Berdasarkan teks diatas kosakata yang ditulis tidak baku adalah

JatimNetwork.com - Dalam artikel ini akan dibahas kunci jawaban tema 4 Kelas 6 SD MI halaman 119.

Adapun pertanyaan ataupun perintah yang akan dijawab melalui artikel ini adalah "Mengubah kosakata nonbaku menjadi kosakata baku".

Soal ini terdapat pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 untuk kelas 6 SD/MI dengan judul "Globalisasi".

Baca Juga: Lirik Lagu Hal Hebat - Govinda, Takkan Siakan dia Belum Tentu Ada yang seperti Dia

Sebelum menggunakan kunci jawaban ini sebagai acuan jawaban, ada baiknya adik-adik berusaha untuk menjawabnya sendiri terlebih dahulu.

Selain itu, artikel ini bisa dijadikan pembanding dan panduan bagi orang tua untuk memeriksa tugas anaknya.

Dikutip JatimNetwork.com dari berita PortalJember.com dengan judul Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 SD dan MI Halaman 119, 120, 121, 122, 123, 124, Globalisasi dan Cinta Tanah Air

Baca Juga: Link Live Streaming 'Hari Ini Kenapa Naira?' Full Gratis Episode 1, 2 Download Disini: Kisah Naira dan Andrian

Berikut adalah kunci jawaban tema 4 kelas 6 SD MI halaman 119 yang ditulis alumnus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi, Evi Sulistia Wati, S.Pd.

Kunci jawaban tema 4 kelas 6 SD MI halaman 119

Berdasarkan teks di atas identifikasi kosakata nonbaku dan ubahlah menjadi kosakata baku.

Alternatif jawaban:

1. Kosakata nonbaku: Nggak

Kosakata baku: Enggak

2. Kosakata nonbaku: Lho

Kosakata baku: Lo

3. Kosakata nonbaku: Nopember

Kosakata baku: November

Baca Juga: Kunci Jawaban Halaman 96 dan 97 Kelas 5 SD MI Tema 4 Pembelajaran 1, Bagian dan Karakteristik Pantun

Identifikasi kalimat tidak efektif. Ubahlah ke dalam kalimat efektif

Alternatif jawaban:

1. Kalimat tidak efektif: Tentu ada sebagian dari kalian yang memakai banyak barang-barang produksi luar negeri dengan berbagai merek terkenal.

Kalimat efektif: Tentu ada sebagian dari kalian yang memakai banyak barang produksi luar negeri dengan berbagai merek terkenal.

2. Kalimat tidak efektif: Banyak lho, baju-baju, sepatu-sepatu, atau tas-tas produksi dalam negeri yang kualitasnya sama, bahkan lebih baik dari barang sejenis produksi luar negeri.

Baca Juga: Kim Seon Ho Sampaikan Permintaan Maaf Terkait Kasus Aborsi Mantan Kekasih: Saya Ingin Bertemu dengan Orang Ini

Kalimat efektif: Banyak baju, sepatu, ata tas produksi dalam negeri yang kualitasnya sama, bahkan lebih baik dari produksi luar negeri.

3. Kalimat tidak efektif: Kemajuan teknologi memotong berbagai biaya yang dibutuhkan dalam pengiriman produk ke negara lain.

Kalimat efektif: Kemajuan teknologi memotong biaya pengiriman produk ke negara lain.

(Ilham Maulana Al-ayubi/PortalJember.com)

Disclaimer:

1. Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.

2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.

3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.


Page 2


Page 3


Page 4

Rabu, 14 Oktober 2020 18:45 WIB

lihat foto

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013

Berdasarkan Teks di Atas Identifikasi Kosakata Nonbaku dan Ubahlah Menjadi Kosakata Baku 

TRIBUNPADANG.COM - Berdasarkan teks di atas identifikasi kosakata nonbaku dan ubahlah menjadi kosakata baku.

Pertanyaan tersebut merupakan soal Tema 4 Kelas 6 SD/MI halaman 119, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018.

Halaman 119 tersebut merupakan materi Pembelajaran 4, Subtema 3 Globalisasi dan Cinta Tanah Air, Tema 4 Globalisasi.

Berikut kunci jawaban Tema 4 Kelas 6 halaman 119:

Berdasarkan teks di atas identifikasi kosakata nonbaku dan ubahlah menjadi kosakata baku.

