Bagaimana cara menentukan ide pokok dalam sebuah paragraf?

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Lihat
Ilustrasi menentukan ide pokok. Foto: pixabay

Ide pokok adalah gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok juga disebut sebagai gagasan pokok dan gagasan utama.

ADVERTISEMENT

Ide pokok dalam sebuah paragraf berfungsi sebagai penyampai pesan penulis kepada pembaca. Pesan tersebut dapat berupa informasi yang mengedukasi, menginspirasi, dan menghibur.

Agar lebih memahaminya, berikut penjelasan tentang ide pokok lengkap dengan cara menentukannya.

Cara Menentukan Ide Pokok

Setiap paragraf dalam sebuah teks bacaan pasti mengandung ide pokok. Melalui ide pokok, seorang pembaca dapat melihat bagaimana penulis menyusun urutan pikirannya untuk menjelaskan pokok pembahasan.

Ide pokok umumnya dituangkan dalam sebuah kalimat utama. Kalimat ini lah yang menjadi acuan kalimat-kalimat lainnya.

Kalimat utama umumnya berisi dasar pemikiran yang dijabarkan oleh kalimat-kalimat lainnya. Berdasarkan letaknya dalam sebuah paragraf, kalimat utama dibagi menjadi tiga, yaitu di awal, di akhir, dan campuran.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Lihat
Ilustrasi menentukan ide pokok. Foto: pixabay

Mengutip buku Membaca dan Menulis Wacana karya Drs. Joseph Hayon, M.Pd., menentukan ide pokok sebuah paragraf bisa dilakukan dengan cara:

ADVERTISEMENT
  • Membaca keseluruhan isi teks bacaan

  • Menemukan kalimat utama tiap paragraf. Kalimat utama bisa terletak di awal, akhir, dan campuran (awal dan akhir). Kalimat utama biasanya diikuti oleh beberapa kalimat penjelas.

  • Menentukan inti bahasan dari kalimat utama tersebut yang bisa dijadikan gagasan pokok/ide pokok.

Contoh soal:

Hari itu Sovia sedang main kelereng dengan saudara sepupunya, Buyung. Meskipun Sovia seorang anak perempuan, namun hampir semua permainan laki-laki disenanginya. Bagi dia tidak ada permainan untuk anak laki-laki ataupun perempuan. Asal permainan itu menarik pasti diikutinya.

Ide pokok paragraf tersebut adalah

a. Kelereng kesukaan Sovia

b. Permainan Sovia dan Buyung

c. Permainan laki-laki yang disukai Sovia

d. Permainan kesukaan Sovia

Jawaban: D

Kata kunci yang menjadi acuan jawaban tersebut adalah semua permainan. Sovia tidak membedakan permainan laki-laki maupun perempuan. Yang terpenting baginya permainan itu menarik. (Soal UN 2004/2005)

ADVERTISEMENT

(MSD)