Mengapa persepsi bisa mempengaruhi komunikasi?

Ketika para ahli meneliti fenomena alam, atau ketika para insinyur menguji sebuah mesin, persepsi mereka boleh jadi mendekati akurat. Namun ketika mereka berkomunikasi dengan manusia, baik dengan sesama ilmuwan atau bahkan dengan pasangan hidup mereka masing-masing, persepsi mereka mungkin kurang atau bahkan tidak cermat karena berdasarkan motif, perasaan, nilai, kepentingan, dan tujuan yang berlainan.

Show

Persepsi adalah inti komunikasi, sedangkan penafsiran (interpretasi) adalah inti persepsi, yang identik dengan penyandian-balik (decoding) dalam proses komunikasi.

Persepsi disebut sebagai inti komunikasi, karena jika persepsi kita tidak akurat, tidak mungkin kita berkomunikasi dengan efektif. Persepsilah yang menentukan kita memilih suatu pesan dan mengabaikan pesan yang lain. Semakin tinggi derajat kesamaan persepsi antarindividu, semakin mudah dan semakin sering mereka berkomunikasi, dan sebagai konsekuensinya semakin cenderung membentuk kelompok budaya atau kelompok identitas.

Persepsi meliputi penginderaan (sensasi) melalui alat-alat indra kita, atensi, dan interpretasi. Sensasi merujuk kepada pesan yang dikirimkan melalui otak lewat penglihatan, pendengaran, sentuhan, penciuman, dan pengecapan.

Semua indra punya andil dalam bagi berlangsungnya komunikasi manusia. Penglihatan menyampaikan esan nnverbal ke otak untuk diinterpretasikan. Oleh karena itu otak menerima kira-kira dua pertiga pesan melalui rangsangan visual, penglihatan mungkin merupakan indra yang paling penting.

Kenneth K, Sereno, dan Edward M. Bodaken, juga Judy C. Pearson, dan Paul E. Nelson, menyebutkan bahwa persepsi terdiri dari tiga aktivitas, yaitu : seleksi, organisasi, dan interpretasi. Yang dimaksud seleksi sebenarnya mencakup sensasi dan atensi, sedangkan organisasi melekat pada interpretasi, yang dpat didefinisikan sebagai meletakan suatu rangsangan bersama rangsangan lainnya sehingga menjadi suatu keseluruhan yang bermakna.

Atensi tidak terelakkan karena sebelum kita merespons atau menafsirkan karena sebelum kita merespons atau menafsirkan kejadian atau rangsangan apa pun, kita harus terlebih dulu memperhatikan kejadian atau rangsangan tersebut. Ini berarti bahwa persepsi mensyaratkan kehadiran objek untuk dipersepsi, termasuk orang lain juga diri sendiri.

Tahap terpenting dalam persepsi adalah interpretasi atau informasi yang kita peroleh melalui salah satu atau lebih indra kita. Pengetahuan yang kita peroleh melalui persepsi bukan pengetahuan mengenai objek yang sebenarnya, melainkan pengetahuan mengenai bagaimana tampaknya objek tersebut.

Alih-alih mengenali objek-objek tersebut sebagai spesifik dan kejadian-kejadian tertentu memiliki polat tertentu. Alasannya sederhana saja, karena persepsi kita adalah proses aktif yang menuntut suatu tatanan dan makna atas berbagai rangsangan yang kita terima. Sebenarya hanya rangsangan-rangsangan tertentu yang kita perhatian, mungkin sebagian kecil saja dari semua rangsangan tersebut, sementara kita mengabauikan sebagian besar lainnya karena selain tidak sesuai dengan kepentingan kita, kemampuan pancaindra pun terbatas; dan lagi, tidak semua rangsangan itu mempunya daya tarik yang sama.

Umumnya kita hanya dapat memperhatikan satu rangsangan saja secara penuh. Kalau kita memperhatikan dua atau lebih rangsangan pada saat yang sama, kualitas perhatian kita akan berkurang terhadap rangsangan-rangsangan tersebut.

Persepsi manusia sebenarnya terbagi menjadi dua: persepsi terhadap objek dan persepsi terhadap manusia. Persepsi terhadap manusia lebih sulit dan kompleks, karena manusia bersifat dinamis. Persepsi terhadap lingkungan fisik berbeda dengan persepsi terhadap lingkungan sosial. Perbedaan tersebutmencakup hal-hal berikut :

  • Persepsi terhadap objek melalui lambang-lambang fisik, sedangkan persepsi terhadap orang melalui lambang verbal dan nonverbal.
  • Persepsi terhadap objek menanggapi sifat-sifat luar, sedangkan persepsi terhadap manusia menanggapi sifat-sifat luar dan dalam (perasaan, motif, dan sebagainya).
  • Objek tidak bereaksi, sedangkan manusia bereaksi.

PERSEPSI TERHADAP LINGKUNGAN FISIK

Persepsi sering mengecoh kita. Itulah yang disebut ilusi perseptual. Kita merasa dunia ini datar, padahal bulat.

Dalam mempersepsi lingkungan fisik, kita terkadang melakukan kekeliruan. Indra tidak jarang menipu kita. Anda mungkin pernah menyaksikan bagaimana tongkat lurus yang dimasukkan ke dalam bak air tampak bengkok.

Dalam pendengaran, kita tidak akan mampu mengenali berbagai nada suara atau bunyi. Meskipun penglihatan merupakan indra terkaya, pendengaran kita diperkirakan dapat menangkap kira-kira 340.000 nada berlainan. Penciuman, sentuhan, dan pengindraan lainnya memperkya pengalaman perseptual kita di luar pemahaman dan imajinasi kita.

