Tombol keyboard yang digunakan untuk menampilkan Material adalah tombol

Menyiapkan soal untuk ujian berbasis CBT dengan menggunakan Moodle, salah satunya mengunakan notepad untuk menuliskan soal ujiannya, yang kemudian akan diimport ke moodle dengan format aiken.

Tombol keyboard yang digunakan untuk menampilkan Material adalah tombol
Penulisan soal dengan notepad, aiken

Berikut contoh penulisan soal format aiken dengan menggunakan notepad, kali ini contoh soal untuk materi Animasi 2 Dimensi (2D).

Bentuk circle, uv sphere, cone terdapat pada adding objekA. mesh     B. surface     C. metaball    D. lattice    E. curveANSWER: AUntuk melakukan rotasi object key yang dapat kita gunakan adalahA. r    B. a    C. g    D. s    E. xANSWER: AX, y dan z termasuk ke dalam A. garis vertex     B. titik koordinat     C. garis normal     D. texture    E. mode 3dimensiANSWER: BDalam tool add mesh ada beberapa pilihan antara lain A. ioshere    B. path    C. force    D. bezier    E. ballANSWER: AUntuk mengubah ukuran object key yang bisa kita gunakan adalahA. a     B. s     C. g     D. x     E. r ANSWER: B    Fungsi user preference adalahA. membuka dan menyimpan data file     B. mengedit key frame     C. tempat utama objek 3d     D. mengatur setting aplikasi blender     E. untuk display phyton scripting     ANSWER: DGrab/move digunakan untukA. memutar objek    B. menggeser objek     C. membalik objek     D. mengedit objek    E. merubah bentuk objekANSWER: BMenu yang terdapat pad header di aplikasi blender kecualiA. file     B. option     C. add    D. help    E. renderANSWER: BUntuk melakukan extrude key yang dapat kita gunakan adalahA. a     B. s     C. r     D. e     E. gANSWER: DEdit mode digunakan untukA. melakukan pengeditan pada object dengan memilih titik tertentu     B. melakukan pengeditan pada object secara keseluruhan     C. melakukan pengeditan pada object secara keseluruhan dengan lebih mudah     D. melihat object secara keseluruhan jika sudah selesai     E. melakukan pengeditan pada object yang sudah selesai secara keseluruhan ANSWER: A    Untuk menggeser objek kesamping kanan, digunakan tombolA. ctrl+2     B. ctrl+9    C. ctrl+4    D. ctrl+8    E. ctrl+1ANSWER: CTombol di keyboard yang dapat digunakan untuk menggeser obyek yaituA. g     B. b     C. a    D. s    E. r ANSWER:     AOrang yang mempunyai gagasan tentang blender pertama kali adalahA. ton rosingdaal     B. john roosedaal     C. ton roosendaal     D. james gates     E. tommy tomstonANSWER: C     Untuk menyeleksi objek dari titik tengah adalah fungsi dari mode meshA. grab     B. edge     C. vertex     D. face     E. scale ANSWER: DFungsi tombol ctrl+8 digunakan untukA. menggeser view objek ke atas     B. menggeser view objek ke bawah     C. menggeser view objek ke samping kanan     D. menggeser view objek ke samping kiri     E. menggeser view objek ke samping kanan kiriANSWER: BUntuk memilih modus object mode atau edit mode, dapat menekan