Dalam desain grafis, produk yang dapat menjadi peluang usaha dan mempunyai nilai jual adalah
Desain produk Ajaib.co.id – Ada banyak jenis desain yang berfungsi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah desain produk. Desain industri sangat membutuhkan produk yang baik sehingga tujuan dari desain produk ini bisa tercapai. Salah satunya adalah pengembangan produk sehingga mempunyai nilai jual yang tinggi. Show Desain produk adalah proses untuk menciptakan produk produk baru yang benar benar menggabungkan seni ilmu pengetahuan dan teknologi. Percampuran pengetahuan dan teknologi untuk menciptakan produk yang baru dan pastinya menyesuaikan dengan kebutuhan pasar. Pengembangan ide dapat mengubahnya menjadi penemuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Potensi Karier dan BisnisDesain produk sangat berkembang dari waktu ke waktu, maka bidang ini cukup menjanjikan dari segi karier dan bisnis. Buat kamu yang tertarik, ada baiknya membekali diri dengan ilmu yang memadai. Saat ini, beberapa universitas ternama memiliki jurusan desain produk. Jurusan tersebut di bawah fakultas desain komunikasi dan visual atau seni rupa dan desain. Universitas yang memiliki jurusan desain produk diantaranya Universitas Trisakti, Universitas Pelita Harapan (UPH), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Fakultas ini mencakup berbagai disiplin ilmu sehingga mahasiswa desain produk harus menguasai beberapa aplikasi dan tools. Seperti aplikasi desain grafis, wireframing, project management (Trello, Slack), product roadmap (Product Plan), prototyping, CAD, data analytics, dan lainnya. Mahasiswa lulusan desain produk bisa bekerja di perusahaan multinasional atau nasional berbagai bidang, perusahaan rintisan, instansi pemerintahan, maupun lembaga nirlaba. Untuk lebih jelasnya, berikut ini potensi karier dan bisnis sebagai desainer produk. Desainer ProdukWajar, jika lulusan jurusan desain produk menjadi desainer produk di sebuah perusahaan. Pada umumnya, lingkup kerja desainer produk adalah menangani beberapa proyek untuk mengembangkan produk baru. Mulai dari riset pelanggan, desain UX, memahami produk perusahaan, dan masih banyak lagi, tergantung perusahaannya. Product MarketerPekerjaan product marketer wajib memahami hal-hal yang perlu dangun oleh perusahaan dan bagaimana menyampaikannya ke pelanggan, melakukan riset pasar, membuat materi promosi, dan bekerjasama dengan tim marketing untuk menggambarkan produk secara akurat pada semua materi promosi. Interaction DesignerSeorang interaction designer harus menghidupkan visi perusahaan dengan menyajikan desain yang diinginkan atau memfasilitasi pola baru. Ia juga akan membuat mockup dan alur untuk user interface dan mendokumentasikan bagaimana pola baru akan bekerja. Visual DesignerTugas visual designer di antaranya membuat dan menerapkan tipografi, ikonografi, ilustrasi, warna, dan prinsip UX pada produk. Memiliki taste dan sisi estetika yang kuat, serta memahami jenama di berbagai platform. UX DesignerUX designer atau user-experience designer akan fokus pada penyempurnaan produk berdasarkan penelitian tentang perilaku pengguna (aplikasi atau situs) dan menunjukkan orang akan mendapatkan kepuasan maksimal dari menggunakan produk atau tidak. Dengan kata lain, UX designer bertugas untuk meningkatkan kebahagiaan pengguna. PrototyperPrototyper merupakan salah satu