Perhatikan ayat berikut berdasarkan qs al isra 17 26 berapakah hukum bacaan mad dalam ayat tersebut

وَءَاتِ ذَا ٱلْقُرْبَىٰ حَقَّهُۥ وَٱلْمِسْكِينَ وَٱبْنَ ٱلسَّبِيلِ وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا

Arab-Latin: wa āti żal-qurbā ḥaqqahụ wal-miskīna wabnas-sabīli wa lā tubażżir tabżīrā

Artinya: Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.

— Surat Al-Isra Ayat 26

Tersedia berbagai penafsiran dari berbagai mufassir terhadap kandungan surat al-isra ayat 26-27, misalnya sebagaimana tertera:

Dan berbuat baiklah kepada orang-orang yang masih terkait hubungan kekerabatan denganmu, dan berilah ia haknya dalam bentuk kebaikan dan bakti dan berilah orang miskin yang tidak memiliki sesuatu yang mencukupinya dan menutupi kebutuhannya, musafir yang terasing dari keluarga dan kehabisan bekal harta. Dan janganlah engkau belanjakan hartamu dalam urusan selain ketaatan kepada Allah atau secara berlebihan dan boros. (Tafsir al-Muyassar)

Wahai orang yang beriman! Berikanlah hak kerabat dekatmu berupa ikatan silaturahmi, juga berilah bantuan kepada orang miskin yang membutuhkan, dan orang yang kehabisan bekal dalam perjalanan, dan janganlah sekali-kali menggunakan hartamu dalam kemaksiatan, atau menghambur-hamburkannya secara boros. (Tafsir al-Mukhtashar)

Berilah kerabatmu hak-haknya berupa kebaikan dan silaturahmi. Dan berilah orang yang membutuhkan itu haknya berupa zakat, juga orang yang kehabisan bekal dalam perjalanannya. Sedekahkanlah kepada mereka sedekah nafilah ketika membutuhkan. Dan janganlah kamu menafkahkan harta benda kepada selain tempat yang disarankan oleh syariat. Hal itu melewati batas yang telah dipertimbangkan oleh syariat dalam urusan infak yang halal dan infak kepada selain yang berhak. Ayat ini diturunkan terkait nasihat kepada orang-orang itu (Tafsir al-Wajiz)

وَءَاتِ ذَا الْقُرْبَىٰ (Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat) Yakni berilah orang-orang yang dekat denganmu secara nasab. حَقَّهُۥ (akan haknya) Yakni hak disambungnya silaturrahim yang Allah perintahkan. وَالْمِسْكِينَ(kepada orang miskin) Yakni orang fakir yang tidak mampu lagi mencari penghidupan. وَابْنَ السَّبِيلِ (dan orang yang dalam perjalanan) Yakni orang yang kehabisan bekal dalam perjalanan. Yang dimaksud dengan bersedekah kepada mereka adalah sedekah sunnah atau sedekah wajib (zakat). وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا (dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros) Yakni berlebih-lebihan dalam membelanjakan harta meski untuk hal yang halal, dan membelanjakan harta untuk hal yang haram meski hanya sedikit. (Zubdatut Tafsir)

إِنَّ ٱلْمُبَذِّرِينَ كَانُوٓا۟ إِخْوَٰنَ ٱلشَّيَٰطِينِ ۖ وَكَانَ ٱلشَّيْطَٰنُ لِرَبِّهِۦ كَفُورًا

Arab-Latin: innal-mubażżirīna kānū ikhwānasy-syayāṭīn, wa kānasy-syaiṭānu lirabbihī kafụrā

Artinya: Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.

— Surat Al-Isra Ayat 27

Sesungguhnya orang yang melakukan pemborosan dan membelanjakan hartanya dalam maksiat kepada Allah mereka itu menyerupai setan-setan dalam hal keburukan, kerusakan dan maksiat. Dan setan itu sangat banyak kufurnya dan keras pengingkarannya terhadap nikmat tuhannya. (Tafsir al-Muyassar)

Sesungguhnya orang-orang yang menggunakan harta mereka dalam kemaksiatan, dan orang-orang yang menghambur-hamburkannya secara boros adalah saudara-saudara setan, mereka mentaati segala apa yang diperintahkan para setan tersebut berupa sikap boros dan menghambur-hamburkan harta, padahal setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya, ia tidak beramal kecuali dengan amalan maksiat, dan tidak pula memerintahkan kecuali dengan perintah yang mengundang kemurkaan Tuhannya. (Tafsir al-Mukhtashar)

