Bagaimana membangun sikap selektif dalam menghadapi berbagai pengaruh kemajuan IPTEK dalam bidang sosial budaya?

Contoh sikap selektif di bidang sosial budaya terhadap kemajuan iptek

Sebutkan Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan IPTEK, Jelaskan Contohnya

Sosiologi Info - Apa saja Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan IPTEK di dalam masyarakat Indonesia dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI.

Jelaskan, berikut ini pembahasan dan ulasannya ada tiga sikap selektif tersebut beserta dengan contohnya, sebutkan. Yuk baca.

Sekilas Pengertian Kemajuan IPTEK di Masyarakat

Abad 20 an ini siapa sih yang tidak mengenal istilah Iptek. Bahkan hampir semua orang terlibat akan perkembangan peradaban manusia di bumi melalui Iptek.

Baca Juga : 5 Sikap Selektif Terhadap Kemajuan IPTEK di Bidang Hukum, Pertahanan dan Keamanan

Istilah Iptek adalah singkatan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Era modern, hampir semua kehidupan manusia di hampir semua sektor atau bidang.

Mendapatkan pengaruh akan kemajuan perkembangan Iptek. Misalnya dalam bidang ekonomi, politik, pendidikan, sosial budaya, dan beberapa sektor aspek penting lain.

Lalu apa nih pengertian dari kemajuan Iptek dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya di lingkungan manusia bumi ?

Baca Juga : 11 Sikap Selektif Terhadap Pengaruh IPTEK di Bidang Ekonomi, Contohnya

Pengertian IPTEK adalah merupakan suatu sumber maupun wadah suatu informasi yang mana akan meningkatkan serta menambah ilmu pengetahuan. 

Begitu juga dalam menambahkan wawasan seseorang untuk mengenal khususnya dalam bidang teknologi. 

Disini lah dengan adanya Kemajuan Iptek masyarakat jadi lebih mudah dalam mendapatkan informasi mengenai ilmu pengetahuan terbaru, terkini.

Yang di dalam bidang teknologi serta bidang lainnya. Dimana menjadi awal sebuah peradaban baru dengan pesatnya perkembangan jaringan internet di seluruh dunia.

Dimana yang kemudian smartphone sebagai alat mempermudah dan mempercepat arus informasi digital sampai kepada masyarakat. 

Baca Juga : 3 Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan Iptek di Bidang Ideologi

Inilah salah satu contoh hasil dari penemuan yang visioner untuk peradaban dunia, dengan itu warga di seluruh dunia bisa terkoneksi dalam hitungan detik.

Oleh karena itu, pada saat ini dan masa mendatang tidak ada rasanya manusia dapat menghindarkan diri pada kemajuan Iptek tersebut.

Ya memang pada dasarnya akan ada dua dampak maupun pengaruh dengan adanya kemajuan terhadap IPTEK bagi NKRI khususnya, masyarakat Indonesia.

Baca Juga : 18 Pengaruh Kemajuan IPTEK Terhadap Kehidupan Manusia

Apa saja manfaat dari kemajuan Iptek terhadap masyarakat di suatu negara terkhususnya di Indonesia yang saat ini mengalami perkembangan pesat mengenai teknologi.

Manfaat IPTEK untuk Masyarakat

Ada beberapa manfaat penting dalam setiap kemajuan dan perkembangan Iptek bagi keberlangsungan hidup manusia di bumi yaitu :

1. Dapat memberikan kemudahan untuk hidup manusia di bumi

2. Dapat memberikan kemudahan dalam berkomunikasi antar warga atau individu di seluruh wilayah

3. Dapat meningkatkan dan mengoptimalkan kepentingan ekonomi maupun bisnis masyarakat

Nah itulah beberapa manfaat adanya kemajuan Iptek di masyarakat. Namun, memang tidak menutup kemungkinan.

Akan adanya dampak serta pengaruh negatif maupun positif dalam proses perkembangan kemajuan Iptek di masyarakat. 

