Carilah informasi dari internet tentang berbagai teknik manipulasi gambar vektor

MATERI MENERAPKAN MANIPULASI GAMBAR VEKTOR DENGAN MENGGUNAKAN FITUR EFEK A. Pengertian Gambar Vektor Gambar vektor adalah gambar yang dibaut dari unsur garis dan kurva. Kumpulan dari beberapa garis dan kurva ini lah yang akan membentuk subatu obyek atau gambar. Gambar vector tidak tergantung pada resolusi sebagaimana gambar bitmap atau raster. Jika gambar bitmap atau raster akan terlihat “pecah” ketika diperbesar maka tidak dengan vektor. Gambar vektor akan tetap memperlihatkan detail gambarnya ketika di perbesar. B. Perbedaan Gambar Vektor dan Bitmap Vektor Dibuat dari unsur garis dan kurva Ukuran file relatif kecil Ketika diperbesar, detail gambar tetap Bitmap Dibuat dari unsur titik / pixel Ukuran file relatif besar Ketika diperbesar, gambar tampak kurang terlihat Resolution independent halus sehingga mengurangi detail gambar Resolution dependent a] Gambar Vektor b] Gambar Bitmap Gambar 1. Contoh perbedaan a] Gambar vektor dan b] Gambar bitmap C. Manipulasi gambar Manipulasi gambar adalah upaya editing dalam rangka menciptakan ilusi atau efek pada sebuah gambar untuk menghasilkan karya yang lebih menarik, serta dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna. Memanipulasi berbeda dengan sekedar memberikan tambahan pada gambar aslinya, memanipulasi lebih mengacu pada merubah sebagian dari gambar dengan memanfaatkan efek-efek tertentu guna menghasilkan hasil yang sungguh berbeda dengan gambar aslinya. D. Manfaat manipulasi gambar Manfaatnya sendiri sangat banyak, diantaranya 1. Sebagai sarana untuk pemasaran sebuah produk, 2. Menarik minat pembaca bagi perusahaan cetak, 3. Membuat gambar terlihat lebih hidup atau menarik, 4. Menyampaikan aspirasi atau pendapat dan sebagainya. E. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memanipulasi gambar 1. Ide atau imajinasi Ide atau imajinasi haruslah ada lebih dahulu, sebagai gambaran akan menjadi seperti apa gambar nantinya setelah di manipulasi. Gambar 2. Gambaran hasil akhir karya yang diinginkan 2. Kualitas gambar Pilih gambar yang memiliki kualitas tinggi, karena gambar dengan kualitas tinggi memiliki detail yang baik. Kualitas gambar ini nantinya akan mempengaruhi prosesproses selanjutnya seperti seleksi gambar, pewarnaan, potitioning, dan sebagainya. Gambar 3. Contoh gambar dengan kualitas baik 3. Proses seleksi [Ketelitian dan kerapian] Langkah ini digunakan jika menipulasi melibatkan 2 buah foto atau lebih untuk menghasilkan sebuah karya baru. Proses ini memerlukan ketelitian dan kesabaran dalam melaksanakannya sehingga tidak heran apabila memakan waktu yang relatif lama. Gambar 4. Contoh hasil seleksi gambar yang rapi Hindari seleksi seperti dibawah ini Gambar 5. Contoh hasil seleksi yang tidak rapi 4. Pengaturan cahaya dan kontras Penggunaan pencahayaan dalam manipulasi gambar akan menghasilkan kesan yang lebih nyata dan “tajam”. Apabila menggunakan 2 / lebih gambar maka gunakan gambar yang memiliki pencahayaan tidak terlalu berbeda. Gambar 6. Contoh penggunaan 2 gambar dengan pencahayaan yang tidak jauh berbeda Hasil bila pencahayaan dan kontras berbeda jauh Gambar 7. Contoh penggunaan 2 gambar dengan pencahayaan yang jauh berbeda 5. Pengaturan posisi gambar Proses ini lebih menekankan prinsip proporsi daripada prinsip lainnya, dalam proses ini pengaturan posisi, ukuran obyek harus di buat seimbang. Gambar 8. Contoh pengaturan posisi yang baik F. Aplikasi-aplikasi untuk manipulasi gambar vector 1. Adobe Illustrator 2. Corel Draw G. Macam-macam efek 1. Efek Bawaan Efek bawaan merupakan sebuah fungsi efek yang didapatkan langsung dari menu yang disediakan oleh aplikasi editing. Terdapat banyak efek yang disediakan seperti efek 3D, Drop Shadow, Roughen dan sebagainya. Penggunaan efek bawaan cukuplah mudah hanya klik obyek kemudian pilih menu Effect selanjutnya pilih sesuai keinginan. 