Peristiwa transpor zat yang terjadi sesuai pernyataan pernyataan diatas adalah

Dalam pembahasan ilmu Biologi kali ini kalian akan diajak untuk memahami mekanisme transpor pada membran. Dimana, dalam mekanisme transpor pada membran ini terbagi menjadi dua, transpor pasif dan transpor aktif. Lalu apa yang dimaksud dengan mekanisme transpor pada membran itu?

Secara umum, mekanisme transpor pada membran adalah proses keluar masuknya molekul melewati membran sel. Berbagai macam molekul, seperti glukosa, oksigen, dan karbondioksida senantiasa harus melewati membran sel untuk keluar-masuk sel dalam proses metabolisme. Metabolisme sendiri merupakan aktivitas untuk memenuhi kebutuhan energi yang diperlukan untuk hidup.

Berbagai macam molekul, seperti molekul makanan maupun gas oksigen dan karbondioksida senantiasa keluar-masuk sel dalam proses tersebut. Setiap molekul memiliki sifat yang khas, begitu pula membran sel. Transport membran selain merupakan sebuah proses gerakan, ternyata sangat dipengaruhi oleh interaksi antara membran sel dengan molekul-molekul yang ditranspor.

Adapun transpor pada membran ini memiliki banyak manfaat, diantaranya menjaga kestabilan pH, menjaga konsentrasi zat dalam sel, memperoleh pasokan zat makanan dan bahan energi, membuang sisa metabolisme yang beracun, serta memasok ion-ion penting ke dalam sel.

(Baca juga: Mekanisme Respirasi atau Pernapasan)

Disamping itu, dalam pergerakan zat melintasi membran ini dikelompokkan menjadi 2 macam, yaitu transpor pasif dan transpor aktif.

Transpor Pasif

Transpor pasif merupakan mekanisme perpindahan zat yang tidak membutuhkan energi. Dalam hal ini, transport pasif dibagi menjadi dua antara lain :

Ini adalah air atau pelarut bergerak dari area konsentrasi tinggi menuju area konsentrasi rendah melalui membrane semi permeable.

Ini adalah perpindahan zat menuruni gradient konsentrasi. Yaitu dari larutan berkonsentrasi tinggi (hipertonis) ke larutan dengan konsentrasi yang lebih rendah (hipotonik) sehingga konsentrasi kedua larutan tersebut sama (isotonis).

Transpor Aktif

Transpor aktif merupakan perpindahan suatu zat melalui membran dan memerlukan energi berupa ATP untuk memompa molekul melawan gradient konsentrasi. Adapun, dalam transpor aktif ini dibagi menjadi dua antara lain :

Ini merupakan proses membungkus molekul zat yang dipindahkan ke dalam sel dengan cara melipat membran sel. Membran sel yang terlipat akan membentuk kantung kemudian terlepas dari bagian luarnya kemudian membentuk vakuola endositik.

Ini merupakan proses pengeluaran zat-zat dari dalam sel akan berkumpul menjadi satu dengan dibungkus oleh vesikula yang berbentuk kantung yang kemudian bergerak mendekati permukaan sel. Vesikula yang telah bertemu dengan membran sel menyatu, kemudian terbuka sehingga molekul-molekul zat akan dilepaskan ke luar sel.

Lihat Foto

Ilustrasi transportasi sel

KOMPAS.com - Seperti yang telah kita pelajari sebelumnya, membran sel mempunyai sifat selektif yang berfungsi untuk mentransfer zat dari dan keluar sel.

Fungsi ini biasa disebut sebagai transportasi sel. Sistem tranportasi zat pada sel menurut penggunaan energinya menjadi dua, yaitu transpor aktif dan transpor pasif.

Dilansir dari Biokimia Kedokteran Dasar (2016), berikut penjelasan masing-masing sistem:

Transpor Pasif

Transpor pasif merupakan sistem tranportasi sel yang tidak menggunakan energi, melaikan secara langsung dan spontan.

Dalam tranpor pasif, zat yang ditransportasikan adalah zat-zat nonpolar seperti glukosa, air, dan oksigen.

Baca juga: Transformasi Energi dan Metabolisme Sel

Zat-zat polar akan sulit melewati membran sel, karena membran sel salah satu pembentuknya adalah lemak. Sistem transpor pasif terdiri atas difusi langsung, difusi terbantu, dan osmosis.