Jawaban:

Kosakata nonbaku: Banyak lho
Kosakata baku: Banyak

KLIK LINK DI BAWAH UNTUK JAWABAN LENGKAPNYA:

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 119 120 121 122 123 124 Pembelajaran 4 Subtema 3

Aku Cinta Produksi Indonesia

Lihat di sekitarmu. Perhatikan baju, sepatu olahraga, atau tas yang kamu dan temanmu gunakan. Tentu ada sebagian dari kalian yang memakai banyak barang-barang produksi luar negeri dengan berbagai merek terkenal. Terutama kalian yang tinggal di kota-kota besar. Apakah barang-barang yang kalian pakai ada yang dibuat di dalam negeri? Banyak lho, baju-baju, sepatu-sepatu, atau tas-tas produksi dalam negeri yang kualitasnya sama, bahkan lebih baik dari barang sejenis produksi luar negeri.

Globalisasi membawa kemudahan dalam pertukaran produk. Kemajuan teknologi memotong berbagai biaya yang dibutuhkan dalam pengiriman produk ke negara lain. Dahulu, untuk melindungi produk dalam negerinya dari serbuan produk negara lain, pemerintah memberlakukan pajak yang tinggi untuk produk impor. Oleh karena itu, dahulu produk impor tidak terjangkau oleh masyarakat luas. Harganya mahal. Hanya segelintir masyarakat yang mampu membelinya. Di era globalisasi, tuntutan perdagangan bebas antarnegara mengecilkan kemungkinan untuk memberlakukan pajak yang tinggi. Akibatnya, produk dalam negeri harus rela bersaing dengan berbagai merek produk luar negeri.

Siapa yang dirugikan jika produk luar negeri lebih diminati oleh masyarakat? Tentunya para pengrajin kreatif dari berbagai pelosok negeri. Teman, kerabat, saudara, atau mungkin orang tua kita sendiri dapat menjadi pengrajin yang merugi.

Siapa yang dapat memelihara kelangsungan produksi dalam negeri? Tentu hanya kita, sang anak negeri. Sudah sepatutnya kita menghargai kreativitas saudara sendiri. Sehingga, ketika suatu hari kamu berbelanja di toko sepatu, dan dihadapkan pada pilihan sepatu buatan Indonesia atau sepatu buatan Amerika, mana yang akan kamu beli? Hanya anak Indonesia yang cinta produksi Indonesia yang akan memilih sepatu produksi dalam negeri.

(TribunPadang.com)

  • Kata tidak baku merupakan kata yang digunakan tidak sesuai dengan kaidah atau pedoman bahasa yang telah ditentukan. Umumnya, kata tidak baku sering digunakan dalam percakapan sehari-hari atau dalam bahasa tutur.

    Berikut ini adalah analisis kata tidak baku yang terdapat pada teks di atas, sesuai dengan aturan Pedoman Umum Ejaan Bahas Indonesia (PUEBI) dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yaitu:

    1. Kata teknologi merupakan kata baku karena kata tidak bakunya adalah tehnologi.
    2. Kata fitur merupakan kata baku.
    3. Kata merubah berasal dari kata imbuhan mer- dan kata dasar ubah, namun karena tidak ada kata imbuhan mer- melainkan meng-, maka kata tersebut merupakan kata tidak baku sehingga kata yang benar adalah mengubah.
    4. Kata lesan pada KBBI bermakna sasaran atau tujuan, namun jika dikaitkan dengan kalimat pada teks di atas kata lesan yang dimaksud adalah kata lisan, sehingga jelas bahwa kata tersebut merupakan kata tidak baku.
    5. Kata jaman merupakan kata tidak baku, seharusnya kata zaman
    6. Kata drastis merupakan kata baku.
    7. Kata akses merupakan kata baku.
    8. Kata digital merupakan kata baku.

    Berdasarkan analisis di atas, maka kata tidak baku yang terdapat dalam teks di atas adalah kata merubah, lesan, dan jaman.


    Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan B.

    Jawaban:

    kata non baku : merek= kata baku: merk

    kata non baku : segelintir=kata baku: sebagian

    maaf itu baru kata non baku yang dijawab

    • udh di bantuin bknnya trima ksh

    • hhhhh kta baku nya ganyambung engg dikasih sm guru nilay saya 23 cuk

    • aku datang dari masa depan