Tumbuhan hari pendek adalah tumbuhan yang akan berbunga apabila….

Warna brachtea pada Euphorbia pulcherrima dipengaruhi oleh fotoperiodisme.

Fotoperiodisme adalah reaksi fisiologis organisme dengan panjang siang atau malam hari berupa respon perkembangan tanaman untuk panjang relatif periode terang dan periode gelap dan hal ini bertalian langsung dengan waktu berpegang pada kebenaran periode terang dan periode gelap. [1] Respon ini terjadi pada tumbuhan dan binatang. [1]

Fotoperiodisme pada Tumbuhan

Pada tumbuhan, fotoperiodisme merangsang pembungaan. [2] Untuk beradaptasi dan merespon perubahan panjang malam dan intensitas penyinaran, tanaman berbunga [angiospermae] menggunakan fitokrom atau kriptokrom. [3] Keduanya merupakan protein fotoreseptor. [3] Dalam pembagian semakin lanjut, tanaman fotoperiodik obligat benar-benar membutuhkan penyinaran yang cukup panjang atau waktu malam yang cukup pendek sebelum berbunga, sedangkan tanaman fotoperiodik fakultatif semakin mungkin untuk berbunga di bawah kondisi cahaya yang akurat, tapi akhir-akhirnya akan berbunga tanpa panjang malam. [3]

Rangsangan fotoperiodisme diterima oleh daun dan ditranslokasikan ke meristem sehingga menyebabkan pengubahan dari kondisi vegetatif ke kondisi pembungaan. [4] W.W. Gardner dan H.A. Allard pada tahun 1920 menerbitkan penemuan mereka tentang fotoperiodisme dan menemukan bahwa panjang siang hari merupakan hal yang kritis, [3] [5] tapi yang belakang sekali ditemukan bahwa panjang malam adalah faktor pengendali yang kebanyakan memerankan. [6][7] Tanaman berbunga fotoperiodik diklasifikasikan sebagai tanaman hari panjang dan tanaman hari pendek, meskipun pada dasarnya panjang malam tanpa selingan cahaya [niktoperiode] adalah faktor yang semakin menentukan [4] dan tentang panjang siang hari yang menjadi faktor pengendali pada akhir-akhirnya disimpulkan sebagai suatu kesalahpahaman. [3] Setiap tanaman benar panjang penyinaran kritis dan panjang malam kritis yang beda. [3] Selain berpengaruh terhadap pembungaan, dampak fotoperiodisme pada tanaman juga meliputi pertumbuhan batang atau akar selama musim-musim tertentu, sampai kerontokan daun . Pencahayaan hasil pekerjaan dapat dipakai untuk menginduksi ekstra hari panjang. [3]

Berlandaskan respon tanaman terhadap panjang hari, pada beberapa jenis tanaman budidaya dapat digolongkan sebagai tanaman hari pendek [SDPs], tanaman hari panjang [LDPs], dan tanaman hari netral [DNPs]. [4]

Tanaman Hari Pendek [Short-Day Plants,SDPs]

Tanaman hari pendek adalah tanaman yang pembungaannya semakin dipengaruhi oleh panjang hari yang semakin pendek daripada panjang hari maksimum kritis dengan dipengaruhi faktor-faktor sekeliling yang terkait lainnya, misalnya temperatur. [4] Hal ini dapat bervariasi pada masing-masing spesies dan varietas. [4] [3] Tanaman hari pendek berbunga ketika panjang hari kurang dari penyinaran kritis mereka. [3] Mereka tidak dapat bunga di bawah panjang hari kritis atau bila sinyal cahaya hasil pekerjaan bersinar pada tanaman selama beberapa menit selama tengah malam; mereka membutuhkan inisiasi kegelapan sebelum pembungaan dapat dimulai. [3] Cahaya malam hari alami, seperti cahaya bulan atau petir, bukan merupakan kecerahan atau durasi yang cukup untuk mengganggu terjadinya pembungaan. [3] Secara umum, tanaman hari pendek berbunga pada kondisi panjang hari yang semakin pendek [dan malam tumbuh semakin panjang] setelah 21 Juni di belahan bumi utara, selama musim panas atau musim gugur. [3]

Contoh tanaman hari pendek:

  • Cannabis
  • Kapas [Gossypium]
  • Padi
  • Tebu

Tanaman Hari Panjang [Long-Day Plants,LDPs]

Tanaman hari panjang adalah tanaman yang pembungaannya dipengaruhi oleh panjang hari yang semakin panjang daripada panjang hari minimum kritis dengan dipengaruhi faktor-faktor sekeliling yang terkait lainnya. [4] Tanaman ini kebanyakan berbunga di belahan bumi utara selama belakang musim semi atau awal musim panas sebagai masa dengan panjang hari yang semakin panjang. [3] Di belahan bumi utara, hari terpanjang tahun ini adalah pada atau sekitar 21 Juni [titik balik matahari]. [3] Setelah tanggal tersebut, panjang hari terjadi semakin pendek [yaitu malam tumbuh semakin panjang] sampai 21 Desember [solstice]. [3] Situasi ini terbalik di belahan bumi selatan [yaitu hari terpanjang adalah 21 Desember dan hari terpendek adalah 21 Juni]. [3] Di beberapa anggota lingkungan kehidupan, musim dingin atau musim panas mengacu pada musim hujan dan musim kemarau. [3]

Contoh tanaman hari panjang obligat: [3]

  • Carnation [Dianthus]
  • Henbane [Hyoscyamus]
  • Oat [Avena]
  • Ryegrass [Lolium]
  • Clover [Trifolium]
  • Bellflower [Campanula carpatica]

Contoh tanaman hari panjang fakultatif: [3]

  • Pea [Pisum sativum]
  • Barley [Hordeum vulgare]
  • Lettuce [Lactuca sativa]
  • Wheat [Triticum aestivum, spring wheat cultivars]
  • Turnip [Brassica rapa]
  • Arabidopsis thaliana [model organism]

Tanaman Hari Netral [Day-Neutral Plants, DNPs]

Tanaman hari netral adalah tanaman yang pembungaannya tidak peka terhadap fotoperiodisme tapi semakin dipengaruhi oleh faktor usia. [4] Umumnya bunga muncul setelah tanaman sampai umur atau ukuran tertentu.[4] Contoh tanaman hari netral: [4]

  • Dandelion
  • Tomat
  • Buckwheat

Fotoperiodisme pada Binatang

Fotoperiode [meliputi panjang hari dan ilmu tentang musim, serta kondisi iklim] benar peranan yang penting untuk binatang. [8] Sebanyak perubahan biologis dan perilaku mereka tergantung pada hal ini. Bersama dengan perubahan suhu , penyinaran menyebabkan perubahan warna bulu, migrasi, hibernasi, perilaku seksual, bahkan perubahan ukuran organ seksual. [8]

Serinus canaria

Bangsa burung, seperti burung kenari, benar frekuensi bernyanyi yang tergantung pada penyinaran. [8] Pada musim semi ketika penyinaran meningkat [periode siang hari semakin panjang], testis kenari jantan tumbuh. [8] Dengan tumbuhnya testis, androgen kebanyakan disekresikan sehingga meningkatkan frekuensi lagu yang diciptakannya. [8] Selama musim gugur ketika penyinaran menurun [periode siang hari berkurang], testis kenari jantan mengecil dan tingkat androgen menurun secara drastis mengakibatkan penurunan frekuensi bernyanyi. [8] Tidak hanya frekuensi bernyanyi yang tergantung pada penyinaran tapi juga repertoar lagu. [8] Panjang penyinaran pada musim semi menghasilkan repertoar lagu yang semakin agung. [8] Sebaliknya, hasil penyinaran semakin pendek yang terjadi pada musim gugur menurunkan repertoar lagu. [8] Perubahan perilaku oleh penyinaran pada kenari jantan disebabkan oleh perubahan di pusat lagu di otak. [8] Dengan meningkatnya penyinaran, pusat vokal tinggi dan inti yang kuat dari archistriatum tersebut juga meningkat. [8] Ketika penyinaran menurun area otak kenari jantan juga merasakan kemunduran. [8]