Seperti juga hidung dan lidah, mata yang dimiliki orang-orang akan menangkap realitas yang sama. Perhatikan bagaimana mata sering menipu kita. Kereta api yang kita naiki mulai berangkat. Ketika melihat keluar jendela, kita merasa rumah-rumah dan pohon bergerak, dan kitalah yang seolah-olah diam.

Tipuan mata juga sering menimbulkan perbedaan pendapat antara wasit, pemain, dan penonton olahraga mengenai jalannya pertandingan, seperti apakah terjadi pelanggaran oleh pemain atau tidak. Realitas adalah sesuatu yang terjadi di sini dalam pikiran, ketimbang yang berlangsung di sana di lapangan.

Latar belakang pengalaman, budaya, dan suasana psikologis yang berbeda juga membuat persepsi kita berbeda atas suatu objek.

PERSEPSI SOSIAL

Persepsi sosial adalah proses menangkap arti objek-objek sosial dan kejadian-kejadian yang kita alami dalam lingkaran kita. Manusia bersifat emosional, sehingga penilaian terhadap mereka bersifat berisiko.

Berberapa prinspi penting mengenai persepsi sosial yang menjadi pembenaran atas perbedaan persepsi sosial ini adalah sebagai berikut.

Persepsi berdasarkan pengalaman

Persepsi manusia terhadap seseorang, objek, atau kejadian dan reaksi mereka terhadap halhal itu berdasarkan pengalaman (dan pembelajaran) masa lalu mereka dengan orang, objek, atau kejadian serupa.

Ketiadaan pengalaman terdahulu dalam menghadapi suatu objek jelas akan membuat seseorang menafsirkan objek tersebut berdasarkan dugaan semata, atau pengalaman yang mirip.

Oleh karena kita terbiasa merespons suatu objek dengan cara tertentu, kita sering gagal mempersepsikan perbedaan yang samar dalam objek lain yang mirip. Kita memperlakukan objek itu seperti sebelumnya, padahal terdapat rincian lain dalam objek tersebut. Kita misalnya sering tidak melihat kekeliruan ejaan yang terdapat dalam tulisan makalah kita sendiri, namun lebih sering menemukan kesalahan ejaan dalam tulisan orang lain. Bila berdasarkan pengalaman kita sering melihat suatu objek diperlakukan dengan cara yang lazim, kita mungkin akan bereaksi lain terhadap cara baru memperlakukan objek tersebut, berdasarkan persepsi kita yang lama itu.

Persepsi bersifat selektif

Setiap saat Anda diberondong dengan jutaan rangsangan indrawi. Anda harus menafsirkan setiap rangsangan tersebut, Anda bisa gila. Kita belajar mengatasi kerumitan ini dengan memperhatikan sedikit saja rangsangan. Atensi kita terhadap suatu merupakan faktor utama yang menentukan selektivitas kita atas rangsangan tersebut

Faktor internal yang mempengaruhi atensi

Atensi dipengaruhi oleh faktor-faktor internal : faktor biologis, faktor finologis, dan faktor-faktor sosial budaya . semakin besar perbedaan aspek-aspek tersebut secara individu, maka semakin besar perbedaan persepsi mereka mengenai realitas

Motivasi merupakan salah satu faktor internal yang penting.

Persepsi manusia juga dipengaruhi oleh pengharapan (expectation)nya. Apabila orang telah belajar mengharapkan sesuatu untuk terjadi, maka mereka akan mempersepsi informasi yang menunjukkan kepada mereka bahwa apa yng mereka harapkan telah terjadi. Mereka tidak akan memperhatikan informasi yang menunjukkan kepada mereka tidak terpenuhi.

Emosi kita jelas mempengaruhi persepsi kita. Ketika kita sedang bahagia, misalnya kita baru saja lulus ujian atau memperoleh keuntungan besar, kita tidak teralu kesal ketika sedang kehujanan dan melewati gang becek berlumpur. Namun, boleh jadi kita akan menggerutu menghadapi keadaan itu ketika kita baru saja bertengkar hebat dengan istri atau kita baru dipecat dari pekerjaan.

faktor eksternal yang mempengaruhi atensi

Atensi Anda pada suatu objek juga dipengaruhi oleh faktor eksternal, yakni atribut-atribut objek yang dipersepsi seperti gerakan, intensitas, kontras, kebaruan, dan perulangan objek yang dipersepsi.

Suatu objek yang bergerak lebih menarik perhatian daripada objek yang diam. Itu sebabnya, kita lebih menyenangi televisi sebagai gambar bergerak daripada komik sebagai gambar diam. Rangsangan yang intensitasnya menonjol juga akan menarik perhatian.

Orang atau objek yang penampilannya lain daripada yang lain, juga akan menarik perhatian, seperti seseorang bule diantara bangsa dewek, orang berkulit hitam diantara orang berkulit putih, wanita berbikini diantara wanita berpakaian lebih sopan di pantai.

Suatu peristiwa yang berulang jelas lebih potensial untuk kita perhatikan, seperti iklan di televisi swasta yang disiarulangkan setiap periode tertentu.

Persepsi bersifat dugaan

Oleh karena data yang kita peroleh mengenai objek lewat pengindraan tidak pernah lengkap, persepsi merupakan loncatan langsung pada kesimpulan. Seperti proses seleksi, langkah ini dianngap perlu karena kita tidak mungkin memperoleh seperangkat rincian yang lengkap lewat kelima indra kita.

