Tuliskan 2 cara kita bersyukur kepada Tuhan

Seringkali dalam hidup ini kita selalu merasa kekurangan dengan apa yang sudah didapat. Kurangnya bersyukur dalam hidup membuat hidup kita menjadi tidak bahagia. Apalagi dengan banyaknya ujian hidup yang sedang dirasakan, kita seperti kurang bahagia dengan membandingkan kehidupan orang lain yang menurut kita lebih beruntung.

Kita harus selalu merasa bersyukur walaupun ditengah pandemi Covid-19 apapun dampak yang diterima akibat wabah tersebut. Agar selalu bersyukur dalam hidup, ikutin 4 cara sederhana ini yuk!

1. Ucapkan Terima Kasih Pada Tuhan Setiap Pagi Setelah Kamu Bangun Tidur

Hal pertama yang patut disyukuri setiap harinya adalah kita masih bisa menghirup udara di pagi hari. Sempatkan yuk, setiap bangun tidur ucapkan syukur atas nikmat bisa bangun dengan keadaan sehat dan beraktifitas. Ingat, di luar sana ada banyak banget yang berjuang hanya untuk hidup sehat seperti yang kamu rasakan sekarang.

2. Ucapkan Rasa Sayang Pada Orang Terdekat

Kapan terakhir kali kamu bilang sayang sama orangtua, adik, atau sahabat? Tahu gak sih, ungkapan sayang kita pada mereka adalah salah satu bentuk rasa bahagia memiliki mereka dalam hidup kita. Ayo jangan gengsi ya, apalagi bilang sayang sama orangtua. Cukup dengan telpon atau kirim pesan aja gak susah, kan?

3. Buat Jurnal yang Menuliskan Hal-Hal Kecil yang Bikin Kamu Tersenyum Setiap Hari

Kalau kamu suka menulis, coba nulis gratitude jurnal, yuk. Di jurnal ini kamu menulis hal-hal kecil yang kamu syukuri setiap harinya sehabis kamu beraktifitas. Buku ini juga bisa jadi pengingat kamu, kalau kamu sedang dalam keadaan down bahwa ternyata lebih banyak yang harus kamu syukuri dari pada yang kamu keluhkan.

4. Berbagi Dengan Sesama

Ditengah pandemi Covid-19 ini waktunya untuk kita berbagi dengan sesama. Dengan memberikan bantuan sembako atau keperluan yang lain akan membantu orang lain yang terkenda dampak dari wabah ini. Tidak ada perasaan yang lebih bahagia dibanding bisa berbagi dan merasakan syukur bersama-sama.

Mengucap syukur adalah kendali untuk tetap rendah hati. Bersyukur dalam setiap situasi membantu kita semua tetap kuat menghadapi segala persoalan. Aswata ikut jagain kamu dalam menghadapi risiko kecelakaan diri dengan perlindungan Asuransi Kecelakaan Diri Keluarga.

Aswata ikut menjaga kita di rumah dengan menyediakan perlindungan Asuransi Kecelakaan Diri untuk seluruh keluarga dengan promo 50% discount premi dan bebas biaya admin untuk penutupan asuransi kecelakaan diri keluarga mulai tanggal 3 Mei 2020 sampai berakhirnya masa pandemi.

Karena tetap harus di rumah saja, pembelian asuransi ini cukup dilakukan melalui Whatsapp Vania (Virtual Assistant  Aswata) di 08111 500 299 dengan cara text #dirumahaja. Selanjutnya Vania akan memandu pembelian polis ini sampai pembayaran online dan penerbitan polisnya melalui Whatsapp chat.

Informasi produk Asuransi Kecelakaan Diri Keluarga https://www.aswata.co.id/id/kecelakaan-diri-keluarga

Informasi tutorial video proses pembelian polis melalui Whatsapp Business https://aswata.co.id/id/pa-keluarga

Informasi lain seputar Asuransi Kecelakaan Diri Keluarga Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Banyak sekali kenikmatan yang diberikan Allah SWT yang jarang kita sadari dan syukuri. Islam mengajarkan kita untuk senantiasa bersyukur. Cara bersyukur kepada Allah yaitu dengan menerima apa saja yang diberikan oleh Allah.

Oleh karenanya, yang dimaksud dengan bersyukur adalah tidak mengeluh atas segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan, baik itu rasa senang maupun kesulitan. Bersyukur ini sebenarnya hal yang tampak sepele, tetapi berat dilakukan sehingga kita wajib mengajarkan anak-anak kita untuk bersyukur.

Salah satu caranya yaitu dengan mengajarkan cara bersyukur kepada Allah melalui hal-hal yang sederhana dan biasa ditemui dalam kehidupan keseharian. Apa saja bentuk cara bersyukur kepada Allah?  

Cara Bersyukur kepada Allah SWT yang Harus Diajarkan kepada Anak

Allah berjanji akan memberikan perlindungan dari azab kepada umatNya yang mensyukuri semua nikmatNya, khususnya pada hari akhir. Berikut ini beberapa cara bersyukur kepada Allah yang wajib dilakukan oleh setiap umat Muslim.

