Terjadi pada fase apa hewan amfibi tersebut bernapas dengan insang?

Jakarta -

Katak adalah salah satu jenis hewan amfibi atau hewan yang dapat hidup di dua tempat yaitu darat dan air. Daur hidup katak dimulai dari telur dan setelah itu menjadi kecebong.

Saat masih berupa telur dan kecebong, katak akan tinggal di dalam air. Daur hidup katak ini disebut metamorfosis sempurna karena bentuk tubuhnya berubah drastis di setiap tahapannya.

Baca juga: Katak Papua Hidup di Ketinggian 3.000 Mdpl

Berikut adalah daur hidup katak yang harus dipahami oleh detikers yang dikutip dari situs homescincetools:

1. Telur

Daur hidup katak dimulai dari telur yang telah dibuahi. Katak betina dapat bertelur banyak sekali dalam kolam. Telur mengapung di atas air berbentuk gumpalan atau jeli. Setelah itu telur akan segera menetas menjadi berudu.

2. Kecebong

Saat kecebong menetas, katak akan terlihat seperti ikan kecil. Kecebong tidak memiliki kaki. Kecebong memiliki insang yang dapat membuat dirinya bernapas di bawah air. Kecebong berenang, memakan tumbuhan dan ganggang air, dan tumbuh menjadi kecebong selama beberapa minggu.

Pada saat ini kecebong mulai mengembangkan paru-paru untuk bernafas persiapan menjadi katak. Kecebong juga mulai menumbuhkan dua kaki belakang yang digunakan untuk melompat dan berenang. Meskipun kecebong terlihat seperti katak, kecebong masih memiliki ekor yang sangat panjang.

Baca juga: Dilelang, Resep Obat Pakai Muntahan Kodok dari Sir Isaac Newton


3. Katak Muda

Kecebong menumbuhkan dua kaki depan dan ekornya yang panjang menjadi semakin pendek. Kecebong menggunakan nutrisi yang tersimpan pada ekornya sebagai makanan sampai ekornya benar-benar hilang.

Setelah ekornya tinggal sedikit, kecebong berubah menjadi katak muda. Saat menjadi katak muda, katak melompat dari air ke tanah air untuk pertama kalinya.

4. Katak Dewasa

Ekor katak akan hilang. Setelah itu katak akan mulai memakan serangga bukan lagi tanaman dari air. Katak muda akan tumbuh menjadi katak dewasa sekitar 2-4 tahun hingga menjadi katak dewasa. Katak dewasa kemudian bertelur dan lebih banyak kecebong menetas dan memulai siklus lagi.

Itu tadi adalah penjelasan mengenai daur hidup katak. Selain katak terdapat beberapa hewan yang juga memiliki metamorfosis sempurna seperti misalnya nyamuk, semut, dan lebah.




(pal/pal)

Video