Sebutkan enam faktor faktor yang mempengaruhi kebutuhan hidup manusia

Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia - Setiap orang tentu memiliki kebutuhan yang berbeda, tidak mungkin sama antara satu dengan yang lainnya. Apa sajakah faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia? Pertanyaan tersebut akan penulis bahas dalam artikel dibawah ini. Beberapa faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia akan kita bahas secara lengkap beserta contoh-contohnya.

Secara umum, kebutuhan manusia memang tidak ada batasnya. Hal ini karena sifat manusia memang tidak gampang puas apabila telah memiliki sesuatu. Dalam artikel ini, penulis menyimpulkan bahwa terdapat 11 faktor yang mempengaruhi kebutuhan hidup manusia. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan mengenai faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia dalam hidupnya.

Faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia pertama adalah "faktor sosial atau status ekonomi". Maksud dari faktor ini yaitu setiap orang yang memiliki status sosial atau status ekonomi yang lebih tinggi tentu berbeda kebutuhannya dengan status yang rendah. Contohnya, orang yang memiliki status lebih tinggi cenderung membeli sesuatu dengan melihat merek yang ia beli. Mulai dari alat-alat rumah tangga, makanan, sampai fasion yang digunakan. Sementara orang yang status sosialnya rendang rata-rata tidak mementingkan merek yang ia gunakan.

Baca : Kebijakan Ekonomi Masa Orde Baru

Faktor kondisi alam merupakan faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia setiap harinya. Maksud dari faktor ini adalah manusia akan menyesuaikan kebutuhan hidupnya berdasarkan alam sekitar mereka. Contohnya yaitu orang yang hidup di daerah dingin seperti di negara-negara eropa mereka lebih memilih menggunakan pakaian hangat dan tebal untuk dapat menahan cuaca yang sangat dingin, sementara itu orang yang hidup di iklim tropis lebih memilih menggunakan pakaian yang tipis, hal ini karena cuaca yang tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas. Sehingga kondisi alam merupakan salah satu yang mempengaruhi kebutuhan manusia.

Faktor ketiga adalah faktor jenis kelamin. Jenis kelamin manusia dibedakan menjadi dua, yakni laki-laki dan perempuan. Jenis kelamin dapat dikatakan sebagai faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia karena setiap laki-laki dan perempuan memiliki kebutuhan yang berbeda dalam hidupnya. Contohnya kebutuhan perempuan banyak sekali seperti tas, make up, berlian, perhiasan dan gaun serta pakaian yang menarik. Sedangkan pria cenderung menyukai kebutuhan seperti koleksi jam tangan, motor, dan sepatu olahraga.

Faktor agama juga salah satu yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Contohnya adalah pakaian muslim dan makanan saat menjelang idul fitri sangat dibutuhkan bagi umat islam, kemudian hari-hari besar agama lainnya juga sama. Setiap menjelang hari-hari besar keagamaan, kebutuhan manusia akan meningkat hal ini lah yang menyebabkan agam menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia.

Baca : Kondisi Ekonomi Indonesia Pada Awal Kemerdekaan

Selanjutnya faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia adalah faktor profesi atau jenis pekerjaan. Faktor ini sangat mempengaruhi kebutuhan manusia karena masing-masing jenis pekerjaan memiliki kebutuhan yang berbeda. Contohnya seorang nelayan membutuhkan jala untuk mencari ikan, dan seorang petani membutuhkan cangkul untuk bertani.

Faktor adat istiadat juga salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan hidup manusia. Hal ini karena setiap adat memiliki tradisi tersendiri / berbeda-beda satu sama lainnya. Contohnya adat pernikahan antara masyarakat di Pulau Sulawesi berbeda dengan masyarakat yang ada di Jawa. Di Jawa mahar pernikahan hanya berupa seperangkat alat sholat saja pun bisa. Sementara itu, di Sulawesi tentu berbeda dengan yang ada di Pulau Jawa

Kemudian faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia yang ke tujuh adalah umur / usia. Contohnya kebutuhan bayi dengan kebutuhan remaja, kemudian antara remaja dan dewasa pun terdapat perbedaan kebutuhannya. 

