Penyebab otomatis pompa air tidak berfungsi

Hallo sahabat SHIMIZU!

Sahabat pernah mengalami pompa air yang mati total? Kira – kira penyebabnya apa saja yaa? yuk simak ulasan berikut!

Pompa air yang tiba – tiba mati total memang sangat meresahkan, pasalnya pompa air merupakan sumber utama dalam penyediaan air bersih di rumah. Jika pompa air rusak atau bahkan mati total akan menyusahkan banyak orang dirumah.

Semakin lama, pompa air yang sering digunakan tentu akan mengalami penurunan kualitas dan bisa saja rusak termakan usia. Bahkan tak jarang pompa air yang masih baru saja mengalami mati total. Rusaknya pompa air memang bukan perkara baru dan sudah sering ditemui di beberapa jenis pompa air.

Tapi ada baiknya untuk sahabat SHIMIZU untuk mengalami masalah ini untuk mengetahui penyebab pompa air mati total. Nah berikut beberapa masalah yang bisa saja terjadi sebagai penyebab pompa air kamu yang mati!

Kabel Power Terputus

Ketika sahabat mengalami pompa mati total atau rusak hal pertama yang mesti sahabat lakukan adalah mengecek pompa air dan cek bagian kabelnya. Jika ditemukan kabel power yang terputus, bisa dikatakan hal itulah yang membuat mesin pompa air mati dan tidak bekerja.

Jika kabel power terputus maka tidak adanya listrik yang terhubung ke pompa, dan menyebabkan pompa air tidak menyala. Untuk mengatasinya kamu bisa melakukan pemeriksaan kabel power secara berkala dan melindunginya dengan penutup agar lebih aman dari gigitan tikus atau hewan lainnya.

Stop Kran Tertutup

Pompa air yang mati juga bisa disebabkan karena stop krannya yang tertutup. Ketika tekanan air semakin tinggi karena kran tertutup, maka akan secara otomatis pompa akan memutus arus listrik dan menyebabkan pompa air  mati. untuk mengatasinya sahabat cukup membuka bagian stip krannya agar air dapat mengalir kembali dan pompa air dapat menyala.

Otomatis Pompa yang Tidak Bekerja

Jika Sahabat menggunakan pompa otomatis, item yang satu ini bisa menjadi salah satu penyebab pompa air kamu mati total. Faktanya jika terjadi kerusakan pada otomatis mesin pompa air, maka pompa air juga akan mati total dan tidak bekerja sama sekali.

Untuk mengeceknya, Sahabat bisa menyambungkan dua kabel menuju ke otomatisnya. Jika pompa menyala saat kabel disambungkan, hal itu menandakan otomatis pompa air sahabat mengalami kerusakan.

Dinamo yang Terbakar

Penyebab lainnya dari pompa air yang mati total bisa disebabkan oleh dinamo yang terbakar. Saat pompa air mati Sahabat perlu mengecek dinamo pada mesin pompa air kamu yaa. Bila ditemukan dinamo yang terbakar dan gulungannya terputus, segera matikan mesin pompa dan lakukan penggantian. Agar pompa tidak berbahaya dan dapat digunakan kembali.

Kapasitor yang Rusak

Penyebab terakhir yang mungkin saja terjadi pada pompa air yang mati total karena kapasitor pada pompa rusak. Selain sahabat harus mengecek bagian dinamo pompa, sahabat juga harus mengecek bagian kapasitor pada pompa jika terjadi pompa air mati. Kapasitor ini memiliki penting dalam mendorong perputaran dinamo.

Jika kapasitor pompa air mengalami kerusakan, dinamo tidak akan mampu bekerja dan mesin akan mati total. Kerusakan pada kapasitor dapat dilihat dari keluarnya suara menahan ketika pompa air dinyalakan. Jika sahabat mendengar suara dengungan, dinamo tidak bergerak dan hanya mengeluarkan suara menakan, itu tandanya pompa kamu butuh segera diganti dengan yang baru.

oke sahabat SHIMIZU itu dia 5 kemungkinan penyebab dari pompa air kamu yang mati total. Ketika mengalami pompa air mati kamu bisa melakukan beberapa pengecekan sendiri sebelum kamu memanggil teknisi untuk mengecek ada masalah apa dengan pompa air kamu dirumah. SHIMIZU Indonesia memiliki layanan service center yang tersebar luas di seluruh Indonesia. So Sahabat SHIMIZU tidak perlu khawatir untuk mencari service center resmi dari SHIMIZU! Untuk nomor telepon dan alamat lengkapnya bisa cek disini ya!

 

Sebelum mengetahui cara memperbaiki pompa air yang konslet, langkah yang harus dilakukan adalah mencari penyebab masalahnya terlebih dahulu. 

Sebagian besar orang yang tinggal di kota besar biasanya menggunakan air tanah dengan menggunakan pompa air. 

Cara lain untuk memperoleh air bersih adalah dengan berlangganan air PAM atau menggunakan air sumur, namun cara terakhir memang jarang. 

Biasanya berapa kali mesin pompa air di rumah menyala setiap harinya? Pastinya bisa beberapa kali. 

