Penulisan algoritma yang menggunakan sintaks (cara penulisan menyerupai bahasa Pemrograman disebut)

Penulisan algoritma yang menggunakan sintaks (cara penulisan menyerupai bahasa Pemrograman disebut)

1.Siswa mampu Mendeskripsikan struktur algoritma
Penulisan algoritma yang menggunakan sintaks (cara penulisan) menyerupai bahasa pemograman disebut?
a.Coding
b.Pseudocode*
c.Flowchart
d.Data flow
e.Terminator

2.Siswa mampu Mendeskripsikan pengenalan variable
Variable logika yang berhubungan dengan OR,AND, dan NOT merupakan variable dari tipe data?
a.String
b.Bunerik
c.Boolean*
d.Array
e.Int

3.Siswa mampu Mendeskripsikan pengenalan tipe data
Tipe data yang memungkinkan sebuah variable mengandung banyak nilai dalam suatu waktu adalah?
a.Boolean
b.Int
c.Array*
d.String
e.Logika

4.Siswa mampu Mendeskripsikan pengenalan operator
Pada tipe data boolean berlaku operator-operator, pilih salah satu dari beberapa operator yang BUKAN berupa perulangan?
a.For
b.Do... While
c.While
d.Return
e.Else*

5.Siswa mampu penggunaan pseudocode
Lengkapi source code dari pseudocode dibawah ini
#include
#include
using namespace std;
int faktorial(int n)
{
if (n==0)
return 1;
.......................................................
return n * faktorial(n‐1);
}
int main(int argc, char *argv[])
{
int n;
cout<<"Program Faktorial Rekursif\n";
cout<<"Masukkan Nilai n : ";
cin>>n;
cout<<"Faktorial("<
system("PAUSE");
return EXIT_SUCCESS;
}
a.Else*
b.If
c.And
d.Or
e.While

Baca Juga : Soal Pilihan Ganda dan Jawaban Algoritma dan Pemprograman
6.Siswa mampu penggunaan flowchart
Bentuk belah ketupat pada diagram flowchart diberi nama
a.Data Store
b.Process
c.Connector
d.Terminator
e.Decision*


Struktur Kontrol & Perulangan
7.Siswa mampu Mendeskripsikan Struktur percabangan 1 kondisi
Untuk mengambil suatu keputusan dari kondisi tunggal menggunakan fungsi ...
a.Logika IF-ENDIF
b.Logika IF
c.Logika END
d.Logika ENDIF

8.Siswa mampu Mendeskripsikan struktur percabangan 2 kondisi
Bentuk perulangan jika pilihan jawaban ada dua atau lebih disebut ...
a.Percabangan bersarang
b.Percabangan tunggal
c.Percabangan atas
d.Percabangan ganda*

9.Siswa mampu Mendeskripsikan struktur percabangan 2 kondisi atau lebih
Pada pengambilan keputusan fungsi logika IF-ELSE-ENDIF dua pilihan tersebut yaitu ...
a.Semua pernyataan bernilai TRUE
b.Semua pernyataan bernilai FALSE
c. Satu pernyataan bernilai TRUE dan pernyataan lainya bernilai FALSE*
d.Tidak ada pernyataan bernilai TRUE atau FALSE

10.Siswa mampu Mendeskripsikan struktur percabangan bersarang
Sebuah usaha fotocopy mempunyai aturan sebagai berikut:
- Jika yang fotocopy statusnta adalah langganan, maka berapa lembar pun dia fotocopy, harga per lembarnya Rp. 75,-
- Jika yang fotocopy bukan langganan, maka jika dia fotocopy kurang dari 100 lembar harga per lembarnya Rp. 100,-.
Sedangkan jika lebih atau sama dengan 100 lembar maka harga per lembarnya Rp. 85,-

Penulisan algoritma yang menggunakan sintaks (cara penulisan menyerupai bahasa Pemrograman disebut)

Lengkapi flowchart struktur bersarang mengenai usaha fotocopy?
a.TH= JLF* HPP*
b.HPP= JLF+TH
c.JLF=TH-HPP
d.JLF=TH*TH
e.TH=JLF+TH

