Tuliskan perbedaan antara teks laporan dan teks deskripsi

Jawaban diposting oleh: candrap6448

Dalam Bahasa Indonesia, kita mengenal berbagai jenis teks, mulai dari laporan, observasi, persuasi, negosiasi, hingga deskripsi. Masing-masing teks tersebut unik dan memiliki ciri khasnya masing-masing. Selain itu, biasanya setiap teks memiliki kegunaan tersendiri, tergantung konteks kebutuhan sang penulis. Teks laporan hasil observasi misalnya dapat diartikan sebagai teks laporan yang memuat informasi tentang klasifikasi perihal jenis suatu obyek berdasarkan kriteria tertentu. Sementara itu, teks deskripsi dapat diartikan sebagai teks yang memuat gambaran, pemaparan,a tau rincian tentang suatu peristiwa atau obyek yang didasarkakn pada pengalaman, perasaan,d an pengamatan yang dilakukan oleh penulis.


Baik teks deskripsi dan laporan hasil observasi memiliki beberapa perbedaan. Berikut perbedaan antara teks deskripsi dan teks laporan hasil observasi.

1. Teks laporan hasil observasi bertujuan melaporkan hasil pengamatan secara obyektif dan sistematis untuk memecahkan permasalahan atau menguji suatu teori.

Teks deskripsi bertujuan memberi gambaran kepada para pembaca atau pendengar tentang benda yang digambarkan dalam teks.


2. Teks laporan hasil observasi ditulis secara objektif dan netral, sementara teks deskripsi dapat ditulis dengan obyektif atau subyektif.


3. Teks laporan hasil observasi terdiri atas 4 struktur utama: definisi umum, definisi bagian, definisi manfaat, dan penutup. Sementara itu, teks deskripsi terdiri atas 3 struktur utama yaitu identifikasi, klasifikasi, dan deskripsi bagian.



Contoh lain tentang teks deskripsi dapat kamu pelajari pada halaman berikut:


Simpulan:

Teks laporan hasil observasi dapat diartikan sebagai teks laporan yang memuat informasi tentang klasifikasi perihal jenis suatu obyek berdasarkan kriteria tertentu. Sementara itu, teks deskripsi dapat diartikan sebagai teks yang memuat gambaran, pemaparan,a tau rincian tentang suatu peristiwa atau obyek yang didasarkakn pada pengalaman, perasaan, dan pengamatan yang dilakukan oleh penulis.



Kelas: X

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Kategori: Fakta dan tanggapan dalam teks

Kata kunci: teks deskripsi, teks laporan hasil observasi

Video

Advertising