Berikut ini yang bukan merupakan fungsi dari akar adalah a menyerap air dan unsur hara

Merdeka.com - Tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup yang turut menjadi penyumbang ekosistem bagi kehidupan di bumi. Keberadaan tumbuhan mampu memberikan berbagai peranan penting, bagi kelangsungan hidup makhluk lain, termasuk manusia. Di mana melalui tumbuhan, oksigen yang menjadi kebutuhan manusia bisa diperbarui dengan baik, melakukan peresapan air yang bagus guna mencegah bencana banjir, hingga tumbuhan sebagai bahan makanan bagi hewan dan manusia.

Tidak heran, dengan berbagai peranan penting tersebut, banyak orang yang gemar memelihara dan membudidayakan tumbuhan di lingkungan rumah. Baik hanya sebagai tanaman hiasan dan penyejuk udara, maupun dibudidayakan sebagai bahan makanan yang dapat diolah. Bahkan saat ini pun telah muncul gerakan berkebun bagi masyarakat urban atau perkotaan yang padat penduduk.

Bukan hanya sebagai hobi, melalui kegiatan berkebun masyarakat sudah dapat memberikan kontribusi baik untuk lingkungan dan ekosistem alam. Bahkan dengan menanam sendiri berbagai jenis tanaman sayuran, juga dapat mempermudah pemenuhan kebutuhan pangan sehari-hari. Tentu saja kegiatan berkebun atau bercocok tanam ini bisa dilakukan oleh siapa saja.

Bagi yang sedang maupun yang mulai tertarik untuk melakukan aktivitas berkebun, perlu memperbanyak informasi mengenai cara bercocok tanam yang baik. Salah satunya adalah mengetahui fungsi dari setiap bagian tanaman, agar tanaman bisa ditanam dengan baik dan menghasilkan buah atau produk yang maksimal. Dalam hal ini akar menjadi bagian tanaman yang sangat penting untuk diperhatikan. Akar yang terawat dengan baik, akan menghasilkan sayuran atau buah yang baik pula.

Dilansir dari Liputan6.com, berikut kami telah merangkum beberapa fungsi akar pada tanaman yang perlu Anda ketahui.

2 dari 8 halaman

Penopang Tanaman

ilustrasi tanaman di dalam ruangan
©2019 Merdeka.com/Pixabay

Fungsi akar pada tumbuhan yang pertama tentu saja sebagai penopang dasar tanaman. Dalam hal ini, akar yang berada di dalam tanah berfungsi untuk menahan agar tanaman bisa tumbuh dengan tegak.

Di dalam tanah, akar akan berkembang semakin panjang dan menjalar lebat, sehingga tanaman bisa semakin kuat. Dengan begitu, tanaman tidak mudah rusak sekalipun tertiup angin cukup kencang. Ini menjadi salah satu fungsi akar pada tumbuhan yang harus diperhatikan.

3 dari 8 halaman

Penyerapan Air dan Hara

Fungsi akar pada tumbuhan selanjutnya yaitu berperan dalam proses penyerapan air dan hara. Seperti diketahui, air dan unsur hara di dalam tanah merupakan nutrisi baik yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh dan berkembang.

Di sinilah, akar bekerja menyerap nutrisi air dan unsur hara dalam tanah, yang kemudian akan disalurkan ke seluruh bagian tanaman. Dalam hal ini, akar mampu menyerap nutrisi organik maupun anorganik. Sehingga pupuk yang diberikan pada tanaman juga dapat diserap baik oleh akar.

4 dari 8 halaman

Menyimpan Cadangan Makanan

dalam ruangan
Rumah

Berikutnya, fungsi akar pada tumbuhan juga dapat bekerja sebagai tempat menyimpan cadangan makanan. Biasanya tanaman yang akan menyimpan cadangan makanan pada akar banyak ditemui pada tanaman jenis umbi. Seperti wortel, ubi jalar, bengkuang, dan yang lainnya.

Selain itu, tanaman lain juga dapat menyimpan cadangan makanan dan air dengan baik melalui akar. Contohnya seperti tanaman gurun, yang mampu menyimpan lebih dari 70 kilogram air di dalam jaringannya untuk bertahan hidup.

5 dari 8 halaman

Melakukan Respirasi

Fungsi akar pada tumbuhan yang tidak kalah penting yaitu melakukan respirasi. Fungsi ini biasanya terdapat pada pohon beringin, yang menggunakan akarnya sebagai proses respirasi.

Selain itu, tanaman tembakau juga diketahui melakukan respirasi melalui bagian akarnya. Di sini, akar yang berfungsi sebagai alat respirasi disebut dengan pneumatophores. Dalam hal ini, struktur sel dan jaringan pada akar memungkinkan untuk terjadinya difusi udara.

6 dari 8 halaman

Penting dalam Proses Fotosintesis

terong
© Tantri Setyorini

Fungsi akar pada tumbuhan yang tidak kalah penting adalah sebagai sarana pendukung proses fotosintesis. Perlu diketahui, bukan hanya daun yang memiliki klorofil, akar juga memiliki klorofil yang sangat dibutuhkan untuk proses fotosintesis.

Akar tanaman yang terjaga dengan baik, tentunya dapat menjalankan peran secara optimal dalam melakukan fotosintesis untuk mendapatkan energi.

7 dari 8 halaman

Gerak Tanaman

Selanjutnya, fungsi akar pada tumbuhan juga berguna untuk gerak tanaman. Di sini, akar membantu tanaman untuk mendapatkan sumber air, unsur hara, dan sinar matahari agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Hal ini sering terjadi pada tanaman yang mempunyai mekanisme gerak seperti geotropism, fototropisme, tigmotropisme, kemotropisme, dan hidrotropisme. Di mana tanaman itu akan tumbuh bergerak mencari sumber makanan yang dibutuhkan.

8 dari 8 halaman

Melakukan Reproduksi

obat
©indonesian.alibaba.com

Fungsi akar pada tumbuhan yang terakhir adalah untuk melakukan reproduksi. Sama seperti makhluk hidup lainnya, tanaman akan tumbuh dan melakukan reproduksi untuk memperbanyak populasi.

Dalam hal ini, tanaman yang menggunakan akar atau tunasnya sebagai alat reproduksi tidak lain adalah tanaman paku. Melalui perbanyakan vegetatif stolon dan rhizome, tanaman memperbanyak dirinya, melakukan duplikasi, dan berkembang biak.

(mdk/ayi)

Video