Bagaimana komputer bisa saling berkomunikasi dengan komputer lain di seluruh dunia?

Jaringan Komputer ​​adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data, jaringan komputer dibangun dengan kombinasi​​hardware​​dan​​software.​​Saat 2 atau lebih komputer saling berkomunikasi atau bertukar data sebenarnya ada bagian-bagian dari jaringan komputer yang menjadi pihak yang menerima atau meminta layanan disebut dengan​​client​​​​dan yang memberikan atau mengirimkan disebut​​dengan​​server. Design seperti ini sering disebut dengan Sistem​​Client- Server.

Komputer yang saling terhubung ini pun harus mempunyai setidaknya 1 kartu jaringan masing-masing yang kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi​​data dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan yang akan membentuk sebuah jaringan komputer sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya maka di perlukan peralatan tambahan untuk mendukung seperti Hub, Switch, Router, dll.

Ada beberapa jenis jaringan komputer yang sering kita lihat dan di klasifikasikan menurut cangkupan areanya, yaitu:

LAN atau​​Local Area Network​​adalah konsep yang menghubungkan perangkat jaringan dalam jarak yang relatif pendek. Biasanya di gunakan untuk gedung sekolah, kantor, rumah, dll. Konsep jaringan LAN ini cenderung menggunakan konektivitas tertentu, terutapa Ethernet dan Token Ring.

Ada juga LAN yang menggunakan teknologi jaringan​​Wireless​​atau nirkabel dengan WI-FI dan dikenal dengan nama​​Wireless Local Area Network (WLAN).

  • MAN (Metropolitan Area Network)

MAN atau​​Metropolitan Area Network​​adalah konsep yang menghubungkan perangkat jaringan dari satu Kota ke Kota lainnya. Jika penggunaan LAN sudah tidak memungkinkan untuk membangun jaringan maka jaringan MAN akan di gunakan, karena cangkupannya lebih besar dari LAN maka MAN menggunakan perangkat khusus dan memerluka​​operator​​telekomunikasi yang bertugas sebagai penguhubung antar jaringan komputer.

WAN atau​​Wide Area Network​​adalah konsep yang menghubungkan perangkat jaringan komputer yang mencangkup wilayah super luas dan menggunalan peralatan yang super canggih apabila di bandingkan dengan MAN dan LAN.

Konsep Jaringan ini sendiri biasanya digunakan untuk mengubungkan suatu jaringan dari negara satu dengan negara lainnya alias antar negara bahkan bisa juga antar benua. salah satu contoh peralatan super canggih tadi adalah fiber optic dimana pemasangannya ditanam di dalam tanah maupun​​di bawah laut.

 Dalam pembangunan jaringan komputer ini sendiri tidak lepas dari namanya topologi, dimana topologi ini sendiri bisa di bilang sebagai bentuk atau struktur virtual jaringan yang mengacu pada tata letak perangkat yang terhubung walaupun bentuk ini tidak selalu sesuai dengan tata letak fisik sebenarnya dari perangkat jaringan.​​

 Topologi jaringan dapat di kategorikan ke dalam tipe dasar berikut, yakni:

Topologi BUS ini hanya menggunakan satu kabel saja sebagai media komunikasi​​atau media transmisi dan kabel tersebut menjadi pusat bagi seluruh server yang terhubung. Masing-masing komputer dihubungkan ke kabel utama dengan menggunakan konektor BNC, lalu di akhiri dengan terminator. Berikut contoh gambar topologi BUS:

https://i2.wp.com/hidupsimpel.com/wp-content/uploads/2017/05/topologi-bus.jpg?resize=768%2C482&ssl=1

Topologi RING adalah topologi jairngan yang rangkaiannya membentuk cincin dan berupa titik yang mana masing-masing titik bagian kanan dan kiri terhubung ke dua titik lainnya sampai komputer pertama dan komputer terakhir terhubung.

Titik yang ada pada​​topologi cincin ini berfungsi memperkuat sinyal di setiap rangkaiannya atau bisa juga di sebut​​reapeater.​​dengan metode seperti ini sinyal dan aliran data akan tetap stabil. Arah aliran datanya juga bisa searah jarum jam atau berlawanan dengan jarum jam,​​tergantung dengan kebutuhan. Berikut contoh gambar dari topologi Ring:

macam macam topologi jaringan ring

Topologi STAR adalah topologi yang mempunyai 1 penghubung sebagai pusat (HUB atau Switch) dari setiap komputer yang terhubung. Hub atau Switch tersebut posisinya di central dan berfungsi untuk menghubungkan satu komputer ke setiap komputer yang terhubung dan juga menghubungkan komputer ke file server.

Cara kerjanya yaitu apabila ingin bertukar data satu sama lain maka data itu akan mengalir ke HUB atau Switch terlebih dahulu baru kemudian akan menuju ke komputer yang meminta atau yang akan menerimanya. Berikut adalah contoh gambar dari topologi STAR:

macam macam topologi star

Topologi Mesh adalah topologi yang jaringannya dapat terhubung satu sama lain secara acak atau tidak teratur. Karena komputer langsung terhubung dengan komputer yang di tuju maka arus data dapat langsung di lakukan dengan cepat tanpa harus melalui komputer lain.

Masing-masing komputer setidaknya memiliki 2 jenis sambungan yaitu pertama kabel yang terhubung dengan komputer lainnya dan kabel lainnya terhubung ke File Server. Topologi ini di sarankan untuk penggunaan yang cangkupannya kecil bukan yang besar karena Topologi ini sangat sulit untuk di kendalikan dan rumitnya dalam mengatur sambungannya.

macam macam topologi jaringan mesh

Topologi Tree adalah Topologi yang bertingkat dan hierarki antar koneksi menggunakan Hub atau Switch sebagain media​​transmisinya dan masing-masing dari hub atau Switch tersebut terhubung dengan file Server.

Topologi Tree sebenarnya kombinasi dari Topologi STAR dan Topologi BUS namun yang membedakannya adalah topologi tree ini terdapat banyak Hub ata Switch dalam jaringan dan sistem hierarkinya.

macam macam topologi tree atau pohon

Berikut adalah gambaran sederhana tentang apa itu jaringan komputer, jenis-jenisnya, dan topologi dasar yang​​di gunakan dalam membangun Jaringan Komputer.

Sumber:​​

https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer

https://www.indoworx.com/apa-itu-lan-man-wan/

https://www.dewaweb.com/blog/jaringan-komputer-pengertian-topologi-dan-jenis-jenisnya/

https://hidupsimpel.com/macam-macam-topologi-jaringan/

https://www.teknik.unpas.ac.id/wp-content/uploads/2019/01/logo-putih.svg 0 0 nimda https://www.teknik.unpas.ac.id/wp-content/uploads/2019/01/logo-putih.svg nimda2019-07-03 05:15:132019-07-03 05:15:13Apa itu jaringan Komputer?

Video

Advertising