Penjelasan demokrasi Menurut Iman Kristen
DEMOKRASI MENURUT IMAN KRISTEN Show DEMOKRASI : Bahasa Yunani demos : rakyat kratos : kekuatan, pemerintahan Bentuk pemerintahan di mana keputusan- keputusannya ditentukan sebagian besar oleh rakyat Suatu pemerintahan di mana kekuasaan tertinggi ada di tangan rakyat Sebuah keadaan di mana terdapat kebebasan, persamaan, dan permusyawaratan Pandangan hidup yang dicerminkan dengan partisipasi warga di dalam membentuk nilai-nilai bersama di dalam masyarakat INDONESIA ? Negara menjamin kebebasan untuk menganut dan menjalankan agama atau kepercayaan yang diyakini Pengakuan proses demokratis dalam segala urusan kemasyarakatan Adanya persatuan bangsa yang tidak membeda-bedakan agama, ras, golongan ekonomi, sekaligus mengakui kepelbagaian Keadilan sosial yang berlaku bagi semua rakyat Demokrasi Pancasila Demokrasi Pandangan Iman Kristen Rakyat Raja Paus Tuan Tanah Sampai dg abad ke-15 Gereja Katolik, Lutheran, Anglikan : Hak Ilahi yang dikaruniakan kepada raja (rakyat tidak boleh melawan raja) Gereja Calvinis : pembatasan terhadap monarki, kewajiban timbal balik antara negara/raja dengan Allah Pemimpin bertanggungjawab kepada rakyat dan dapat digulingkan bila ternyata tidak memerintah dengan baik (dia memberikan pemahaman baru dan memberi pengaruh kuat kepada sistem pemerintahan yang dikembangkan di Amerika Serikat, yang kemudian menjadi suatu sistem demokratis) John Calvin TUGAS KITA (ORANG KRISTEN) ? Wajib berperan aktif dalam kehidupan berdemokrasi ! 1. aktif dalam PEMILU 2. menjadi anggota partai politik 3. ikut menjadi pengambil keputusan soal aturan hidup bersama Mengontrol pemerintah dan turut mengusahakan hidup sejahtera bersama masyarakat TUGAS KITA (ORANG KRISTEN) ? Jadi, Iman Kristen menegaskan bahwa kuasa berasal dari Allah Jadi, Iman Kristen menegaskan bahwa kuasa berasal dari Allah. Kuasa adalah pemberian Allah yang harus dipertanggungjawabkan dalam pelayanan masyarakat atau hidup bersama Suara Kenabian (nilai universal) : Keadilan,kebenaran, kebebasan, kesetaraan, dan kasih RAPBN Undang-undang di Aceh soal perempuan naik motor Palestina merdeka Loading Preview Sorry, preview is currently unavailable. You can download the paper by clicking the button above.
Membicarakan Demokrasi hampir sama tuanya dengan ide demokrasi itu sendiri, karena demokrasi secara intrinsik ada di dalam perjalanan teori dan praktik di tengah masyarakat, berbangsa dan bernegara. Tidak ada yang bisa secara gamblang-tuntas dan sempurna mendefenisikan teori dan praktik bagaimana demokrasi yang sesungguhnya, karena demokrasi tetap berkembang (maju dan mundur). Defenisi-defenisi yang diberikan tetap memiliki keterbatasan ketika diperhadapkan dengan pemikiran dan gugatan-gugatan tentang praktik demokrasi dalam berbagai bidang.
