Bagaimana cara mengukur iklan facebook ads yang efektif

Facebook Ads merupakan salah satu alat pemasaran yang dapat meningkatkan perkembangan bisnis. Facebook yang menjadi media sosial populer diharapkan oleh banyak pelaku bisnis sebagai target pasar yang luas untuk beriklan disana. Lewat data  Statista menunjukkan bahwa jumlah pengguna Facebook saat ini mencapai 2,85 miliar. Jumlah tersebut semakin memperkuat bahwa Facebook merupakan media sosial populer.

Memiliki banyak pengguna membuat peluang menyasar audiens terbuka lebar. Akan tetapi, banyaknya pengguna justru membuat penggunaan Facebook Ads sulit dijangkau. Pasalnya Facebook terdiri dari banyak komunitas yang memiliki ketertarikan berbeda-beda. Meski sulit bukan berarti kamu mudah menyerah, berikut beberapa cara yang bisa bantu kamu memaksimalkan Facebook Ads menjadi efektif.

Sematkan Testimonial Konsumen

Membuat orang lain tertarik bisa kamu maksimalkan dengan menggunakan testimoni pada konsumen yang sudah merasakan manfaat produk kamu. Cara ini ampuh menjawab keraguan konsumen karena testimoni bersifat ulasan sesuai apa yang dialami oleh konsumen yang sudah membeli. Berkat testimoni, kepercayaan calon konsumen akan meningkat dan berpotensi membeli produk yang kamu iklankan.

Selain itu, tunjukkan manfaat produk yang banyak dirasakan konsumen kamu. Contohnya saat kamu menjual produk kecantikan gunakan testimoni konsumen seputar manfaat kandungan dan efek penggunaan produk kecantikanmu. Iklan yang terlihat asli dari konsumen dapat meningkatkan pemasaran Facebook Ads menjadi lebih efektif dan dapat menjangkau sesuai sasaran.

Baca juga: Apa Itu Tiktok Commerce? Berikut Penjelasannya

Penawaran yang Jelas 

Menyematkan Facebook Ads tak hanya bermodalkan visual berupa foto atau video yang menarik. Namun bentuk penawaran yang disampaikan secara jelas dan langsung pada intinya akan lebih memudahkan audiens untuk menangkap pesan yang dimaksud. Kerap kali banyak ditemui jenis Facebook Ads yang tidak memaksimalkan ruang iklan secara maksimal.

Misalnya saat Facebook Ads berupa ajakan mengikuti sebuah webinar, kamu bisa menjelaskan secara spesifik acaranya, kapan, dimana, jumlah kuota pendaftar, manfaat, dan semua aspek pendukung jalannya sebuah webinar. Tak lupa, sematkan tombol link yang langsung membawa konsumen dibawa ke tempat berupa website atau Google Form pendaftaran.

Munculkan Pada Jam Tertentu

Facebook Ads merupakan alat pemasaran berupa iklan yang dapat dijalankan sesuai pilihan diri sendiri. Waktu beriklan yang tepat bisa mendatangkan keuntungan berlebih. Sehingga mengubah pengaturan waktu menjadi langkah bijak untuk menyesuaikan target yang ingin disasar. Perlu diketahui jika pengaturan Facebook Ads diatur default, maka kamu sedang menjalankan iklan secara 24 jam nonstop.

Secara strategi, menjalankan iklan secara 24 jam memang langkah bagus untuk dilakukan. Akan tetapi bisa menjadi pemborosan uang dan waktu jika memiliki target pasar lokal saja. Facebook Ads setiap jamnya memiliki harga yang berbeda. Carilah waktu dengan menyesuaikan budget agar iklan tetap berjalan dengan baik berupa menghasilkan banyak kunjungan halaman. 

Buat Ketertarikan Segera

Banyak orang cenderung mengambil tindakan dengan segera jika melihat penawaran yang memiliki waktu terbatas. Terlebih, informasi yang disampaikan berupa produk unggulan dengan promo menarik dan edisi yang terbatas. Jika disampaikan lewat Facebook Ads menggunakan kata-kata yang tepat, kunjungan halaman akan banyak dilakukan konsumen.

Upayakan untuk membuat kalimat yang menjelaskan bahwa produk tersebut kemungkinan tak akan terjadi lagi atau penawarannya akan segera menghilang. Tawarkan headline yang jelas berupa gambar produk yang ditawarkan beserta caption yang menjelaskan bahwa penawaran tersebut hanya terjadi hari ini saja atau dalam rentang waktu yang dijelaskan secara spesifik.

Baca juga: Kenali Bisnis Frozen Food Sebelum Memulai Berjualan

Tawarkan Secara Gratis

Produk gratis merupakan hal yang paling dicari audiens. Biasanya penawaran gratis diberikan brand baru dalam rangka mempromosikan dan memberikan masa percobaan produk atau jasa kepada konsumen. Produk gratis bisa berupa panduan atau eBook gratis, sampel gratis, dan yang paling umum free trial.

Untuk beberapa konsumen yang belum berani membeli produk, tawaran pemakaian produk atau jasa secara gratis bisa menjadi ajang percobaan yang bijak. Dengan pengemasan iklan yang efektif, penawaran produk secara gratis bisa menarik audiens yang lalu lalang di Facebook. Terutama jika jam tayangnya sesuai dengan jam ramai media sosial tersebut.

SIRCLO Store hadir sebagai solusi untuk pelaku UMKM dengan pembuatan website gratis dan tamplate siap pakai, serta terintegrasi dengan marketplace dan WhatsApp Business dalam satu dashboard. Klik banner untuk informasi selengkapnya. 

Related posts:

Bagaimana cara beriklan di Facebook yang efektif?

Empat Tips Meningkatkan Efektivitas Iklan di Facebook.
Petakan Target Market Anda. Memilih produk yang hendak dijual barulah satu dari sekian langkah untuk memulai bisnis. ... .
Manfaatkan "Lookalike Audience" ... .
Tingkatkan Relevansi Iklan. ... .
Manfaatkan current customer..

Apa itu KPI dalam beriklan di facebook?

Key performance indicator (KPI) dari model ini adalah semakin banyak klik yang Anda dapatkan dengan harga yang murah, itu artinya iklan Anda berjalan dengan baik. Patokan yang digunakan adalah CPC (cost per click) dan CTR (click through ratio).

Mengapa Facebook Ads sangat efektif digunakan untuk beriklan?

Facebook ads adalah bentuk periklanan yang paling bertarget, karena facbook ads memiliki kemampuan untuk menjangkau secara luas dan tepat. Facebook sendiri telah merangcang facebook ads sedemikian rupa untuk bisa di sesuaikan dengan keinginan, seperti memasang iklan sesuai usia, minat, perilaku, dan lokasi.

Berapa CTR fb yang bagus?

Rekomendasi Nilai CTR Angka yang direkomendasikan untuk CTR (link), yaitu menurut WordStream tergantung pada jenis bisnis yang anda iklankan di Facebook ads. Namun secara keseluruhan atau setelah di rata-rata, maka angka terbaik untuk CTR pada Facebook ads yaitu 0.90%.