Cara menggunakan turtle speed python

Membuat animasi bintang dengan turtle

Setelah sebelumnya kita sudah belajar tentang pengenalan turtle, sekarang kita akan mencoba membuat animasi bintang dengan turtle, hasil yang akan ditampilkan dari animasi ini adalah seperti Gambar dibawah ini.

Cara menggunakan turtle speed python

untuk membuat animasi seperti diatas, kita akan belajar fungsi clone di turtle, fungsi meberikan warna dan getturtle() untuk merubah cursor yang tadinya hanya berbentuk segitiga, sekarang akan coba dirubah menjadi kura-kura. Script yang dibuat untuk menghasilkan animasi seperti diatas adalah sebagai berikut

import turtle
import time #import time untuk fungsi delay/jeda

turtle.title("PapermindVention") #mengganti nama jendela di turtle
turtle.speed(7) #mengatur kecepatan turtle

turtle.getturtle()
turtle.resizemode("small") #ukuran turtle
turtle.shape("turtle")
t=turtle #menyimpan turtle pada variabel t
t.up() # disable draw line
# clone turtle menjadi 5 dengan variable a,b,c,d dan e
a = t.clone()
b = t.clone()
c = t.clone()
d = t.clone()
e = t.clone()

# mengatur arah pergerakan turtle
a.left(90)
c.right(60)
d.right(120)
e.right(180)

#masing masing turtle akan bergerakn sebanyak 100 px
a.forward(100)
b.forward(100)
c.forward(100)
d.forward(100)
e.forward(100)

# mulai memberikan garis
a.down()
b.down()
c.down()
d.down()
e.down()

# memulai area yang akan di fill dengan warna tertentu
a.begin_fill()
b.begin_fill()
c.begin_fill()
d.begin_fill()
e.begin_fill()

# mengatur warna warna yang diingnkan
a.color('red')
b.color('green')
c.color('blue')
d.color('red')
e.color('green')

# membuat perulangan untuk membuat lingkaran
for x in xrange(0,12):
a.right(45)
b.right(45)
c.right(45)
d.right(45)
e.right(45)
a.forward(10)
b.forward(10)
c.forward(10)
d.forward(10)
e.forward(10)
pass

# batas untuk area yang di fill
a.end_fill()
b.end_fill()
c.end_fill()
d.end_fill()
e.end_fill()

kembali bergerak sebanyan beberapa px
a.forward(70)
b.forward(50)
c.forward(50)
d.forward(50)
e.forward(70)

a.left(70)
b.left(90)
c.left(90)
d.left(90)
e.left(70)

a.forward(70)
b.forward(50)
c.forward(50)
d.forward(50)
e.forward(70)

# jeda selama 3 detik setelah selesai membua bintang
time.sleep(3)

# mengembalikan turtle ke posisi semula, dan menghapus semua garis -garis
for x in xrange(0,170):
a.undo()
b.undo()
c.undo()
d.undo()
e.undo()
time.sleep(0.3)
pass
turtle.mainloop()

silahkan dicoba, untuk hasil yang lebih baik silahkan dikembangkan lagi.....

video animasinya dapat dilihat dibawah


Cara menggunakan turtle speed python

Library Turtle adalah cara populer untuk memperkenalkan pemrograman kepada anak-anak. Itu adalah bagian dari bahasa pemrograman Logo yang dikembangkan oleh Wally Feurzeig, Seymour Papert dan Cynthia Solomon pada tahun 1967. Terkait dokumentasi lengkap dari library Turtle dapat dilihat di sini.

Bayangkan kura-kura robot mulai dari (0, 0) di bidang xy. Setelah import turtle, berikan perintah turtle.forward(15), dan itu bergerak (di layar!) 15 piksel ke arah yang dihadapinya, menggambar garis saat bergerak. Berikan perintah turtle.right(25), dan itu berputar di tempat 25 derajat searah jarum jam.

Pada artikel ini akan ditulis sebuah program untuk membuat sebuah lingkrang warna-warni. Bila Anda belum mengetahui konsep dasar dari bahasa pemrograman Python silahkan kunjungin artikel Konsep Dasar Python

import turtle

color = ['yellow','red','green','orange','blue','white']

screen = turtle.Screen()
screen.bgcolor('black')
t = turtle.Turtle()
t.speed(30)

for i in range(120):
    t.color(color[i%6])
    t.width(i/5+1)
    t.forward(i)
    t.left(20)
   
turtle.Screen().exitonclick() 

Lakukan modifikasi pada variable color untuk mendapatkan warna-warna yang berbeda.

Keluaran Program

Cara menggunakan turtle speed python
Lingkaran Warna-warni

Untuk artikel lain terkait dengan pemrograman Python silahkan lihat kumpulan artikelnya disini.