anggota tim produk yang bertugas membawa ide tim menjadi nyata. Kehadirannya untuk membantu perusahaan dengan cepat memvalidasi fitur produk kepada pengguna. Di perusahaan yang membuat produk fisik, prototyper akan membuat maket atau handicraft. Di perusahaan digital, prototyper akan mengembangkan wireframes atau mockup virtual. Data AnalystSeorang desainer produk juga bisa menjadi data analyst. Di pekerjaan ini, ia akan fokus pada riset pelanggan dan menggunakan data untuk mengidentifikasi cara memperbaiki tata letak produk, rangkaian fitur, dan visual. User ResearcherPekerjaan ini bertugas mengumpulkan informasi dan umpan balik dari pelanggan, mengevaluasi pengalaman pelanggan, menerjemahkan kebutuhan pelanggan pada fitur-fitur di aplikasi atau situs, serta melakukan riset etnografi. EntrepreneurJika seorang lulusan desain produk ogah menjadi pegawai, ia bisa menjadi entrepreneur. Dengan ilmu dan keterampilannya, ia mampu mengidentifikasi kebutuhan pasar, menciptakan cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut, membangun tim untuk menciptakan produk, hingga memberikan pelayanan kepada pelanggan mengenai kebutuhan mereka terhadap produk. Konsultan ProdukSeperti entrepreneur, kamu yang piawai dalam desain produk dapat menciptakan peluang usaha menjadi konsultan produk. Baik produk fisik maupun visual. Konsultan produk akan membantu klien dalam menginterpretasikan visi, misi, dan kebutuhan perusahaan terhadap produk yang ditampilkan. Selain itu, membantu menyampaikan tampilan produk, membantu menciptakan materi pemasaran, dan melatih staf yang terkait dengan pengetahuan produk. Tentu, potensi karier dan bisnis desain produk tak berhenti di sini saja. Masih banyak peluang yang bisa dijajaki atau diciptakan oleh desainer produk. Jika ingin tahu hasil kerja kolaborasi tim desain produk dan tim lain, unduh Ajaib. Ini adalah aplikasi investasi yang didesain senyaman dan seman mungkin. Di sini, investor dapat bertransaksi dari mana saja dan kapanpun, serta memiliki informasi terkini seputar pasar.
soal prakarya kerajinan 1. Manusia memiliki kelebihan berupa akal pikiran, kalbu, emosi, nafsu, dan kemampuan membuat sesuatu. Usaha menggunakan akal pikiran untuk membuat sesuatu (kreasi) yang baru, baik, nyata atau abstrak disebut… a. Kreativitas b. Ekspresi c. Pengalaman d. Menikmati e. Melihat 2. Sesuatu yang lain dari pada yang lain, yang belum pernah dibuat orang sebelumnya, baik dalam hal ide, teknik, dan media, merupakan ciri khusus proses kreasi yang… a. Unik b. Individual (pribadi) c. Ekspresif d. Universal e. Survival (tahan lama) 3. Membudidayakan tanaman sayuran, dan memodifikasi media tanam tanaman sayuran. Mempunyai rasa (sense) terhadap tanaman sebagai makhluk hidup yang perlu dirawat, bertanggung jawab, disiplin, tekun, sabar, teliti, dan bekerjasama selama melaksanakan tahapan budidaya. Mengamati setiap proses dengan seksama sehingga tumbuh rasa syukur atas segala anugerah dan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Uraian diatas adalah tinjauan untuk kemampuan siswa pada aspek: a. Sosial b. Spritual c. Pengetahuan d. Keterampilan e. Praktek akhlak 4. Tanaman sayuran termasuk tanaman hortikultura. Hortikultura (Horticulture)berasal dari bahasa latin hortusyang artinya kebun dan colereyang artinya membudidayakan. Jadi hortikultura adalah… a. Membudidayakan tanaman di kebun b. Pengolahan