tombolA. tombol tab     B. huruf s     C. huruf r     D. tombol alt    E. angka 2 ANSWER: A    Untuk menggeser objek pada sumbu x menggunakanA. e + x     B. x + e    C. g + x     D. x + g     E. s + x ANSWER: C    Untuk membuat preview dengan menekanA. f4    B. f5    C. f8    D. f12    E. f6ANSWER: D     Dasar transformasi dalam blender meliputi hal-hal di bawah ini, kecualiA. grab     B. join     C. rotation    D. move    E. scale ANSWER:    BUntuk melakukan seleksi secara beruntun maka tombol keyboard yang harus ditekan yaituA. enter     B. tab     C. shift     D. alt     E. f3ANSWER: CKetika kita menekan tombal shift+a maka menu yang akan muncul adalahA. object mode     B. adding object- add     C. grab / move     D. file-open    E. modeling objectANSWER: BKegiatan membagi menjadi 2 windows dalam tipe yang sama dan dapat dilakukan secara horizontal maupun vertical biasanya disebut denganA. splitting windows     B. adding object     C. transformation     D. modeling object    E. modeling windowsANSWER: A    Bagian rendering yang sering di gunakan adalahA. field rendering dan shader     B. shader danatmosphere     C. field rendering and fog     D. fog dan atmosphere    E. field rendering dan atmosphere ANSWER: A    Untuk mengedit objek secara keseluruhan menggunakanA. edit mode     B. edit object     C. mode object    D. object mode    E. mode edit ANSWER: D    Ctrl+r digunakan untukA. menambah garis vertex     B. menambah garis horizontal     C. menambah garis vertical     D. menambahgaris tengah    E. menambah garis mode ANSWER: A    Secara berurutan ketika kita menekan huruf g, s, dan r berfungsi untukA. mengatur ukuran sebuah obyek, memindahkan sebuah obyek dan merotasi sebuah obyek     B. memindahkan sebuah obyek, mengatur ukuran sebuah obyek dan merotasi sebuah obyek     C. merotasi sebuah obyek, memindahkan sebuah obyek dan mengatur ukuran sebuah obyek.     D. memindahkan sebuah obyek, merotasi sebuah obyek dan mengatur ukuran sebuah obyek.    E. mengatur ukuran sebuah obyek, memindahkan sebuah obyek dan merotasi sebuah obyek ke keadaan semulaANSWER: BUntuk menduplikasi objek dapat menekanA. ctrl+d B. ctrl+del     C. shift+d     D. shift+del    E. ctrl+r ANSWER: CProses menentukan karakteristik sebuah materi object dari segi permukaan disebutA. texturing     B. dimension     C. layers     D. camera    E. sceneANSWER: ATampilan yang terdiri dari objek 3d dan objek lainnya adalahA. toolbar     B. viewport     C. layout    D. header    E. footer     ANSWER: BSetting environtment adalahA. proses menentukan karakterisik sebuah materi object dari segi permukaan sifat texture     B. upaya mewujudkan objek sebagai bentuk ide yang akan dikomunikasikan.     C. proses menggerakan objek yang telah dibuat sesuai konsep yang direncanakan melalui storyboard     D. pengaturan objek pendukung seperti background dan pencahayaan.     E. suatu proses dalam pengerjaannya yang menghasilkan gambar berupa jpg, png dll

