Cara menambah ukuran kertas F4 di printer Epson l1110

Cara Setting Ukuran Kertas F4 ini dapat digunakan pada beberapa printer epson seperti epson L1110, epson L120, epson L300, epson L3110, epson L3150, epson L5190, epson LQ-2180, epson M200 series, epson l360, epson l805, l1800, epson l1300, epson l310, epson l565, epson l6190, epson l1455, epson l110, epson l3210, epson l300, epson lx 310, epson l385, epson l 800 dan printer epson series  lainnya. Karena cara setting kertas F4 atau kertas apapun yang tidak terdapat pada setting default adalah sama.

Sebelum setting ukuran kertas pada windows. Sebenarnya pada setting default printer epson sudah tersedia ukuran kertas. Tapi tidak ada ukuran F4. Biasanya orang lebih memilih legal yang menyebabkan hasil cetak tidak sesuai/kelebihan. Tentunya anda bingung, padahal ditempat fotocopy, rental kertas ini menjadi pilihan. Mengapa tidak ada? Karena ukuran kertas yang biasa digunakan di indonesia, bukan standar internasional.

Cara setting ukuran kertas

terlebih dahulu anda harus download driver epson yang sesuai tipenya agar menu printer muncul. Setelah penginstalan driver selesai selanjutnya proses setting printer. Berikut langkah-langkahnya:

1. Tekan start menu windows dan pilih settings.


2. Pilih devices


3. Pilih printers & scanners


4. Pilih sesuai printer yang anda gunakan.


5. Klik manage.


6. General – preferences


7. Document sizes, pada bagian setting ini tidak ada ukuran kertas F4.

8. Karena tidak ada, kita buat setting khusus ukuran F4 yaitu: 210 × 330 mm jika menggunakan milimeter, 21 × 33 cm jika centimeter atau 8.27 × 13 in jika inchi. Anda bebas memilih yang mana. Tapi disarankan anda memilih yang milimeter saja, untuk memudahkan seting jenis kertas lain yang mungkin anda tidak temukan. Mengapa? karena pada bungkus kertas yang kita beli 1 rim biasanya tertulis ukuran asli kertas yang digunakan dalam mm.

Baca: Ukuran Kertas f4 Dalam cm mm inch

9. User-Defined (buat ukuran sendiri).


10. User-Defined paper size:
Paper size name (nama kertas terserah), disarankan namanya “F4”


11. Ukuran kertas F4: isi paper width = 210, paper height = 330. Samakan sama pada contoh gambar dibawah.

setting ukuran kertas F4

12. Save. OK.
13. Selesai, ukuran ini akan muncul jika anda ingin ngeprint atau mencetak menggunakan printer.

Cara penggunaan

Setting kertas F4 ini akan muncul di program – program yang ada di windows anda seperti microsoft word, excel, photoshop, dan semua program lainnya. Sebelum melakukan proses percetakan menggunakan printer, pastikan setting sudah sesuai dengan F4, bila perlu jika selalu menggunakan kertas ini, jadikan setting default. Cara ini mudah untuk anda ikuti, asal anda sambil prakter langsung. Semoga bermanfaat.

Gokasima.com | Cara membuat ukuran kertas f4 di windows 10 | Halo sobat Kasima Grafika, semoga sehat selalu dan senantiasa diberikan keberkahan rizkinya. Amin Ya Rabbal Alamiin. Sobat! Pada postingan ini Kasima mau sharing cara membuat ukuran kertas f4 yang biasanya tidak ditemukan pada page setup baik itu di excel maupun di word. Padahal pengaturan ukuran kertas ini sangat penting karena menentukan area cetak pada kertas yang digunakan. Misalnya jika kita menggunakan kertas F4 sedangkan settingan kertas pada page setupnya itu A4 maka area yang tercetaknya hanya A4 sehingga masih ada ruang kertas yang kosong karena A4 itu hanya 29.7 cm, atau mungkin sobat pernah menggunakan ukuran kertas Legal yang ukurannya 35 x 21.5 cm sedangkan kertas yang digunakan F4 maka hasil cetakannya sudah dipastikan akan terpotong sebagian. Hal ini dikarenakan F4 itu ukurannya lebih pendek dari legal yaitu hanya 33 cm.