Baca Juga : Soal Pilihan Ganda dan Jawaban Algoritma dan Pemprograman

11.Siswa mampu Mendeskripsikan struktur perulangan dengan kondisi diawal
Jelaskan definisi pengertian perulangan?
a.Melakukan instruksi berkali-kali sesuai dengan batasan yang telah ditetapkan*
b.Melakukan instruksi sekali dengan batasan tertentu
c.Melakukan suatu yang telah ditetapkan dengan batasan dua kali
d.Melakukan Looping dalam batasan yang telah ditetapkan
e.Melakukan sesekali perulangan tanpa ada batasan

12.Siswa mampu Mendeskripsikan struktur perulangan dengan kondisi diakhir
Apa yang harus dilakukan untuk menentukan nilai awal ekspresi lojik dalam perulangan?
a.Function
b.Inisiasi*
c.User
d.Case
e.Progammer

13.Siswa mampu Mendeskripsikan struktur perulangan dengan kondisi akhir diinputkan user
Siapa yang diminta untuk memberikan kondisi perulangan?
a.User*
b.Progammer
c.Human
d.Protokoler
e.Instruktur

14.Siswa mampu Mendeskripsikan struktur perulangan sebagai pencacah naik
Perhitungan satu-persatu secara sederhana dapat disebut?
a.Pecacah
b.Mencacah*
c.Duacacah
d.Bilangan cacah
e.Case

15.Siswa mampu Mendeskripsikan struktur perulangan sebagai pencacah turun
Jika pencacah = nilai maksimal (pada increment) atau pencacah=nilai minimal
(pada decrement), maka apa yang terjadi pada perulangan?
a.Lanjut
b.Berhenti seketika
c.Berhenti*
d.Break
e.Berhenti lalu melanjutkan proses pencacah

Penerapan dari Algoritma ke Program
16.Siswa mampu Mengidentifikasi permasalahan kompleks sebagai studi kasus
//Program Umur
#include
#include
void main ()
{int usia;
clrscr();
cou<<" Berapa Usia Anda ?? ";
cin>>usia;
or (usia<17)
cout << " Anda Belum Dewasa " <
else
cout << " Anda Dewasa " <
}
Source code C++ diatas jika di compile maka akan terjadi error, identifikasikan permasalahan tersebut dengan function yang benar.
a.If*
b.Then
c.Cout
d.And
e.If Then

Array
17.Siswa mampu Mendeskripsikan Penggunaan array 1 dimensi
SUM adalah ..
a.Nilai rata-rata dari seluruh indeks array
b.Banyaknya indeks yang ada di dalam array.
c.Hasil dari penjumlahan seluruh data dalam array.*
d.Indeks akhir dari array.
e.Nama variabel dari array.

18.Siswa mampu Mendeskripsikan penggunaan array multidimensi
Array yang berisi beberapa array lain disebut .
a.Array satu dimensi
b.Array dua dimensi
c.Array tiga dimensi
d.Array empat dimensi
e.Array multidimensi*

Fungsi
19.Siswa mampu Mendeskripsikan Deklarasi fungsi
Parameter adalah sarana komunikasi antar ..
a.Fungsi*
b.Wilayah
c.Program
d.Daerah
e.Komputer
20.Siswa mampu Mendeskripsikan Pemberian parameter fungsi
Variabel pointer yang tidak menunjuk pada nilai apapun berarti memiliki nilai ..
a.100
b.200
c.300
d.1
e.Null*

Dasar Struktur Algoritma
21.Siswa mampu Menerapkan penulisan algoritma dalam pseudocode
Penulisan algoritma yang menggunakan sintaks (cara penulisan) yang menyerupai bahasa pemrograman disebut
a.Flowchart
b.Data flow
c.Coding
d.Pseudocode*
e.Aplikasi

