Kalimat definisi dalam teks kupu kupu adalah serangga yang tergolong ke dalam ordo Lepidoptera

(1) Kupu-kupu adalah serangga yang tergolong ke dalam ordo Lepidoptera (serangga bersayap sisik). (2) Kupu-kupu umumnya melakukan aktivitasnya di waktu siang (diurnal). (3) Mereka umumnya hidup dengan menghisap madu bunga (nektar/ sari kembang). (4) Sedangkan pada malam hari kupu-kupu beristirahat atau hinggap dengan menegakkan sayapnya di ranting pohon. (5) Kupu-kupu memiliki warna sayap yang bervariasi dan indah sehingga banyak diburu orang untuk koleksi.Yang termasuk kalimat simpleks dalam kutipan teks di atas adalah kalimat nomor?

  1. 1, 2, 3
  2. 2, 4, 5
  3. 3, 4, 5
  4. 1, 2, 5
  5. 2, 3, 5

Jawaban: A. 1, 2, 3.

Dilansir dari Ensiklopedia, (1) kupu-kupu adalah serangga yang tergolong ke dalam ordo lepidoptera (serangga bersayap sisik). (2) kupu-kupu umumnya melakukan aktivitasnya di waktu siang (diurnal). (3) mereka umumnya hidup dengan menghisap madu bunga (nektar/ sari kembang). (4) sedangkan pada malam hari kupu-kupu beristirahat atau hinggap dengan menegakkan sayapnya di ranting pohon. (5) kupu-kupu memiliki warna sayap yang bervariasi dan indah sehingga banyak diburu orang untuk koleksi.yang termasuk kalimat simpleks dalam kutipan teks di atas adalah kalimat nomor 1, 2, 3.


1. Bacalah kutipan teks laporan hasil observasi berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
(1) Kupu-kupu adalah serangga yang tergolong ke dalam ordo Lepidoptera (serangga bersayap sisik). (2) Kupu-kupu umumnya melakukan aktivitasnya di waktu siang (diurnal). (3) Mereka umumnya hidup dengan mengisap madu bunga (nektar/ sari kembang). (4) Sedangkan pada malam hari kupu-kupu beristirahat atau hinggap dengan menegakkan sayapnya di ranting pohon. (5) Kupu-kupu memiliki warna sayap yang bervariasi dan indah sehingga banyak diburu orang untuk koleksi.

Kalimat definisi dalam kutipan teks laporan hasil observasi di atas berada pada....


A. Kalimat ke-1
B. kalimat ke-2
C. kalimat ke-3
D. kalimat ke-4
E. kalimat ke-5

Jawaban : A


3. Teks laporan hasil observasi berikut ini, merupakan acuan menjawab soal nomor 3 s.d 7

MAKHLUK DI BUMI INI

Benda di dunia dapat dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya. Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.

Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati. Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum, seperti bergerak, bernapas, tumbuh, dan mempunyai keturunan. Benda hidup juga membutuhkan makanan. Benda mati dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut. Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan, dan bunga adalah contoh benda hidup. Sementara itu, kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.

Benda hidup dapat dikelompokkan lagi menjadi binatang dan tumbuh-tumbuhan. Pengelompokkan itu dilakukan karena keduanya berbeda dalam beberapa hal. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah, tetapi hidup. Selain itu, tumbuh-tumbuhan dapat melakukan sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh binatang. Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri, sedangkan binatang tidak. Rumput, gandum, dan tanaman keras adalah jenis tumbuh-tumbuhan. Namun, tidak semua tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga. Oleh karena itu, tumbuh-tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tumbuh-tumbuhan berbunga dan tumbuh-tumbuhan tidak berbunga. Mawar, jagung, dan tanaman buah mempunyai bunga, tetapi jamur, lumut, dan pakis tidak.

Selanjutnya, binatang dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata. Vertebrata bertulang belakang meliputi burung, anjing, katak, dan lain-lain, sedangkan invertebrata tidak bertulang belakang meliputi ubur-ubur, kupu-kupu, dan laba-laba. Terdapat lima kelompok vertebrata, yaitu mamalia, burung, amfibia, reptilia, dan ikan.

