Bagian lagu berupa ornament atau variasi lagu yaitu definisi dari

Ilustrasi musik. ©Pixabay

TRENDING | 18 Juni 2020 11:36 Reporter : Billy Adytya

Merdeka.com - Unsur-unsur musik merupakan sebuah dasar yang menjadi pembangun sehingga dapat tercipta sebuah karya seni musik. Musik sendiri merupakan suara yang tersusun sehingga memiliki kandungan irama, lagu, nada dan keharmonisan.

Musik menjadi sebuah fenomena unik yang dapat dihasilkan oleh beberapa alat musik. Umumnya, musik ini memiliki pengertian yaitu sebuah seni dalam melakukan penyusunan nada atau suara dengan urutan, kombinasi serta hubungan temporal yang pada nantinya akan membentuk suatu komposisi yang memiliki kesatuan dan keharmonisan.

Musik memiliki unsur unsur tertentu yang pada nantinya dapat terbentuk menjadi sebuah karya musik yang utuh dan sempurna. Terbentuknya unsur unsur musik inilah yang biasa Anda dengarkan dan nikmati. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 9 unsur unsur musik beserta dengan penjelasannya.

2 dari 10 halaman

Salah satu unsur-unsur musik adalah melodi, merupakan tinggi, rendah dan panjang pendeknya nada yang terdapat di dalam musik. Melodi adalah kesatuan frase yang sudah disusun dari nada dengan urutan, interval serta tinggi yang sudah diatur.

Dengan adanya melodi, maka akan membuat musik semakin berwarna. Sehingga dapat didengar dan dinikmati oleh masyarakat pendengarnya.

3 dari 10 halaman

Unsur-unsur musik selanjutnya adalah birama, atau sebuah ketukan secara berulang-ulang. Ketukan birama ini hadir dalam waktu yang bersamaan dan merupakan salah satu unsur pembentuk sebuah karya seni musik.

Biasanya birama ini dituliskan dengan menggunakan angka seperti 2/4, 2/3, 3/4, begitu seterusnya, angka yang berada di atas tanda '/' itu menunjukkan nilai nada dalam satu ketukan. Birama ini terbagi dalam 2 jenis jika dilihat dari bilangan penyebutnya. Akan disebut birama bainar jika nilai penyebutnya genap, sementara yang berpenyebut ganjil disebut birama tenair.

4 dari 10 halaman

Berikutnya ada ritme atau irama yang juga merupakan unsur-unsur musik. Ritme atau irama ini adalah rangakaian gerak beraturan yang menjadi unsur dasar dari sebuah musik.

Tak hanya itu, ritme atau irama ini juga memiliki arti lain yakni pergantian panjang pendek, tinggi rendah serta keras lembut nada atau bunyi dalam satu kesatuan rangkaian musik. Memang jika didengarkan secara sekilas ritme musik tidak dapat dirasakan, perlu dilakukan pengulangan pendengaran agar dapat mengetahui struktur iramanya.

5 dari 10 halaman

Tempo merupakan ukuran kecepatan biram lagu yang juga menjadi salah satu unsur-unsur karya seni musik. Jika lagu dimainkan dengan cara semakin cepat, maka semakin tinggi atau besar pula nilai tempo musik tersebut.

Tempo sendiri memiliki beberapa bagian kategori antara lain, lambat sekali (largo), lebih lambat (lento), lambat (adagio), sedang (andante), sedang sedikit cepat (moderato), cepat (allegro), lebih cepat (vivace) dan yang terakhir adalah cepat sekali (presto).

6 dari 10 halaman

Tangga nada merupakan urutan dari suatu nada yang sudah disusun hingga membentuk tangga. Umumnya nada terbagi menjadi dua yakni diatonik dan pentatonik. Nada diatonik adalah tangga nada yang terdiri dari 7 buah nada dengan jenis jarak (1/2 dan 1).

Berbeda dengan tangga nada pentatonik yang memiliki nada pokok sebanyak lima saja. Tangga nada memiliki satu nada dasar yang diikuti oleh nada lain (tinggi atau rendah) dengan pola interval tertentu hingga menimbulkan ciri khas.

7 dari 10 halaman

Harmoni merupakan keselarasan paduan nada yang dimainkan dalam suatu musik atau sekumpulan nada yang jika dimainkan secara bersama-sama akan mampu menghasilkan bunyi yang terdengar indah.

Harmoni juga memiliki arti lain yakni rangkaian akor akor yang disusun selaras dan dimainkan sebagai iringan musik. Akor tersebut lah yang pada nantinya akan dijadikan pengiring melodi.

8 dari 10 halaman

Selanjutnya ada timbre yang merupakan kualitas atau warna bunyi terdapat dalam sebuah karya seni musik.

Misalnya timbre yang dihasilkan dari alat musik tiup akan berbeda dari timbre yang dihasilkan alat musik petik, meski dimainkan pada nada yang sama.

9 dari 10 halaman

Dinamika adalah tanda untuk memainkan nada dengan volume nyaring atau lembut. Dinamika juga merupakan salah satu dari unsur-unsur musik.