Faktor ke delapan yaitu kegemaran atau hobi. Contohnya orang yang memiliki hobi sepak bola dan hobi balap motor tentu memiliki perbedaan kebutuhan dalam hidupnya. Orang yang hobi sepak bola tentu memiliki kebutuhan seperti beli bola, kostum bola, kursus sepak bola. Sementara orang yang memiliki hobi balap memiliki kebutuhan seperti membeli perlengkapan motornya dll. Oleh karena itu, hobi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia.

Faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia yang selanjutnya adalah faktor kepuasan. Setiap orang yang tidak gampang puas cenderung memiliki kebutuhan yang lebih banyak dibandingkan dengan orang yang memiliki tingkat kepuasan yang cukup tinggi.

Tingkat pendidikan seseorang juga mempengaruhi kebutuhan manusia. Semakin tinggi pendidikan seseorang, maka ia memiliki kebutuhan yang banyak dan beragam. Contohnya pelajar SMP hanya membutuhkan alat tulis berupa pelajaran, pulpen dan tas. Sementara di tingkat yang lebih tinggi seperti mahasiswa ia memiliki kebutuhan yang lebih banyak. Contohnya leptop dan biaya kos. Oleh karena itu, tingkat pendidikan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. 

Itulah 11 Faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia dan contohnya secara lengkap dan jelas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Jangan lupa share dan baca artikel lainnya yang menarik. Kurang labihnya penulis mohon maaf, sekian terimakasih.

Share ke teman kamu:

Tags :

Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia – Setiap masyarakat tentunya mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda yang harus mereka penuhi.

Artinya  disni ialah kebutuhan merupakan suatu hal yang sangat utama dan wajib dipenuhi, sebab hal tersebut bisa membuat hidup semakin berjalan dan berkembang.

Ada beberapa macam kebutuhan manusia yang harus terpenuhi didalam hidupnya, apabila Anda meilhat dari kesungguhanya maka kebutuhan itu terbagi  menjadi kebutuhan mutlak, kebutuhan primer, kebutuhan sekunder serta kebutuhan tersier.

Sedangkan menurut social dan budaya terbagi menjadi kebutuhan psikologis dan kebutuhan social. Namun berbeda lagi jika  menurut subjek yakni terbagi menjadi kebutuhan individual dan kolektif.

Walaupun setiap individu harus memenuhi segala kebutuhan dalam hidupnya, pastinya kebutuhan dari masing-masing individu satu dengan yang lainya tidak lah sama.

Ditambahkan lagi dizaman yang semakin berkembang ini, menjadikan kebutuhan manusia menjadi terus meningkat dan membuat individu mempunyai kebutuhan yang berbeda, sampai-sampai kebutuhan itu sangatlah banyak dalam jumlah yang tidak ada batasnya.

Kebutuhan yang berbeda-beda inilah yang menjadikan usaha dalam dalam melakukan pemenuhan kebutuhan manusia antara satu dengan yang lainya berbeda.

Contohnya saja, kebutuhan manusia yang tinggal di daerah pegunungan pastinya berbeda dengan manusia yang menetap di daerah pesisir. Ini menunjukan kalau ada macam-macam kebutuhan manusia dan alat pemuasnya.

Maka apa sajakah faktor yang mempegaruhi kebutuhan dan keinginan manusia menurut pendapat para ahli ? Silahkan simak penjelasanya di bawah ini.

1. Faktor Kondisi Alam

Faktor pertama yang mempengaruhi kebutuhan manusia ialah faktor kondisi alam. Kondisi alam sendiri sangatlah berhubungan dengan kebutuhan yang wajib dipenuhi manusia.