tanaman di lahan c. Budidaya sayuran d. Budidaya sayuran di kebun e. Mengolah tanaman 5. Peserta didik dikenalkan teknik pembentukan karya dari tanah liat, yaitu dengan teknik lempengan (slab) dan teknik cetak (mold). Kedua teknik ini juga merupakan dasar pembuatan keramik. Uraian ini termasuk langkah dalam penyampaian materi prakarya dan kewirausahaan pada ruang lingkup….. a. Rekayasa b. Budidaya c. Pengolahan d. Kerajinan e. Pengembangan 6. Mempelajari motif/ragam hias Nusantara dapat diamati dari berbagai benda seperti kayu, kain, rumah adat, senjata tradisional, pakaian adat, dan alat musik. Mempelajari ragam hias tidak hanya tradisional tetapi juga modern yang tidak merujuk dari motif daerah tertentu. Yang manakah ragam hias dibawah yang berasal dari ukiran tradisional ? a. Lambang negara b. Motif kain c. Perisai dari suku Dayak d. Tugu nasional e. Motif rumput laut 7. Didalam mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan terdapat 4 ruang lingkup yang dapat dikembangkan dan diajarkan di sekolah. Dari 4 ruang lingkup tersebut, yang manakah sudah kamu pelajari di sekolah? a. Ruang lingkup kerajinan c. Ruang lingkup pengolahan e. Ruang lingkup seni b. Ruang lingkup rekayasa d. Ruang lingkup budidaya
8. Motif diatas merupakan motif tato dayak yang bernama… a. Mata Aso b. Bunga Terung c. Jalaut d. Usung dian e. Ipah Olim
9. Motif diatas merupakan motif tato dayak yang bernama… a. Mata Aso b. Bunga Terung c. Jalaut d. Usung dian e. Ipah Olim
10. Motif diatas merupakan motif tato dayak yang bernama… a. Mata Aso b. Bunga Terung c. Jalaut d. Usung dian e. Ipah Olim
11. Motif diatas merupakan motif tato dayak yang bernama… a. Mata Aso b. Bunga Terung c. Jalaut d. Usung dian e. Ipah Olim
12. Motif diatas merupakan motif tato dayak yang bernama… a. Mata Aso b. Bunga Terung c. Jalaut d. Usung dian e. Ipah Olim 13. Pada konsentrasi desain grafis sebagai pilihan pengembangan mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan, terdapat banyak pilihan program aplikasi yang dapat dipakai. Program apakah yang sudah kamu pakai dan pelajari di sekolah? a. Corel Draw c. Paint e.Photoshop b. Inkscape d. Google Sketchup 14. Kewirausahaan adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan.Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu.Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian. Dalam hasil desain grafis, produk apa saja yang dapat menjadi peluang usaha dan mempunyai nilai jual? a. Baju kaos c. Batik printing e. origami b. Kain d. lukisan 15. Dalam berwirausaha kerap kita menemui kegagalan (lebih banyak) dan keberhasilan, sikap apa yang dapat kita tunjukan sebagai manusia yang beragama, bertuhan jika dalam berwirausaha menemui banyak kegagalan? a. Tetap berusaha mencari peluang dan banyak belajar dari pengalaman disertai dengan selalu berdo’a. b. Frustrasi meratapi nasib c. Mengadu kepada teman di media jejaring sosial d. Tetap berusaha dan menjadi kuat, berani untuk menghalalkan segala cara e. Lebih baik menyendiri dan mendaki gunung untuk mencari inspirasi baru 16. Coba perhatikan lingkungan kalian, mulai dari ruang kelas, sekolah dan jalan raya. Dari area tersebut, terdapat banyak informasi komunikas berupa gambar/tulisan desain grafisseperti contoh dibawah, kecuali: a. Papan reklame c.spanduk e. pohon b. baliho d.Logo instansi swasta/negeri 17. Kalian yang berdomisili di Kota Balikpapan tentu tahu tentang ciri khas kota secara khusus atau daerah Kalimantan Timur ini secara umum, hal menarik apa yang dapat kita jadikan ide untuk membuat karya desain grafis dengan tujuan mengangkat ciri budaya lokal yang membanggakan? a. Perilaku anak jalanan c. Ukiran dayak e. Areal tambang b. Sampah-sampah berserakan d. hutan 18. Kalimantan memiliki suku asli yaitu dayak, suku dayak yg berasal dari Kalimantan Timur adalah… a. Tidung b. Ahe c. Punan d. Iban e. Maanyan