Table of Contents Show

  • Related Posts :
  • Berapa ukuran kertas F4?
  • Cara setting ukuran kertas F4 di printer Epson semua tipe pada Windows 7
  • Cara membuat ukuran kertas F4 di printer EPSON pada Windows 10
  • Apakah harus setting lagi jika ingin print kertas F4?
  • Video yang berhubungan

Dengan demikian agar hasil cetak sesuai dengan ukuran kertas F4 yang digunakan harus disetting terlebih dahulu yaitu dengan mengatur ukuran kertas menjadi 33 cm x 21.5 cm atau 330 mm x 215 mm.  Agar setting ukuran kertas f4 permanen bisa muncul di semua aplikasi seperti di word, excel dan yang lainnya cara settingnya jangan melalui aplikasi yang digunakan. Misal kita setting ukuran kertasnya di MS word dengan menggunakan custom size 33 x 21.5 cm, maka hasil ukuran F4 tidak permanen, setiap file baru harus disetting custom size. Cara ini pun tidak bisa dilakukan pada MS Excel karena tidak ada pilihan custom size sehingga tidak bisa disetting ukuran F4. Oleh karena itu setting ukuran kertas f4 di printernya jangan melalui aplikasi tertentu melainkan melalui control panel device and printer. 

Tutorial cara membuat ukuran kertas f4 otomatis ini saya praktekkan pada printer epson L360, namun cara ini bisa digunakan untuk semua type atau seri printer epson seperti L3110 dan sebagainya. Bahkan langkah-langkah cara mensetting ukuran kertas f4 ini juga bisa digunakan untuk merk printer lainnya seperti canon, hp dan sebagainya. 

Penting! Sebelum ke langkah-langkah cara setting ukuran kertas F4, harus dipastikan driver printer sudah diinstall dari software bukan bawaan windows karena setting ukuran kertas F4 tidak bisa menggunakan driver bawaan Windows. Biasanya untuk Windows 8 dan 10 driver printer sudah terpasang otomatis saat kita memasangkan printer. Meskipun sudah bisa mencetak, namun driver printer bawaan windows ini tidak lengkap sehingga perlu di install ulang. Silahkan drivernya download di sini sesuai dengan seri printer yang digunakan atau bisa cari di google dengan kata kunci driver printer epson lengkap dengan typenya dan windowsnya. Misal printer yang digunakan Epson L3110 Windows 10 64 maka kata kunci pencariannya adalah driver Epson L3110 Windows 10 64. Kemudian setelah berhasil didownload silahkan Install.

Cara membuat ukuran kertas f4 pada windows 10 dan Windows 7 hanya berbeda pada langkah awal yaitu pada start dan posisi device printernya saja. Pada windows 7 lebih mudah karena posisinya pada device printer langsung. Oleh karena itu saya di sini lebih fokus pada cara membuat ukuran kertas f4 pada windows 10 karena langkah awalnya posisi device printer agak sulit ditemukan harus masuk pada menu setting, sementara di windows 7 dari start langsung ke device printer. 

Adapun langkah-langkah cara setting ukuran kertas f4 pada windows 10 adalah sebagai berikut :

1. Klik Start-Setting 

2. Pilih Device (Bloetott-Printer-Mouse)

3. Klik Driver Printer (Nama Printer yang Sudah di Install) Kemudian klik Manage

4. Di sebelah kiri layar pilih printer preference 


5. Klik Panah Bawah Pada Ukuran Dokumen

6. Cari ke bawah di Ukuran Dokumen Klik pada Ditentukan Pengguna atau Kalau Bahasa Inggris User Define

7.  Pada kolum ukuran kertas Ketik F4 tentukan satuan ukurannya mm (milimeter)-masukkan ukuran F4 lebar 215 mm dan tinggi 330 mm-klik simpan dan klik ok. Ikuti tanda panah dan urutan pada gambar di bawah ini.

