Letak monitor yang menyebabkan silau merupakan aspek ergonomik yang berhubungan dengan

BAB 10 ASPEK ERGONOMIK

Aspek Ergonomik Ergonomik adalah faktor kenyamanan kerja yang mempunyai pengaruh nyata dalam hal peningkatan maupun penurunan efisiensi dan efektifitas kerja. Beberapa Aspek yang berhubungan dengan Ergonomik yaitu : Pengukuran dan Antropometrik Aspek Ergonomik dari stasiun kerja Pencahayaan Suhu dan Kualitas Udara Gangguan Suara Kesehatan dan Keamanan Kerja Kebiasaan Dalam Bekerja

Beberapa Aspek yang berhubungan dengan Ergonomik yaitu : Pengukuran dan Antropometrik Antropometrik : Bidang ilmu yang berhubungan dengan pengukuran tubuh manusia. Misal: tinggi badan dan jangkauan tangan. Tujuan dari mempelajari antropometrik adalah untuk memperoleh keseimbangan antara teori yang diperoleh dari sejumlah acuan dan suasana kerja yang sebenarnya sehingga kenyamanan kerja dapat dicapai yang pada gilirannya akan meningkatkan efisiensi kerja.

2. Aspek Ergonomik dari stasiun kerja a. Pemasukan data 2. Aspek Ergonomik dari stasiun kerja a. Pemasukan data. Pekerjaan berorientasi pada hardcopy, lebih banyak memerlukan pengetikan daripada melihat ke layar tampilan. Operator membutuhkan kursi yang baik dan dapat diatur, papan ketik yang dapat diatur, posisi dokumen yang tepat dan kualitas dokumen sumber yang baik.

b. Akuisisi data dan Pengolahan Kata Pekerjaan yang lebih banyak menatap layar tampilan. User sebaiknya disediakan layar tampilan dengan kualitas karakter yang baik, kontrat karakter ke layar yang tinggi serta kendali kilau yang memadai. c. Pekerjaan Interaktif. Pekerjaan yang variatif, user tidak diam ditempat tetapi bergerak dalam pekerjaannya.

3. Pencahayaan Untuk menghindari adanya kilau yang ditimbulkan oleh layar monitor adalah dengan memasang filter anti kilau dan pengaturan pencahayaan. Tujuan utama dari perancangan pencahayaan mengenai peletakkan layar monitor antara lain : Menghindarkan user dari cahaya terang langsung maupun pantulannya yang mengenai layar monitor. Menghindari adanya kecerahan pada bagian depan user yang berlebihan dibandingkan kecerahan layar monitor. Memberikan keyakinan bahwa adanya pencahayaan yang cukup untuk pekerjaan yang tidak menggunakan layar monitor.

Cahaya dalam sebuah ruangan dapat berupa : Cahaya tak langsung Cahaya langsung Contoh letak layar monitor yang menyebabkan silau :

4. Suhu dan Kualitas Udara Suhu dan kelembaban merupakan faktor yang sangat penting dalam kualitas udara. Suhu udara yang panas dapat membuat berkurangnya konsentrasi kerja. Solusinya adalah dengan pemasangan pengontrol udara dalam ruangan. Letak pengontrol udara harus diatur sedemikian rupa sehingga arah aliran udara yang dihasilkan tidak langsung mengenai user.

5. Gangguan Suara Manusia sebenarnya sangat sensitif terhadap perubahan suara yang kecil sekalipun. Manusia seringkali tidak sadar dengan adanya suatu suara yang tetap asalkan suara tersebut tidak berlebihan (kebiasaan). Kepekaan masing-masing orang terhadap gangguan suara tidaklah sama. Tetapi orang cenderung tidak menyukai adanya suara yang selalu mengalami perubahan keras dan tinggi-rendah secara tidak beraturan.

6. Kesehatan dan Kenyamanan Kerja Aspek keamanan dan kenyamanan kerja dapat dipengaruhi oleh kondisi umum kesehatan seseorang. Rutinitas pekerjaan juga dapat menyebabkan penurunan kondisi kesehatan seseorang. Sebagai contoh adalah pekerjaan seorang sekretaris yang mengharusnya duduk lama untuk melakukan tugas pengetikan dan pengecekan dokumen, sehingga lambat laun ia akan mengalami kelelahan otot dan persendian.

7. Kebiasaan dalam Bekerja Agar seseorang selalu merasa nyaman dalam bekerja, sebaiknya membiasakan diri untuk selalu : Bekerja dalam keadaan se-santai mungkin dan dalam kondisi yang benar, Mengubah posisi duduk secara periodik untuk mencegah kelelahan otot, Berdiri dan mengambil beberapa menit untuk mengendurkan ketegangan otot dan lakukan olahraga ringan beberapa kali sehari. Mengusahakan untuk tidak mengetik dalam jangka waktu yang lama tanpa diselingi istirahat beberapa saat. Mengambil istirahat sejenak secara periodik.

