Berapa berat dari bola softball *?

Perlengkapan permainan softball

KOMPAS.com - Softball menjadi contoh bentuk permainan bola kecil, yang mempunyai unsur lempar dan pukul serta dimainkan secara beregu.

Cabang olahraga softball memiliki maksud sebagai variasi dari permainan baseball, dengan ukuran lingkar bola lebih besar.

Iklan Artikel dilanjutkan di bawah

Masing-masing tim mempunyai sembilan anggota dengan berbagai tugas ketika mendapat giliran bertahan atau menyerang.

Permainan softball membutuhkan sejumlah peralatan, agar setiap pemain dapat terlibat dalam sebuah pertandingan di lapangan.

Unsur perlengkapan permainan softball antara lain merupakan tiga peralatan yang digunakan oleh pemain ketika bertanding.

Iklan Artikel dilanjutkan di bawah

Lantas peralatan apa saja yang menjadi keharusan bagi pemain maupun tersedia di lapangan ketika permainan softball hendak dimulai?

Baca juga: Mengenal Pukulan Bunt dalam Softball

  • Bola

Inti permainan softball terletak pada bola, yang digunakan sebagai objek penentu permainan baik dengan dilempar, dipukul, atau disentuhkan ke badan lawan oleh pemain bertahan.

Iklan Artikel dilanjutkan di bawah

Ukuran bola permainan softball memiliki lingkar antara 30,2 hingga 30,8 sentimeter (cm), seperti dilansir dari ketetapan Federasi Softball Internasional (ISF).

Sementara, berat bola permainan softball setidaknya mencapai 178 gram hingga tidak boleh melampaui 198,4 gram.

  • Alat pukul (bat)

Pemain membutuhkan alat pukul atau bat ketika mendapat giliran memukul bola sebagai batter dalam permainan softball.

Standar panjang alat pukul pada permainan softball berukuran 86,4 cm, tidak boleh lebih, serta mempunyai diameter 5,7 cm pada bagian terbesarnya.

Berat alat pukul permainan softball dibatasi hingga 1,077 kg, yang berlaku untuk bahan baku apapun sesuai perizinan ISF.

ISF menyebut sebuah bat bisa terbuat dari bahan kayu, alumunium, hingga bahan buatan seperti serat kaca serta memiliki permukaan rata dan halus.

  • Sarung tangan (gloves)

Masing-masing pemain dalam permainan softball diizinkan untuk mengenakan sarung tangan ketika bertugas sebagai tim bertahan.

Khusus untuk posisi catcher dan first baseman, diperbolehkan menggunakan sarung tangan penangkap bola dengan rancangan khusus.

Umumnya sarung tangan tersebut memiliki ukuran lebih besar dengan bahan lebih tebal, dengan panjang dari titik jari terpanjang hingga ujungnya maksimal 35,6 cm.

Baca juga: Tugas dan Peran Catcher dalam Softball

  • Alat pelindung

Risiko cedera akibat laju bola maupun gerakan pemukul memunculkan kebutuhan alat pelindung bagi masing-masing pemain ketika bermain softball.

Peralatan pelindung lebih lengkap digunakan oleh pemain dengan posisi catcher, yang berada di belakang pemukul untuk menangkap bola lemparan pitcher.

Selain memakai helm, seperti pemain lain di lapangan, seorang catcher menggunakan pelindung muka, pelindung badan, serta busa pelindung tulang kering atau kaki.

Penulis: Medikantyo Junandika AdhikresnaEditor: Medikantyo Junandika Adhikresna