Oleh karena itu, perlunya kita sebagai individu untuk dapat berperilaku dengan sikap sikap yang sebagai alternatif dalam menghadapi serta menelaah kemajuan Iptek.

Lantas apa saja Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan IPTEK yang perlu dilakukan setiap individu dalam masyarakat di Indonesia ? Mari simak dibawah ini ulasan singkatnya. 

Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan IPTEK

Ada tiga sikap selektif sebagai alternatif dalam menyikapi serta tindakan yang bisa diambil.

Dalam menghadapi suatu kemajuan IPTEK di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh warga di Indonesia.

Apa saja ? Mari pelan pelan pahami dengan seksama ya sobat pembaca setia Sosiologi.info, Setiap negara di dunia ini tidak akan lepas dari pengaruh pesatnya kemajuan Iptek. 

Negara maju, negara berkembang semuanya membutuhkan Iptek dalam setiap perkembangan ekonomi, bisnis, pendidikan, dan seluruh sektor aspek bidang mendapat pengaruh adanya kemajuan Iptek. 

Baca Juga : 10 Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan IPTEK di Bidang Politik

Begitulah yang ada pada Negara Indonesia, yang saat ini tengah memasuki tahap baru perkembangan Iptek di semua bidang tersebut. 

Oleh karena itu, memang, perlu sikap yang dilakukan agar tidak terjerumus dalam dampak negatif dari kemajuan Iptek tersebut. 

Berikut dibawah ini Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan IPTEK yang mesti dipilih dan dilaksanakan yaitu :

1. Masyarakat dan negara dapat menolak pengaruh Kemajuan IPTEK

Menolak dengan tegas semuanya dari pengaruh perkembangan, kemajuan dan perkembangan Iptek di semua bidang kehidupan berbangsa dan bernegara di masyarakat.

2. Masyarakat dan negara menerima dengan sepenuhnya

Dimana semua masyarakat yang ada di suatu negara dapat menerima semuanya pengaruh dari kemajuan Iptek dalam kehidupan sehari harinya. 

Dalam semua bidang, sektor, aspek kehidupan berbangsa dan bernegaranya. 

Yang mana penerimaan sepenuhnya ini tanpa adanya melakukan penyaringan terhadap kemajuan Iptek tersebut terlebih dahulu.

3. Dapat bersikap selektif

Dimana dengan adanya kemajuan Iptek di dalam kehidupan sehari hari masyarakat. Yang mana masyarakat dan negara bersikap selektif terhadap pengaruh dari perkembangan Iptek. 

Yaitu dengan mengambil hal positif dari kemajuan Iptek untuk kemajuan dan kepentingan pemenuhan kebutuhannya. 

Serta menghindari dan menjauhkan diri pada pengaruh negatif yang membawa dampak buruk bagi keberlangsungan peradaban manusia itu sendiri. 

Contohnya di Masyarakat

Contohnya dalam pemanfaatan internet dan smartphone untuk dapat digunakan dalam mendukung jual beli, untuk berbisnis, belajar online, serta contoh lainnya.

Bukan malah menghabiskan waktu hanya untuk menonton hal hal yang tidak penting di media sosial, serta bermain game secara berlebihan tanpa batas waktu.

Baca Juga : 7 Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan IPTEK di Bidang Sosial Budaya

Oleh karena itu, dari ketiga sikap alternatif yang bisa dilakukan masyarakat dan negara yaitu dengan tetap bersikap selektif dalam menghadapi dan mengatasi kemajuan Iptek tersebut.

Dengan demikian, akan dapat terhindari dari pengaruh buruk dan dampak negatif dari perkembangan Iptek yang tidak dapat diindahkan oleh masyarakat tersebut.

Nah itulah sekilas pembahasan tentang ada 3 Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan IPTEK, Jelaskan, Contohnya.