19. Gambar diatas merupakan corak batik dayak yang terinspirasi dari binatang…. a. Kepiting b. Udang c. Kalajengking d. Semut e. Belalang 20. Sebutkan salah satu sumber daya yang diperlukan untuk mendukung proses produksi karya rekayasa desain grafis komputer? a. kuas c. Program aplikasi Inkscape e. uang b. kanvas d. kertas 21. Desain Grafis merupakan salah satu lahan bisnis yang tumbuh pesat dan berkembang sejak tahun 80-an. dengan perkembangan dunia publikasi, advertising dan visual, desain grafis menjadi salah satu bidang bisnis yang mampu menciptakan wirausaha-wirausahawan sukses terbanyak di Indonesia dan membuka peluang usaha bagi sekitar 100.000 s/d 500,000 tenaga kerja di Indonesia. Bahkan saat ini diperkirakan lebih banyak lagi. Mengingat usaha ini telah merambah jauh sampai ke seluruh wilayah Nusantara. Jelaskan tentang pengertian advertising secara umum! a. periklanan c. pertumbuhan e. sablon b. perdagangan d. percetakan 22. Proses mengungkapkan ide dalam bentuk gambar penting dalam periklanan, namun gambar yang bagus dan indah bukan hal yang utama karena kita hanya dituntut untuk dapat menuangkan ide dalam bentuk citra gambar. Jadi, mampu menggambar dengan baik bukan persyaratan di dunia periklanan. Jelaskan maksud dari uraian diatas! a. Yang penting adalah kemampuan program aplikasinya dalam mengolah gambar b. Terpenting adalah ide kreatif atau kemurnian ide dan mampu menuangkannya kedalam gambar c. Yang utama adalah keterampilan pengguna dalam menggambar d. Yang penting adalah kemampuan diri dalam manipulasi gambar e. Menggambar bagus dan menarik tidak penting, yang utama adalah program komputernya 23. Sebelum menuangkan ide kedalam program aplikasi desain grafis komputer, idealnya kita ……… ………………terlebih dahulu. a. merenung c. Membuat konsep e. menjiplak b. Pergi ke pantai d. Menjelajahi internet 24. Sebagai manusia yang beragama, apa pendapat kamu tentang keberagaman produk rekayasa dalam kondisi hidup berwirausaha yang kadang mengalami kegagalan dan keberhasilan? a. Selalu tabah menjalani persaingan dan mengambil pelajaran didalamnya b. Tidak peduli dan akan mengambil cara apa saja untuk bersaing c. Memberi bonus kepada pihak konsumen jika memakai jasa kita d. Beralih ke bidang usaha lain e. Berhenti berusaha dan istirahat 25. Menghayati danmengamalkan ajaran agamayang dianutnya dalam konteks berkarya dan berusaha dalam bidang jasa desain grafis. Maksud dari kalimat diawal tersebut adalah: a. Selalu berusaha dan menggunakan program dengan karya asli b. Menjunjung tinggi kejujuran dan menghormati karya orang lain c. Memakai program bajakan d. Menjiplak karya orang lain menjadi kebiasaan yang bagus untuk sebuah usaha yang minim modal e. Selalu memakai karya asli Indonesia 26. Menggali potensi internal untuk berkarya dan menghasilkan karya rekayasa yang bernilai. Makna kalimat tersebut adalah: a. Menggali kemampuan diri dengan rajin