Jelaskan dengan contoh macam macam perkembangbiakan seksual pada hewan

Makhluk hidup akan melakukan perkembangbiakan untuk mendapatkan keturunan. Salah satunya yaitu hewan. Cara hewan berkembangbiak berbeda-beda tergantung jenis hewan tersebut. Ada dua cara perkembangbiakan yaitu perkembangbiakan seksual pada hewan dan perkembangbiakan secara aseksual.

Perkembangbiakan seksual pada hewan membutuhkan adanya alat reproduksi yaitu alat kelamin jantan dan alat kelamin betina. Kemudian akan terjadi peleburan antara sperma dan sel telur yang akan menghasilkan zigot kemudian tumbuh menjadi embrio. Umumnya perkembangbiakan secara seksual dilakukan oleh hewan yang bertulang belakang.

Cara Perkembangbiakan Seksual pada Hewan

Perkembangbiakan seksual pada hewan dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu ovipar (bertelur), vivipar (melahirkan), dan ovovivipar (bertelur dan melahirkan).

Ovipar

Ovipar yaitu perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur. Induk hewan akan mengerami telurnya hingga menetas. Hewan yang melakukan perkembangbiakan ovipar ditandai dengan :

  1. Tidak memiliki daun telinga
  2. Induk tidak menyusui anaknya
  3. Telur berada di luar tubuh induk
  4. Biasanya termasuk jenis hewan unggas

Hewan yang termasuk dalam perkembangbiakan ovipar yaitu ayam, bebek, katak, burung, dan cicak.

Vivipar

Vivipar yaitu cara perkembangbiakan hewan dengan cara melahirkan. Embrio tumbuh dan berkembang di dalam rahim induknya hingga siap di lahirkan. Ciri-ciri hewan yang berkembang biak dengan vivipar adalah :

  1. Merupakan hewan mamalia
  2. Memiliki daun telinga
  3. Dapat menyusui anaknya
  4. Bernafas menggunakan paru-paru

Hewan yang berkembang biak dengan vivipar yaitu sapi, kambing, kelinci, dan paus.

Ovovivipar

Ovovivipar yaitu proses perkembangbiakan yang dilakukan dengan cara bertelur dan melahirkan. Embrio tetap berada di dalam tubuh induk dengan dilindungi cangkang serta mendapatkan makanan dari dalam telur tersebut hingga menetas. Setelah menetas bayi hewan baru akan di keluarkan dari tubuh induknya. Hewan yang dapat berkembangbiak dengan ovovivipar mempunyai ciri sebagai berikut :

  1. Pembuahan terjadi di dalam tubuh induk
  2. Embrio mendapatkan makanan dari telur tetapi masih berada di dalam tubuh induk
  3. Tidak menyusui
  4. Berdarah dingin

Contoh hewan yang dapat melakukan ovovivipar adalah ikan hiu, kadal, bunglon.

Perkembangbiakan hewan secara seksual akan diawali dengan proses peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina hingga menghasilkan pembuahan.

Reproduksi seksual pada hewan. Tahukah kamu? Indonesia memiliki beraneka ragam jenis fauna. Namun, banyak fauna yang jumlahnya semakin berkurang, sebut saja kura-kura, orang utan, badak, gajah, ataupun burung cendrawasih. Sebab itu, menjaga kelangsungkan hidupnya agar tetap ada dan tidak punah menjadi hal yang penting. Caranya bagaimana? Dengan melakukan reproduksi.

Pada hewan, seperti halnya tumbuhan, kita mengenal adanya reproduksi aseksual dan seksual.Reproduksi aseksual dilakukan dengan menggunakan bagian tubuhnya dan tidak melibatkan peleburan sel kelamin jantan dan betina, sedangkan reproduksi seksual adalah reproduksi yang terjadi melalui perkawinan antara hewan jantan dan hewan betina.

Nah, jika pada pembahasan sebelumnya kita telah mengulas tentang reproduksi aseksual pada hewan, pada pembahasan kali ini giliran reproduksi seksual yang akan kita cari tahu lebih jauh. Seperti apa sih?

