikir.
  3. 3.Mencari tempat yang menyenangkan.
  4. 4.Mengenal diri kita.
  5. 5.Jangan buang ide yang muncul.
  6. 6.Saat ada masalah yang mucul berpikirlah kreatif.
  7. 7.Refresh otak dengan hal-hal yang menyenangkan.

Apa yang menjadi inspirasi agar mudah mendapatkan ide menulis?

Agar Anda bisa terus mendapatkan ide dalam menulis, coba lakukan berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com, Senin (9/12).

  1. Rajin Membaca adalah Kunci.
  2. Mencoba Menuliskan Apa yang Dirasakan.
  3. Lakukan Diskusi Tentang Hal Apapun dengan Orang Lain.
  4. Latihlah Diri untuk Kreatif.
  5. Jangan Malas Melakukan Hal-Hal Baru.

6 Langkah awal mencari ide usaha?

6 Langkah yang Perlu Dilakukan untuk Menemukan Ide Bisnis Baru

  1. Alokasikan Waktu Khusus untuk Melakukan Brainstorming Ide.
  2. Pertimbangkan Hal-Hal yang Menarik Minat Anda Terlebih Dahulu.
  3. Pikirkan Hal-Hal yang Sedang Dibutuhkan oleh Masyarakat.
  4. 4. Amati Tren.
  5. Pertimbangkan Kebutuhan Anda Sendiri.
  6. 6. Belajar dari Orang Lain.

Bagaimana cara menemukan ide kerajinan dengan inspirasi budaya lokal?

Cara yang dapat digunakan untuk mendapatkan ide kerajinan dengan menggunakan inspirasi objek budaya lokal adalah:

  1. Melihat berbagai macam objek budaya lokal yang ada pada daerah tersebut.
  2. Melihat berbagai macam sumber daya yang ada dari daerah tersebut.
  3. Mempertanyakan kenapa objek budaya tersebut menjadi inspirasi.

Apa hubungan tema dan observasi dalam membuat puisi?

Apa hubungan tema dengan observasi dalam menulis puisi​ Hubungan tema dengan observasi pada saat menulis sebuah puisi yaitu tema ini dapat digunakan untuk dapat menjadi sebuah gambaran atau acuan dalam melakukan observasi pada saat akan membuat sebuah puisi.

Apa yang dimaksud dengan ide jelaskan?

Gagasan atau ide (Kata ide berasal dari bahasa Yunani ἰδέα idea “bentuk, pola,” dari kata asalnya ἰδεῖν idein, “melihat”). Dalam ilmu filsafat, gagasan atau ide biasanya merujuk pada gambaran perwakilan mental suatu objek. Gagasan juga dapat menjadi konsep abstrak yang tidak mewakili gambaran mental.

Jelaskan apa dimaksud dengan ide?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ide merupakan suatu rancangan yang tersusun di dalam pikiran, gagasan, maupun cita-cita.

Tips Mendapat Ide Dalam Membuat Puisi -

Semua manusia memiliki daya pikir masing-masng. Demikian pula dalam menulis sebuah karya akan membutuhkan daya pikir yang baik untuk menemukan ide-ide yang dapat menghaslkan sebuah karya yang maksimal. Karena kita ketahui bahwa ide di perlukan sebagai batu loncatan dalam melakukan kegiatan menulis, baik menulis artikel, puisi, cerpen, novel, buku ataupun yang sejenisnya. Oleh karena banyak keterkaitan ide dengan apa yang akan kita tulis, maka disini saya hanya akan membagikan beberapa tips menentukan, mencari ide atau agar selalu menemukan ide dalam membuat sebuah puisi. Mencari ide atau

menentukan ide, merupakan hal yang di anggap perlu bagi kita yang sedang bingung mau menulis puisi tentang apa. Ide adalah sebuah hal yang sulit untuk dicari, tetapi kalau kita mau berpikir serta melihatnya dengan baik, maka sebenarnya Ide telah ada di hadapan kita saat ini, dari itu sayapun berani katakan ketika anda membaca tulisan saya ini mungkin saja anda sudah menemukan sebuah ide.