1. Senantiasa Mengingat Nikmat Allah

Melalui Surat Al Baqarah ayat 152, umat muslim wajib mengingat Allah SWT sehingga Allah juga senantiasa akan mengingat umatNya. Umat Muslim juga tidak boleh mengingkari nikmat dan harus senantiasa bersyukur kepada Allah.

Ayat ini menjelaskan bahwa semua hal yang diterima sebisa mungkin harus selalu disyukuri, baik kebahagiaan ataupun kesulitan. Setiap muslim harus bersyukur kepada Allah tanpa mengeluh.

Dengan selalu bersyukur, ini bisa menjadi upaya untuk tidak lagi meragukan kekuasaan Allah karena Allah bisa membolak-balikkan situasi yang sulit menjadi mudah dan sebaliknya. Untuk itulah, bersyukur wajib dilakukan. Cara bersyukur yang paling mudah bagi hamba yaitu dengan mengingat kenikmatan yang diberikan oleh Allah.

Artikel terkait: Takbiran Ungkapan Syukur Umat Islam Menyambut Hari Raya, Ini Bacaannya!

2. Selalu Mengingat Janji Allah

Allah mengetahui apa saja yang dilakukan oleh umatNya. Salah satu caranya yaitu dengan mensyukuri nikmat Allah dalam hal-hal kecil dan selalu mengingat janji Allah.

Allah sangat menyukai dan menjaga umatNya yang selalu bersyukur karena itulah janji Allah. Mereka yang bersyukur akan terhindar dari azabNya pada masa yang akan datang. Oleh karena itulah, kita wajib selalu bersyukur kepadaNya.

3. Berbagi dengan Orang yang Membutuhkan

Jika kita mendapatkan kelimpahan rezeki dari Allah SWT maka cara terbaik untuk mengucapkan rasa sayukur adalah berbagi kepada sesama manusia khususnya kepada mereka yang membutuhkan. Jangan sesekali kikir dan mengingat bahwa ada hak orang lain dalam harta kita.

Untuk itulah, kita tidak boleh melupakan amal serta sedekah. Ini merupakan salah satu cara bersyukur kepada Allah. Tidak masalah Parents memberikan banyak atau sedikit yang terpenting ikhlas.

Perbuatan amal ini juga menunjukkan bahwa kita ingin membagikan kebahagiaan kepada orang lain. Ketika kita diberikan nikmat yang berlebihan, maka jangan ragu membagikan nikmat ini kepada orang lain.

Artikel terkait: 10 Doa Mustajab agar Keinginan Dapat Dikabulkan Allah SWT

4. Merasa Cukup (Qana’ah)

Cara bersyukur kepada Allah yang harus dilakukan dan diajarkan kepada anak yaitu harus selalu qana’ah atau selalu merasa cukup atas apa yang dimiliki tanpa memandang kenikmatan yang dimiliki oleh orang lain. Manusia pada dasarnya memang selalu merasa kurang sehingga kita harus mengendalikannya.

Jangan sampai selalu merasa kurang atas kenikmatan yang diberikan. Jangan juga membandingkan kenikmatan diri sendiri dengan kenikmatan yang diperoleh orang lain.

Sifat ini akan menghindarkan seseorang dari sikap tamak. Jika tidak merasa puas, maka Allah tidak akan memberikan kenikmatan seperti yang tertulis dalam hadis.

5. Bersyukur Melalui Perbuatan

Salah satu cara bersyukur kepada Allah yang paling konkret dan disukai Allah adalah lewat perbuatan. Allah merasa sangat senang dengan hambaNya yang melakukan kebaikan sebagai usaha untuk menunjukkan sikap syukur kepadaNya.

Misalnya membantu orang lain dengan ikhlas dan tidak mengharapkan pujian serta selalu tepat waktu dalam beribadah. Beberapa hal ini termasuk sikap syukur kepada Allah.

Artikel terkait: Jangan Lupa Membaca Doa Ini Ketika Harapan Kita Dikabulkan Allah

6. Menjaga Kenikmatan dari Kerusakan

Sikap syukur yang lain yaitu selalu menjaga kesehatan serta kenikmatan yang diberikan oleh Allah. Sebab, menjaga nikmat Allah wajib hukumnya.

Jangan sampai nikmat menjadi rusak hanya karena perbuatan tidak terpuji. Oleh karena itulah, jangan sampai melakukan berbagai hal yang dilarang oleh Allah.

Ajari anak untuk selalu membentengi dirinya dengan baik agar tidak terjadi sesuatu yang membuat Allah menjadi murka. Ada hadis yang menyuruh umatNya agar selalu memandang ke bawah baik dari segi harta, bentuk tubuh, maupun fisik.

Semua kenikmatan yang diberikan oleh Allah SWT itu sama karena Allah memandang semua posisi manusia setara. Jangan merasa unggul dari orang lain. Dengan begitu, kita pun jadi tahu pentingnya cara bersyukur kepada Allah.

Baca juga:

id.theasianparent.com/selawat-nabi-dan-manfaatnya

id.theasianparent.com/doa-untuk-suami

id.theasianparent.com/doa-taubat

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.