Difusi Langsung

Difusi adalah proses berpindahnya suatu zat yang berkonsentrasi tinggi menuju zat yang memiliki konsentrasi lebih rendah sehingga konsentrasi keduanya seimbang.

Difusi langsung terjadi secara spontan tanpa perantara dan energi. Difusi terjadi karena sifat dari molekul-molekul yang bergerak. Difusi langsung terjadi pada transpor oksigen dari luar ke dalam sel.

Lihat Foto

Ilustrasi transpor aktif

Difusi Terbantu

Difusi terbantu berlangsung ketika transpor glukosa dari luar ke dalam sel dibantu perantara protein.

Difusi terbantu terjadi karena glukosa tidak bisa melewati membran sel dengan sendirinya. Agar glukosa bias melewati membran dan masuk ke dalam sel, glukosa diikat pada protein pembawanya.

Lihat Foto

Ilustrasi transportasi sel

KOMPAS.com - Membran sel mempunyai sifat selektif yang berfungsi untuk mentransfer zat dari dan keluar sel. Fungsi ini biasa disebut sebagai transportasi sel.

Simak contoh soal UAS mengenai transportasi sel dan pembahasannya:

1. Jelaskan perbedaan trasnpor aktif dan pranspor pasif pada sel, sertakah contoh keduanya!

Jawaban:

Dilansir dari Microbe Notes, transpor aktif memerlukan energi dan protein karena memindahkan molekul dari konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi atau melawan gradien konsentrasi.

Sedangkan transport pasif tidak memerlukan energi dan potein karena molekul berpindah sendir dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah.

Transpor aktif berjalan sangat cepat dan sesuai kebutuhan sel, sedangkan transport pasif berjalan dengan lambat dan menjaga keseimbangan sel secara otomatis.

Contoh peristiwa transport aktif adalah pompa ion, endositosis, dan eksositosis. Adapun contoh peristiwa transport pasif adalah difusi langsung, difusi terbantu, dan osmosis.

2. Apakah yang dimaksud dengan osmosis?

Jawaban:


Nita290 @Nita290

December 2018 1 60 Report

Perhatikan pertanyaan pertanyaan berikut! 1) terjadi transpor zat melalui membran.
2)memerlukan energi.
3)berjalan melawan arah gradien konsentrasi.
4)dipengaruhi oleh muatan listrik didalam dan di luar sel.

peristiwa transpor zat yang terjadi sesuai pernyataan-pernyataan diatas adalah...


indrra Transport aktif
yaitudifusi terbantu

0 votes Thanks 2

More Questions From This User See All


Nita290 February 2019 | 0 Replies

Suatu suku banyak f(x) dibagi x-1 sisa 2dan dibagi x-2 dan sisa 3. suku banyak g(x) dibagi x-1 sisa 5 dan dibagi x-2 sisa 4. jika h(x)=f(x)g(x), sisa pembagian h(x) oleh x2-3x+2 adalah...#please
Answer

Nita290 January 2019 | 0 Replies

A) klasifikasikan kata berikut ke dalam kata baku dan tidak baku. sertakan perbaikan untuk kata yang termasuk kata tidak baku.1)apotek2)antri3)cendekiawan4)hembus5)frekwensi6)jenazah7)katagori8)miliar9)nafas10)objekB)buatlah kalimat dengan kata kata tersebut!
Answer

Nita290 January 2019 | 0 Replies

Tentukanlah reaksi dibawah ini termasuk reaksi eksoterm atau reaksi endoterm: 1)air menjadi es 2)lilin di bakar 3)proses fotosintesis 4)keringat setelah joging 5)embun setelah hujan 6)ledakan nuklir 7)fermentasi tempe 8)gula menjadi karamel 9)es mencair #please
Answer

Nita290 January 2019 | 0 Replies

Seperti because diubah menjadi if (jika) write the conditional sentence type 2 based on each fact! 1)because erwin is busy, he cancels his plan to go on a trip. 2)because my sister breaks my precious mug, i get angry. 3)because her mother asks her to stay at home, she does not go to meet you. 4)because liliana procrastinates,she is be late in submitting her work. 5) because i don't live nearby, i am not able to accompany you.
Answer

Nita290 January 2019 | 0 Replies

Seperti because diubah menjadi if (jika) write the conditional sentence type 2 based on each fact! 1) because my father doesn't have much money, he will not buy the luxurious car 2)because you are my friend, i will stay. 3)because kyo overworks, he gets hospitalized due to the lack of rest. 4)because tiara cannot speak french,she gets some troubles. 5)because i am not okay,i complain. #please
Answer

