Bagaimanakah cara untuk melatih daya tahan tubuh agar kuat?

Bagikan di :

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Seperti yang sudah banyak orang tahu bahwa sistem imunitas yang kuat dapat melindungi tubuh dari virus dan penyakit, sedangkan sistem daya tahan tubuh yang lemah membuat Anda rentan terserang pilek atau lebih parah.

Definisi dari imunitas

Secara sederhana, imunitas didefinisikan sebagai kemampuan tubuh dalam melawan racun, terhindar dari jatuh sakit, dan zat atau mikroorganisme berbahaya lain penggunaan sel darah putih atau antibodi tertentu. Anggap saja seperti sistem pelindung - begitulah cara tubuh melindungi diri. Jika bukan karena sistem imun, berbagai jenis bakteri, virus, dan bahkan jamur bisa menyerang atau menginfeksi tubuh dengan sesuka hati. Berkat imunitas, hal tersebut tidak terjadi.

Jenis-jenis sistem imun

Terdapat 4 tipe sistem imun - tiga di antaranya imunitas alami dan satu lagi merupakan tambahan:

  • Imunitas bawaan - jenis yang dibawa sejak lahir. Kekuatan imunitas ini berbeda-beda pada setiap orang karena sebagian terlahir dengan imunitas yang kuat dan beberapa orang terlahir dengan imunitas yang lemah.
  • Imunitas adaptif - disebut juga imunitas yang didapat. Imunitas ini melindungi kita berdasarkan pengalaman. Oleh karena itu, setelah terserang infeksi tertentu dan sembuh, Anda tidak akan lagi (setidaknya untuk sementara) rentan terserang infeksi yang sama.
  • Imunitas pasif - imunitas sementara, juga disebut imunitas pinjaman. Imunitas yang diperoleh dari orang lain, contohnya bayi yang meminjam imunitas sementara dari sang Ibu melalui ASI.
  • Imunisasi - kita dapat dibuat imun terhadap sesuatu - biasanya melalui pemberian vaksin.

Tujuan dan fungsi dari sistem imun

Fungsi utama dari sistem imun yaitu untuk melindungi Anda dari mikroorganisme berbahaya yang bisa menyebabkan infeksi.Namun, bukan hanya mencegah - ketika Anda sakit, sistem imun-lah yang merupakan pertahanan pertama tubuh. Sistem imun akan melawan infeksi dan berperan untuk menghambat kerusakan dalam tubuh. Sistem imun yang sehat akan mampu melawan sebagian besar jenis infeksi. Sistem imunitas tubuh yang lemah berarti penyakit lebih lama bertahan, dan gejala bisa lebih parah.

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit | Redox - Ibu dan ayah bermain dengan putrinya

Cara meningkatkan sistem imun

Gaya hidup sehat merupakan cara terbaik untuk meningkatkan sistem imun. Ada baiknya Anda selalu memperhatikan sistem imun setiap hari. Berikut Anda akan menemukan beberapa tips tentang cara menjaga sistem imun yang sehat dan kuat melalui aktivitas sehari-hari 1. Jika Anda merasa imunitas menurun, selalu ingat Anda dapat berkonsultasi pada dokter.

  • Mengonsumsi makanan secara seimbang, termasuk buah dan sayur segar yang banyak. Pola makan sehat akan memberikan berbagai vitamin dan mineral esensial yang dibutuhkan daya tahan tubuh untuk berfungsi normal.
  • Ketika Anda ragu karena merasa tidak mendapat cukup asupan vitamin dan mineral dari makanan, pertimbangkan untuk menambah asupannya dari suplemen yang mengandung Vitamin C, Vitamin D, dan Zinc yang dapat membantu memperkuat sistem imunitas tubuh yang lemah 2.
  • Rutin berolahraga3. Kebiasaan ini akan membantu mengurangi stres yang berdampak negatif pada imunitas dan meningkatkan sirkulasi darah, serta mendorong sel darah putih untuk mencapai setiap sel yang terserang penyakit.
  • Lakukan langkah untuk mengurangi stres. Jika Anda termasuk orang yang sering merasa stres, coba teknik meditasi atau yoga.
  • Tidur berkualitas. Beristirahat memungkinkan tubuh beregenerasi dan membantu sistem imun bekerja sesuai fungsinya.
  • Menjaga berat badan ideal. Orang yang kelebihan berat badan memiliki fungsi sistem imun yang lemah sehingga menyebabkan mereka lebih berisiko terserang penyakit 4.
  • Bersikap proaktif agar terhindar dari jatuh penyakit. Cuci tangan secara menyeluruh dan teratur, hindari berbagi barang pribadi ketika sedang dekat dengan orang yang terinfeksi dan pastikan daging yang dikonsumsi dimasak hingga matang.
  • Berhenti/jangan merokok. Merokok tembakau dapat membahayakan sistem imun dan membuatnya kurang efektif dalam melawan penyakit.
  • Batasi asupan alkohol. Alkohol dapat merusak respon imun.