Sumber Rujukan Sosiologi Info : 

FILE PDF BAB 3 Pengaruh Kemajuan IPTEK Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia | https://sumberbelajar.seamolec.org/

Ada 7 Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan IPTEK di Bidang Sosial Budaya, Contohnya.

Sosiologi Info - Apa saja Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan IPTEK di Bidang Sosial Budaya yang bisa dilakukan masyarakat atau manusia di bumi NKRI ?

Nah untuk menjawab mari simak aja dulu penjelasan dan ulasan berikut ini mengenai topik pengaruh kemajuan IPTEK di kehidupan manusia sehari harinya. 

Sekilas Mengenal IPTEK 

Kemajuan IPTEK telah memasuki hampir semua sektor dan bidang kehidupan manusia di bumi. 

Masyarakat sudah menikmati serta mendapatkan dampak dan pengaruh dari adanya perkembangan Iptek yang begitu cepat terjadi. 

Baca Juga : Ada 13 Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Globalisasi, Sebutkan Contohnya

Misalnya pengaruh dalam hal berkenaan dengan gaya hidup, gaya berpakaian, pemenuhan kebutuhan, dan banyak lagi perubahan.

Dari adanya pengaruh kemajuan Iptek tersebut untuk masyarakat. Bahkan sampai pada dasar-dasar suatu ikatan hidup kemasyarakatan.

Serta mudahnya seseorang untuk mendapatkan akses informasi maupun ilmu pengetahuan di era digital abad 20-an saat sekarang. 

Namun, pengarunya dan dampaknya tidak hanya mengarah kepada hal hal yang positif. 

Oleh sebab itu, perlu untuk kita mengantisipasi adanya dampak negatif di masyarakat akibat perkembangan Iptek yang pesat. 

Baca Juga : 18 Pengaruh Kemajuan IPTEK Terhadap Negara dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Misalnya dengan terus mengedepankan nilai nilai budaya, sejarah, nilai nilai Pancasila, yang mana itulah selama ini menjadi pondasi dasar dalam kepribadian bangsa Indonesia.

Dengan tetap teguh dan terus mengamalkan ajaran ajaran sosial budaya yang telah tertanam di dalam masyarakat, kepada setiap generasi mesti diberikan wejangan dan pedoman.

Dalam menjalankan aktivitas sehari harinya di masa sekarang, serta panduan dalam menjalankan kehidupan di era derasnya pengaruh Iptek bagi masyarakat.

Cara cara ini lah yang semestinya terus dilakukan sosialiasi dan pengenalan terhadap nilai, norma dan pengamalan di masyarakat.

Baca Juga : 3 Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan IPTEK di Bidang Pendidikan

Guna menciptakan dan mewujudkan generasi emas yang dapat bersaing, selalu berinovasi, dan berkreatifitas pada setiap kemajuan Iptek.

Bukan malah terjebak pada hal hal negatif yang menjerumuskan dirinya kepada kemunduran, dan menghilangkan nilai nilai sosial budaya masyarakat setempat.

Oleh karena itulah, menjadi penting setiap manusia, pada generasi yang sekarang dan mendatang menyikapi kemajuan IPTEK dengan cara sikap sikap yang selektif.

Itulah yang sudah semestinya dilakukan sehingga kemajuan Iptek tidak menjadi bumerang yang merugikan dan memunahkan peradaban manusia khususnya bagi masyarakat Indonesia.

Lalu bagaiman cara seseorang dapat bersikap selektif dalam menghadapi kemajuan dari perkembangan Iptek terkhususnya di bidang sosial budaya di masyarakat itu sendiri ?

Nah untuk menjawabnya, mari simak penjelasan dan ulasan berikut dibawah ini dengan seksama agar dapat bersikap selektif terhadap kemajuan Iptek.

Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan IPTEK di Bidang Sosial Budaya, Contohnya

Mari coba kita lihat ada beberapa sikap yang bisa dilakukan oleh masyarakat sebagai langkah dalam menghadapi pengaruh kemajuan IPTEK di bidang sosil budaya, yaitu :

1. Membuka Diri Akan Suatu Inovasi dan Perubahan

Tanpa perlu melakukan pengekangan dan menutup diri terhadap kemajuan IPTEK. 