ANSWER: D



Setelah penulisan soal dengan notepad selesai tinggal diimport ke moodle.
Mudah-mudahan bermanfaat dalam bersama sharing bersama bisa. :)


Page 2

Home Penglajon Sekilas Penglajon Privacy Policy Disclaimer

Jawaban:

Move Tool (V), Untuk memindahkan objek gambar

Prakteknya : Aktifkan tombol ini dengan cara menekan tombol V pada keyboard. 

Saat di canvas, move tool digunakan untuk memindahkan objek,  dan menyeleksi layer-layer (klik kanan pada objek) juga meng-copy dan memindahkan objek secara bersamaan (alt+layer yang bersangkutan). 

Kombinasi lain, move tool dipakai saat melakukan perputaran objek, klik dan tekan tombol ctrl untuk mendapatkan putaran per 45 derajat.

Saat di window layers, move tool digunakan untuk menyeleksi objek (ctrl+klik layer).

2. Rectangular Marquee Tool (M), Untuk membuat seleksi berbentuk kotak persegi empat

Prakteknya : Pilih menu Select -> Transform Selection untuk mengubah seleksi dan menu Select -> Feather untuk mengatur ketajaman pinggiran potongan.

3. Polygonal Lasso Tool (L), Untuk membuat seleksi lurus

Prakteknya : Digunakan untuk menyeleksi bagian dari suatu objek. Jika tombol Alt ditekan maka Polygonal Lasso Tool akan berfungsi seperti Lasso Tool biasa.

4. Crop Tool (C), Untuk memotong gambar

Prakteknya :  Crop tool juga bisa digunakan untuk menghilangkan bagian yang tidak diseleksi. Contoh yang sering dilakukan adalah untuk memperbaiki hasil scan yang miring.

5. Slice Tool (K), Untuk membuat pembagian gambar

6. Brush Tool (B), Untuk menggambar atau mewarnai dengan bentuk kuas

Prakteknya : Brush Tool digunakan sebagai kuas dalam mengambar dengan mouse. Atur besar kecilnya brush, hardness, opacity, dan flow dalam Option.

7. Spot Healing Brush Tool (J), Untuk memperbaiki kerusakan gambar.

Prakteknya : Di sini Anda tidak perlu menentukan area yang akan digunakan sebagai patokan, karena akan secara otomatis terpilih dari area di sekitarnya.

8. Clone Stamp Tool (S), Untuk melakukan duplikasi/copy area tertentu pada sebuah gambar atau biasa disebut cloning.

Prakteknya : Tekan ALT pada objek yang akan dikloning, kemudian gerakkan mouse pada area tempat objek baru mau diletakkan.

9. Magic Wand Tool (W), Untuk menyeleksi gambar yang memiliki warna sama.

10. Gradient Tool (G), Untuk menghasilkan warna gradasi.

Prakteknya : Saat ingin memberikan warna gradasi sebaiknya lakukan seleksi terlebih dahulu bagian mana yang akan diisi warna gradasi. Jika tidak, maka seluruh kanvas terisi dengan gradasi. 

11. Eraser Tool (E), Untuk menghapus gambar yang tidak kita inginkan.

12. Blur Tool (R), Untuk mengaburkan area atau memburamkan gambar.

Prakteknya : Klik atau klik + drag untuk mendapatkan hasil blur yang di inginkan. Contoh :dapat di gunakan untuk menghilangkan bintik-bintik pada wajah.

13. Dodge tool (O), Untuk membuat area menjadi lebih terang.

14. Horizontal Type Tool (T), untuk membuat teks secar horisontal. 

Prakteknya :Buat area (klik + drag) agar tulisan tidak terus memanjang ke kanan. Hasil teks dapat diatur alignment-nya juga dapat dipindahkan dengan Move Tool.

15. Pen Tool (P), Untuk membuat gambar (garis lurus dan lengkung) dalam bentuk path/vektor.

Prakteknya : Klik sekali untuk membuat anchor point, kemudian jika kurva telah terbentuk, drag anchor point untuk membuat direction point. Path yang dibuat oleh Pen Tool dapat diubah menjadi selection.

16. Custom Shape Tool (U), Untuk membentuk bebas

Prakteknya : Pilih di bagian Option bentuk-bentuk shape yang di inginkan. Untuk menambah bentuk lain, klik segitiga kecil hitam di sebelah kanan.

17. Direct Selection Tool (A), Untuk merapikan alur path

18. Eyedropper Tool (I), Untuk memilih warna dari sebuah objek.

19. Notes Tool (N), Untuk membuat catatan pada image seperti copyright.

Prakteknya : Klik sekali saja untuk membuat notes. Notes tidak akan terlihat di layer. Jadi untuk menggagalkannya lakukan undo (ctrl + alt + Z)

20. Hand Tool (PH), Untuk menggeser tampilan (canvas) pada layar

Prakteknya : Ada shortcut lain yang bisa digunakan selain PH yaitu tombol spasi pada keyboard. Tekan spasi lalu gerak-gerakkan dengan mouse untuk menggeser tampilan canvas