mengasah keterampilan b. Banyak membaca c. Sering mencari bahan pelajaran d. Memakai media online untuk belajar e. Menggali potensi diri untuk maju 27. Jika dilingkungan kamu banyak sampah-sampah elektronik, langkah apa yang sebagusnya kamu lakukan untuk mengurangi dan memaksimalkan limbah tersebut menjadi barang berguna? a. Untuk sementara saya hanya berusaha memilah buangan sampah-sampah tersebut secara rapi b. Menempatkan limbah yang berbahaya ketempat khusus c. Selalu berusaha merawat barang-barang elektronik sebaik mungkin d. Tidak mudah mengganti barang elektronik dengan yang baru e. Tidak peduli, karena bukan urusan saya 28. Hari Batik di Indonesia diperingati setiap tanggal? a. 12 Oktober b. 10 Oktober c. 2 Oktober d. 21 Oktober e. 1 Oktober 29. Batik Kal-Tim cenderung didominasi dengan motif………. a. Rumput laut b. Akar pohon c. Ukiran dayak d. Beruang madu e. Pesut 30. Salah satu dampak dari tidak menghargai budaya lokal adalah a. Malu mengakui bahwa dia dilahirkan didaerah tersebut b. Tidak tahu pada budaya sendiri c. Sering memakai produk dari luar d. Budaya daerah akan hilang dan akan menjadi sesuatu yang “langka” untuk generasi mendatang e. Menjadi buta akan etika dan moral 31. Jika didepan kamu ada benda berupa: gunting, kertas, pensil dan kuas, benda apa yang sangat diperlukan untuk menggambar? a. Gunting dan kertas b. Pensil dan kuas c. Kertas dan kuas d. Pensil dan kertas e. Gunting dan kuas 32. Agar usia remaja tidak tertinggalkan konsep kemandirian pasca sekolah perlu dibekali dengan…. a. Prinsip prakarya b. Prinsip kewirausahaan c. Prinsip ekonomi d. Prinsip rekayasa e. Prinsip budidaya 33. Prakarya sebenarnya adalah pengembangan materi kearifan lokal yang telah dapat diidentifikasi dalam sejarah arkeologis mampu mengangkat nama Indonesia ke dunia internasional. Pernyataan ini terkait dengan hubungan prakarya dengan…….. a. Budaya b. Sosial c. Rekayasa d. Pengolahan e. Budidaya 34. Yang manakah dari hasil produksi dibawah termasuk kategori ruang lingkup Kerajinan tangan? a. Logo sekolah b. Gambar konstruksi jembatan c. Anyaman tas dari rotan d. Program input data pegawai e. Ikan lele 35. Yang manakah dari hasil produksi dibawah termasuk kategori ruang lingkup Rekayasa ? a. Bel listrik b. Udang c. Anyaman tas bambu d. Pot bunga tanah liat e. Kolam pembiakan ikan Nila 36. Yang manakah dari hasil produksi dibawah termasuk kategori ruang lingkup Budidaya ? a. Tambak ikan Bandeng b. Jamur merang c. Pot dari kaca d. Kolam pembiakan udang e. Pengolahan limbah sampah basah 37. Yang manakah dari hasil produksi dibawah termasuk kategori ruang lingkup Pengolahan ? a. Kompos b. Anyaman tas bambu c. Pot bunga tanah liat d. Kolam pembiakan ikan Nila e. Asbak dari asbes 38. Jika didepan kamu terdapat benda-benda berikut: rotan, tali dari wol, lem, gunting, cutter dan kertas. Manakah benda utama yang dapat dimanfaatkan untuk membuat tas/tempat-wadah barang? a. Tali dari wol b. Gunting c. Cutter d. Rotan e. Semua benda tersebut bisa dipakai untuk membuat tas/tempat barang
39. Karya yang mempunyai nilai