Langsung saja kita menuju hal yang perlu kita lakukan untuk selalu mendapatkan ide dalam membuat puisi,di antaranya:

1. Peka terhadap lingkungan

Peka terhadap lingkungan disini dimaksudkan agar kita lebih mengenal lingkungan sosial kehidupan kita, baik masyarakatnya, serta hal lain yang masih berhubungan dengan alam sekitar dimana tempat kita tinggal, misalnya: danau, hutan, sawah, pantai, sungai dan lain sebagainya. Sebab dengan mengenal lingkungan kita akan merasakan bagaimana sebuah nilai dan norma yang ada dalam kehidupan bermasyarat, yang nantinya ketika mengenalnya kita akan menemukan penilaian tersendiri dari diri kita, penilaian inilah yang harus kita olah untuk menemukan sebuah Ide dalam membuat puisi.

2. Selalu Bernalar atau Berpikir

Dengan bernalar atau berpikir berarti secara tidak langsung akan membutuhkan otak kita untuk bekerja, selain itu dibutuhkan keterlibatan panca indera kita misalnya penglihatan, penciuman, dan perabaan, pokoknya dalam hal ini panca indera kitapun harus ikut bekerja. Pada kegiatan bernalar atau berpikir ini bukanlah hal yang mudah disebabkan kita harus dapat menghubungkan panca indera kita serta menfungsikan otak kita untuk mengolah rangsangan yang kita terima. Hal ini sangat erat kaitannya dengan tips nomor satu sebab merupakan lanjutan dari tahap satu di atas, dalam tahap ini kita di tuntut untuk mampu mengolah daya pikir kita mengenai rangsangan yang kita terima. Rangsangan yang kita terima bisa saja berupa peristiwa, suhu, dan kondisi yang kita lihat dan kita rasakan saat itu. Sebagai contoh sederhana misalnya saat itu kita merasakan sakit, sebut saja demam berdarah, maka cobalah untuk berpikir mengapa sih saya bisa kena demam berdarah?, mungkin saja karena ada pakain yang di gantung sembarang tempat, serta genangan air yang tidak tertutup, yang menyebabkan sarang nyamuk. dari hasil olah pikir akhirnya kita menemukan sebab mengapa kita sakit, dari contoh kecil diatas mungkin saja kisa bisa menemukan ide untuk membuat puisi “Cinta Jarak Jauh | LDR”. Oleh karenanya kita harus mampu mengolah daya pikir kita mengenai sesuatu, mengapa kita merasakan itu, ataupun mengapa orang lain merasakan atau mendapat masalah seperti itu.

3. Carilah Tempat yang Menyenangkan

Menurut beberapa orang, tempat yang menyenangkan adalah tempat yang sangat baik untuk menemukan ide dalam membuat puisi, hanya saja menurut saya semua tempat sama saja, yang membedakan adalah bagaimana kita atau cara kita dalam berinteraksi dengan tempat yang menurut kita menyenangkan itu. Sehingga dapat dikatakan hal ini sama halnya dengan tips No 1 yaitu peka terhadap lingkungan. Namun disini lebih di identikan dengan tempat yang menurut anda dapat menghadirkan rasa kenyamanan atau bisa menyenangkan buat anda. Misalnya di pantai, di hutan, pokoknya tempat yang menurut anda nyaman dan anda suka. Dengan begitu biasanya anda akan dengan mudah menemukan ide dalam membuat puisi, hanya saja menurut saya Tips No 2 juga perlu kita terapkan pada cara ini.

4. Mengenal diri Kita

Mungkin kedengarannya aneh, sebab apa sih hubungannya mengenal diri dengan menemukan ide dalam membuat puisi?. Jika anda seperti itu, sayapun berkata lain. Sebab dengan mengenal diri kita, kita akan lebih memiliki sikap dan persaan yang sangat peka terhadap lingkungan dan juga terhadap diri kita sendiri. Mengenal diri kita untuk menemukan ide dalam membuat puisi adalah salah satu cara untuk menghadirkan keterbukaan jiwa dan persaan sehingga sesuatu yang kita rasakan akan menjadi sebuah Ide untuk di Ungkapkan dalam sebuah puisi. Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan kepada anda, semoga bermanfaat.Tidak ada manusia yang sempura. Dengan demikian saya minta ma'af apabila dalam penulisan posting saya ada kekhilafan. Saya mengucapkan terimakasih anda sudah mau mampir di blog saya, saya harap tinggalkan komentar untuk saling mengoreksi dalam pembelajaran saat ini.