8. Ucapkan Alhamdulillah,,karena proses setting ukuran kertas F4 di windows 10 sudah selesai. Setting kertas ukuran secara permanen dan hasilnya muncul pada daftar paper size di semua aplikasi baik itu ms word maupun excel. Untuk memastikannya silahkan buka kedua aplikasi tersebut kemudian setting page setup dan pilih ukuran kertasnya. Jika langkah-langkah di atas diikuti dengan benar., maka hasilnya muncul daftar paper size kertas F4 baik di excel maupun di word. Jika tidak ada silahkan ulangi langkah-langkahnya dengan teliti.

Demikian tutorial lengkap cara membuat ukuran kertas f4 otomatis bisa muncul di semua aplikasi baik di Word maupun Excel. Semoga bermanfaat. Jika ada hal yang sulit silahkan lebih jelasnya tonton video tutorial cara setting ukuran kertas F4 di Printer Epson di chanel Kasima Grafika.

Cara menambahkan ukuran kertas F4 di printer Epson – Jika kamu pengguna baru printer Epson mungkin agak sedikit bingung, karena pada saat akan mencetak kertas dengan ukuran F4 ternyata tidak ada pilihannya.

Kenapa demikian? karena ukuran kertas F4 atau HVS jarang sekali digunakan oleh negara-negara di dunia.

Meskipun tidak ada pilihan kertas F4, produsen sudah menyiapkan menu untuk menambahkan ukuran kertas yang belum tersimpan di printer atau di software.

Jadi, kita masih bisa membuat ukuran kertas sesuai yang kita inginkan. Seperti ukuran F4 misalnya.

Untuk membuat ukuran kertas F4 di printer Epson, kita harus mengetahui ukuran kertasnya terlebih dulu.

Berapa ukuran kertas F4?

Kertas F4 sering di sebut juga kertas folio. Jika kita ukur dengan penggaris, kertas F4 berukuran 21,59 cm X 33 cm.

Pada printer Epson sendiri hanya di sediakan satuan milimeter (mm) dan Inchi. Berarti jika dirubah dalam mm meter ukuran kertas F4 adalah 216.0 mm X 330.0 mm. Untuk ukuran kertas F4 dalam inchi adalah 8,3 Inch X 13 Inchi.

Ada juga yang yang berpendapat kalau kertas F4 memiliki ukuran 210.0 x 330.0 mm, namun lebih jelasnya kamu bisa di ukur sendiri menggunakan penggaris.

Perlu kita ketahui bahwa kertas F4 tidak sama dengan kertas Legal. Kertas Legal sedikit lebih lebar dan panjang dari ukuran kertas F4, yaitu 21.59 cm x 35.56 cm atau 8,5 inc X 14 inc atau 215.9 mm X 355.6 mm.

Tentunya jika kamu mencetak di kertas F4 tapi menggunakan ukuran Legal maka hasil cetakan tidak bisa pas, dan dokumen bisa terpotong.

Tak hanya ukuran kertas F4, kita juga dapat menambahkan ukuran kertas lain di printer Epson ini. Seperti kertas A3, B3 dan ukuran lain, namun kita harus mengetahui ukuran kertas dalam MM dan Inch terlebih dulu….

Pada artikel ini kita kan belajar cara menambahkan ukuran kertas F4 pada printer Epson semua tipe. Seperti L120, L210, L220, L310 dan L360.

Akan tetapi Admin hanya memiliki printer Epson L120 maka sebagai contoh kami menggunakan printer L120.

Cara setting ukuran kertas F4 di printer Epson semua tipe pada Windows 7

Caranya sangat mudah sekali, yaitu dengan menambahkan sendiri ukuran kertas pada menu printer Epson di Windows 7. Berikut langkahnya:

1. Klik Start » Device and Printers. Kemudian klik kanan pada icon printer Epson »  Printing Preference.

2. Setelah muncul pilihan seperti pada gambar di bawah ini. Pada pilihan Document Size pilih User Defined.

3. Selanjutnya, tambahkan ukuran kertas F4 pada User-Defined paper Size.

  • Paper Size Name: Ganti menjadi F4
  • Unit ganti menjadi mm agar setting lebih mudah
  • Paper Hight: 330.0
  • Paper Widith: 216.0

4. Jika langkah sudah benar maka settingan kertas F4 akan tersimpan pada databse printer Epson yang ada di laptop kamu, dan sekarang kita bisa print kertas F4 pada printer Epson dengan settingan yang sudah dibuat.

