Cara menghapus spasi di depan Excel

Cara Menghilangkan Spasi Di Excel – Banyak sekali diantara kita mengabaikan spasi di excel. Tapi tahukah kamu bahwa spasi yang berlebihan akan memperngaruhi cara kerja excel. Hal ini dikarena pada microsoft excel menggunakan bagian-bagian seperti cell yang nantinya akan di eksekusi perbagian, dan jika terlalu banyak spasi atau ekstra spasi akan mengakibatkan eror pada halaman kerja.

Berbeda dengan microsoft word, microsoft word sepanjang apapun spasi tidak akan mempengaruhi apapun. Ternyata banyak diantara kita menghilang spasi di excel dengan mengecek satu-persatu cell lalu di hapus, Tetapi langkah ini tidak efektif dikarenakan banyak menyita waktu dan kurangnya ketelitian.

Kamu bisa menggunakan cara di bawah ini untuk menghilang spasi di excel. Disini akan dijelaskan dengan 3 cara yaitu menghilang spasi secara otomatis, menggunakan rumus, dan menghilangkan spasi panjang di excel menggunakan find & replace.

Baca juga : Cara Mengisi Suara Pada Power Point

cara kedua yaitu menghilangkan spasi dengan rumus. Di Excel terdapat banyak rumus yang bisa kita gunakan, contohnya saja menghilangkan spasi di excel menggunakan rumus TRIM. Fungsi Trim yaitu menghilangkan spasi berlebihan yang terdapat di dalam kalimat sel atau spasi di awal dan ujung teks, Menjadikan 1 spasi diantara kalimat atau teks yang terdapat spasi ekstra.

Contoh Penggunaan Trim yaitu : =TRIM (Text)

Kita juga bisa melihat jumlah jarak spasi yang terdapat dalam satu cell. Rumus yang digunakan dalam melihat jumlah jarak spasi yang terdalam satu cell yaitu : =LEN (Text)

Pada gambar diatas adalah contoh dari rumus menggunakan trim. Cara cepat menggunakan trim yaitu letakkan kursor pada cell kanan ujung sampai muncul tanda plus, lalu tarik hingga bawah. Perlu di ketahui bahwa fungsi TRIM tidak bisa kamu gabung kan secara langsung dengan cell lainnya. Hal ini akan menimbulkan pesan Value atau Error.

Contohnya : TRIM= (A3:A4)

Baca juga : Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word

Menghilangkan Spasi Panjang Di Excel Secara Otomatis

Cara ketiga yaitu menghilangkan spasi panjang atau ekstra spasi di excel yang mudah digunakan yaitu menggunakan Find & Replace. Tetapi cara ini kurang efektif dikarenakan cara ini tidak menghilangkan spasi secara keseluruhan, tetapi akan menyisakan 1 spasi di pangkal kalimat. Contohnya seperti pada gambar di bawah ini.

Berikut cara penggunaannya :

  • Blok atau seleksi semua cell yang akan di hilangkan ekstra spasi nya.
  • Selanjutnya memunculkan kotak Find & Replace yaitu dengan cara tekan tombol CTRL + H.
  • Pada gambar di atas terdapat 2 bagian yaitu Find what dan Replace with.
  • isilah find what dengan 2 spasi sedangkan Replace what isi dengan 1 spasi.
  • lalu tekan replace all, ketika muncul pemberitahuan maka ulangi replace all dan tekan ok hingga 4 kali. Hingga muncul pemberitahuan “We couldn’t find anything to replace“

Demikianlah 3 cara menghilang spasi di excel. lanjutkan ya biiiiiiiiiiiiiiiiii

Spasi memiliki peran penting dalam sebuah pengolahan data, tulisan akan mudah terbaca dengan jelas jika memiliki spasi yang sesuai dengan porsi dan dan pembagian yang imbang.

Karena dengan menggunakan tanda baca spasi ini, kita bisa memberikan makna intonasi, pelafalan yang jelas, kemudian memberikan arti suatu kalimat yang sesuai.

Jika pengaturan spasi sangat berantakan, alhasil si pembaca juga tidak dapat memahami penyampaian yang dituliskan

Banyak kasus sering terjadi yaitu penggunaan spasi tidak beraturan akibat salah ketik, convert data sembarangan dan main copas tanpa memperhatikan tulisannya.

Jika kondisinya sudah seperti ini, langkah yang harus kita lakukan adalah memodifikasi tulisan tersebut agar mudah untuk dibaca kembali.

Tetapi kendalanya adalah, bagaimana jika tulisan yang diubah hampir menyeluruh, apa tidak capek dan buang-buang waktu kalau kita edit satu persatu?

Konklusinya yaitu, bagaimana cara menghilangkan spasi di Excel? apa metode yang harus digunakan agar dapat merapikan tulisan atau angka di dalam sel yang terlihat berantakan tersebut?

Cara Menghilangkan Spasi Di Excel

Kondisi spasi berantakan di dalam sebuah aplikasi pengolah data itu merupakan suatu hal yang wajar terjadi.

Seperti yang kita sebutkan di atas, hal ini bisa dipicu karena kesalahan teknis dalam menginput data, melakukan kompres pada sebuah file, dan kurang teliti dalam copy-paste.