Sikap selektif yang bisa dilakukan masyarakat yaitu dengan terbuka terhadap hal yang berbau inovasi, serta perubahan di masyarakat.

Dengan cara inilah kita dapat mengambil sisi positif dari perkembangan IPTEK untuk peradaban manusia di bumi, bagi keberlangsungan hidupnya.

2. Dapat Menghargai Pekerjaan Seseorang

Kemajuan yang pesat akibat Iptek telah membawa manusia pada profesi pekerjaan yang beragam.

Oleh karena itu, setiap orang mestinya dapat menghormati dan menghargai setiap keputusan pekerjaan yang diambil oleh setiap manusia di lingkungan masyarakat tersebut. 

Yang mana memang pekerjaan yang dipilih itu juga sesuai dengan prestasi yang diperoleh manusia itu sendiri.

3. Begitu Juga dalam Menghargai Adanya HAM

Setiap manusia di bumi ini punya kebebasan yang sesuai dalam aturan Hak Asasi Manusia atau HAM. 

Oleh karena itu dalam perkembangan dan kemajuan IPTEK setiap orang mestinya dapat menghormati orang lain.

Dalam pengambilan keputusan sesuai HAM itu sendiri yang berlaku di masyarakat.

4. Memanfaatkan Potensi Alam dan Lingkungan dengan Maksimal

Memang akan menjadi penting memanfaatkan potensi alam, lingkungan untuk dapat dikembangkan pada pengembangan keberlanjutan untuk kelangsungan hidup manusia itu sendiri.

Misalnya dapat mengoptimalkan hasil pertanian, sumber daya alam, seperti tambang, timah, minyak dan gas untuk kesejahteraan masyarakat.

Dengan tetap mengedepankan pelestarian lingkungan sekitarnya, dan tidak mengeksplotasi secara berlebihan hasil alam tersebut. 

5. Masyarakat Bisa dan Dapat Memanfaatkan IPTEK 

Kemajuan dan perkembangan masyarakat modern yang begitu cepat dengan munculnya IPTEK mesti bisa dioptimalkan dan dimanfaatkan dalam pemenuhan kebutuhan sehari harinya. 

Misalnya dalam hal penggunaan IPTEK untuk penyebaran nilai nilai sosial budaya dengan pembuatan film, video untuk dapat ditonton masyarkat.

Serta generasi sekarang dan mendatang sebagai pondasi untuk menguatkan nilai nilai kemasyarakat, seperti budaya gotong royong, kerja bakti, saling tolong menolong, dan lainnya.

6. Memiliki Orientasi dalam Mengikuti Kemajuan IPTEK

Setiap orang yang ada dalam masyarakat mestinya dapat terus berorientasi pada masa depan dan mendatang bukan malah mengalami kemunuduran dan balik lagi ke masa lalu.

7. Terus Melakukan Update Skill dan Keterampilan

Masyarakat juga mesti secara aktif dalam melakukan upaya khsusunya meningkatkan kualitas sumber daya manusia atau SDM di berbagai sektor penting di masa depan. 

Misalnya dengan cara meningkatkan pendidikan, kesehatan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat oleh negara itu sendiri.

Demikianlah penjelasan dan ulasan diatas mengenai topik pembahasan tentang 7 Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan IPTEK di Bidang Sosial Budaya, Contohnya.

Sumber Rujukan dari Sosiologi Info : 

FILE PDF BΑB 3 Pengαruh Kemαjuαn IPTEK Terhαdαp Negαrα Kesαtuαn Republik Indonesiα | https://sumberbelαjαr.seαmolec.org

File PDF Tema Pengaruh Kemajuan IPTEK Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia | Mata Pelajaran PPKn | https://files1.simpkb.id