2. Efek Custom Efek custom merupakan sebuah fungsi efek yang dihasilkan dari pemanfaatan obyekobyek diluar aplikasi, efek ini memerlukan kreatifitas dan keterampilan dari pembuat desain. Contoh : efek smoke, efek lightning dan sebagainya H. Contoh proses penggunaan efek 1. Buat persegi panjang untuk bentuk dasar logo menggunakan Rectangle Tool, untuk membuatnya hanya masuk ke dalam lembar kerja kemudian drag untuk membuat persegi dengan ukuran yang dibutuhkan 2. Setelah persegi panjang terbuat, selanjutnya bentuk persegi panjang itu akan dijadikan segitiga dengan cara : klik kanan pada objek persegi panjang, kemudian klik Convert To Curves yang bertujuan untuk mengubah garis pada objek, menjadi garis kurva. Atau bisa menekan tombol pada keyboard yaitu CTRL+Q. 3. Setelah persegi panjang diubah menjadi curves, maka untuk mengeditnya cukup dengan double clik persegi panjang itu hingga muncul 4 titik biru di masing masing Node [Sudut] persegi panjang 4. Selanjutnya untuk mengubah objek persegi panjang itu menjadi segitiga, maka salah satu Node [Sudut] nya harus dihapus, klik kanan pada Node [Sudut] yang mau dihapus, kemudian delete, atau double click pada Node [Sudut] yang mau dihapus. 5. Setelah salah satu Node dihapus akan menghasilkan objek segitiga seperti gambar diatas yang disebelah kanan. Selanjutnya garis miring pada segitiga tersebut akan dibuat melengkung, untuk melakukannya cukup klik kanan tepat pada garis miring tersebut, kemudian pilih To Curve seperti yang tertera pada gambar dibawah ini. Sebelum di curve Setelah di curve 6. Selanjutnya untuk membengkokkan garis miring pada segitiga diatas bisa dengan cara drag and drop [menarik] garis tersebut. maka akan menjadi gambar seperti dibawah ini. 7. Selanjutnya pada pojok dari objek diatas akan dipotong, hal ini bisa dilakukan dengan cara menumpuk objek lain [persegi panjang] yang kemudian di Rotate sesuai kebutuhan. 8. Selanjutnya yaitu proses pemotongan objek tersebut, caranya dengan select kedua objek tersebut, kemudian di atas klik ikon bernama Back minus front, maka akan menghasilkan objek terpotong seperti gambar dibawah ini. 9. Kemudian duplikat objek tersebut agar menjadi gambar dasar logo, bisa dengan copypaste, kemudian salah satu objek di select dan klik ikon Mirror Horizontally, sesuaikan lebar dan ukuran, maka akan menjadi gambar seperti dibawah ini. 10. Kemudian gabungkan kedua objek dengan cara select kedua objek tersebut, kemudian klik ikon WELD. Maka kedua objek akan tergabungdan menghasilkan gambar seperti dibawah ini. 11. Setelah objek tersebut jadi, langkah selanjutnya adalah mewarnai objek tersebut, dengan cara klik kiri pada warna warna di sebelah kanan atau bisa dengan double click pada FILL COLOR, maka akan muncul kotak dialog seperti berikut. 