Proses persepsi yang bersifat dugaan itu memungkinkan kita menafsirkan suatu objek dengan makna yang lebih lengkap dari suatu sudut pandang manapun. Oleh karena informasi yang lengkap tidak pernah tersedia, dugaan diperlukan unutk membuat kesimpulan berdasarkan informasi yang tidak lengkap lewat pengindraan itu. Kita harus mengisi ruang yang kosong untuk melengkapi gambaran dan menyediakan informasi yang hilang dengan demikian persepsi juga adalah proses mengorganisasikan informasi yang tersedia, menempatkan rincian yang kita ketahui dalam skema organisasional tertentu yang memungkinkan kita memperoleh makna lebih umum.

Persepsi bersifat evaluatif

Kebanyakan orang menjalani hari-hari mereka dengan perasaan bahwa apa yang mereka persepsi adalah nyata. Mereka pikir bahwa menerima pesan dan menafsirkannya sebagai proses yang alamiah. Akan tetapi terkadang alat-alat indra dan persepsi kita menipu kita sehingga kita juga ragu seberapa dekat persepsi kita dengan realitas yang sebenarnya.

Dengan demikian, persepsi bersifat pribadi dan subjektif. Menggunakan kata-kata Andrea L. Rich, persepsi pada dasarnya mewakili keadaan fisik dan psikologis individu alih-alih menunjukan karakteristik dan menunjukan kualitas mutlak objek yang dipersepsi. Steve Duck mengungkapkan bahwa realitas tidak dapat dipersepsi tanpa melalui suatu proses unik dan alasan sangat pribadi untuk bertindak dalam suatu hubungan sosial. Tidak seorang pun mempersepsi suatu objek tanpa mempersepsi seberapa baik atau buruk objek tersebut. Ketika kita menilai kemampuan bergaul (sosiabilitas) dalam orang lain, kita menggunakan ukuran sosiabilitas orang-orang yang kita kenal untuk mencapai adaptasi.

Dalam konteks komunikasi massa, tidak ada satu surat kabar, majalah, radio atau televisi pun yang objektif, independen, atau netral dalam melaporkan fata dan kejadian melalui beritanya, karena merekapun tidak hidup dalam vacum sosial dan vacum budaya. Berbagai kepentingan, termasuk kepentingan bisinis dan ekonomi akan mempengaruhi beritanya, sekecil apapun pengaruhnya.

Persepsi bersifat kontekstual

Dari semua pengaruh dalam persepsi kita, konteks merupakan salah satu pengaruh paling kuat.

Dalam mengorganisasikan objek, yakni melataknannya dalam suatu konteks tertentu, kita menggunakan prinsip-prinsip berikut:

Prinsip pertama: strktur objek atau kejadian berdasarkan prinsip kemiripan atau kedekatan dan kelengkapan. Hingga kini para ahli tidak dapat menjawab mengapa kita melakukan pengorganisasian perseptual ini. Kecenderungan ini nampaknya bersifat bawaan. Secara lebih spesifik, kita cenderung mempersepsi rangsangan yang terpisah sebagai hubungan sejauh rangsangan-rangsagan itu berdekatan satu sama lainnya, baik dekat secara fisik ataupun dalam urutan waktu, serta mirip dalam bentuk, aturan, warna, atau atribut lainnya.

Selain mengorganisasikan data berdasarkan kedekatan dan kemiripan, kita cenderung mengisi kesenjangan dan mempersepsi rangsangan atau pola yang tidak lengkap sebagai lengkap.

Maka, dalam konteks pengiriman pesan, kita cenderung melengkapi pesan yang tidak lengkap dengan bagian bagian yang terkesan logis untuk melengkapi pesan tersebut.

Prinsip Kedua: kita cenderung mempersepsi suatu rangsangan atau kejadian yang terdiri dari objek dan latar belakangnya.

Dalam kehidupan sehari-haripun kita bisa membuat pembedaan antara figur dan latarnya, seperti ketika kita menyaksikan gedung pencakar langit dengan latar bangunan-bangunan kecil disekitarnya, langit dibelakang dan diatasnya, sebuah tempat pengeboran minyak di laut lepas dengan latar air dan langit, atau seorang penyanyi yang sedang beraksi di panggung dengan latar para pemain band yang mengiringinya.

PERSEPSI DAN BUDAYA

Faktor-faktor internal bukan saja mempengaruhi atensi sebagai salah satu aspek persepsi, tetapi juga mempengaruhi persepsi kita secara keseluruhan, terutama penafsiran atau suatu rangsangan. Agama, ideologi, tingkat intelektualitas, tingkat ekonomi, pekerjaan, dan cita rasa sebagai faktor-faktor internal jelas mempengaruhi persepsi seseorang terhadap realitas. Dengan demikian, persepsi itu terikat oleh budaya. Kelompok-kelompok budaya boleh jadi berbeda dalam mempersepsi kredibilitas.

Oleh karena persepsi berdasarkan budaya yang telah dpelajari, maka persepsi seseorang atas lingkungannya bersifat subjektif. Semakin besar perbedaan budaya antara dua orang semakin besar pula perbedaan persepsi mereka terhadap realitas. Dan oleh karena tidak ada dua orang yang mempunyai nilai-nilai budaya yang persis sama, maka tidak pernah ada dua orang yang mempunyai persepsi yang pasti sama pula.

Larry A. Samovar dan Richard E. Porter mengemukakan enam unsur budaya yang secara langsung mempengaruhi persepsi kita ketika berkomunikasi dengan orang dari budaya lain, yakni:

  • Kepercayaan, nilai, dan sikap
  • Pandangan dunia
  • Oraganisasi sosial
  • Tabiat manusia
  • Orientasi kegiatan
  • Persepsi tentang diri dan orang lain

Meskipun keenam aspek tersebut dapat kita bahas secara sendiri-sendiri, aspek-aspek tersebut saling berkaitan. Kita dapat mengalami peristiwa yang sama, dan sepakat mengenai apa yang kita lihat secara fisik. Namun kita sering berbeda dalam memaknai peristiwa atau objek yang kita lihat.