Nita290 January 2019 | 0 Replies

Write the un real condition 1) because he doesn't pass the final test, he will not study abroad. 2) because henry is kindly hearted person, she will love him 3) because you are not at my home now, she doesn't visit us #please
Answer

Nita290 December 2018 | 0 Replies

Lemparan yang dilakukan jika pemain lawan lebih tinggi dari kita dalam bola basket adalah...
Answer

Nita290 December 2018 | 0 Replies

Dalam suatu percobaan sederhana,sepotong kentang dimasukkan kedalam gelas beker berisi larutan gula berkonsentrasi tinggi. setelah beberapa saat kentang tersebut menyusut dan massanya berkurang.hal ini berarti dalam percobaan tersebut telah terjadi peristiwa...
Answer

Nita290 December 2018 | 0 Replies

1) bilangan kuantum dari elektron terakhir suatu atom unsur dengan nomor atom 40 adalah... 2)kombinasi bilangan kuantum elektron yang tidak diizinkan adalah... 3)ion X pangkat 2+memiliki konfigurasi elektron 1s2, 2s2, 2p6. Harga keemapat bilangan kuantum elektron valensi atom X adalah.. 4). Bilangan kuantum yang mungkin untuk elektron yang terletak pada orbital dengan tingkat energi tertinggi pada atom 15p adalah.. 5). Suatu atom memiliki elektron terakhir dengan bilangan kuantum n=4; 1=2;m=1; dan s=1/2 jumlah elektron yang tidak berpasangan dalam atom tersebut adalah... #please langsung dengan caranya.
Answer

Nita290 December 2018 | 0 Replies

1). bilangan kuantum magnetik menunjukkan... 2). Unsur X bernomor atom 8, maka harga keempat bilangan kuantum elektron terakhir unsur tersebut adalah... 3). Suatu atom X mempunyai elektron terakhir pada 3d pangkat 7 bilangan kuantum elektron terakhir itu adalah.. Please langsung dengan caranya.
Answer

Recommend Questions



dila250901 May 2021 | 0 Replies

mohon di jawab yang nomor 6 ya


FelixBenaya21 May 2021 | 0 Replies

Kerjakan semua pertanyaan di bawah ini dengan benar beserta penjelasannya! 1. Apa saja unsur-unsur cuaca? Apa perbedaan antara iklim dan cuaca? 2. Sebanyak 1 m³ udara pada suhu 20°C mengandung 14,6 g uap air. Uap jenuh pada suhu itu tercapai jika udara mengandung 24 g/m³. Berapa besar kelembapan nisbinya? 3. Jelaskan proses terbentuknya awan hingga mendatangkan hujan di Bumi. (TOLONG CEPETAN DIJAWAB MAU DIKUMPULIN SOALNYA DAN DIJAWAB SEMUANYA YA! DAN DIBERI PENJELASANNYA YA! SERTA TERIMA KASIH BANYAK BAGI YANG SUDAH MENJAWAB PERTANYAAN BIOLOGI TERSEBUT DENGAN JELAS DAN BENAR)


gyakya May 2021 | 0 Replies

tolong jawab ya makasih ya..:)maaf ya kalo tulisan nya jelek


abraham07 May 2021 | 0 Replies

Vertebrata merupakan suatu anak filum darihewan yang memiliki sumbu sarat atau otakdengan tubuh yang dilengkapi rangka dalam.Anggota Vertebrata tersebut adalah.


namira888 May 2021 | 0 Replies

berikan contoh proses perubahan bentuk sempurna dan tidak sempurna


ShalsabilaPutri11 May 2021 | 0 Replies

cara menanam binahong merah dari biji


dreyy64 May 2021 | 0 Replies

apakah Bintang Melakukan Gerak Revolusi?


cherylkeisha23 May 2021 | 0 Replies

tolong di jawab ya Thanks


ReisyaLestari May 2021 | 0 Replies

RUMPUT ➡BELALANG ➡BURUNG KECIL➡ULAR➡BURUNG ELANG rantai makanan seperti pada gambar dapat ditemukan pada ekosistem . . . . . a. rawa b. danau c. laut dalam d. padang rumput


wahyu271221 May 2021 | 0 Replies

mengapa orang yang menderita talasemia dapat mengalami kekurangan oksigen?


Video yang berhubungan