Pada mamalia, dampak fotoperiodisme berupa penyinaran terdaftar di suprachiasmatic nucleus [ SCN ] yang diinformasikan oleh sel ganglion retina yang sensitif terhadap cahaya, yang tidak terlibat dalam penglihatan. [9] Informasi dikirimkan menempuh arus retinohypothalamic [ RHT ]. Beberapa mamalia sangat peka terhadap hal ini dan beberapa agung diyakini sebagai bagasi evolusi. [9]

Lihat juga

  • Kronobiologi
  • Florigen
  • Scotobiologi
  • Fisiologi tumbuhan

Rujukan

  1. ^ a b N. A. Campbell; Jane B. Reece; Lawrence G. Mitchell [1999]. Biology. Texas: Hill Country Books. 
  2. ^ B. Lakitan [2010]. Dasar-Dasar Fisiologi Tumbuhan. Jakarta: Rajawali Pers. 
  3. ^ a b c d e f g h i j k l m n o p q r s Mauseth, James D. [2003]. Botany : An Introduction to Plant Biology [ed. 3rd]. Sudbury, MA: Jones and Bartlett Learning. hlm. 422–427. ISBN 0-7637-2134-4. 
  4. ^ a b c d e f g h i Gardner, F.P., R.B. Pearce, dan R. L Mitchell [1991]. Physiology of Crop Plants. Jakarta: UI Press. 
  5. ^ Capon, Brian [2005]. Botany for Gardeners [ed. 2nd]. Portland, OR: Timber Publishing. hlm. 148–151. ISBN 0-88192-655-8. 
  6. ^ Hamner, K.C.; Bonner, J. [1938]. "Photoperiodism in relation to hormones as factors in floral initiation and development". Botanical Gazette 100 [2]: 388–431. doi:10.1086/334793. JSTOR 2471641. 
  7. ^ Hamner, K.C. [1940]. "Interrelation of light and darkness in photoperiodic induction". Botanical Gazette 101 [3]: 658–687. doi:10.1086/334903. JSTOR 2472399. 
  8. ^ a b c d e f g h i j k l Nelson Randy J. [2005]. An Introduction to Behavioral Endocrinology. Sunderland, MA: Sinauer Associates. 
  9. ^ a b R. Foster and R. Williams. "Extra-retinal photo receptors". ABC Radio National. Diakses 25 April 2014. 


edunitas.com

Page 2

Warna brachtea pada Euphorbia pulcherrima dipengaruhi oleh fotoperiodisme.

Fotoperiodisme adalah reaksi fisiologis organisme dengan panjang siang atau malam hari berupa respon perkembangan tanaman untuk panjang relatif periode terang dan periode gelap dan hal ini bertalian langsung dengan waktu berpegang pada kebenaran periode terang dan periode gelap. [1] Respon ini terjadi pada tumbuhan dan binatang. [1]

Fotoperiodisme pada Tumbuhan

Pada tumbuhan, fotoperiodisme merangsang pembungaan. [2] Untuk beradaptasi dan merespon perubahan panjang malam dan intensitas penyinaran, tanaman berbunga [angiospermae] menggunakan fitokrom atau kriptokrom. [3] Keduanya merupakan protein fotoreseptor. [3] Dalam pembagian semakin lanjut, tanaman fotoperiodik obligat benar-benar membutuhkan penyinaran yang cukup panjang atau waktu malam yang cukup pendek sebelum berbunga, sedangkan tanaman fotoperiodik fakultatif semakin mungkin untuk berbunga di bawah kondisi cahaya yang akurat, tapi akhir-akhirnya akan berbunga tanpa panjang malam. [3]

Rangsangan fotoperiodisme diterima oleh daun dan ditranslokasikan ke meristem sehingga menyebabkan pengubahan dari kondisi vegetatif ke kondisi pembungaan. [4] W.W. Gardner dan H.A. Allard pada tahun 1920 menerbitkan penemuan mereka tentang fotoperiodisme dan menemukan bahwa panjang siang hari merupakan hal yang kritis, [3] [5] tapi yang belakang sekali ditemukan bahwa panjang malam adalah faktor pengendali yang kebanyakan memerankan. [6][7] Tanaman berbunga fotoperiodik diklasifikasikan sebagai tanaman hari panjang dan tanaman hari pendek, meskipun pada dasarnya panjang malam tanpa selingan cahaya [niktoperiode] adalah faktor yang semakin menentukan [4] dan tentang panjang siang hari yang menjadi faktor pengendali pada akhir-akhirnya disimpulkan sebagai suatu kesalahpahaman. [3] Setiap tanaman benar panjang penyinaran kritis dan panjang malam kritis yang beda. [3] Selain berpengaruh terhadap pembungaan, dampak fotoperiodisme pada tanaman juga meliputi pertumbuhan batang atau akar selama musim-musim tertentu, sampai kerontokan daun . Pencahayaan hasil pekerjaan dapat dipakai untuk menginduksi ekstra hari panjang. [3]

