Objek apa yang digunakan dalam jenis ragam hias figuratif

Jumat, 20 Agustus 2021
Facebook Twitter
Ragam Hias Figuratif

Geograpik - Ragam hias figuratif menggunakan manusia sebagai obeknya. Seniman akan meniru bentuk tubuh manusia mulai dari kepala hingga kakinya, lalu membuat tiruan manusia tersebut dalam bentuk gaya tertentu.

Seniman juga menambahkan motif-motof lain seperti flora untuk meningkatkan keindahannya. Ragam hias figuratif bisa berbentuk dua dimensi ataupun tiga dimensi.

Baca Juga: Materi Seni Budaya Lengkap

Dalam bentuk dua dimensi misalnya pada lukisan atau gambar menggunakan software. Bentuk tiga dimensi dari ragam hias figuratif bisa berupa topeng atau patung. Ragam hias figuratif tradisional umumnya berasal dari timur Indonesia, misalnya Papua khususnya suku Asmat.

Ragam hias figuratif (figur manusia) merupakan bentuk ragam hias yang menggunakan objek manusia yang digambar dengan mendapatkan penggayaan bentuk. Manusia sebagai salah satu objek dalam penciptaan motif ornamen mempunyai beberapa unsur, baik secara terpisah maupun menyatu.

Motif hias figuratif menggunakan motif manusia yang digambar dengan penggayaan tertentu. Motif hias ini biasanya digunakan pada karya tekstil atau karya kayu yang dibuat dengan teknik menggambar atau mengukir.

Ragam hias figuratif adalah jenis ragam hias yang menggunakan manusia sebagai objek atau motif penggambarannya. Seniman akan meniru bentuk tubuh manusia mulai dari bagian kepala hingga kaki. Selanjutnya bentuk tiruan tubuh manusia ini dikreasikan dengan gaya tertentu.

Facebook Twitter
Tags: Menggambar
LihatTutupKomentar
Post SelanjutnyaPost Sebelumnya