Cara membuat ukuran kertas F4 di printer EPSON pada Windows 10

Pada windows 10, letak menu Printers sedikit berbeda. Berikut langkahnya:

1. Ketikan Printers and Scanner pada menu pencarian di taskbar. Jika laptop kamu belum ada menu pencarian silahkan aktifkan terlebih dulu. Baca Cara menampilkan menu pencarian di taskbar Windows 10

2. Selanjutnya pilih EPSON » Manage » Printer properties » Preferences.

3. Setelah itu setting pada tabel pilih User-Defined » OK.

4. Selanjutnya tambahkan ukuran kertas F4 pada User-Defined paper Size.

  • Paper Size Name: Ganti menjadi F4
  • Unit ganti menjadi mm agar setting lebih mudah
  • Paper Hight: 330.0
  • Paper Width: 216.0

Isikan angka pada Paper Hight terlebih dulu agar Paper Width dapat diisi.

Selanjutnya pilih Save » OK.

4. Sekarang kertas F4 sudah tersimpan di database software printer laptop kamu dan sekarang bisa kamu gunakan untuk print seperti biasa.

Selain menambahkan ukuran kertas di printer Epson secara manual, kita juga perlu menambahkan ukuran kertas F4 di Word secara manual pula (jika belum ada)….

Apakah harus setting lagi jika ingin print kertas F4?

Tidak, karena pengaturan sudah tersimpan di database software. Kita harus melakukan setting ulang jika:

1. Menggunakan laptop baru yang tidak pernah di setting sebelumnya.2. Menggunakan laptop yang baru di install ulang.

3. Database terhapus

Bagaimana cara menambahkan ukuran kertas F4 pada printer Epson?

Menambah Ukuran Kertas F4 pada Printer Epson.
Pada jendela Manage your device pilih Printing preferences. ... .
Pada poin 03 gambar di atas klik Size > User Defined. Akan keluar jendela baru User Defined Paper Size, seperti pada gambar dibawah..
Silakan isi Paper Size Name sesuai kebutuhan misal: F4 (Folio)..

F4 di printer ukuran apa?

biasanya ukuran kertas F4 adalah 215x330mm atau 21,5 x 33 cm atau 8,5 x 13 Inch, setelah kita mengetahui ukuran F4 maka yang perlu kita setting adalah driver printer yang akan kita gunakan.

Bagaimana cara menambahkan ukuran kertas pada printer?

Mengubah ukuran kertas.
Di menu File, klik Pengaturan Printer..
Dalam kotak dialog Pengaturan Printer, di bawah Kertas, pilih ukuran kertas yang Anda inginkan dari daftar Ukuran..

Apakah F4 sama A4 sama?

Hampir semua orang bisa membedakan antara ukuran kertas folio atau F4 dengan ukuran kertas kuarto atau A4. Kertas F4 memiliki ukuran yang lebih besar. Artinya, kertas F4 lebih lebar dan tinggi dibanding dengan kertas A4. Dalam satuan inci (inchi) adalah 8,27 x 12,99 inci.

Bagaimana cara merubah ukuran kertas dari letter menjadi F4 berikan penjelasan dan langkahnya?

Pilih tab menu Layout di bagian atas. Klik menu Size, kemudian pilih More Paper Size yang terdapat di bagian paling bawah. Selanjutnya, layar akan menampilkan Page Setup untuk mengatur halaman. Pilih opsi Custom Size, lalu masukkan ukuran F4 dalam cm, yaitu lebar/width: 21,59 cm dan tinggi/height: 33 cm.

Bagaimana cara print kertas F4 agar tidak terpotong?

Cara Setting Print Kertas Ukuran F4 Agar Tidak Terpotong Selanjutnya pada ukuran kertas pencetak (printer paper size), pilih serasikan (custom). Maka akan muncul dialog, pada unit pilih mm kemudian pada paper size untuk width: 215 dan height: 330. Untuk memulai print silahkan klik OK.