22.Siswa mampu Menentukan Logika dari penyelesaian masalah dengan struktur algoritma
Tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah adalah :
a.Masalah Pseudocode Flowchart Program Eksekusi Hasil
b.Masalah Algoritma Flowchart Program Eksekusi Hasil
c.Masalah Model Algoritma Eksekusi Hasil
d.Masalah Model Algoritma Program Eksekusi Hasil*
e.Algoritma Program Model Eksekusi Hasil

23.Siswa mampu Menentukan karakteristik tipe data pada sebuah variable
Sebutkan tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai berupa karakter/ huruf disebut tipe data
a.Boolean
b.Date Time
c.Numerik
d.Array
e.String/Char*

Struktur Kontrol & Perulangan
24.Siswa mampu Menentukan alur percabangan dari potongan baris kode program
Lengkapi titik dibawah ini dari baris kode program
#include
#include
main(){
int x;
cout<<\n================================\n;
cout<<\nBELAJAR PERCABANGAN BERSYARAT IF\n;
cout<<\n================================\n;
cout<
cin>>x;
............. (x>0)

cout<
getch();
}
a.If*
b.And For
c.For
d.If Then
e.Then

25.Siswa mampu Menerapkan Struktur Perulangan dengan kondisi diawal
Lengkapi titik dibawah ini dengan code program perulangan yang benar
#include // header
#include
using namespace std;
int main()
{
int C;
for (C=0;C<10;C++)
{
.................<
}
getch();
}
a.Cout*
b.Do..while
c.While
d.If
e.Then End

26.Siswa mampu Menerapkan Perulangan dengan kondisi diinputkan user
Lengkapi source code perulangan dengan kondisi diinputkan user
#include
#include
using namespace std;
int main()
{
const int NUM_DAYS = 7;
int count;
double total;
for (count = 1, total = 0.0; count <= NUM_DAYS; count++)
{
double sales;
char << "Masukkan penjualan untuk hari " << count << ": ";
cin >> sales;
total += sales;
}
cout << fixed << showpoint << setprecision(2);
cout << "Total penjualan adalah $" << total << endl;
return 0;
}
a.Cout*
b.While
c.If Then
d.For
e.Do... While

27.Siswa mampu Menerapkan Struktur perulangan dengan kondisi diakhir
Lengkapi struktuk program perulangan dengan kondisi diakhir
algoritma kondisi_akhir
deklarasi
i : integer
algoritma:
i 1
...........
writeln ('Pengulangan kondisi akhir')
i i+1
until i=70
a.For
b.Repeat*
c.Do
d.Int
e.Else

28.Siswa mampu Menerapkan Struktur perulangan dengan kondisi akhir diinputkan user
Lengkapi struktur program perulangan dengan kondisi akhir diinputkan user
program input_user
deklarasi

i : integer
x : integer

algoritma:
read(x)
i 1

while i <= x do
................('ini adalah pengulangan ke', i)
i i+1
endwhile
a.Writeln*
b.Write
c.Do
d.If
e.And Then

29.Siswa mampu Menerapkan Struktur perulangan sebagai pencacah naik
Lengkapi struktur program perulangan pencacah
#include
#include
using namespace std;
int main()
{
char huruf;
.......... (huruf = 'A'; huruf <= 'Z'; huruf++)
cout << "Huruf abjad = " << huruf << "\n";
getch();
........... (huruf = 'A'; huruf <= 'Z'; huruf+=13)
cout << "Huruf abjad = " << huruf << "\n";
getch();
for (huruf = 'z'; huruf >= 'a'; huruf‐‐)
cout << "Huruf abjad = " << huruf << "\n";
getch();
a.For*
b.Do
c.While Then
d.Do... While
e.For Then

30.Siswa mampu Menerapkan Struktur perulangan sebagai pencacah turun
Lengkapi struktur program perulangan dibawah ini
#include
#include
using namespace std;
int main()
{
.......... a, b;
.........(a = 1; a <= 5; a++)
{
........... << "\n ";
for(b = a; b <= 5; b++)
cout << a << " ";
}
getch();
return 0;
}
a.Int - for cout*
b.Char Then End
c.If For Then
d.For cout end
e.String If - Cout

Baca Juga : Soal Pilihan Ganda dan Jawaban Pemrograman Dasar