Sesungguhnya orang-orang yang boros adalah pasangan (saudara) setan karena pemborosan itu termasuk godaan setan. Dan setan itu sangat kufur atas nikmat-nikmat Tuhannya. (Tafsir al-Wajiz)

إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوٓا۟ إِخْوٰنَ الشَّيٰطِينِ ۖ (Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan) Dan berlebih-lebihan dalam membelanjakan harta merupakan bagian dari godaan setan, sehingga jika ada orang yang melakukannya maka ia telah mentaati dan mengikuti setan. وَكَانَ الشَّيْطٰنُ لِرَبِّهِۦ كَفُورًا(dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya) Yang tidak berbuat kecuali keburukan dan tidak menyuruh kecuali menyuruh untuk berbuat keburukan. Dan orang yang menghambur-hamburkan harta adalah orang yang sangat ingkar terhadap nikmat Allah. (Zubdatut Tafsir)

Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Demikian beragam penafsiran dari kalangan ahli ilmu terhadap makna dan arti surat al-isra ayat 26-27 (arab, latin, artinya), semoga membawa manfaat untuk kita bersama. Sokonglah usaha kami dengan memberi hyperlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

1. Al-Fatihah2. Al-Baqarah3. Ali 'Imran4. An-Nisa5. Al-Maidah6. Al-An’am7. Al-A’raf8. Al-Anfal9. At-Taubah10. Yunus11. Hud12. Yusuf13. Ar-Ra’d14. Ibrahim15. Al-Hijr16. An-Nahl17. Al-Isra18. Al-Kahf19. Maryam20. Taha21. Al-Anbiya22. Al-Hajj23. Al-Mu’minun24. An-Nur25. Al-Furqan26. Asy-Syu'ara'27. An-Naml28. Al-Qasas29. Al-'Ankabut30. Ar-Rum31. Luqman32. As-Sajdah33. Al-Ahzab34. Saba35. Fatir36. Yasin37. As-Saffat38. Sad39. Az-Zumar40. Ghafir41. Fussilat42. Asy-Syura43. Az-Zukhruf44. Ad-Dukhan45. Al-Jatsiya46. Al-Ahqaf47. Muhammad48. Al-Fath49. Al-Hujurat50. Qaf51. Az-Zariyat52. At-Tur53. An-Najm54. Al-Qamar55. Ar-Rahman56. Al-Waqiah57. Al-Hadid58. Al-Mujadilah59. Al-Hasyr60. Al-Mumtahanah61. As-Saff62. Al-Jumu'ah63. Al-Munafiqun64. At-Taghabun65. At-Talaq66. At-Tahrim67. Al-Mulk68. Al-Qalam69. Al-Haqqah70. Al-Ma'arij71. Nuh72. Al-Jinn73. Al-Muzammil74. Al-Muddassir75. Al-Qiyamah76. Al-Insan77. Al-Mursalat78. An-Naba'79. An-Nazi'at80. 'Abasa81. At-Takwir82. Al-Infitar83. Al-Mutaffifin84. Al-Insyiqaq85. Al-Buruj86. At-Tariq87. Al-A'la88. Al-Ghasyiyah89. Al-Fajr90. Al-Balad91. Asy-Syams92. Al-Lail93. Ad-Duha94. Al-Insyirah95. At-Tin96. Al-'Alaq97. Al-Qadr98. Al-Bayyinah99. Az-Zalzalah100. Al-Adiyat101. Al-Qari'ah102. At-Takatsur103. Al-'Asr104. Al-Humazah105. Al-Fil106. Quraisy107. Al-Ma'un108. Al-Kautsar109. Al-Kafirun110. An-Nasr111. Al-Lahab112. Al-Ikhlas113. Al-Falaq114. An-Nas

1234567891011121314151617181920212223242526

1234567891011121314151617181920212223242526

1234567891011121314151617181920212223242526

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

  • هَلۡ اَتٰٮكَ حَدِيۡثُ الۡغَاشِيَةِؕ

    Hal ataaka hadiisul ghaashiyah

    1. Sudahkah sampai kepadamu berita tentang (hari Kiamat)?

    Juz Amma' (Juz ke-30) tafsir ayat ke-1

  • وُجُوۡهٌ يَّوۡمَٮِٕذٍ خَاشِعَةٌ

    Wujuuhuny yawma 'izin khaashi'ah

    2. Pada hari itu banyak wajah yang tertunduk terhina,

    Juz Amma' (Juz ke-30) tafsir ayat ke-2

  • 3. (karena) bekerja keras lagi kepayahan,

    Juz Amma' (Juz ke-30) tafsir ayat ke-3

  • 4. mereka memasuki api yang sangat panas (neraka),

    Juz Amma' (Juz ke-30) tafsir ayat ke-4

  • تُسۡقٰى مِنۡ عَيۡنٍ اٰنِيَةٍؕ

    Tusqoo min 'aynin aaniyah

    5. diberi minum dari sumber mata air yang sangat panas.