Kebetulan fokus pembahasan kita disini yaitu tentang Microsoft Office Excel, disisi lain aplikasi ini memang sering digunakan sebagai software pembantu dalam mengolah hitungan angka matematis, statistik dan lain-lain.

Kira-kira apakah ada formula khusus di dalam Excel yang dapat menghilangkan spasi entah itu pada suatu kalimat atau angka? Jawabannya ada…untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan simak artikel cara menghilangkan spasi di Excel dibawah ini.


1. Menghilangkan Spasi Angka dengan Rumus

Ada keterangan kategori angka yang jika diberlakukan spasi akan memunculkan makna lain, mungkin bisa saja hasil hitungan matematika, keterangan NIP, keterangan NIK, masih masih banyak jenis data lainnya.

Nah, dalam proses kesalahan penginputan data, terkadang angka tersebut akan memunculkan spasi yang berantakan atau tidak sesuai dengan tempatnya.

Untuk mengembalikannya sebagai fungsi normal, ada cara yang bisa digunakan yakni rumus fungsi SUBSTITUTE.

Maka akan didapatkan formula seperti dibawah ini =SUBSTITUTE(seldata;yangakandiganti;pengganti). langsung saja kita berikan contoh rumus nyata =SUBSTITUTE(G6,” “,””). Bagi yang bingung berikut keterangan dari rumusnya :

G6 = merupakan posisi data di dalam sel, jika angka yang berantakan ingin kamu hilangkan spasinya berada di G6, silahkan klik sel tersebut. Namun bila berada di sel lain bisa menyesuaikan.

” ” = merupakan representasi simbol dari spasi, karena sesuai dengan rumus kita akan mengganti spasi ini dengan tanpa spasi.

“” = merupakan representasi simbol dari tidak ada spasi, mengacu dengan rumus bagian ini merupakan bagian penggantinya.

Untuk contoh datanya bisa kalian lihat dibawah ini, setelah itu kamu dapat melakukannya sendiri dengan mengacu data masing-masing.

Jika penggunaan tanda koma “,” tidak berfungsi di dalam rumus, kamu bisa menggunakan kode pengganti yaitu titik dua koma “;”. Karena ada beberapa jenis komputer yang settingannya berbeda-beda.


2. Menghilangkan Spasi di Kalimat dengan Rumus

Berikutnya cara menghilangkan spasi di Excel dapat berlaku juga di sebuah kalimat atau paragraf. Sama seperti diatas, disini kita akan menggunakan rumus formula khusus yakni sintax =TRIM.

Penggunaan rumus ini sebenarnya lebih simpel dan sederhana, dapat berlaku untuk kalimat yang memiliki spasi tidak beraturan, seperti ekstra spasi, kemudian spasi pada awal, spasi pada bagian akhir yang dapat memicu kesalahpahaman ketika membaca tulisan tersebut.

Menggunakan rumus =TRIM ini dapat mengembalikan kalimat menjadi normal dari seperti menghapus spasi yang ekstra dan mengembalikan fungsi kalimat ke posisi normal, yakni menjadikan 1 spasi rata.

Langsung saja rumus sintak menghapus spasi dini dapat ditulis =TRIM(sel). Rumus nyata bisa ditulis dengan =TRIM(B6).

  1. Silahkan siapkan data yang memiliki banyak spasi.
  2. Klik salah satu sel, kemudian isi dengan =TRIM(sel), sel disini mengacu pada kotak sel yang ingin kamu hapus spasinya.
  3. Kemudian tekan tombol enter.
  4. Jika sudah copy kalimat hasil formula =TRIM tersebut.
  5. Kemudian klik kanan di sel aslinya, lal pilih Values di kotak Paste Options.
  6. Hapus sel hasil hitungan tadi.
  7. Selesai.

Akhir Kata

Bagaimana, cara menghilangkan spasi di Excel ternyata sangat mudah bukan?

Sekarang kamu gak perlu lagi melakukan edit secara manual, tetapi cukup dengan dua rumus di atas, ekstra spasi yang ingin kamu hapus dapat kembali normal. Semoga bermanfaat.

Bagaimana cara menghilangkan spasi di excel?

Silahkan siapkan data yang memiliki banyak spasi..
Klik salah satu sel, kemudian isi dengan =TRIM(sel), sel disini mengacu pada kotak sel yang ingin kamu hapus spasinya..
Kemudian tekan tombol enter..
Jika sudah copy kalimat hasil formula =TRIM tersebut..

Apa itu trim di Excel?

Deskripsi. Menghapus semua spasi dari teks kecuali spasi tunggal di antara kata. Gunakan TRIM pada teks yang Anda terima dari aplikasi lain yang mungkin memiliki penspasian tak tentu. Penting: Fungsi TRIM didesain untuk memangkas karakter spasi ASCII 7-bit (nilai 32) dari teks.

Trim untuk apa?

Menghapus spasi di depan, di belakang, dan spasi berulang dalam teks.

Rumus IF di Excel untuk apa?

Fungsi IF merupakan salah satu fungsi paling populer di Excel, yang memungkinkan Anda membuat perbandingan logis antara nilai dan perkiraan. Oleh karena itu, pernyataan IF dapat memiliki dua hasil. Hasil pertama jika perbandingan Anda Benar dan hasil kedua jika perbandingan Salah.