Shortcut pada Keyboard di aplikasi Blender untuk menggabungkan beberapa objek adalah
Pada umumnya setiap user akan lebih mudah menggunakan sebuah aplikasi jika dibantu dengan penggunaan Shortcut atau perintah dasar yang dapat dilakukan dengan menggunakan keyboard.
untuk mengubah antara "edit mode" dan "object select mode" Untuk mengaktifkan "proportional vertex editing" pada "edit mode" Untuk memilih semua vertices/vertex yang ada pada sebuah objek Untuk memilih banyak objek dengan menggunakan windows drag Untuk menampilkan menu tool Untuk mengontrol view. "7" untuk Top, "1" untuk Front, "3" untuk side, "0" untuk camera, "5" untuk Perspective, "." untuk memperbesar objek yang telah dipilih, "+" dan "-" untuk memperbesar atau memperkecil. Klik kiri berfungsi untuk mengubah, klik kanan untuk memilih, klik tengah atau scroll berfungsi untuk memperbesar dan merotasi view. Untuk memilih objek lebih dari satu dengan cara menaham tombol shift dan klik kanan Untuk pembuatan frame dalam sebuah animasi Untuk merotasi sebuah objek atau vertices Untuk mengatur skala objek atau vertices Untuk memindahkan sebuah objek atau vertices Untuk memisahkan Vertices yang dipilih menjadi sebuah objek di dalam "edit mode" untuk menduplikat sebuah objek atau vertices Untuk meng-extrude vertices yang telah dipilih dalam "edit mode" Di dalam object mode berfungsi untuk menampilkan single user menu, sedangkan di dalam edit mode berfungsi sebagai undo. Untuk memindahkan objek ke layar lain. di dalam edit mode berfungsi sebagai mirror Untuk merubah view dari wireframe menjadi solid. Untuk merubah view tekstur atau tembus pandang. Untuk membuat atau menghapus hubungan parent/child Untuk menggabungkan objek. Untuk menjalankan animasi Untuk membuat sebuah sisi pada edit mode Untuk menghapus objek, vertices, atau sisi. Untuk memasukan animasi Untuk menampilkan "Global Undo Command". Untuk mengkonversi menjadi mesh, text, dan curves Untuk menampilkan seluruh layar atau hanya pada viewport yang aktif saja. Untuk memilih sebuah camera.
Blender adalah produk profesional gratis dan perangkat lunak komputer open-source 3D grafis yang digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, seni, 3D model, aplikasi 3D interaktif dan video game. Blender mempunyai banyak shortcut yang mempermudah pengguna dalam merancang objek. Berikut beberapa shortcut yang terdapat dalam blender :
Page 2Loading Preview Sorry, preview is currently unavailable. You can download the paper by clicking the button above.
Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Cara Menggabungkan Objek di Blender. Menggabungkan objek di blender banyak langkahnya tergantung kita mau menggabungkan bagian apa pada objek apakah menggabungkan objek secara keseluruhan atau hanya pada vertex, edge, atau faces yang ingin kita gabungakan dengan objek lainnya. Hal yang pertama harus kita lakukan adalah menggabungan 2 objek menjadi satu objek sehingga ketika edit mode kedua objek tersebut dapat terseleksi. Saya contohkan disini akan menggabungkan 2 objek kubus menjadi 1 objek kubus. langkahnya adalah sebagai berikut : 1. Seleksi semua objek dengan menekan tombol shift dan klik kedua objek 2. Tekan kombinasitombol keyboard CTRL+J (supaya kedua objek tersebut bisa di lakukan edit mode) ditandai dengan objek teseleksi dengan warna seleksi yang sama. 3. Masuk pada edit mode, seleksi vertex, adge, atau faces yang ingin digabungkan.pada contoh kal ini saya ingin mengabungkan faces. 4. Seleksi faces yang ingin digabungkan dengan menekan tombol shift dan seleksi faces. 5. Tekan kombinasai tombol keyboard CTRL+E maka akan muncul menu pop up. 6. Pilih Bridge Edge Loops, maka secara otomatis faces yang diseleksi akan bergabung menjadi 1. 7. Jika sahabat otodidak ingin memodifikasi bridge edge loops, maka pojok kiri akan muncul menu pop up bridge edge loops.
Sekian pembahasan mengenai cara menggabungkan objek di blender dengan tools bridge edge loops, semoga bermanfaat, jika mengalamai kesulitan dalam mempraktikannya, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. |