Kepercayaan, nilai, dan sikap

Kepercayaan adalah anggapan subjektif bahwa suatu objek atau peristiwa punya nilai tertentu, dengan atau tanpa bukti. Kepercayaan kita tidak terbatas, misalnya tuhan itu esa, adam adalah manusia pertama di bumi, AIDS adalah penyakit berbahaya, atau kemampuan berbahasa inggris itu penting untuk menitik karir. Sering kepercayaan sekelompok orang atau bangsa tidak masuk akal.

Nilai adalah komponen evaluatif dari kepercayaan kita, mencakup: kegunaan, kebaikan, estetika, dan kepuasan. Jadi nilai bersifat normatif, memberitahu suatu anggota budaya mengenai apa yang baik dan buruk, benar dan salah, siapa yang harus dibela, apa yang harus diperjuangkan, apa yang harus kita takuti, dan sebagainya.

Nilai biasanya bersumber dari isu filosofis yang lebih besar yang merupakan bagian dari lingkungan budaya, karena itu nilai bersifat stabil dan sulit berubah. Misalnya, berdasarkan pandangan mereka yang individualis, orang-orang barat lebih mengagung-agungkan privasi daripada orang-orang timur.

Sebagian komunitas menganggap tanah sebagai bagian dari agama atau kepercayaan mereka. Tanah Palestina misalnya, di persepsi bagsa Israel sebagai bagian dari Iman yahudi mereka, tepatnya sebagai milik pusaka, sehingga hingga kapanpun, mereka berupaya untuk memperoleh tanah tersebut, sementara bagi bangsa arab muslim, tanah Palestina hanya diperuntukna bagi orang-orang yang menaati perintah Tuhan, sehingga tampaknya pertentangan antara bangsa Yahudi dan bangsa Palestina tidak akan pernah berakhir sampai kiamat pun.

Pandangan dunia

Pandangan dunia adalah perorientasi budaya terhadap Tuhan, kehidupan, kematian, alam semesta, kebenaran, materi, dan isu-isu filosofis lainnya yang berkaitan dengan kehidupan. Pandangan dunia mencakup agam dan ideologi. Berbagai agama dunia punya konsep ketuhanan dan kenabian yang berbeda. Ideologi-ideologi berbeda juga punya konsep berbeda mengenai hubungan antar manusia. Jelas, pandangan dunia merupakan unsur penting yang mempengaruhi persepsi seseorang ketika berkomunikasi dengan orang lain, khususnya yang berbeda budaya.

Tak terelakan, pandangan dunia akan mewarnai persepsi kita atas realitas di sekeliling kita. Sebagai contoh, seseorang peneliti menemukan bahwa anak-anak sekolah Amerika, ketika ditanya mengapa orang-orang Rusia menanam pohon sepanjang pinggir jalan, mereka menjawab bahwa pohon-pohon itu menghalangi pandangan mata dan memperkejakan para penghuni penjara. Anak-anak yang sama menunjukan bahwa orang-orang amerika menanam pohon-pohon di pinggir jalan sebagai peneduh.

Organisasi sosial

Organisasi sosial yang kita masuki, apakah formal atau informal, juga mempengaruhi kita dalam mempersepsi dunia dan kehidupan ini, yang pada gilirannya mempengaruhi perilaku kita. Perangkat aturan yang ditetapkan keluarga kita mempengaruhi cara kita berkomunikasi, begitupun perangkat aturan yang ditetapkan pemerintah kita. Lembaga-lembaga lain diantara kedua lembaga itu yang mempengaruhi persepsi kita adalah lembaga pendidikan, komunitas agama, komunitas etnik, kelas sosial, dan partai politik.

Pemerintah, malalui aturan-aturannya, hingga derajat tertentu menetapkan norma komunikasi warganya, baik komunikasi langsung ataupun komunikasi bermedia, termasuk komunikasi massa.

Sebagai anggota kelompok, peran kita dalam kelompok tersebut, apakah sebagai pemimpin atau anggota biasa, norma-norma kelompok yang kita anut, dan reputasi kelompok tersebut, mempengaruhi persepsi kita, terhadap kelompok lain, dan kounikasi kita terhadap mereka.

Keanggotaan kita dalam partai politik juga mempengaruhi kita dalam memandang ralitas kemasyarakatan bahkan realitas kenegaraan. Loyalitas terhadap partai politik dapat sedemikian kuat, terkadang membabi buta sehingga tidak jarang menimbulkan konflik diantara orang-orang yang berbeda partai politik tersebut.

Keanggotaan dalam kelas sosial juga mempengaruhi komunikasi kita. Kelas atas cenderung bergaul dengan kelas atas lagi, sedangkan kelas bawah cenderung bergaul dengan kelas bawah pula. Persepsi mereka terhadap realitas akan berbeda juga.

Tabiat manusia

Pandangan kita tentang siapa kita, bagaimana sifat kita juga mempengaruhi cara kita memepersepsi lingkungan fisik dan sosial kita. Kaum muslim misalnya, berpandangan bahwa manusia adalah makhluk yang paling mulia diantara makhluk lainnya karena diberkahi akal. Namun kemuliaan itu hanya dapat diperoleh bila mereka beriman dan beramal soleh. Sebagian kelompok lagi punya pendapat yang berbeda. Kelompok kelompok manusai itu punya teori yang berbeda beda mengenai apa yang membuat manusia itu punya watak tertentu. Pandangan manusia mengenai hal ini jelas memepengaruhi persepsi mereka, dari pandangan yang primitif-irasional, ilmiah hingga yang religius.

