Berikut yang bukan termasuk jenis teknologi informasi dan komunikasi tradisional adalah

INDONESIA
3 Wonderkid yang Layak Dapat Atensi di Putaran 2 BRI Liga 1. Klik di sini!

Macam-Macam Alat Komunikasi Tradisional dan Modern yang Perlu Diketahui

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 31 Mar 2021, 08:40 WIB
Diperbarui 31 Mar 2021, 08:40 WIB
Ilustrasi telegraf tempo dulu. (kredit: freepik)

Bola.com, Jakarta - Alat komunikasi adalah semua media atau alat yang digunakan untuk menyebarkan atau menyampaikan informasi, baik informasi kepada satu orang atau kepada banyak orang. Alat komunikasi ini tidak hanya berfungsi untuk menyampaikan informasi, tetapi juga untuk menghasilkan informasi.

Alat komunikas sudah ada sejak dulu. Seiring berkembang zaman, alat komunikasi juga terus berubah sesuai kebutuhan.

Baca Juga

  • Farrel Arya, Debutan PSIS dengan Kontribusi Nyata di Piala Menpora 2021
  • 5 Faktor Penghambat Integrasi Nasional yang Perlu Diketahui
  • 11 Macam Gerakan Langkah dalam Senam Irama, Lengkap Beserta Cara Melakukannya

Berbagai alat komunikasi telah digunakan dan banyak juga yang sudah ditinggalkan karena sudah ada yang lebih canggih.

Untuk saat ini, kita mungkin mengenal ponsel sebagai alat komunikasi. Jika kita melihat ke belakang, sudah banyak alat komunikasi yang menemani manusia dalam berinteraksi, mulai prasasti, hingga ponsel yang banyak digenggam saat ini.

Selain itu, alat komunikasizaman sekarang memiliki perkembangannya tersendiri, dari penggunaan media cetak hingga media elektronik.

Pastinya, perlu diketahui macam-macam alat komunikasi zaman dulu atau tradisional dan alat komunikasi yang banyak digunakan saat ini. Apa saja macam-macam alat komunikasi tradisional dan modern?

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam alat komunikasi tradisional dan modern lengkap beserta penjelasan, seperti dilansir dari laman inspired2write.com, Rabu (31/3/2021).

2 dari 5 halaman

Alat Komunikasi Tradisional

Ilustrasi surat. (Sumber: PIxabay)

1. Surat

Surat menjadi satu di antara alat komunikasi tradisional paling terkenal pada zaman dulu. Surat dianggap jenis komunikasi paling tepat untuk menyampaikan kabar atau informasi.

Namun, saat ini alat komunikasi surat mulai ditinggalkan masyarakat karena perkembangan tekonologi yang sangat pesat dan dianggap kurang efektif.

2. Telegraf

Telegraf merupakan alat komunikasi yang menggunakan perantara listrik untuk mengirim dan menerima sinyal sesuai kode dalam bentuk pulsa listrik. Di dalam telegraf terdapat kabel dan tembaga yang berguna untuk mengirim sinyal dari jarak jauh.

3. Lonceng, Kentongan, atau Alat yang Mengeluarkan Suara

Alat-alat ini adalah alat yang mengeluarkan suara, maka dari itu ada beberapa alat yang mengeluarkan suara lainnya yang dijadikan macam-macam alat komunikasi tradisional.

Kentongan sampai sekarang ini masih cukup sering digunakan saat pos ronda atau membangunkan sahur, sedangkan lonceng masih digunakan di beberapa sekolah dan gereja.

3 dari 5 halaman

Alat Komunikasi Tradisional

Ilustrasi merpati. (Dok.Unsplash/ Dawood Javed)

4. Daun Lontar

Pada zaman dahulu, orang berkomunikasi dengan tulisan. Biasanya media untuk menulis orang di zaman dahulu pada daun lontar maupun pada prasasti atau batu yang diukir.

Dalam daun lontar ini nantinya akan berisikan tentang informasi yang dapat dimengerti oleh orang-orang yang membacanya.