Berlandaskan respon tanaman terhadap panjang hari, pada beberapa jenis tanaman budidaya dapat digolongkan sebagai tanaman hari pendek [SDPs], tanaman hari panjang [LDPs], dan tanaman hari netral [DNPs]. [4]

Tanaman Hari Pendek [Short-Day Plants,SDPs]

Tanaman hari pendek adalah tanaman yang pembungaannya semakin dipengaruhi oleh panjang hari yang semakin pendek daripada panjang hari maksimum kritis dengan dipengaruhi faktor-faktor sekeliling yang terkait lainnya, misalnya temperatur. [4] Hal ini dapat bervariasi pada masing-masing spesies dan varietas. [4] [3] Tanaman hari pendek berbunga ketika panjang hari kurang dari penyinaran kritis mereka. [3] Mereka tidak dapat bunga di bawah panjang hari kritis atau bila sinyal cahaya hasil pekerjaan bersinar pada tanaman selama beberapa menit selama tengah malam; mereka membutuhkan inisiasi kegelapan sebelum pembungaan dapat dimulai. [3] Cahaya malam hari alami, seperti cahaya bulan atau petir, bukan merupakan kecerahan atau durasi yang cukup untuk mengganggu terjadinya pembungaan. [3] Secara umum, tanaman hari pendek berbunga pada kondisi panjang hari yang semakin pendek [dan malam tumbuh semakin panjang] setelah 21 Juni di belahan bumi utara, selama musim panas atau musim gugur. [3]

Contoh tanaman hari pendek:

  • Cannabis
  • Kapas [Gossypium]
  • Padi
  • Tebu

Tanaman Hari Panjang [Long-Day Plants,LDPs]

Tanaman hari panjang adalah tanaman yang pembungaannya dipengaruhi oleh panjang hari yang semakin panjang daripada panjang hari minimum kritis dengan dipengaruhi faktor-faktor sekeliling yang terkait lainnya. [4] Tanaman ini kebanyakan berbunga di belahan bumi utara selama belakang musim semi atau awal musim panas sebagai masa dengan panjang hari yang semakin panjang. [3] Di belahan bumi utara, hari terpanjang tahun ini adalah pada atau sekitar 21 Juni [titik balik matahari]. [3] Setelah tanggal tersebut, panjang hari terjadi semakin pendek [yaitu malam tumbuh semakin panjang] sampai 21 Desember [solstice]. [3] Situasi ini terbalik di belahan bumi selatan [yaitu hari terpanjang adalah 21 Desember dan hari terpendek adalah 21 Juni]. [3] Di beberapa anggota lingkungan kehidupan, musim dingin atau musim panas mengacu pada musim hujan dan musim kemarau. [3]

Contoh tanaman hari panjang obligat: [3]

  • Carnation [Dianthus]
  • Henbane [Hyoscyamus]
  • Oat [Avena]
  • Ryegrass [Lolium]
  • Clover [Trifolium]
  • Bellflower [Campanula carpatica]

Contoh tanaman hari panjang fakultatif: [3]

  • Pea [Pisum sativum]
  • Barley [Hordeum vulgare]
  • Lettuce [Lactuca sativa]
  • Wheat [Triticum aestivum, spring wheat cultivars]
  • Turnip [Brassica rapa]
  • Arabidopsis thaliana [model organism]

Tanaman Hari Netral [Day-Neutral Plants, DNPs]

Tanaman hari netral adalah tanaman yang pembungaannya tidak peka terhadap fotoperiodisme tapi semakin dipengaruhi oleh faktor usia. [4] Umumnya bunga muncul setelah tanaman sampai umur atau ukuran tertentu.[4] Contoh tanaman hari netral: [4]