(Diadaptasi dari Learning English through General Science, 1984: 29)

Teks di atas merupakan teks laporan hasil observasi karena struktur dalam teks tersebut tersusun dengan memaparkan . . .


A. Aspek yang dilaporkan dengan sebuah pernyataan lalu diikuti oleh pengklasifikasian benda.
B. Pernyataan umum atau klasifikasi kemudian diikuti oleh anggota atau aspek yang dilaporkan.
C. Pengelompokkan benda menurut penulis lalu dituangkan dalam klasifikasi yang mendukung.
D. Benda-benda yang diklasifikasikan umum lalu diikuti oleh benda-benda yang tidak umum.
E. Pengklasifikasian secara ilmiah dan logis kemudian dilaporkan sesuai aspek penelitiannya.

Jawaban : B


Jawaban : C

6. Pada paragraf ke-3 kalimat ketiga, terdapat kata ‘bergerak’. Berikut ini merupakan antonim kata tersebut adalah . . .


A. pasif
B. statis
C. elastis
D. dinamis
E. fluktuatif


Jawaban : A

7. Konjungsi berikut ini dapat ditemukan pada paragraf di atas, yaitu . . .


A. yang, dari, dalam, dan oleh karena itu
B. seperti, menjadi, selain itu, dan tetapi
C. yang, juga, namun, dan sementara itu
D. adalah, karena, selain itu, dan namun
E. disebut, juga, tetapi, dan sedangkan

Jawaban : C

Jawaban : E

9. Contoh kalimat definisi yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah. .


A. Benda mati adalah kaca, air, plastik, baja, dan oksigen.
B. Invertebrata adalah hewan yang tidak bertulang belakang
C. Kera, tumbuh-tumbuhan, dan bunga adalah benda hidup.
D. Vertebrata adalah manusia, burung, anjing, katak, dan lain-lain.
E. Tumbuhan berbunga adalah mawar, jagung, dan tanaman buah.

Jawaban : B

al nomor 3-5 Permainan taplak gunung dimula dengan menentukan siapa pemain yan Esps Bahasa Indonesia untuk SD/MI Kelas Vide pokok paragraf pertama pad … a teks tersebut adalah ​

Mengatur waktu secara Efektiftidaklah mudah. Kita perlu tekun melatih diri dan mencoba memanfaatkannya dengan baik. Makna kata efektif berdasarkan kal … imat tersebut adalah....A.Hemat dan Irit B.Singkat dan padat C.Membawa dampak D.Berhasil guna E.Pengaturan waktu Mohon dibantu ya kak​

43. Bacalah kutipan teks drama berikut. Kakek : Kita sudah tua begini, siapa yang akan datang untuk sekadar menengok selain Siman? Nenek: Siapa bilang … sudah tua? Apa Bapak tidak lihat aku masih semanis gadis bersanggul yang Bapak gandeng tangannya 35 tahun lalu? (Melirik Kakek sambil menyisihkan rambut putihnya ke telinga kanan) Kakek : Hahahaha ... Gadis itu kini sudah keriput tangannya. Lesung pipinya juga mengabur dengan kerutan- kerutan pertambahan usia. (Menatap Nenek dan jarinya menunjuk pipi kanan yang berlesung) Nenek: [...] Kakek : Ya, aku juga merasa begitu. Melihat Siman seperti melihat mudaku dulu. Tak hanya rambut ikal dan kumis tipis yang serupa aku. Caranya berjalan juga sama sepertiku. Lengkapilah bagian yang rumpang dalam teks tersebut dengan kalimat yang tepat.​

berikan kalimat saran atau kritik tentang hasil pot bunga ini!!ayoo, saya butuh cepat. esok nak kumpul ​

tolonggginnnn kaaakkk​

ide pokok setiap paragraf nya ​

Bagian yang menerangkan pengirim surat dalam surat dinas adalah

perbedaan dan persamaan paradigma pengajaran dan paradigma pembelajaran​

buatlah contoh berita yang di analisis ragam bahasa dan ejaan​

angin.......lampu gantung terlihat seerti berayun ayun​