Orientasi manusia mengenai hubungan manusia dengan alam juga mempengaruhi persepsi mereka dalam memperlakukan alam. Mereka yang memandang manusia sebagai penguasa alam dan penakluk alam akan memanfaatkan alam demi kesejahteraan mereka. Sedangkan mereka yang percaya bahwa manusia adalah bagian dari alam atau bersatu dengan alam, akan berusaha bertindak selaras dengan alam, memanfaatkan alam, namun berupaya pula memeliharanya agar tidak rusak dan punah.

Orientasi kegiatan

Orientasi ini paling baik dianggap sebagai suatu rentang : dari Being (siapa seseorang) hingga Doing (apa yang dilakukan seseorang). Dalam suatu budaya mungkin terdapat dua kecenderungan ini, namun salah satu biasanya dominan.

Persepsi tentang diri dan orang lain

Suatu budaya sebenarnya dapat saja memiliki kecenderungan individualis dan kolektivis, hanya saja, seperti orientasi kegiatan, salah satu biasanya lebih menonjol.

Dalam masyarakat kolektivis, individu terikat oleh lebih sedikit kelompok, namun keteriktan pada kelompok lebih kuat dan lebih lama. Selain itu hubungan antar indivudu dalam kelompok bersifat total, sekaligus lingkungan domestik dan di ruang publik. Konsekuensinya, perilaku individu sangat dipengaruhi kelompoknya. Individu tidak dianjurkan untuk menonjol sendiri. Keberhasilan individu adalah keberhasilan kelompok. Oleh karena identifikasi yang kuat oleh kelompok, maka kolektivis sangat peduli dengan peristiwa-peristiwa yang menyangkut kelompoknya.

Berbeda dengan manusia yang individualis yang hanya merasa wajib membantu keluarga langsungnya, dalam masyarakat kolektivis orang merasa wajib membantu keluarga luas, kerabat jauh, bahkan teman sekampung, dengan mencarikan pekerjaan meskipun pekerjaan itu tidak sesuai dengan keahliannya. Dalam masyarakat kolektivis tidaklah diterima bila seorang anggota keluarga kaya raya sementara anggota lainnya kekurangan.

Oleh karena masyarakat kolektivis mempunyai konsep yang berbeda tentang diri dan hubungannya dengan orang lain, mereka menemui kesulitan dalam berkmunikasi dengan orang yang berbudaya individualis. Mereka mengharapkan hubungan persahabatan yang langgeng, sementara manusia individualis tidak terbiasa demikian, dalam pandangan orang individualis mereka tampak kekanak-kanakan dan serba bergantung ketika bergaul dengan orang individualis yang merasa mandiri.

Kontras dengan mahasiswa kolektivis, orang individualis kurang terikat dengan kelompoknya, termasuk keluarga luasnya. Manusia individdualis lebih terlibat kepada hubungan horisontal dibandingkan hubungan vertikal. Hubungan di antarasesama mereka sendiri tampak lebih dsangkal dibandingkan dengan hubungan antara orang-orang kolektivis, juga lebih kalkulatif. Hubungan akan bertahan lama sejauh menguntungkan secara material.

KEKELIRUAN DAN KEGAGALAN PERSEPSI

Persepsi kita sering tidak cermat. Salah satu penyebabnya adalah asumsi atau pengharapan kita. Kita mempersepsi sesuatu atau seseorang sesuai dengan pengharapan kita. Berberapa bentuk kekeliruan dan kegagalan persepsi tersebut adalah sebagai berikut.

Kesalahan atribusi

Atribusi adlah proses dalam diri internal kita untuk memahami penyebab perilaku orang lain. Dalam usaha mengetahui orang lain, kita menggunakan berberapa sumber informasi. Faktor seperti usia, gaya pakaian, dan daya tarik dapat memberikan isyarat mengenai sifat-sifat utama mereka.

Sering juga kita menjadikan perilaku orang sebagai sumber informasi mengenai sifat-sifat mereka. Kita mengamati perilaku luar mereka, kemudian menduga sifat, motif, dan tujuan mereka berasal dari perilaku tersebut. Akan tetapi, cra ini juga tidak selalu membawa hasil. Lagi pula perilaku bisa saja karena pengaruh eksternall, bukan perilaku yang sifatnya konsisten.

Kesalahan atribusi bisa terjadi ketika kita salah menaksir makna pesan atau maksud si pembicara. Andaikan seseorang menguap, misalnya, apakah ia bosan, mengantuk, capek, cuek, dan khawatir.

Atribusi kita juga keliru apabila kita menyangka bahwa perilaku seseorang disebabkan oleh faktor internal, padahal justru faktor eksternal-lah yang menyebabkannya, atau sebaliknya kita menduga faktor eksternal menggerakkan seseorang, padahal fakto internal-lah yang membangkitkannya.

Perilaku yang khas dan konsisten biasanya dibangkitkan oleh faktor internal, misalnya keprivbadiannya (sifat rajin, keinginan untuk selalu menyenangkan orang lain, ambisi untuk maju) atau keahliannya. Namun bila perilaku seseorang itu kurang konsisten, kemungminan besar perilakunya dipengaruhi oleh faktor eksternal, misalnya gaji yang tinggi, keinginan untuk diperhatikan, bonus, dipuji, dan sebagainya. Dalam banyak kasus, perilaku orang didorong oleh faktor internal dan faktor eksternal sekaligus. Dari perspektif sendiri, kita cenderung mempersepsi perilaku orang, terutama negatif, berdasarkan sifat0sifat mereka seniri (internal), sementara mempersepsi perilaku kita berdasarkan perilaku-perilaku situasional (eksternal).