    Juz Amma' (Juz ke-30) tafsir ayat ke-5

  • لَـيۡسَ لَهُمۡ طَعَامٌ اِلَّا مِنۡ ضَرِيۡعٍۙ

    Laisa lahum ta'aamun illaa min darii'

    6. Tidak ada makanan bagi mereka selain dari pohon yang berduri,

    Juz Amma' (Juz ke-30) tafsir ayat ke-6

  • لَّا يُسۡمِنُ وَلَا يُغۡنِىۡ مِنۡ جُوۡعٍؕ

    Laa yusminu wa laa yughnii min juu'

    7. yang tidak menggemukkan dan tidak menghilangkan lapar.

    Juz Amma' (Juz ke-30) tafsir ayat ke-7

  • وُجُوۡهٌ يَّوۡمَٮِٕذٍ نَّاعِمَةٌ

    Wujuuhuny yawma 'izin naa'imah

    8. Pada hari itu banyak (pula) wajah yang berseri-seri,

    Juz Amma' (Juz ke-30) tafsir ayat ke-8

  • 9. merasa senang karena usahanya (sendiri),

    Juz Amma' (Juz ke-30) tafsir ayat ke-9

  • 10. (mereka) dalam surga yang tinggi,

    Juz Amma' (Juz ke-30) tafsir ayat ke-10

  • لَّا تَسۡمَعُ فِيۡهَا لَاغِيَةً

    Laa tasma'u fiihaa laaghiyah

    11. di sana (kamu) tidak mendengar perkataan yang tidak berguna.

    Juz Amma' (Juz ke-30) tafsir ayat ke-11

  • فِيۡهَا عَيۡنٌ جَارِيَةٌ‌

    12. Di sana ada mata air yang mengalir.

    Juz Amma' (Juz ke-30) tafsir ayat ke-12

  • فِيۡهَا سُرُرٌ مَّرۡفُوۡعَةٌ

    13. Di sana ada dipan-dipan yang ditinggikan,

    Juz Amma' (Juz ke-30) tafsir ayat ke-13

  • وَّاَكۡوَابٌ مَّوۡضُوۡعَةٌ

    14. dan gelas-gelas yang tersedia (di dekatnya),

    Juz Amma' (Juz ke-30) tafsir ayat ke-14

  • وَّنَمَارِقُ مَصۡفُوۡفَةٌ

    15. dan bantal-bantal sandaran yang tersusun,

    Juz Amma' (Juz ke-30) tafsir ayat ke-15

  • وَّزَرَابِىُّ مَبۡثُوۡثَةٌ

    16. dan permadani-permadani yang terhampar.

    Juz Amma' (Juz ke-30) tafsir ayat ke-16

  • اَفَلَا يَنۡظُرُوۡنَ اِلَى الۡاِ بِلِ كَيۡفَ خُلِقَتۡ

    Afalaa yanzuruuna ilalibili kaifa khuliqat

    17. Maka tidakkah mereka memperhatikan unta, bagaimana diciptakan?

    Juz Amma' (Juz ke-30) tafsir ayat ke-17

  • وَاِلَى السَّمَآءِ كَيۡفَ رُفِعَتۡ

    Wa ilas samaaa'i kaifa rufi'at

    18. dan langit, bagaimana ditinggikan?

    Juz Amma' (Juz ke-30) tafsir ayat ke-18

  • وَاِلَى الۡجِبَالِ كَيۡفَ نُصِبَتۡ

    Wa ilal jibaali kaifa nusibat

    19. Dan gunung-gunung bagaimana ditegakkan?

    Juz Amma' (Juz ke-30) tafsir ayat ke-19

  • وَاِلَى الۡاَرۡضِ كَيۡفَ سُطِحَتۡ

    Wa ilal ardi kaifa sutihat

    20. Dan bumi bagaimana dihamparkan?

    Juz Amma' (Juz ke-30) tafsir ayat ke-20