Latihan Soal IMK 1. Faktor yang berhubungan dengan kenyamanan kerja biasa disebut dengan : a. Ergonomik d. Estetika b. GUI e. Antronomik c. Antropometrik 2. Aspek penting yang perlu dipertimbangkan yang berhubungan dengan kenyamanan kerja, kecuali a. Aspek Ergonomik b. Pencahayaan c. Kualitas udara d. Jenis Komputer e. Kebiasaan Dalam Bekerja

2. Aspek penting yang perlu dipertimbangkan yang berhubungan dengan kenyamanan kerja, kecuali a. Aspek Ergonomik b. Pencahayaan c. Kualitas udara d. Jenis Komputer e. Kebiasaan Dalam Bekerja 3. Suatu bidang ilmu yang berhubungan dengan pengukuran tubuh manusia a. Ergonomik b. Antropometrik c. Statistik d. Estetik e. Antrometrik

3. Suatu bidang ilmu yang berhubungan dengan pengukuran tubuh manusia a. Ergonomik b. Antropometrik c. Statistik d. Estetik e. Antrometrik Tipe pekerjaan yang perlu dipertimbangkan yang berhubungan dengan ergonomik adalah : a. Pengolahan Informasi b. Pengolahan data c. Pekerjaan non interaktif d. Perencanaan data e. Pemasukkan data

Tipe pekerjaan yang perlu dipertimbangkan yang berhubungan dengan ergonomik adalah : a. Pengolahan Informasi b. Pengolahan data c. Pekerjaan non interaktif d. Perencanaan data e. Pemasukkan data Tujuan dari Antropometrik a. Keseimbangan teori dengan yang sebenarnya b. Menghasilkan GUI yang baik c. Tampilan program yang bagus d. Agar tidak terjadi kebosanan kerja e. Supaya semangat dalam bekerja

Tujuan dari Antropometrik a Tujuan dari Antropometrik a. Keseimbangan teori dengan yang sebenarnya b. Menghasilkan GUI yang baik c. Tampilan program yang bagus d. Agar tidak terjadi kebosanan kerja e. Supaya semangat dalam bekerja 1. Faktor yang berhubungan dengan kenyamanan kerja biasa disebut dengan : a. Ergonomik d. Estetika b. GUI e. Antronomik c. Antropometrik

Judul : SOAL INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER Nama : NUZUL FITHRA RYALDI No.Bp : 171100077 Dosen Pembimbing : KeuKeu Rohendi, M.Kom

1.     Ragam dialog yang paling konvensional, perintah – perintah yang dioperasikan tergantung dari sistem computer yang di pakai dan berada dalam domain commandlanguage di sebut ?

A.   Command line dialogue ( Benar )

C.   Natural languageinterface

2.      Digunakan untuk memberikan komentar atau memberi pada masing – masing komponen antarmuka grafis ?

3.     Sejumlah pilihan yang memungkinkan pengguna untuk memilih salah satu pilihan yang tersedia, pilihan tersebut dapat bernilai on atau off adalah ?

C.   Tombol radio ( Benar )

4.     DOS dengan perintah dir, delete, format, copy merupakan contoh dari ragam diaglog ?

A.   Command line diaglogue ( Benar )

C.   Natural language dialogue

D.   Ragam diaglog interaktif

E.    Programming language dialogue

5.     Perbedaan antara listbox dengan combobox adalah ?

A.   Pada listbox pilihan langsung terlihat

B.   Menampilkan sejumlah pilihan yang dapat dipilih

C.   Pada combobox pilihan terlihat jika menekan tombol ( Benar )

D.   Listbox pilihan langsung tidak terlihat

E.    Pada listbox dan combobox pilihan langsung terlihat

6.     Digunakan untuk menampilkan sejumlah pilihan yang tersedia dan dapat dipilih lebih dari satu pilihan oleh pengguna program adalah

7.     Letak monitor yang menyebabkan silau merupakan aspek ergonomik yang berhubungan dengan ?

8.     Model aplikasi yang cederung menekankan styledibandingan dengan fitur aplikasi adalah?

9.     Merupakan factorbrainware dalam merancang antarmuka adalah?

10.   Memahami bagaimana pengguna dapat menggunakan sifat kebiasaan baiknya agar dapat mrnjodohkan mesin dengan manusia sehingga bekerja sama dapat diperoleh dengan mempelajari ilmu ?

11. Fakror kenyamanan kerja yang mempunyai penagruh nyata dalam hal peningkatkan maupun penurunan efisiensi dan efektifitas kerja disebut?

12. Tombol yang harus ditambahkan penggeser (scrollbar), baik vertical maupun horizontal adalah ?

13.    Radio button dapat digunakan untuk menentukan ?

C.   Jenis kelamin ( Benar )

14.  Fungsi yang digunakan untuk membentuk garis tetapi terputus – putus adalah ?

15.  Manusia akan lebih nyaman apabila tombola taukeyboard tidak berat proses penekanannya merupakan contoh factorbrainware dalam merancang antarmuka yaitu aspek ?

E.    Pemodelan sistem pengolahan

16.Yang merupakan hardwareinput pada sistem computer adalah ?

17.  Yang merupakan aspek – aspek dalam sistem computer adalah ?

A.   Aspek manusia ( Benar )

18.  Banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh pemukaan objek biasa disebut dengan ?

D.   Sudut dan ketajaman penglihatan

19.  Sistem koordinat pada pemrograman windows terdiri dari dua yaitu koordinat ?

A.   Fisik dan logika ( Benar )

20.   Keyboard yang diciptakan oleh christoperlathamsholes, 1870-an adalah jenis keyboard ?

B.   Keyboard QWERTY ( Benar )