Salah satu sumber kesalahan atribusi lainnya adalah pesan yang dipersepsi tidak utuh atau tidak lengkap. , sehingga kitaberusaha menafsirkan sendiri kekurangannya, atau mengisi kesenjangan dan mempersepsi rangsangan atau pola yang tidak lengkap itu sebagai lengkap.

Efek halo

Kesalahan persepsi yang disebut efek halo (halo effects) merujuk pada fakta bahwa begitu kita membentuk kesan menyeluruh mengenai seseorang, kesan yang menyeluruh ini cenderung menimbulkan efek yang kuat atas penilaian kita akan sifat-sifatnya yang spesifik. Gagasan-gagasan yang dianggap biasa bahkan usang apabila dikemukakan oleh oleh orangawam boleh jadi akan dianggap brilian atau kreatif bila hal itu dikemukakan oleh tokoh nasional, sehingga diliput oleh pers.

Salah satu efek halo terbesar yang pernah menghinggapi banyak orang di Indonesia, terutama para pengagum Gus Dur, adalah sangkaan bahwa Gus Dur akan menjadi Presiden RI yang sukses, tapi nystsnys tidak karena Gus Dur tidak ajeg dalam berkomunikasi dengan bawahannya dan rakyatnya. Akhirnya Gus Dur dilengserkan oleh DPR.

Efek halo ini memang lazim berpengaruh kuat pada diri kita dalam menilai orang lain. Bila kita terkesan oleh seseorang karena kepemimpinannya atau keahliannya dalam suatu bidang, kita cenderung memperluas kesan awal kita. Nila ia baik dalam satu hal, seolah ia pun baik dalam hal-hal lain.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita mungkin menemukan sifat jujur atau positif yang menonjol pada seseorang, misalnya melihat orang itu jujur, atau periang, atau murah hati. Melihat sifat positifnya itu, kita cenderung menganggap bahwa ia pun mempunyai sifat-sifat positif lainnya. Dengan kata lain, kita cenderung mengelompokkan sifat-sifat secara kaku. Kalau kita menemukan berberapa apalagi banyak sifat orang yang positif, kita merasa hampir tidak mungkin orang itu memiliki sifat negatif. Sebaliknya, bila kita menemukan bahwa seseorang memiliki beerberapa sifat negatif, kita cenderung menganggap bahwa ia punya berberapa sifat negatif lainnya, dan suliit mengakui bahwa ia mempunyai sifat-sifat positif.

Kesan menyeluruh yesebut sering kita peroleh dari kesan pertama, yang biasanya berpengaruh kuat dan sulit digoyahkan. Para pakar menyebut hal itu sebagai hukum keprimaan (law of primacy). Itu mungkin karena kita menyesuaikan pandangan berikutnya agar cocok dengan gambaran pertama kita menyesuaikan pandangan berikutnya agar cocok dengan gambaran pertama kita, atau mungkin kita lelah untuk memahami data baru.

Pengaruh efek keprimaan (primacy effects) itu begitu kuat dalam benak kita. Hari pertama di sekolah, cinta pertama, hari pertama kerja di kantor, malam pertama, anak pertama, sering kuta anggap paling penting dan paling berkesan dari yang lain-lainnya. Kita umumnya tidak pernah melupakan orang pertama yang pertama kali mencuri hati kita, apalagi bila ia menyakiti hati kita kelak.

Celakanya, kesan awal kita yang positif atas penampilan fisik seseorng sering mempengaruhi persepsi kita akan prospek hidupnya. Misalnya, orang yang berpenamilan lebih menarik dianggap berpeluang lebih besar daam hidupnya.

Steorotip

Kesulitan komunikasi akan muncul penstereotipan (stereotyping), yakni menggeneralisasikan orang-orang berdasarkan informasi yang sedikit dan membentuk asumsi mereka berdasarkan keanggotaan mereka dalam suatu kelompok. Dengan kata lain, penstereotipan adalah proses menempatkan orang-orang dan objek-objek ke dalam kategori-kategori yang mapan atau penilaian mengenai orang-orang atau objek-objek berdasarkan kategori-kategori yang dianggap sesuai, ketimbang berdasarkan karakteristik individual mereka.

Stereotip bersal dari buku Public Opinion Walter Lippman yang berarti pictures in our head. Larry A. Samovar dan Richard E. Porter mendefinisikan steretip sebgai persepsi atau kepercayaan yang kita anut mengenai kelompok-kelompok atau individu-individu berdasarkan pendapat sikap yang lebh dulu terbentuk. Ringkasnya stereotip adalah kategorisasi atas suatu kelompok secara serampangan dengan mengabaikan perbedaan-perbedaan individual. Kelompok-kelompok ini mencakup ras, etnik, tua, pekerjaan, atau penampilan fisik tertentu.

Mengapa terdpat stereotip? Menurut Baron dan Paulus, berberapa faktor tampaknya berperan. Pertama, sebagai manusia kita cenderung membagi dunia ini ke dalam dua kategori: kita dan mereka. Lebih jauh, orang-orang yang kita persepsi sebagai kelompok diluar kita dipandang sebagai lebih mirip satu sama lain daripada orang-orang dalam kelompok kita sendiri. Dengan kata lain, karena kita kekurangan informasi mengenai mereka, kita cenderung menyamaratakan mereka semua, dan menganggap mereka semua homogen. Kedua, stereotip tampaknya bersumber dari kecenderungan kita untuk melakukan kerja kognitif sesedikit mungkin dalam berpikir mengenai orang lain. Dengan memasukkan orang ke dalam kleompok, kita dapat mengasumsikan baha kita mengetahui banyak tentang mereka, dan kita menghemat tugas kita yang menjemukkan bagi untuk memahami mereka sebagai individu.