Apalagi jika jumlah penghuni rumah banyak, kapasitas tangki memang kecil, dan juga kebutuhan air juga banyak. 

Semua hal ini tentunya menjadikan mesin pompa sering kali menyala, setelah sering digunakan, bisa jadi mesin pompa air rusak atau mati total. 

Sebenarnya, kerusakan pompa air atau pompa air mati adalah hal biasa terutama kalau sering digunakan. 

Pompa air dari berbagai jenis seperti pompa air jet pump, non jet pump, dan juga pompa pendorong bisa juga mati karena korsleting. 

Situs properti Rumah123.com akan mengulas mengenai cara memperbaiki pompa air yang konslet (korsleting). 

Rumah123.com mengutip dari sejumlah sumber terkait cara memperbaiki pompa air yang konslet dengan mencari tahu penyebabnya. 

Kalau kamu mengetahui penyebab pompa air mati, maka kerusakan bisa diselesaikan lebih cepat. 

Jika bisa diperbaiki, kamu tidak perlu mengganti pompa dengan yang baru, apalagi harga pompa air memang mahal. 

Cari Tahu Penyebab Sebelum Memahami Cara Memperbaiki Pompa Air yang Konslet 

1. Motor Dinamo Pompa Air Terbakar 

Hal yang menyebabkan motor dinamo pompa air terbakar bisa karena sejumlah hal seperti pompa air terendam air setelah hujan deras atau banjir. 

Penyebab lainnya adalah karena terjadinya korsleting listrik, pengaruh tegangan tinggi atau rendah. 

Cara mudah untuk mengetahui motor dinamo pompa air terbakar adalah mencium bau gosong atau ada bau terbakar. 

Cara lainnya adalah ketika kamu mencoba untuk menyala mesin air maka panel MCB listrik akan turun. 

Untuk memperbaiki motor dinamo yang terbakar atau rusak, kamu harus menggulung ulang bagian ini. 

Tetapi, kamu memang tidak bisa melakukannya sendiri dan harus diperbaiki oleh tukang yang berpengalaman. 

Kamu bisa mencari service pompa air terdekat untuk mengetahui biaya gulung dinamo pompa air. 

2. Kapasitor Mati 

Penyebab lainnya mesin pompa air mati total adalah kapasitor lemah atau mati, kapasitor merupakan alat penyimpanan arus listrik yang bersifat sementara. 

Beberapa peralatan listrik menggunakan kapasitor saat pertama kali dinyalakan, fungsi kapasitor memang seperti itu.

Kamu bisa menggunakan peralatan multitester untuk memeriksa kapasitor pompa air untuk mengetahui masalahnya. 

Setelah mengetahui kapasitor mati atau lemah, kamu bisa mengganti bagian ini dengan yang baru. 

Kamu bisa membelinya di toko yang menjual peralatan mesin air, jangan lupa membeli kapasitor yang sama. 

3. Kabel Utama Pompa Air Terputus 

Kabel utama yang menghubungkan antara pompa air dengan sumber listrik bisa saja terputus lo, hal ini bisa saja terjadi. 

Penyebabnya karena dimakan oleh tikus atau kabel memang sudah lama lantaran terkena hujan dan panas matahari. 

Kamu bisa mencari kabel yang putus dengan mencari letaknya, sebelumnya matikan dulu sumber listrik. 

Untuk mengatasinya, kamu bisa menutup bagian yang rusak dengan isolasi khusus atau mengganti dengan kabel yang baru. 

Pastikan kalau kamu mengganti kabel lama dengan kabel yang baru, kabel yang lebih berkualitas. 

4. Otomatis Pompa Air Rusak 

Mesin pompa air pastinya menggunakan otomatis yang menempel pada mesin dan juga alat rada yang ada di bak penampungan air. 

Bagian mesin ini berfungsi untuk memantau aliran air, ketika air sudah penuh, maka alat ini akan menghentikan. 

Kalau alat otomatis pompa air ini rusak atau otomatis pompa air tidak menyala, maka bisa mengakibatkan mesin pompa air mati total, kamu perlu tahu nih. 

Kamu bisa mencopot bagian otomatis pompa air untuk sementara waktu atau menggantinya dengan yang baru. 

Nah, kamu telah mengetahui cara memperbaiki pompa air yang konslet dengan mengetahui sejumlah penyebabnya. 

Kalau kamu mengetahui pompa air nyala air tidak naik atau penyebab pompa air mati hidup, kamu bisa memperbaikinya sendiri. 

Jika memang tidak bisa, kamu bisa menghubungi tukang pompa air terdekat untuk mengatasi masalah ini. 

Jangan lupa membaca artikel Rumah123.com untuk mendapatkan berita, tips, atau panduan yang menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Laman ini juga memudahkan bagi para pencari properti, penjual properti, hingga sekadar mengetahui informasi, karena Rumah123.com memang #AdaBuat Kamu.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti, hanya di Rumah123.com dan 99.co.

Terinspirasi

Terhibur

Biasa Saja

Tidak Menarik

Terganggu

Tidak Suka