Pada hakikatnya setiap individu akan selalu melakukan usaha serta upaya demi memenuhi kebutuhan sesuai dari kondisi alam dimana orang tersebut tinggal.

Contohnya saja, orang yang tinggalnya dengan kondisi cuacu dingin, pastinya memerlukan selimut maupun pakaian yang tebal yang mana bisa menahan hawa dingin.

Namun berbeda untuk orang yang tinggalnya di daerah yang  lumaya panas, pastinya akan lebih memerlukan pakaian yang tipis dengan bahan yang dingin.

2. Faktor Kepercayaan Agama Yang Dianut

Ajaran agama serta kepercayaan yang dianut akan menjadikan kebutuhan yang dimilikinya akan selalu berbeda satu dengan yang lainya. Contohnya saja untuk orang islam, pasti makanan yang masuk dalam kategori haram seperti babi tidak  diperbolehkan untuk dikonsumsi karena islam melarang hal tersebut.

Lain halnya dengan umat hindu dilarang untuk memakan sapi karena mereka mengaggap sapi hewan suci.

Dari kasus yang ada diatas tentunya Anda sudah dapat melihat perbedaan yang mana akan menimbulkan kebutuhan satu sama lainya tidak akan sama. Masing-masing agama memerlukan alat pemenuhan kebutuhanya masing-masing yang dipakai untuk menunaikan ibadah.

Bukan hanya itu saja, ketika ada perayaan agama juga akan terlihat sangat jelas perbedaan kebutuhan yang dibutuhkan masing-masing agama.

Contohnya umat islam merayakan Idul Fitri pastinya memerlukan busana muslim untuk merayakan hari raya besar tersebut.

Sedangkan umat hindu ketika merayakan Nyepi mereka memerlukan patung-patung sebagai symbol dari budaya mereka.

3. Faktor Adat Istiadat

Adat istiadat yang saat ini masih ada dan berlaku dalam masyarakat akan sangat mempengaruhi dari kebutuhan yang dimiliki oleh setiap manusia.

Hal tersebut disebabkan karena adat dan tradisi yang ada akan mempengaruhi perilaku serta tujuan hidup dari kelompok masyarakat yang ada pada tempat tersebut.

Karena tradisi dan adat yang dimiliki masing-masing tidaklah sama sehingga membuat setiap kebutuhan satu sama lainya tentu berbeda.

Contohnya saja upacara perkawinan dari tiap-tiap adat Lampung akan berbeda dengan pernikahan yang memakai adat Palembang, dengan begitu kebutuhan yang diperlukanya juga berbeda.

4. Faktor Pekerjaan atau Profesi

Masing-masing manusia pastinya mempunyai pekerjaan serta profesi yang tidak sama antara satu dengan yang lainya, yang menyebabkan kebutuhan hidup yang berbeda pula.

Contohnya saja profesi Dosen pastinya mempunyai kebutuhan yang berbeda dengan profesi sebagai tukang bangunan.

Apabila Dosen memerlukan alat tulis, buku dan perlengkapan mengajar  lainya, beda halnya dengan Tukang bangunan yang memerlukan alat-alat seperti palu, golok, gergaji dan linggis.

5. Tingkat Peradaban

Semakin tingginya peradaban/zaman yang ada di suatu masyarakat, maka akan menjadikan kebutuhan satu sama lainya berbeda dan juga membuat kualitas serta mutu kebutuhan yang dimilikinya juga akan semakin tinggi.

Apabila pada zaman purba, kebutuhan manusia masih sangat sedikit sekali namun sering dengan berjalan waktu dan perkembangan peradaban yang sudah ada dan membuat kebutuhan manusia yang dimiliki manusia tambah banyak.

Setiap manusia akan selalu berusaha demi memenuhi semua kebutuhan hidupnya untuk dapat mencapai kemakmuran dalam hidupnya.

