Bolehkah domba untuk aqiqah?

Bolehkah Aqiqah Kambing Betina?

8 Juli 2020 11:41 |
Diperbarui: 21 Mei 2021 03:19

Mengetahui hukum menggunakan kambing betina untuk aqiqah (kompas.com)

bolehkah aqiqah kambing betina? Pertanyaan ini sering ditanyakan bagi yang belum begitu memahami hadis dan beberapa aturantentang aqiqah dan qurban.

Nah berikut ini langsung saja kami bantu jelaskan mengenai bolehkah aqiqah kambing betina.

Jawabnya dari pertanyaan bolehkah aqiqah kambing betina ialah:

boleh, sebab tidak dilafalkan pengkhususan di dalam hadits yang menyatakan tentang aqiqah me sti dengan jenis jantan atau betina. Di hadits itu hanya dilafalkan dengan kambing kibas umum sehingga dengan kata lain boleh jantan dan dapat betina.

Akan tetapi andai dengan kambing atau domba jantan maka lebih bagus lagi. Sebab umumnya domba jantan lebih mahal daripada domba betina, lebih bergengsi. Lebih disayang-sayang untuk disembelih, dengan kriteria ikhlas untuk Allah dan mengekor petunjuk Rasulullah. Karena Allah berfirman:

Baca juga : Tata Cara Aqiqah, Tuntunan dan Hukumnya Menurut Islam

Maka bila kamu bisa aqiqah dengan domba yang besar yang sehat gemuk jantan. Dengan cara yang paling sesuai dengan pelaksanaannya rosulullah maka boleh, bakal tetapi andai bisanya dengan domba betina. Maka tersebut juga tidak dilarang.

Agama kita paling mudah menyerahkan keluasan dan fasilitas yang cocok dengan Al-Quran dan Assunnah ash-shohihah. Wallahu a'lam

Terjemah: Hewan aqiqahnya me sti suasana bebas dari 'aib. Dan ini ialah pendapat jumhur ulama dan berpengalaman fiqih.

Tentang ini Ibnu Abdil Barr berkata: "Terkait permasalahan ini jumhur fuqoha melafalkan bahwasanya kambing aqiqah me sti jauh dari aib-aib. Sebagaimana kambing kurban me sti jauh dari aib.

Adapun yang dimaksudkan dengan cacat di sini ialah hal-hal yang secara dzatnya menangkal dari sahnya ibadah kurban.

Halaman Selanjutnya