Pengkategorian atas orang lain memang tidak terhindarkan karena manfaat fungsionalnya. Tidak seorang pun dapat merespons orang lain dalam sebuah individualitas mereka yang unik. Sayangnya, pengkategorian itu pada umumnya berlebihan atau keliru sama sekali. Dengan kata lain, stereotip menimbulkan persepsi selektif terhadap orang-orang dan segala sesuatu di sekitar kita.

Pada umumnya stereotip bersifat negatif. Stereotip tidak berbahaya sejauh kita simpan dalam kepala kita. Akan tetapibahayanya sangat nhata apabila stereotip diaktifkan dalam hubungan manusia. Apa yang Anda persepsi bergantung pada apa yang Anda harapkan. Ketika Anda mengharapkan orang lain untuk berperilaku tertentu, Anda mungkin mengkomunikasikan harapan Anda kepada mereka dengan cara yang sedemikian rupa sehingga mendorong anda untuk berperilaku sesui dengan yang Anda harapkan.

Prasangka

Suatu kekeliruan persepsi terhadap orang yang berbeda adalah prasangka, suatu konsep yang sangat dekat dengan stereotip. Prasangka adalah sikap tidak adil terhadap seseorang atau suatu kelomok, misalnya ketika Laura menemukan bahwa Wasif, lelaki yang baru ia jumpai seorang Muslim, ia akan menstereotipkankannya bila ia memandangnya semata-mata berdasarkan persepsinya atas kepercayan Muslim mengenai wanita alih-alih berdasarkan perilaku individual Wasif. Berberapa Pakar cenderung menganggap bahwa stereotip itu identik dengan prasangka, seperti Donald Edgar dan Joe R. Fragin. Dapat dikatakan bahwa stereotip merupakan komponen kognitif (kepercayaan) dari prasangka, sedangkan prasangka juga berdimensi perilaku. Jadi prasangka ini konsekuensi dari stereotip, dan lebih teramati daripada stereotip.

Istilah prasangka (prejudice) berasal dari kata latin prajudicium yang berarti preseden, atau penilaian terhadap keputusan dan pengaaman terdahulu. Richard W. Beslin menganggap prasangka sebagai tindakan yang tidak adil, menyimpang atau tidak toleran terhadap sekelompok orang. Prasangka umumnya bersifat negatif. Prasangka ini bermacam-macam, yang populer adalah prasangka rasial., prasangka kesukuan (etnik), prasangka gender, dan prasangka agama. Prasangka mungkin dirasakan atau dinyatakan. Prasangka mungkin diarahkan kepada kelompok secara keseluruhan, atau seseorang karena ia anggota kelompok tersebut. Prasangka rasial disebut rasisme sedangkan prasangka gender disebut seksisme. Menurut Vredeber, rasisme dan seksisme adalah dua yang memanifestasikan prasangka yang menyebabkan problem utama dalam hubungan sosial.

Meskipun kita cenderung menganggap prasangka berdasarkan suatu dikotomi, yaitu prasangka atau tidak prasangka, lebih bermanfaat untuk menganggap prasangka ini sebagai bervariasi dalam suatu rentang dari tingkat rendah hingga tingkat tinggi. Brislin menyatakan bahwa prasangka itu mencakup hal-hal berikut: memandang kelompok lain rendah, sifat memusuhi kelompok lain, bersikap ramah pada kelompok lain, pada saat tertentu namun menjaga jarak pada saat tertentu juga, berperilaku yang dibenci kelompok lain. Ini berarti bahwa hingga derajat tertentu kita sebenarny berprasangka terhadap suatu kelompok. Jadi kita tidak dapat tidak berprasangka. Wujud prasangka yang ekstrim adalah diskriminasi.

Sebagaimana stereotip, prasangka ini alamiah dan tidak terhindarkan. Penggunaan prasangka memungkinkan kita untuk merespons lingkungan secara umum alih-alih secara khas, sehingga terlalu menyederhanakan masalah. Budaya dan kepribadian sangat mempengaruhi prasangka. Dengan kata lain, prasangka dapat dipelajari, hanya saja prasangka yang berlebihan dapat menghambat komunikasi. Kita biasanya lebih menyukai orang yang memiliki kesamaan atau mirip dengan diri kita. Bahkan, kita lebih kritis terhadap orang yang berbeda dengan kit secara fisik dan sosiobudayanya. Oleh karena itu, orang-orang yang punya sedikit prasangka pun terhadap suatu kelompok tetap saja lebih suka berkomunikasi dengan orang-orang yang mirip dengan mereka karena interaksi lebih menyenangkan dibandingkan interaksi dengan orang tak dikenal.

Akal sehat memberitahu kita bahwa cara memelihara atau meningkatkan prasangka terhadap kelompok luar adalah dengan menghindari kontak dengan mereka. Karen itu adalah cara terbaik untuk menghindari prasangka adalah denga meningkatkan kontak dengan mereka dan mengenal mereka lebih baik, meskipun hal ini tidak berhasil dalam segala situasi.

Gegar budaya

Menurut Kavalero Oberg gegar budaya (culture shock) ditimbulkan oleh kecemasan karena hilangnya tanda-tanda yang sudah dikenal dan simbol-simbol hubungan sosial. Lundstedt mengatakan bahwa gegar budaya adalah bentuk ketidakmampuan menyesuaikan diri (personality mal-adjustment) yang merupakan reaksi terhadap upaya sementara yang gagal untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan orang-orang baru.