keterjualan oleh karenanya karya tersebut harus memenuhi standar pasar,yaitu: Pernyataan diatas adalah Prinsip-prinsip Belajar, Pembelajaran dan Asesmen dari……. a. Prakarya dan Kewirausahaan b. Rekayasa desain grafis c. Budidaya jamur merang d. Bisnis dan manajemen e. Ekonomi akuntansi 40. Kulit merupakan bahan alam yang mudah didapat dan jumlahnya berlimpah terutama pada saat perayaan Idul Adha. Biasanya kulit hewan kambing/domba atau sapi dijemur di panas matahari. Pilihlah salah satu dari produk kulit hasil kerajinan tangan …. a. Topi bambu b. Tas anyaman rotan c. Ikat pinggang d. Asbak tanah liat e. Pigura bambu 41. Pilih salah satu hasil karya kerajinan tangan dari rotan dibawah ini…. a. Tas kulit b. Sepatu karet c. Jam plastik d. Tikar e. Tutup kaleng 42. Jika kalian perhatikan, pada salah satu cabang olah raga menggunakan bahan dasar rotan sebagai bahan pembuat bola, sebutkan cabang olahraga tersebut…. a. Soccer b. Volley ball c. Basket ball d. Sepak takraw e. Badminton 43. Yang termasuk hasil/produk modifikasi kerajinan tangan berbahan alam……. a. Bunga kertas b. Tas bungkus sabun c. Topi bambu d. Patung lilin e. Sepatu karet 44. Keselamatan dalam bekerja perlu diingatkan agar diperhatikan oleh peserta didik dalam berkarya di kerajinan tangan. Bahan/alat bantu yang termasuk berbahaya jika tidak cermat dalam penggunaannya adalah….. a. Gunting b. Laptop c. Kertas d. Lem e. Benang 45. Bagian dari Inkscape yang berguna untuk membentuk atau mengubah suatu objekadalah .... a. Menu bar b. Status bar c. Pallete d. Toolbox e. Rulers 46. Menu untuk mengatur layout dokumen adalah .... a. File b. Edit c. View d. Layer e. Object 47. Bagian dari Toolbox yang dapat kita gunakan untuk memilih dan memindahkan objekadalah .... a. Select and Transform Object b. Edit Path c. Zoom in or out d. Draw Freehand Lines e. 3D Boxes 48. Suatu objek mempunyai bagian yang dapat diubah menjadi objek bentuk lain. Bagiantersebut adalah .... a. fill b. stroke c. stars and polygons d. spirals e. palllete 49. Toolbox yang berguna untuk mengubah (edit) objek adalah .... a. Select and Transform Object b. Edit Path c. Zoom in or out d. Draw Freehand Lines e. 3D Boxes 50. Pallete berguna untuk .... a. mengubah objek b. memindahkan objek c. memutar objek d. mengubah ukuran objek e. mewarnai objek 51. Ikon untuk menyimpan objek, terdapat pada toolbar .... a. Commands b. Tool Controls c. Toolbox d. Pallete e. Status bar 52. Toolbox yang berguna untuk membuat suatu objek bebas dengan sebelumnyamenentukan titik-titik pertemuan antar garis pada suatu objek yang akan dibuat adalah.... a. Edit Path b. Draw Freehand Lines c. Bezier Curves and Straight Lines d. Zoom in or out e. Fll Bounded Areas 53. Menu .... digunakan untuk mengubah tulisan atau huruf. a. File b. Edit c. Object d. Path e. Text 54. Sub menu yang berguna untuk mengubah objek tertentu, misalnya mengubah kotakmenjadi bentuk objek bebas menggunakan Edit Path adalah.... a. Transform b. Object to Path c. Union d. Combine e. Put on Path 55. Menu yang berguna untuk mengubah tulisan atau huruf adalah.... a. File b. Edit c. Object d. Path e. Text 56. Bagian dari Toolbox yang berfungsi mengubah suatu objek menjadi objek lainadalah.... a. Select and Transform Objects b. Edit Path c. Freehand Lines d. Bezier Curves and Straight Lines e. Fill Bounded Areas 57. Shortkey pada keyboard yang berguna untuk menggabungkan (grouping) beberapaobjek adalah.... a. CTRL + C b. CTRL + V c. CTRL + Y d. CTRL + D e. CTRL + G 58. Fungsi di bawah ini yang berguna untuk menggandakan suatu objek adalah.... a. Combine b. Duplicate c. Put on Path d. Zoom e. Union 59. Submenu yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan warna garis pada suatuobjek adalah.... a. Fill and Stroke b. Document Properties c. Copy d. Paste e. Object Properties 60. Tombol pada keyboard yang berguna untuk memindahkan posisi objek ke belakangobjek di bawahnya adalah.... a. PgUp b. PgDn c. End d. Home e. Del 61. Tombol pada keyboard yang berguna untuk memindahkan posisi objek ke depanobjek di atasnya adalah.... a. PgUp b. PgDn c. End d. Home e. Del 62. Tombol pada keyboard yang berguna untuk memindahkan posisi objek ke posisipaling belakang adalah.... a. PgUp b. PgDn c. End d. Home e. Del 63. Shortkey pada keyboard yang berfungsi untuk menggandakan objek adalah.... a. CTRL + S b. CTRL + C c. CTRL + D d. CTRL + G e. CTRL + V 64. Efek warna yang berfungsi memadukan beberapa warna adalah.... a. Fill b. Gradients c. Connectors d. Combine e. Difference 65. Inkscape merupakan suatu program aplikasi untuk .... a. pemrograman b. desain grafis c. presentasi d. internet e. multimedia 66. Free softwaremempunyai pengertian .... a. software berbayar b. software gratis c. software demo d. software bajakan e. Licency 67. Inkscape digunakan untuk membuat gambar berjenis .... a. vektor b. bitmap c. mp3 d. pdf e. 3gp 68. Bagian yang digunakan untuk mengatur zoom(memperbesar-memperkecil)tampilan dokumen Inkscape adalah .... a. menu bar b. task bar c. tool controls bar d. toolbox e. status bar 69. Bagian dari Inkscape yang digunakan untuk melihat properties dan status suatuobjek adalah .... a. status bar b. commands bar c. tool controls bar d. toolbox e. menu bar 70. Bagian dari Inkscape yang digunakan untuk membuat suatu objek atauperancangan desain adalah .... a. menu bar b. tool controls bar c. status bar d. commands bar e. toolbox 71. Ekstensi file dari Inkscape adalah .... a. cdr b. svg c. pdf d. bmp e. odt 72. Sistem operasi yang sudah menyertakan Inkscape kedalamnya adalah .... a. Windows b. Linux c. Machintos d. FreeBSD e. Symbian 73. Pada Inkscape, ikon yang digunakan untuk menyimpan file terdapat di .... a. tool controls bar b. commands bar c. toolbox d. status bar e. scrollbars 74. Keluar dari program Inkscape, shortcut yang digunakan pada keyboard adalah .... a. Ctrl E b. Ctrl Q c. Alt E d. Alt Q e. Ctrl S 75. File gambar yang dihasilkan dari kamera termasuk gambar jenis .... a. non digital b. bitmap c. vektor d. pixel e. scalable 76. Gambar kartun termasuk gambar jenis .... a. non digital b. bitmap c. vektor d. pixel e. scalable 77. Program aplikasi untuk mengolah gambar bitmap yang dapat digunakan secara gratisadalah .... a. Adobe Photoshop b. Corel Photopaint c. Gimp d. Dia e. Inkscape 78. Program aplikasi untuk membuat gambar vektor yang dapat digunakan secaragratis adalah .... a. CorelDraw b. Gimp c. Macromedia Flash d. Adobe Photoshop e. Inkscape 79. Titik-titik yang merupakan bagian terkecil dari gambar bitmap dikenal denganistilah .... a. pixel b. scalable c. node d. stroke e. fill 80. Kesan alami yang didapatkan dari suatu objek, dikenal dengan istilah .... a. node b. fill c. pixel d. natural e. stroke 81. Gambar yang bersifat scalable, sehingga kualitasnya tetap bila diperbesar maupundiperkecil adalah gambar jenis .... a. bitmap b. vector c. natural d. non digital e. lukisan 82. Gambar kartun atau vektor merupakan gabungan dari beberapa objek berikut ini,kecuali .... a. garis b. kurva c. kotak d. lingkaran e. foto 83. Ukuran file gambar vektor bila