Pada dasarnya, reproduksi seksual akan terjadi pada sebagian besar hewan, melalui sebuah proses perkawinan antara hewan jantan dan hewan betina. Disnilah kita mengenal adanya proses fertilisasi. Proses fertilisasi sendiri bisa diartikan sebagai proses peleburan inti sel sperma dan inti sel telur. Proses ini terjadi melalui dua cara, yaitu fertilisasi internal dan fertilisasi eksternal.

(Baca juga: Reproduksi Aseksual pada Hewan)

Apabila proses peleburan antara inti sel telur dan inti sel sperma terjadi di dalam tubuh hewan betina disebut dengan fertilisasi internal. Sedangkan proses peleburan antara sel telur dan sel sperma yang terjadi di luar tubuh hewan betina disebut dengan fertilisasi eksternal.

Pada proses fertilisasi akan terbtnuk zigot. Kemudian zigot akan berkembang menjadi calon anak yang disebut embrio, dan embrio akan berkembang menjadi individu baru.

Berdasarkan cara perkembangan dan kelahiran embrionya, hewan yang melakukan reproduksi secara seksual akan dibagi menjadi tiga jenis, diantaranya:

1. Hewan Vivipar

Hewan vivipar adalah hean yang melahirkan anaknya, contohnya sapi, kerbau, kucing, kambing, babi dan lain-lain. Pada hewan-hewan ini, proses pembuahan dan perkembangan embrio terjadi di dalam tubuh induk betina. Jika waktunya telah tiba dan mencukupi, induk betina tersebut akan melahirkan anaknya.

2. Hewan Ovipar

Hewan ovipar adalah hewan bertelur. Pada hewan ini, pembuahan tetap terjadi dildalam tubuh tapi perkembangan organisme terjadi di luar tubuh induknya. Contoh hewan ovipar adalah burung, ayam, ikan, dan hiu.

Disini telur hewan akan dikeluarkan dari dalam tubuh induk betina yang dilindungi oleh cangkang keras berkapur. Setelah dierami, menetaslah individu baru.

3. Hewan Ovovivipar

Hewan Ovovivipar adalah hewan yang melahirkan dan bertelur. Kadal dan ulat merupakan contoh hewan ovovivipar. Setelah umur embrio cukup untuk dilahirkan, teur akan menetas di dalam tubuh induk dan kemudian anaknya dilahirkan.

SECARA umum, hewan berkembangbiak dengan cara aseksual (vegetatif) dan seksual (generatif).  Perkembangbiakan hewan merupakan salah satu karakteristik dasar yang dimiliki hewan sebagai makhluk hidup. Perkembangbiakan ini perlu dilakukan oleh hewan untuk terhindar dari kepunahan. Dikutip dari ruangguru.com berikut perkembangbiakan generatif.

Perkembangbiakan Generatif

Perkembangbiakan generatif atau bisa disebut dengan perkembangbiakan seksual terjadi jika sel kelamin jantan (spermatozoid) bertemu dengan sel kelamin betina (sel telur). Perkembangbiakan generatif dibagi menjadi tiga jenis, yaitu ovipar, vivipar, dan ovovivipar.

Ovipar (Bertelur)
Ovipar merupakan perkembangbiakan dengan cara bertelur. Perkembangbiakan ini biasanya dilakukan oleh unggas dan reptil. Setelah terjadi pembuahan, embrio yang dihasilkan akan tumbuh dan berkembang di dalam cangkang telur. Embrio tersebut mendapatkan nutrisi dan cadangan makanan dari dalam telur yang akan dikeluarkan dari tubuh induknya. Sehingga, embrio hewan ovipar berkembang di dalam telur yang berada di luar tubuh induknya. Beberapa ciri hewan ovipar yaitu tidak memiliki kelenjar susu dan tidak memiliki daun telinga. Contoh hewan ovipar atau bertelur adalah ayam, bebek, dan angsa.

Vivipar (Melahirkan)
Vivipar merupakan perkembangbiakan yang dilakukan dengan cara melahirkan. Setelah terjadi pembuahan, embrio akan tumbuh dan berkembang di dalam rahim induk betina. Selama di dalam kandungan, embrio tersebut mendapatkan nutrisi dari makanan yang dimakan oleh induknya melalui plasenta. Beberapa ciri hewan vivipar yaitu memiliki kelenjar susu, memiliki daun telinga, dan tubuh dilindungi rambut. Contoh hewan melahirkan adalah kucing, anjing, dan singa.