Meskipun gegar budaya sering dikaitkan dengan fenomena memasuki suatu budaya (yang identik dengan negara) asing, lingkungan budaya baru yang dimaskud di sini sebenarnya bisa juga merujuk kepda agamua baru, lembaga pendidikan baru, lingkungan pekerjaan baru, atau keluarga besar baru yang dimasuki melewati pernikahan. Brunet menyebutkan fenomena yang diperluas ini dengan sebutan transition shock, suatu konsekuensi alamiah yang disebabkan ketidakmampuan seseorang untuk berinteraksi dengan lingkungan baru dan berubah dala berbagai situasi, seperti perceraian, relokasi, kematian seseorang yang dicintai, dan perubahan nilai yang berkaitan dengan inovasi sosial yang cepat, juga kehilangan kerangka rujukan yang dikenal dalam memasuki budaya lain.

Gegar budaya sebenarnya adalah benturan persepsi, yang didasarkan pada penggunaan persepsi berdasarkan faktor-faktor internal yang telah dipelajari orang yang bersangkutan dalam lingkungan baru yang nilai-nilai budayanya berbeda dan belum ia pahami. Kita biasanya menerima begitu saja nilai-nilai yang kita anut dan kita bawa sejak lahir, yang juga dikonfirmasikan oleh orang-orang disekeliling ita. Namun, ketika kita memasuki lingkungan baru, kita menghadapi situasi yang membuat kita mempertanyakan kembali asumsi-asumsi kita itu, tentang apa yang disebut kebenaran, moralitas, kebaikan, kewajaran, kesopanan, kebijakan, dan sebagainya. Benturan persepsi tersebut menimbulkan konflik dalam diri kita.

Kita tidak langsung mengalami gegar budaya ketika kita memasuki lingkungan baru. Fenomena ini dapat digambarkan oleh berberapa tahap. Peter S. Adler mengemukakan lima tahap dalam pengalaman transasional ini: kontak, disintegrasi, reintegrasi, otonomi, dan independensi. Tahap kontak biasanya ditandai dengan kesenangan, keheranan, dan kekagetan, karena kita melihat hal-hal yang eksotik, unik dan luar biasa.

Kita mulai memasuki tahap kedua yang ditandai dengan kebingungan dan disorientasi. Perbedaan lebih nyata ketika perilku, nilai, dan sikap yang berbeda menganggu realitas perseptual kita. Kebingungan, keterasingan, dan depresi lalu menimbulkan disintegrasi kepribadian kita ketika bingung mengenai identitas kita dalam skema budaya yang baru itu terus meningkat.

Tahap reintegrasi menurut Adler ditandai dengan penolakan atas budaya kedua. Kita menolak kemiripan dan perbdeaan budaya melalui penstereotipan, generalisasi, evalusasi, perilaku dan sikap yang serba menilai. Kita membenci apa yang kita alami tanpa alasan yang jelas. Pada tahap transisi ini, kita mungkin mencari hubungan dengan orang-orang yang berasal dari budaya yang sama.

Tahap otonomi dalam transisi ini ditandai dengan kepekaan budaya dan keluwesan pribadi yang meningkat, pemahaman atas budaya baru, dan kemampuan menyesuaikan diri dengan budaya baru itu. Kita menjadi lebih santai dan mamu memahami orang lain secara verbal dan nonverbal. Akhirnya, menurut Adler, pada tahap independensi kita menghargai kemiripan dan perbedaan budaya, bahkan menikmatinya. Kita menjadi ekspresif, humoris, kreatif, dan mampu mengaktualisasikan diri kita. Terpenting, kita mampu menjalankan transisi lebih jauh dalam kehidupan kita melewati dimensi-dimensi baru dan menemukan cara-cara baru menjelajahi keragaman manusia.

Manusia antarbudaya adalah manusia yang telah mencapai tingkat tinggi dalam proses antar budaya yang atribut-atribut internalnya tidak didefinisikan secara kaku, namun terus berkembang melalui parameter-parameter psikologis suatu budaya. Manusia antarbuday dilengkapi dengan kemampuan secara efektif dalam lebih dari satu budaya dan memiliki kepekaan budaya yang berkaitan erat dengan kemampuan menunjukkan empati budaya.

Banyak penulis lain menguraikan berbagai reaksi psikologis, sosial, dan fisik yang menandai gegar budaya. Taft, meringkaskannya ke dalam sejumlah reaksi yang meliputi :

  • Kelelahan fisik.
  • Perasaan kehilangan karena tercabut dari lingkungan yang dikenal.
  • Penolakan individu terhadap anggota-anggota lingkungan baru.
  • Perasaan tak berdaya karena tidak mampu menghadapi lingkungan asing.

Gegar budaya ini dalam berbagai bentuknya adalah hal yang alamiah saja. Intensitasnya dipengaruhi oleh berbagai faktor, yang pada dasarnya terbagi menjadi dua: yakni faktor internal dan faktor eksternal. Tidak ada kepastian kapan gegar budaya itu akan muncul dihitung sejak kita memasuki budaya lain. Itu bergantung pada sejauh mana perbedaan budaya yang ada, dan apakah kita memiliki ciri kepribadian yang kondusif untuk mengatasi gegar budaya tersebut. Berbagai penelitian empiris membuktikan bahwa gegar budaya sebenarnya merupakan titik pangkal untuk mengembangkan kepribadian dan wawasan budaya kita, sehingga kita dapat menjadi orang-orang yang luwes dan terampil dalam bergaul dengan orang-orang dari berbagai budaya, tanpa harus mengorbankan nilai-nilai budaya kita sendiri.

DAFTAR PUSTAKA

  • Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Who's gonna share this? Possibly you!

  • Click to share on Twitter (Opens in new window)
  • Click to share on Facebook (Opens in new window)
  • Click to email this to a friend (Opens in new window)
  • Click to share on Tumblr (Opens in new window)
  • Click to share on Pinterest (Opens in new window)
  • Click to share on Telegram (Opens in new window)
  • Click to share on WhatsApp (Opens in new window)

Like this:

Like Loading...

Terkait