dibandingkan dengan gambar bitmap adalah .... a. lebih kecil b. sama c. lebih besar d. lebih lebar e. fleksibel 84. Gambar manual dapat diubah menjadi gambar vektor, dengan cara .... a. memotret b. membuat dengan Inkscape c. mengolah dengan Gimp d. scanning e. membuat pada kanvas 85. Untuk menggambar bentuk objek lingkaran, setengah lingkaran, tool yang dipakai adalah: a. Circle, ellipses, and arc b. Spiral c. Freehand lines d. Bezier curves and straight lines e. Caligraphic or brush stroke 86. Menggambar bentuk objek persegi banyak, tool yang digunakan adalah: a. Circle, ellipses, and arc b. Spiral c. Freehand lines d. Star and poligon e. Caligraphic or brush stroke 87. Tool untuk membuat bentuk gambar bebas seperti menggambar dengan pensil, adalah: a. Circle, ellipses, and arc b. Spiral c. Freehand lines d. Bezier curves and straight lines e. Caligraphic or brush stroke 88. Untuk menggambar bentuk objek dengan efek highlight, alat yang digunakan adalah: a. Circle, ellipses, and arc b. Spiral c. Freehand lines d. Bezier curves and straight lines e. Caligraphic or brush stroke 89. Untuk membuat langsung bentuk segiempat 2D digunakan tool... a. Star b. Polygon c. Spiral d. 3d box e. Rectangle 90. Menggambar bentuk objek dengan garis-garis yang saling terhubung, alat yang dipakai adalah: a. Circle, ellipses, and arc b. Spiral c. Freehand lines d. Bezier curves and straight lines e. Caligraphic or brush stroke 91. Prosedur mengaktifkan create spiro pathadalah dengan terlebih dahulu mengaktifkan…. a. Draw calligraphic b. Create and edit text c. Draw bezier curves and straight lines d. Create spirals e. Create circles, ellipses and arcs 92. Untuk mengubah posisi lembar kerja/canvas di Inkscape adalah dengan mengaktifkan… a. File-Document properties-show page b. File-Document properties-Guides c. File-Document properties-Grids d. File-Document properties-page e. File-Document properties-Color Management 93. Prosedur penyimpanan file gambar secara default di Inkscape adalah a. File-save As b. File-import c. File-export bitmap d. File-revert e. File-save as copy 94. Objek garis dari suatu gambar di sebut dengan… a. Natural b. Pixel c. Node d. Stroke e. Fill 95. Ukuran file gambar vektor bila dibandingkan dengan gambar bitmap adalah… a. Lebih kecil b. Lebih besar c. Sama d. Fleksibel e. Lebih lebar 96. File, Edit, View dan sebagainya merupakan deretan menu-menu yang ada pada: a. Toolbar b. Toolbox c. Menu Bar d. Commands Bar e. Palette 97. Ikon-ikon yang merupakan shortcut untuk perintah-perintah pokok seperti print, open, save dan sebagainya berada pada: a. Toolbar b. Toolbox c. Menu Bar d. Commands Bar e. Palette 98. Ikon-ikon untuk memodifikasi objek berada pada a. Toolbar b. Toolbox c. Tool Control Bar d. Commands Bar e. Palette 99. Pixel merupakan titik koordinat yang ditempatkan pada lokasi-lokasi tertentu dengan nilai warna tersendiri sehingga membentuk pola tertentu dilayar. Pola yang terbentuk itulah yang menghasilkan atau menimbulkan kesan gambar. Pixel singkatan dari… a. Picture element b. Picture xel/sel c. Gambar bertitik d. Dot matrik e. Pix element 100. Semakin banyak jumlah pixel, berarti semakin tinggi tingkat kerapatannya dan semakin halus gambar yang terbentuk. Akibatnya, semakin besar pula ukuran file gambar tersebut. Banyaknya titik dalam 1 inchi dikenal dengan… a. dpi c.dip e.dot b. spi d. pixel Page 2 |