  • Dandelion
  • Tomat
  • Buckwheat

Fotoperiodisme pada Binatang

Fotoperiode [meliputi panjang hari dan ilmu tentang musim, serta kondisi iklim] benar peranan yang penting untuk binatang. [8] Sebanyak perubahan biologis dan perilaku mereka tergantung pada hal ini. Bersama dengan perubahan suhu , penyinaran menyebabkan perubahan warna bulu, migrasi, hibernasi, perilaku seksual, bahkan perubahan ukuran organ seksual. [8]

Serinus canaria

Bangsa burung, seperti burung kenari, benar frekuensi bernyanyi yang tergantung pada penyinaran. [8] Pada musim semi ketika penyinaran meningkat [periode siang hari semakin panjang], testis kenari jantan tumbuh. [8] Dengan tumbuhnya testis, androgen kebanyakan disekresikan sehingga meningkatkan frekuensi lagu yang diciptakannya. [8] Selama musim gugur ketika penyinaran menurun [periode siang hari berkurang], testis kenari jantan mengecil dan tingkat androgen menurun secara drastis mengakibatkan penurunan frekuensi bernyanyi. [8] Tidak hanya frekuensi bernyanyi yang tergantung pada penyinaran tapi juga repertoar lagu. [8] Panjang penyinaran pada musim semi menghasilkan repertoar lagu yang semakin agung. [8] Sebaliknya, hasil penyinaran semakin pendek yang terjadi pada musim gugur menurunkan repertoar lagu. [8] Perubahan perilaku oleh penyinaran pada kenari jantan disebabkan oleh perubahan di pusat lagu di otak. [8] Dengan meningkatnya penyinaran, pusat vokal tinggi dan inti yang kuat dari archistriatum tersebut juga meningkat. [8] Ketika penyinaran menurun area otak kenari jantan juga merasakan kemunduran. [8]

Pada mamalia, dampak fotoperiodisme berupa penyinaran terdaftar di suprachiasmatic nucleus [ SCN ] yang diinformasikan oleh sel ganglion retina yang sensitif terhadap cahaya, yang tidak terlibat dalam penglihatan. [9] Informasi dikirimkan menempuh arus retinohypothalamic [ RHT ]. Beberapa mamalia sangat peka terhadap hal ini dan beberapa agung diyakini sebagai bagasi evolusi. [9]

Lihat juga

  • Kronobiologi
  • Florigen
  • Scotobiologi
  • Fisiologi tumbuhan

Rujukan

  1. ^ a b N. A. Campbell; Jane B. Reece; Lawrence G. Mitchell [1999]. Biology. Texas: Hill Country Books. 
  2. ^ B. Lakitan [2010]. Dasar-Dasar Fisiologi Tumbuhan. Jakarta: Rajawali Pers. 
  3. ^ a b c d e f g h i j k l m n o p q r s Mauseth, James D. [2003]. Botany : An Introduction to Plant Biology [ed. 3rd]. Sudbury, MA: Jones and Bartlett Learning. hlm. 422–427. ISBN 0-7637-2134-4. 
  4. ^ a b c d e f g h i Gardner, F.P., R.B. Pearce, dan R. L Mitchell [1991]. Physiology of Crop Plants. Jakarta: UI Press. 
  5. ^ Capon, Brian [2005]. Botany for Gardeners [ed. 2nd]. Portland, OR: Timber Publishing. hlm. 148–151. ISBN 0-88192-655-8. 
  6. ^ Hamner, K.C.; Bonner, J. [1938]. "Photoperiodism in relation to hormones as factors in floral initiation and development". Botanical Gazette 100 [2]: 388–431. doi:10.1086/334793. JSTOR 2471641. 
  7. ^ Hamner, K.C. [1940]. "Interrelation of light and darkness in photoperiodic induction". Botanical Gazette 101 [3]: 658–687. doi:10.1086/334903. JSTOR 2472399. 
  8. ^ a b c d e f g h i j k l Nelson Randy J. [2005]. An Introduction to Behavioral Endocrinology. Sunderland, MA: Sinauer Associates. 
  9. ^ a b R. Foster and R. Williams. "Extra-retinal photo receptors". ABC Radio National. Diakses 25 April 2014. 


edunitas.com

Page 3

Warna brachtea pada Euphorbia pulcherrima dipengaruhi oleh fotoperiodisme.