yang setidaknya ada 54 kata sifat yang dikatakan John S. Dryzek dalam buku TEORI POLITIK Handbook karangan Gerald F. Gaus dan Chandran Kukathas, yang mencoba menguraikan dan menjajarkan makna dari kata-kata sifat itu baik secara sendiri-sendiri ataupun bersama-sama untuk menggambarkan teori demokrasi dan ini tidaklah mudah. Mengkaji apa arti dari kekuasaan ditangan rakyat saja sudah memiliki penterjemahan yang luas dan beragam secara teori dan praktik. Apakah kekuasaan di tangan rakyat berarti dipergunakan untuk memilih perwakilan atau dipergunakan untuk memilih langsung pemimpinnya? Dan apakah pemimpin yang dipilih itu akan tunduk kembali kepada kekuasaan rakyat sepenuhnya?? Maka dalam melihat Demokrasi, John Dunn menyatakan bahwa
DEMOKRASI DI INDONESIA DAN PRAKTIKANNYADemokrasi di Indonesia sudah dimulai sejak zaman kemerdekaan yang dipraktikkan dalam penyusunan mukadimah yang menjadi pembukaan UUD 1945, dan mengalami diskusi yang saling memahami tentang ketidaksetujuan umat Protestan dan Katolik dan wilayah timur Indonesia, akan pencantuman kalimat “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluk-pemeluknya” yang sudah tercantum dan ditandatangani Ir. Soekarno pada Piagam Jakarta tanggal 22 juni 1945. Namun dengan jiwa besar dan demokratis, Bung Hatta memahami kegelisahan tersebut, dan membuatnya menginisiasi pembahasan pada sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945, dan akhirnya secara bersama-sama menerima penggantian kalimat tersebut dengan kalimat “Ketuhanan Yang Maha Esa” yang dicantumkan dalam Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 (UUD 1945) Negara kesatuan Republik Indonesia. Hal tersebut menghasilkan hukum publik yang bersifat nasional dan berlaku untuk seluruh penduduk dengan tidak memandang mayoritas dan minoritas. Perkembangan demokrasi pada waktu berikutnya adalah sejarah Panjang pembuktian demokrasi itu sendiri. Negeri ini Indonesia sendiri sudah menjalani jatuh bangun dan pengujian akan demokrasi. Tercatat beberapa kali penggantian demokrasi seperti demokrasi liberal parlementer, dimana peran presiden hanya sebagai kepala negara, sedangkan tampuk pemerintahan dijalankan oleh perdana Menteri. Dan demokrasi liberal parlementer ini berakhir dengan Dekrit Presiden 5 Juli 1959, yang salah satu poinnya adalah bahwa Indonesia kembali pada Undang-Undang Dasar 1945. Demokrasi terpimpin juga pernah berlaku di Indonesia, dimana cirinya adalah kekuasaan Presiden tidak terbatas, Presiden mempunyai hak untuk memilih anggota MPRS, DPRS dan DPAS sesuai keinginan Presiden. Dan demokrasi terpimpin ini juga bubar bersamaan dengan diterbitkannya SUPER SEMAR 1966. Dan setelahnya adalah demokrasi PANCASILA hingga saat ini, demokrasi yang berdasar akan PANCASILA dan UUD 1945. Demokrasi terus mendapat tantangan penyempurnaan baik oleh kemajuan zaman, keterbukaan, tuntutan emansipasi yang semakin kompleks karena Indonesia adalah sebuah negara dengan struktur masyarakat yang sangat heterogen dan sangat multikultur. Tercatat Negeri ini memiliki 1.340 suku, 718 bahasa daerah dan 6 Agama, yang harus diberikan akses dan kesempatan menyampaikan pikiran dan aspirasinya, untuk Indonesia. Demokrasi yang berasal dari Bahasa Yunani dari kata demos (rakyat) dan kratos (kekuatan), dapat diartikan sebagai kekuatan rakyat, kedaulatan rakyat, dimana rakyat memiliki kuasa penuh atas negara. Defenisi demokrasi yang paling lazim kita dengar adalah apa yang disampaikan Presiden Amerika Serikat ke-16, Abraham Lincoln, yang mengatakan
Di Indonesia praktik demokrasi juga ditunjukkan dengan kebebasan berserikat, berkumpul dan menyatakan pendapat, juga jaminan negara atas kebebasan beragama dalam pasal-pasal pada UUD 1945. DEMOKRASI DAN KEKRISTENANTentang Demokrasi walau tidak secara langsung tertulis di dalam Alkitab, namun di dalam ajaran kekristenan Alkitab banyak menggambarkan nilai-nilai demokratis.
Juga Yesus mengajarkan akan ketaatan dan ketertiban dalam menggunakan hak dan kewajiban termasuk membayar pajak masing-masing sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah (band. Mrk 12:13-17). Masih banyak hal-hal positif atau nilai-nilai tentang demokrasi yang termaktub dalam Alkitab, seperti bagaimana dikisahkan dalam Nehemi 2:17 tentang perlunya kesatuan dan bekerjasama dalam membangun untuk mencapai tujuan dan kesejahteraan bersama, seperti orang Israel yang membangun kembali tembok-tembok Yerusalem.
Sikap Orang Kristen Terhadap DemokrasiSikap yang harus ditunjukkan oleh orang Kristen di Indonesia adalah sikap Kritis Membangun. Salah satu type demokrasi adalah pengakuan terhadap Mayoritas, dan penerimaan dan penghormatan terhadap minoritas. Secara presentase kesukuan maka suku Jawa di Indonesia bisa mencapai 41% (empat puluh satu persen) yang didominasi tinggal dipulau Jawa, dan Secara Agama, bahkan Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di Dunia dengan jumlah penduduk sampai dengan 227 jta jiwa setara dengan 87,2% dari jumlah penduduk di Indonesia. Maka jika hitung-hitungan politik konvensional dengan memperhatikan Suku dan Agama, kita dapat memprediksi apa yang terjadi dengan demokrasi mayoritas.
Referensi : Teori politik (handbook), Gerald F. Gaus & Chandran Kukathas, 2012 |