12. Doble klik pada Fill Color yang bertuliskan “none” karena belum ada warnanya, maka akan muncul kotak dialog Uniform Fill tersedia banyak warna dalam kotak dialog itu, setelah memilih warna klik Ok. 13. Selanjutnya akan membuat garis tepi untuk objek dasar logo ini, tool yang akan digunakan yaitu “Contour Tool” yang berfungsi untuk menggandakan objek dengan ukuran yang berbeda, namun bentuknya sama dengan objek dasar, hanya ukurannya yang berbeda. Setelah pilih Contour Tool, berikut pengaturan agar contour untuk dijadikan garis tepi : 1. Outside Contour : Agar contour mengarah ke luar tidak kedalam. 2. Contour Steps : Jumlah penggandaan objek. 3. Contour Offset : berfungsi untuk menentukan jarak antar contour. 14. Setelah jadi objek seperti diatas, maka terbuat 3 objek, yaitu 1 objek dasar ditambah 2 objek contour, ketiga objek itu harus dipisah atau dipecah agar bisa diwarnai/diubah secara terpisah, yang harus dilakukan yaitu klik kanan pada objek terluar contour, pilih “Break Contour Group Apart”, yang berfungsi untuk memisahkan 2 atau lebih objek yang telah di-combine menjadi satu. 15. Setelah contour di BREAK APART, maka objek tersebut otomatis akan menjadi grup, dan harus di UN-GROUP agar objek bisa terpisah atau tidak terkait dengan objek lainnya yang satu grup. Cara untuk ungroup yaitu dengan cara klik kanan grup objek, kemudian klik UNGROUP, atau bisa dengan menekan tombol CTRL+U pada keyboard 16. Setelah objek terpisah, kemudian warnai objek seperti gambar dibawah ini. 17. Kemudian copy-paste objek di tengah untuk selanjutnya akan dibuat seperti efek bayangan. 18. Warnai objek kedua dengan warna hitam, agar menjadi efek bayangan. Langkah selanjutnya yaitu tumpuk objek kedua, atau yang berwarna hitam ke objek tengah perisai yang berwarna merah hingga menjadi seperti gambar dibawah 19. Langkah selanjutnya yaitu objek perisai tersebut akan diberikan efek berkilau, untuk membuatnya maka bisa dengan copy-paste objek perisai tengah dan diwarnai dengan warna putih seperti yang terlihat di bawah ini. 20. Edit objek berwarna putih tersebut menggunakan SHAPE TOOL [double click objek maka akan mengaktifkan shape tool secara otomatis] sehingga menjadi seperti gambar dibawah ini 21. Tumpuk objek berwarna putih ke atas objek perisai kembali, setelah tertumpuk, kembali menggunakan TRANSPARENCY TOOL, atur transparan sesuai kebutuhan, atau sampai terlihat seperti gambar di bawah ini 22. Selanjutnya di Grupping keseluruhan 23. Selanjutnya setelah membuat objek dasar logo yang berupa perisai, maka selanjutnya akan membuat isi LOGO dengan tulisan efek lingkaran, proses menggunakan ELLIPSE tool dan RECTANGLE tool, langkah pertama, buatlah 2 lingkaran dengan ukuran yang berbeda dan diposisikan di tengah seperti gambar dibawah. Warnai kedua lingkaran dengan warna biru sehingga menjadi seperti gambar dibawah, 24. Kemudian langkah selanjutnya adalah membuat objek seperti “BAN” motor, untuk membuat lubang di salah satu objek, bisa dilakukan dengan cara blok kedua objek, maka akan muncul toolbox di atas, pilih BACK MINUS FRONT yang akan memotong objek yang dibawah oleh objek yang ada di atasnya, maka akan jadi seperti gambar dibawah ini. 25. Kali ini akan memotong objek lingkaran tersebut di sebelah bawah, caranya yaitu buatlah persegi panjang dan tempatkan di bawah lingkaran, select/blok kedua objek tersebut dan kembali menggunakan tool BACK MINUS FRONT. 