Dinamika memliki fungsi penting yaitu menunjukkan nuansa lagu, bisa sedih, senang, agresif dan lain sebagainya. Dinamika ini merupakan salah satu unsur musik yang dapat menggambarkan emosi dan menyampaikan perasaan pada sebuah lagu.

10 dari 10 halaman

Kemudian adapula unsur terakhir dari musik yaitu ekspresi, yang dapat diartikan sebagai ungkapan perasaan hati. Unsur ekspresi ini pada nantinya akan dituangkan ke dalam sebuah pertunjukkan saat memainkan musik.

Itu tadi merupakan informasi tentang 9 unsur-unsur musik beserta dengan pengertiannya yang sudah Merdeka.com rangkum dari berbagai sumber. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

(mdk/bil)

Beranda / Seni Budaya

searchpengertian.com | Tuliskan pengertian ornamentasi melodis dan seni vokal? Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan ornamentasi melodis dan ritmis dalam vokal solo/tunggal dalam pembelajaran seni  budaya kelas 9 semester 1. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang ornamentasi melodis dan ritmis dalam vokal solo/tunggal dalam pembelajaran seni  budaya. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik dalam memahami ornamentasi melodis dan ritmis dalam vokal solo/tunggal dalam pembelajaran seni  budaya.


A. Pengertian Ornamentasi

Ornamen berasal dari bahasa Inggris ornamentation yang berarti "penambahan ornamen' atau 'hiasan'. Dalam musik, ornamentasi berupa penambahan nada-nada tertentu dengan tujuan untuk memberikan hiasan pada melodi dan harmoni utama sebuah lagu.

Di bawah ini adalah tipe ornamentasi dalam pembelajaran seni budaya kelas 9. Adapun tipe-tipe ornamentasi adalah sebagai berikut.

1. Ornamentasi Melodis, yaitu penambahan ornamen secara horizontal mengikuti garis melodi.

2. Ornamentasi Harmonis (ritmis), yaitu penambahan ornamen secara vertikal mengikuti garis harmoni.

C. Jenis Ornamentasi Melodis

Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis ornamentasi melodis. Adapun jenis-jenis ornamentasi tersebut adalah sebagai berikut.

D. Metode Ornamentasi Harmonis

Berikut ini adalah beberapa metode yang bisa kalian gunakan dalam ornamentasi harmonis. Adapun metode-metode tersebut adalah sebagai berikut.

E. Ornamentasi Seni Vokal

Dalam seni vokal, seorang penyanyi disarankan memasukkan ornamentasi untuk memperindah lagu yang akan dibawakan.  Adapun ornamentasi dalam seni vokal adalah sebagai berikut.

1. Ornamen yang Direncanakan

  • Penambahan ornamentasi yang sudah dituliskan dalam partitur lagu.
  • Penyanyi harus mengikuti secara disiplin.
2. Ornamentasi Spontan
  • Improvisasi atau hiasan yang dilakukan secara mendadak dan impromptu.
  • Tidak disiapkan dalam partitur lagu tetapi langsung dilakukan saat tampil menyanyi.
F. Jenis Ornamentasi Seni Vokal Berikut ini adalah jenis-jenis ornamentasi dalam seni vokal. Adapun jenis-jenis ornamentasi tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Distorsi, yaitu memberikan ornamentasi vokal dengan memanfaatkan vokal yang dibuat dengan kesan kasar seperti penyanyi rock.
  2. Soft Distortion, yaitu vokal yang lembut dan serak.
  3. Vibrato, yaitu dilakukan dengan mengatur gelombang vokal lembut yang mendalam.
  4. Echo, yaitu cara bernyanyi mendesah.
  5.  Tremolo, yaitu getaran vokal yang lebih rapat seperi yang banyak dilakukan para penyanyi seriosa.
  6. Falseto/Kopstem, yaitu sering disebiut suara palsu karena bermula dari keinginan penyanyi pria bernyanyi dengan suara wanita yang dahulu ada larangan bagi penyanyi wanita.
  7. Head Voice, yaitu suara kepala.
G. Contoh Soal Seni Vokal Berikut ini adalah beberapa contoh soal bentuk pilihan ganda materi seni vokal. Adapun contoh soal tersebut adalah sebagai berikut.

1. Teknik getaran vokal yang lebih rapat seperti yang banyak dilakukan para penyanyi seriosa disebut ....

2. Head voice sering dianggap sebagai falseto, padahal keduanya berbeda. Penyanyi wanita yang memiliki teknik head voice yang sangat bagus adalah ....

3. Teknik bernyanyi dengan suara mendesah termasuk teknik ornamentasi vokal ....

4. Ornamentasi vokal dengan memanfaatkan vokal yang dibuat dengan kesan kasar seperti penyanyi rock disebut ....

5. Awalnya falseto merupakan ornamentasi vokal yang biasa dibawakan oleh penyanyi ....

6. Ornamentasi vokal dengan suara yang lembut dan serak disebut ....

7.  Dilakukan dengan mengatur gelombang vokal lembut yang mendalam ....

8. Tujuan penambahan ornamentasi dalam musik adalah ....

9. Getar nada yang terdiri atas not dasar dengan not di atas atau not di bawah, dan not dasar lagi adalah pengertian dari ....