Contohnya saja bila dulu manusia tidak memerlukan kendaraan, namun saat ini kendaraan dapat menjadi kebutuhan utama dan penting soalnya dapat mengefesiensikan waktu yang dimilikinya supaya cepet menyelesaikan pekerjaan atau dapat cepat sampai tujuan.

Tidak hanya itu saja kebutuhan menusia keinginan modern pasti mempunyai cita rasa yang meiningkat sehingga menjadikan manusia mempunyai keinginan kebutuhan yang kualitasnya semakin tinggi.

Dengan hal tersebut maka menjadikan tingkat peradaban yang terdapat di dalam masyarakat sangat berpengaruh pada kebutuhan manusia.

6. Faktor Penghasilan

Bukan hanya saja dari faktor pekerjaan, besar atau kecilnya penghasilan yang dimiliki setiap orang akan sangat mempengaruhi kebutuhan masing-masing.

Contohnya saja orang yang mempunyai penghasilan pas-pasan pastinya hanya akan memenuhi kebutuhan pokoknya saja. Tetapi untuk orang yang mempunyai penghasilan besar, maka pastinya tingkat kebutuhan yang dimilikinya semakin tinggi.

Seseorang yang mempunyai penghasilan rendah pasti akan merasa kesulitan untuk dapat memenuhi kebutuhan selain kebutuhan primer.

Sedangkan untuk orang yang mempunyai penghasilan besar pasti saja dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan primer, sampai kebutuhan sekunder dan tersiernya.

7. Faktor Umur

Faktor yang sangat berpengaruh pada kebutuhan yang dimilikinya dan masing-masing individu ialah dari faktor umur. Kebutuhan yang dimiliki oleh tingkatan umur masing-masing akan sangat berbeda.

Contohnya saja kebutuhan yang dimiliki anak-anak akan begitu berbeda jauh dari kebutuhan yang dimilikinya oleh orang dewasa.

8. Faktor Tingkat Kepuasan

Setiap individu pastinya mempunyai tingkat kepuasan antara satu dengan yang lainya tidaklah sama. Tingkat kepuasan ini lah yang akhirnya akan berhubungan dengan kebutuhan hidup yang dipunyainya.

Apabila seseorang itu sulit merasa puas dengan apa yang dimiikinya di dalam hidup, maka pastinya akan menjadikan kebutuhan yang dimilikinya menjadi semakin banyak jika dibandingkan dengan orang lain.

Kepuasan seseorang terhadap penawaran suatu barang mampu membuat konsumen menjadi lebih tertarik untuk memiliki suatau barang atau menggunakan suatu  jasa.

9. Faktor Hobi atau Kegemaran

Faktor yang lainya ialah faktor yang dapat menyebabkan seseorang mempunyai kebutuhan yang berbeda satu sama lainya ialah pada hobi atau kegemaran yang dimilikinya.

Contohnya saja, orang yang mempunyai hobi vollyball maka pastinya memerlukan sepatu voly dan bola voly. Namun berbeda dengan orang yang hobinya bersepedah mereka  lebih memerlukan perlengkapan sepedahnya.

10. Faktor Pendidikan

Pastinya faktor Pendidikan yang sedang ditempuhnya juga dapat mempengaruhi kebutuhan setiap manusia. Perbedaan tingkatan Pendidikan akan sangat mempengaruhi kebutuhan manusia.

Contohnya kebutuhan yang diperlukan anak SD pastinya tidak  sama dengan kebutuhan yang diperlukan dengan anak SMA, ditambah lagi dengan kebutuhan yang diperlukan untuk Mahasiswa jauh lebih berbeda.

11. Faktor Jenis Kelamin

Perbedaan dari jenis kelamin atau gender pastinya juga akan begitu mempengaruhi kebutuhan yang dimiliki seseorang yang pastinya tidak  dapat dilupakan.