Ovovivipar (Bertelur dan Melahirkan)
Ovovivipar merupakan kombinasi dari dua cara perkembangbiakan yang telah dibahas sebelumnya, yakni ovipar dan vivipar. Pada perkembangbiakan secara ovovivipar, setelah terjadi pembuahan, embrio yang dihasilkan akan tumbuh dan berkembang di dalam telur. Sekilas memang terdengar mirip ovipar. Tapi, pada ovovivipar, telur tersebut tidak akan dikeluarkan dari tubuh induknya, melainkan akan tetap berada di dalam tubuh induknya sampai menetas. Setelah menetas, barulah calon anak tersebut akan dilahirkan oleh induk betinanya. Jumlah hewan yang berkembangbiak secara ovovivipar tidak sebanyak hewan yang berkembangbiak secara ovipar dan vivipar. Beberapa contoh hewan ovovivipar di antaranya adalah platypus, kuda laut, beberapa spesies hiu, dan iguana.

Perkembangan Vegetatif

Cara perkembangbiakan hewan selanjutnya adalah vegetatif atau aseksual. Perkembangbiakan ini terjadi tanpa adanya perkawinan. Pada umumnya, perkembangbiakan vegetatif terjadi pada hewan tingkat rendah.
Hewan tingkat rendah yang dimaksud memiliki struktur tubuh yang tidak sempurna. Adapun ada tiga cara perkembangbiakan vegetatif, yaitu tunas, fragmentasi, dan membelah diri.

Tunas
Tunas kecil akan muncul pada tubuh induk hewan. Ketika sudah cukup umur, tunas tersebut akan berpisah dengan tubuh induknya dan akan membentuk individu baru. Contoh hewan yang berkembang biak dengan tunas adalah Poryfera dan Hydra.

Fragmentasi
Fragmentasi adalah cara hewan berkembang biak dengan memotong atau memutuskan bagian tubuhnya. Contoh hewan yang berkembangbiak dengan cara ini adalah Planaria dan beberapa jenis cacing.

Membelah diri
Perkembangbiakan secara membelah diri dilakukan oleh hewan bersel satu seperti amoeba. Cara induk hewan membelah diri adalah dengan membagi tubuhnya menjadi dua bagian sama besar. Ukuran hewan amoeba sangat kecil sehingga hanya bisa dilihat dengan menggunakan mikroskop saja.

(OL-6)

Perkembangbiakan Aseksual dan Seksual pada Hewan, Lengkap dengan Contohnya

TRIBUNNEWS.COM - hewan melakukan perkembangbiakan yang bertujuan untuk mempertahankan keberadaannya di bumi tetap lestari agar tidak punah.

Secara umum, perkembangbiakan hewan dibagi menjadi dua cara, yakni vegetatif (aseksual) dan generatif (seksual). 

Adapun penjelasan singkat mengenai cara perkembangbiakan aseksual pada hewan yakni sama halnya dengan tumbuhan. 

Perkembangbiakan tersebut hanya menggunakan tubuhnya, tanpa melibatkan peleburan sel kelamin jantan dan betina.

Sedangkan, untuk perkembangbiakan aseksual terjadi karena hewan memiliki gamet atau sel reproduktif yang mengalami meiosis dan memproduksi sel dengan setengah jumlah kromosom, yakni spermatozoa pada jantan dan ovum pada betina.

Baca juga: Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia: HIV, Sifilis, hingga Keputihan, serta Upaya Pencegahannya

Perkembangbiakan Aseksual dan Seksual pada Hewan, Lengkap dengan Contohnya (Istimewa)

Baca juga: Bak Drakula, Lima Hewan Ini Hidup Dari Meminum Darah Mangsanya

Dalam buku IPA Kelas IX, dijelaskan secara rinci mengenai perkembangbiakan aseksual dan seksual pada hewan, berikut penjelasannya:

Perkembangbiakan Aseksual 

Beberapa hewan dapat melakukan perkembangbiakan aseksual seperti halnya tumbuhan.

Berikut contoh hewan yang berkembangbiak secara aseksual:

1. Membentuk Tunas