Referensi:

  1. How to prevent infections. Harvard Medical School, 2016. (Accessed 10/02/2020, at https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/how-to-prevent-infections.)
  2. Gombart AF, Pierre A, Maggini S. A Review of Micronutrients and the Immune System-Working in Harmony to Reduce the Risk of Infection. Nutrients 2020;12.
  3. Nieman DC, Wentz LM, The Compelling Link Between Physical Activity and the Bodys Defense System, Journal of Sport and Health Science, vol 8, issue 3, May 2019, p 201-217
  4. Andersen CJ, Murphy KE, Fernandez ML, Impact of Obesity and Metabolic Syndrome on Immunity, ADVANCES IN NUTRITION, Volume 7, Issue 1, January 2016, Pages 6675, https://doi.org/10.3945/an.115.010207


Cara Redoxon®
mendukung sistem
imunitas Anda

Tubuh Anda dilengkapi dengan sistem pertahanan alami yang kuat. Sistem imunitas tubuh memiliki berbagai cara untuk mengatasi ancaman bakteri dan virus. Ada tiga mekanisme pertahanan utama dalam sistem imunitas tubuh; perlindungan fisik (kulit dan mukosa atau selaput lendir), perlindungan seluler (sel darah putih, dan antibodi. Ragam nutrisi, seperti vitamin dan mineral memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi jaringan yang kompleks ini.

Di dunia yang serba cepat dan hadirnya makanan cepat saji maupun siap masak, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran dalam jumlah memadai untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral dalam upaya mendukung fungsi tubuh bisa menjadi tantangan tersendiri. Kurangnya vitamin dan mineral dapat berdampak buruk pada sistem imun dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Redoxon® hadir dengan rangkaian produk vitamin C yang dirancang untuk mendukung sistem imun Anda.

Selengkapnya

Redoxon® untuk sistem imun yang lebih sehat

Anda perlu menjaga sistem imun. Meski tidak terlihat, sistem imun bekerja tanpa henti selama 24 jam, setiap hari. Sama seperti tanaman yang membutuhkan air dan sinar matahari, sistem imun membutuhkan asupan gizi secara teratur untuk mendukung sistem pertahan tubuh dan memberikan perlindungan optimal bagi tubuh.

Dibarengi dengan gaya hidup sehat, termasuk aktivitas fisik dan nutrisi yang baik, mengonsumsi suplemen seperti Redoxon® akan menjadi fondasi untuk sistem imun yang kuat sepanjang tahun.

Ahlinya vitamin C dengan pengalaman 80 tahun

Di tahun 1934, kami menjadi pelopor suplemen vitamin C pertama di dunia, dan sejak itu terus membantu menjaga sistem pertahanan alami tubuh tetap prima selama lebih dari 80 tahun. Saat ini rangkaian suplemen inovatif kami senantiasa mendukung imunitas Anda setiap hari.

Memperkuat imunitas tubuh

Ingin memperkuat sistem imun? Yuk, telusuri dan cek artikel-artikel tentang cara mendukung sistem imunitas tubuh Anda.

Yuk Ketahui Mineral dan Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh | Redoxon - Ibu dan anaknya yang sedang bermain ditaman

Mineral dan Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh kurang baik? Konsumsi beberapa vitamin ini untuk menunjang aktivitasmu. Multivitamin dan mineral esensial untuk meningkatkan respons imun tubuh.

SELENGKAPNYA
Kenali Perbedaan Flu dan Pilek, Jangan Tertukar! | Redoxon

Mengupas Semua yang Perlu Diketahui Tentang Flu dan Pilek

Sering dianggap sama, namun dua gangguan kesehatan ini ternyata memiliki perbedaan yang cukup banyak. Simak perbedaan flu dan pilek selengkapnya di sini.

SELENGKAPNYA
Terapkan Kebiasaan ini untuk Pencegahan Infeksi | Redoxon - Keluarga sedang bersenang-senang di taman

Pencegahan infeksi melalui kebiasaan-kebiasaan yang baik dan sehat

Cegah infeksi dengan menerapkan kebiasaan sederhana. Pelajari bagaimana cara memperkuat sistem imunitas tubuh agar tetap sehat dan bebas penyakit!

SELENGKAPNYA

Video