Soalnya kebutuhan seorang pria akan sangat berbeda dengan kebutuhan dari pria, sampai-sampai kebutuhan dari seorang wanita sangat cenderung lebih banyak sekali bila dibandingkan dengan kebutuhan pria.

Seorang wanita sangat memerlukan tas, make up, berlian, gaun, perhiasan dan lain-lain. Akan tetapi seorang pria lebih cenderung memerlukan beberapa hal yang berkaitan dengan sport, otomotif dan lain-lain.

12. Faktor Teknologi

Apabila dulunya mungkin HP atau televisi tidak begitu diperlukan, akan tetapi dengan seiring berkembangya  zaman dan teknologi menjadikan manusia memerlukan alat-alat yang mana bisa memudahkan pekerjaan dan hal lainya dalam kehidupan kita.

Pastinya juga saat ini manusia tidak heran lagi bisa berbicara dan berkomunikasi melalui hadphone.

Namun dulunya bila kita ingin berkomunikasi pastinya kita sangat membutuhkan surat, telegram dan bantuan lainya. Hal tersebut terjadi karena disebabkan oleh teknologi yang terus berkembang.

Dengan adanya hadphone, pastinya membuat orang semakin lebih mudah dalam berkomunikasi.

Sampai-sampai saat ini handphone menjadi kebutuhan yang sangat penting jika dibandingkan dengan makanan maupun pakaian.

13. Jumlah Penduduk

Disini yang dimaksud dengan jumlah penduduk ialah jumlah dari individu yang tinggal dalam sebuah lingkungan masyarakat atau keluarga. Apabila anggota semakin terus bertambah, pastinya kebutuhan yang dimilikinya akan terus bertambah juga.

Berbeda halnya apabila saat ini Anda belum menikah dan belum mempunyai anak, pastinya kebutuhan akan jauh lebih sedikit.

14. Faktor Penyakit

Munculnya penyakit dalam yang berada dalam tubuh seseorang pastinya akan menyebabkan munculnya perubahan pada pemenuhan kebutuhan, baik perubahan fisikologis  maupun psikologi.

Hal tersebut ditimbulkan oleh beberapa fungsi dari organ yang terdapat di dalam tubuh memerlukan pemenuhan kebutuhan yang lebih besar jika dibandingkan yang seperti umumnya.

15. Iklan atau Promosi

Pada zaman yang sudah serba modern, pastinya saja kebutuhan setiap manusia  akan banyak di pengaruhi oleh produk-produk maupun promosi yang dilakukan lewat media masa yang ada saat ini.

Contohnya saja, sering sekali seseorang mudah terpengaruh untuk membeli sesuatu karena adanya iklan atau promosi yang muncul di televisi, radio maupun media social lainya.

Pada dasarnya dibuatnya iklan dirancang supaya bisa mepengaruhi pemikiran setiap konsumen apabila produk tersebut memang sangat diperlukan dan sesuai dengan kebutuhan yang dicari oleh konsumen.

Hal ini merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi permintaan suatu barang.

16. Status Sosial

Status social merupakan sebuah kedudukan atau tingkat dalam kehidupan bermasyarakat yang didapat dengan sendirinya secara otomatis.

Misalnya saja orang yang berasal dari kalangan atas/priyai mereka mempunyai kebutuhan yang sangat beragam sebagai konsekuensi dari  status sosialnya dalam suatu masyarakat

17. Faktor Mode

Bila kita perhatikan saat ini secara tidak langsung mode atau fahion. Dulunnya kita hanya memerlukan kaos biasa untuk terlihat keren, namun saat ini orang-orang mulai memerlukan jaket, cardigan, serta jaket keren.

Sebenarnya faktor mode ini terlihat sangat nyata pada wanita dan juga pria yang tempat tinggalnya di kota.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia Dan Contoh semoga dengan penjelasan di atas dapat membantu Anda dan menambah wawasan Anda.

Terimakasih atas kunjunganya dan jangan lupa untuk kunjungi artikel lainya !!