Sumber Artikel: http://sidharly.blogspot.com/2013/01/cara-agar-selalu-menemukan-ide-dalam.html

Jika ada karya sastra yang sering diajarkan oleh bapak ibu guru bahasa Indonesia sejak dari bangku SD hingga SMA, kita pasti sepakat, itu adalah puisi. Mungkin kita juga sepakat, menulis puisi sepertinya cukup mudah untuk dilakukan, baik oleh siswa SD, SMP, SMA maupun masyarakat awam. Boleh saja kita berpendapat demikian, namun menulis karya puisi hingga akhirnya bisa diterima banyak orang atau dimuat di media massa tentu membutuhkan kelihaian dan kecerdasan  mengolah kata-kata. Namun tidak ada prestasi bakal terwujud tanpa melakukan langkah awal. Bagi para pembaca yang sedang belajar menulis puisi atau sedang berjuang keras untuk merangkai kata-kata indah, mari kita berbagi pengalaman tentang proses menulis puisi. Mari kita mulai dengan bagaimana cara kita mendapatkan ide dengan cepat dan mudah. Begitu banyak kata-kata yang hari ini kita terima, kita harus pandai untuk memilah dan memilih kata terbaik untuk kita jadikan puisi. Kita juga harus mengerahkan segenap daya imajinasi kita sehingga bisa menjadi puisi yang indah, setidaknya menurut kita sendiri. Di bawah ini, merupakan beberapa pengalaman yang saya peroleh dalam rangka menemukan atau mencari ide menulis puisi. 1. Mengeksplorasi suasana hati.     Suasana hati memang selalu berubah-ubah. Pada suatu saat kita merasa gembira, namun saat yang lain tiba-tiba merasakan kesedihan. Saat-saat itulah kita perlu diam sejenak, lalu mulai mengetikkan kata-kata yang berhubungan dengan perasaan kita. 2. Mengingat perjalanan hidup kita.     Banyak penulis puisi menggunakan pengalaman pribadi sebagai ide menulis puisi. Kita bisa sejenak mengingat-ingat kembali perjalanan hidup kita sejak kita kecil hingga sekarang. 3. Memperhatikan orang-orang terdekat kita.     Kita bisa memperhatikan kedua orang tua kita, saudara bahkan siapa saja, lalu kita kenang kembali kebersamaan bersama mereka selama ini. Misalnya orang tua kita yang sejak kecil telah merawat kita. Kita bisa menggali kata-kata paling indah sebagai persembahan kita kepada orang tua kita, melalui puisi. 4. Memperhatikan fenomena alam.     Fenomena alam juga bisa menjadi sumber ide dalam menulis puisi. Kita bisa memperhatikan hamparan sawah, laut yang membentang dan fenomena alam lainnya, lalu kita pilih kata-kata terbaik sebagai puji-pujian terhadap keindahan alam semesta. 5. Mengingat Tuhan     Mengingat Tuhan berarti kita akan membuat puisi religi. Kita bagi pengalaman beragama kita kepada orang lain dengan cara menulis puisi tentang kebesaran Tuhan Semesta Alam. 6. Mendengarkan lagu     Dengan mendengarkan lagu kita bisa membawa perasaan hati ini ke suasana yang diciptakan oleh lagu. Misalnya saat mendengarkan lagu sedih, tiba-tiba kita teringat dengan kenangan yang berkaitan dengan lagu tersebut, lalu mulailah mengetik 7. Memperhatikan keadaan lingkungan Tak ada salahnya memperhatikan situasi lingkungan yang ada saat ini. Kita bisa mengeksplorasi bagaimana kehidupan masyarakat yang kurang mampu. Hal ini bisa mempertajam rasa empati sekaligus menghadirkan puisi yang menyentuh dan mengetuk hati. Nah itulah tujuh cara yang cukup mudah untuk memancing ide menulis puisi.