5. Merpati Pos

Zaman dulu burung merpati sudah digunakan untuk menyampaikan pesan jarak jauh. Saat masa perang dulu, merpati memiliki kegunaan yang luar biasa, apalagi dulu belum tersedia alat komunikasi yang canggih sehingga merpati satu di antara yang digunakan untuk menyampaikan pesan militer yang bersifat rahasia.

6. Telepon Kaleng

Telepon kaleng mungkin merupakan macam-macam alat tradisional yang masih sering dipraktikkan di sekolah karena pembuatannya yang mudah. Jarak komunikasi dengan telepon kaleng ini memang tidak bisa terlalu jauh, hanya 5-10 meter.

Namun, sudah cukup untuk komunikasi dari tingkat satu ke tingkat dua pada sebuah bangunan. Syarat yang harus terpenuhi adalah, benang harus dalam keadaan tegang dan lurus.

4 dari 5 halaman

Alat Komunikasi Modern

Telepon. (Image by Andrés Ruiz from Pixabay)

1. Telepon Genggam

Telepon genggam merupakan tingkatan yang lebih tinggi dari telepon kabel. Bahkan teknologi ini makin berkembang seiring berkembangnya zaman sehingga terciptasmartphone yang sudah banyak dimiliki orang-orang saat ini.

Berkomunikasi dengan ponsel pintarsudah bisa dilakukan bahkan dengan fitur video call yang memungkinkan kamu tidak hanya mendengarkan suara orang yang jauh, namun juga melihat wujudnya secara nyata.

2. Telepon Kabel

Berbeda dengan telepon genggam yang memiliki ukuran kecil dan mudah dibawa ke mana saja, telepon Kabel hanya dapat digunakan di rumah atau kantor saja, tidak bisa dibawa pergi tanpa menggunakan kabel.

Dulu telepon kabel menjadi alat yang banyak digunakan di kantor-kantor dan perusahaan, sebelum adanya handphone dan smartphone mulai digunakan seperti sekarang.

3. Radio

Radio merupakan alat komunikasi yang bisa menyampaikan informasi dengan suara dan sinyal, dengan menggunakan gelombang elektromagnetik.

Walau alat komunikasi saat ini makin canggih, radio masih tetap eksis dalam menyampaikan informasi.

5 dari 5 halaman

Alat Komunikasi Modern

Ilustrasi radio tempo dulu. (kredit: freepik)

4. Televisi

Televisi menjadi barang yang wajib ada di rumah saat ini. Melalui televisi seseorang bisa mendapatkan informasi sekaligus gambar.

Berita yang disampaikan tidak hanya suara saja, namun dilengkapi dengan gambar bahakan penyebaran informasi menggunakan televisi jauh lebih cepat.

5. Komputer

Komputer adalah alat komunikasi yang digunakan untuk memanipulasi serta mengelola data berdasarkan perintah yang diberikan oleh pengguna komputer tersebut.

Saat ini komputer bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan pokok seperti smartphone. Bahkan, tidak hanya untuk alat komunikasi, komputer memiliki berbagai fungsi lainnya yang dapat menunjang kehidupan manusia.

6. Koran

Koran merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi secara masal melalui tulisan dan gambar. Berbagai topik bisa disampaikan dari koran terkait berbagai keadaan terkini yang terjadi di suatu negara, mulai politik, bisnis, olahraga, serta prakiraan cuaca.

Koran juga dilengkapi dengan hiburan seperti teka-teki silang atau TTS dan banyak hiburan lainnya, seperti karikatur.

7. Faksimili

Alat komunikasi faksimili digunakan untuk mengirim dan menerima informasi melalui sistem reproduksi fotografi. Hal tersebut memungkinkan seseorang mengirim salinan atau isi dari sebuah halaman, baik berupa gambar maupun tulisan ke mesin faksimili lain dengan saluran telepon dalam hitungan menit saja.

Sumber: inspired2write

Lanjutkan Membaca

Tag Terkait

  • Sportylife
  • Apa
  • Alat komunikasi
  • Alat Komunikasi Modern
  • Alat Komunikasi Tradisional
  • Macam-Macam Alat Komunikasi
  • Macam-Macam Alat Komunikasi Zaman Sekarang
  • Artikel Bola
  • Bola.com
  • More Tag
  • Terkait
  • Kredit2