26. Selanjutnya buatlah 2 lingkaran dan 1 persegi panjang di tengah objek berwarna biru, warnai semua objek dengan warna yang sama dengan objek pertama, yaitu biru. 27. Potong lingkaran di tengah menggunakan tool BACK MINUS FRONT kembali maka akan menjadi seperti gambar dibawah ini. 28. Selanjutnya kita akan memotong objek lingkaran yang melebihi pada huruf P, caranya yaitu dengan membuat lingkaran sesuai denan objek yang akan dipotong [Lingkaran besar], kemudian menggunakan Pick Tool, langkah pertama yaitu klik pada persegi yang baru dibuat, selanjutnya tekan SHIFT pada keyboard, dan klik pada objek yang akan dipotong [Lingkaran Besar], kemudian lagi menggunakan Back Minus Front, maka akan menghasilkan objek seperti dibawah ini. 29. Kemudian untuk mempermudah melihat objek yang telah dibuat, hilangkan warna semua objek dengan cara klik kiri pada kotak putih yang ada silangnya pada color docker di sebelah kanan aplikasi CorelDraw, kemudian tambahkan objek lingkaran dan persegi panjang pada bagian tengah logo, maka akan menjadi seperti gambar dibawah ini 30. Kemudian setelah objek lingkaran dan persegi panjang telah jadi, maka selanjutnya semua objek tersebut digabungkan dengan menggunakan WELD Tool, yang berfungsi untuk menggabungkan semua objek menjadi 1 objek, caranya yaitu dengan blok semua objek yang akan digabungkan, kemudian klik WELD yang otomatis akan muncul ketika 2 objek atau lebih terseleksi, maka objek yang akan dihasilkan yaitu seperti gambar dibawah ini. 31. Kemudian objek logo RPL itu akan diberi efek seperti 3D, caranya yaitu dengan cara klik windows -> klik Dockers -> Bevel 32. Atur bevel seperti gambar dibawah kemudian klik APLLY, atau bisa dengan eksperimen dengan menu menu yang ada pada Bevel Tool, bisa disesuaikan dengan kebutuhan, maka objek yang tadinya 2D bisa terlihat seperti 3D. 33. Kemudian gabungkan objek perisai dan objek, sesuaikan ukurannya agar terlihat proporsional, maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini. 34. Kemudian akan dibuat tulisan REKAYASA PERANGKAT LUNAK yang melengkung, maka pertama tama harus dibuat dulu landasan lengkungan untuk tulisan, dengan cara membuat lingkaran menggunakan Ellipse Tool, sesuaikan lingkaran sesuai yang dibutuhkan, selanjutnya buatlah teks dengan menggunakan Teks Tool. 35. Langkah selanjutnya yaitu proses melengkungkan teks mengikuti pola lingkaran, caranya yaitu Pilih Pick Tool -> Klik pada teks REKAYASA PERANGKAT LUNAK -> Klik Text pada Toolbar -> Klik FIT TEXT TO PATH -> Arahkan teks ke objek lingkaran, setelah dikira kira tepat, klik kiri untuk meletakkan teks mengikuti objek lingkaran 36. Selanjutnya yaitu hapus objek lingkaran yang menjadi landasan teks, dan tambahkan teks SMK TAQ WONOSOBO di bagian bawah logo, dan hasilnya menjadi seperti dibawah ini. 37. Langkah selanjutnya yaitu akan dibuat efek GLOW, atau efek bercahaya dari teks REKAYASA PERANGKAT LUNAK dan SMK TAQ WONOSOBO, caranya yaitu select objek yang akan diberi GLOW, kemudian cari DROP SHADOW tool pada toolbox, maka akan muncul teks preset pada pojok kiri atas CorelDraw, setelah itu pilih SMALL GLOW. 38. Ulangi pada teks REKAYASA PERANGKAT LUNAK sehingga menjadi gambar dibawah ini. 39. Kemudian logo RPL biru akan dibuat bergaris putih, caranya yaitu, Menggunakan Pick Tool klik objek yang mau diberi garis putih [Logo RPL], selanjutnya : Double click pada Outline Color -> Width adalah ukuran tebal garis yang akan dibuat. -> Klik OK

40. Hasil akhir dari Pembuatan Logo RPL, dan yang telah dikembangkan

Video yang berhubungan

Bài mới nhất

Chủ Đề