Fotoperiodisme adalah reaksi fisiologis organisme dengan panjang siang atau malam hari berupa respon perkembangan tanaman untuk panjang relatif periode terang dan periode gelap dan hal ini bertalian langsung dengan waktu berpegang pada kebenaran periode terang dan periode gelap. [1] Respon ini terjadi pada tumbuhan dan binatang. [1]

Fotoperiodisme pada Tumbuhan

Pada tumbuhan, fotoperiodisme merangsang pembungaan. [2] Untuk beradaptasi dan merespon perubahan panjang malam dan intensitas penyinaran, tanaman berbunga [angiospermae] menggunakan fitokrom atau kriptokrom. [3] Keduanya merupakan protein fotoreseptor. [3] Dalam pembagian semakin lanjut, tanaman fotoperiodik obligat benar-benar membutuhkan penyinaran yang cukup panjang atau waktu malam yang cukup pendek sebelum berbunga, sedangkan tanaman fotoperiodik fakultatif semakin mungkin untuk berbunga di bawah kondisi cahaya yang akurat, tapi akhir-akhirnya akan berbunga tanpa panjang malam. [3]

Rangsangan fotoperiodisme diterima oleh daun dan ditranslokasikan ke meristem sehingga menyebabkan pengubahan dari kondisi vegetatif ke kondisi pembungaan. [4] W.W. Gardner dan H.A. Allard pada tahun 1920 menerbitkan penemuan mereka tentang fotoperiodisme dan menemukan bahwa panjang siang hari merupakan hal yang kritis, [3] [5] tapi yang belakang sekali ditemukan bahwa panjang malam adalah faktor pengendali yang kebanyakan memerankan. [6][7] Tanaman berbunga fotoperiodik diklasifikasikan sebagai tanaman hari panjang dan tanaman hari pendek, meskipun pada dasarnya panjang malam tanpa selingan cahaya [niktoperiode] adalah faktor yang semakin menentukan [4] dan tentang panjang siang hari yang menjadi faktor pengendali pada akhir-akhirnya disimpulkan sebagai suatu kesalahpahaman. [3] Setiap tanaman benar panjang penyinaran kritis dan panjang malam kritis yang beda. [3] Selain berpengaruh terhadap pembungaan, dampak fotoperiodisme pada tanaman juga meliputi pertumbuhan batang atau akar selama musim-musim tertentu, sampai kerontokan daun . Pencahayaan hasil pekerjaan dapat dipakai untuk menginduksi ekstra hari panjang. [3]

Berlandaskan respon tanaman terhadap panjang hari, pada beberapa jenis tanaman budidaya dapat digolongkan sebagai tanaman hari pendek [SDPs], tanaman hari panjang [LDPs], dan tanaman hari netral [DNPs]. [4]

Tanaman Hari Pendek [Short-Day Plants,SDPs]

Tanaman hari pendek adalah tanaman yang pembungaannya semakin dipengaruhi oleh panjang hari yang semakin pendek daripada panjang hari maksimum kritis dengan dipengaruhi faktor-faktor sekeliling yang terkait lainnya, misalnya temperatur. [4] Hal ini dapat bervariasi pada masing-masing spesies dan varietas. [4] [3] Tanaman hari pendek berbunga ketika panjang hari kurang dari penyinaran kritis mereka. [3] Mereka tidak dapat bunga di bawah panjang hari kritis atau bila sinyal cahaya hasil pekerjaan bersinar pada tanaman selama beberapa menit selama tengah malam; mereka membutuhkan inisiasi kegelapan sebelum pembungaan dapat dimulai. [3] Cahaya malam hari alami, seperti cahaya bulan atau petir, bukan merupakan kecerahan atau durasi yang cukup untuk mengganggu terjadinya pembungaan. [3] Secara umum, tanaman hari pendek berbunga pada kondisi panjang hari yang semakin pendek [dan malam tumbuh semakin panjang] setelah 21 Juni di belahan bumi utara, selama musim panas atau musim gugur. [3]

Contoh tanaman hari pendek:

  • Cannabis
  • Kapas [Gossypium]
  • Padi
  • Tebu

Tanaman Hari Panjang [Long-Day Plants,LDPs]

Tanaman hari panjang adalah tanaman yang pembungaannya dipengaruhi oleh panjang hari yang semakin panjang daripada panjang hari minimum kritis dengan dipengaruhi faktor-faktor sekeliling yang terkait lainnya. [4] Tanaman ini kebanyakan berbunga di belahan bumi utara selama belakang musim semi atau awal musim panas sebagai masa dengan panjang hari yang semakin panjang. [3] Di belahan bumi utara, hari terpanjang tahun ini adalah pada atau sekitar 21 Juni [titik balik matahari]. [3] Setelah tanggal tersebut, panjang hari terjadi semakin pendek [yaitu malam tumbuh semakin panjang] sampai 21 Desember [solstice]. [3] Situasi ini terbalik di belahan bumi selatan [yaitu hari terpanjang adalah 21 Desember dan hari terpendek adalah 21 Juni]. [3] Di beberapa anggota lingkungan kehidupan, musim dingin atau musim panas mengacu pada musim hujan dan musim kemarau. [3]

Contoh tanaman hari panjang obligat: [3]

  • Carnation [Dianthus]
  • Henbane [Hyoscyamus]
  • Oat [Avena]
  • Ryegrass [Lolium]
  • Clover [Trifolium]
  • Bellflower [Campanula carpatica]

Contoh tanaman hari panjang fakultatif: [3]

  • Pea [Pisum sativum]
  • Barley [Hordeum vulgare]
  • Lettuce [Lactuca sativa]
  • Wheat [Triticum aestivum, spring wheat cultivars]
  • Turnip [Brassica rapa]
  • Arabidopsis thaliana [model organism]

Tanaman Hari Netral [Day-Neutral Plants, DNPs]

Tanaman hari netral adalah tanaman yang pembungaannya tidak peka terhadap fotoperiodisme tapi semakin dipengaruhi oleh faktor usia. [4] Umumnya bunga muncul setelah tanaman sampai umur atau ukuran tertentu.[4] Contoh tanaman hari netral: [4]

  • Dandelion
  • Tomat
  • Buckwheat

Fotoperiodisme pada Binatang

Fotoperiode [meliputi panjang hari dan ilmu tentang musim, serta kondisi iklim] benar peranan yang penting untuk binatang. [8] Sebanyak perubahan biologis dan perilaku mereka tergantung pada hal ini. Bersama dengan perubahan suhu , penyinaran menyebabkan perubahan warna bulu, migrasi, hibernasi, perilaku seksual, bahkan perubahan ukuran organ seksual. [8]

Serinus canaria

Bangsa burung, seperti burung kenari, benar frekuensi bernyanyi yang tergantung pada penyinaran. [8] Pada musim semi ketika penyinaran meningkat [periode siang hari semakin panjang], testis kenari jantan tumbuh. [8] Dengan tumbuhnya testis, androgen kebanyakan disekresikan sehingga meningkatkan frekuensi lagu yang diciptakannya. [8] Selama musim gugur ketika penyinaran menurun [periode siang hari berkurang], testis kenari jantan mengecil dan tingkat androgen menurun secara drastis mengakibatkan penurunan frekuensi bernyanyi. [8] Tidak hanya frekuensi bernyanyi yang tergantung pada penyinaran tapi juga repertoar lagu. [8] Panjang penyinaran pada musim semi menghasilkan repertoar lagu yang semakin agung. [8] Sebaliknya, hasil penyinaran semakin pendek yang terjadi pada musim gugur menurunkan repertoar lagu. [8] Perubahan perilaku oleh penyinaran pada kenari jantan disebabkan oleh perubahan di pusat lagu di otak. [8] Dengan meningkatnya penyinaran, pusat vokal tinggi dan inti yang kuat dari archistriatum tersebut juga meningkat. [8] Ketika penyinaran menurun area otak kenari jantan juga merasakan kemunduran. [8]

Pada mamalia, dampak fotoperiodisme berupa penyinaran terdaftar di suprachiasmatic nucleus [ SCN ] yang diinformasikan oleh sel ganglion retina yang sensitif terhadap cahaya, yang tidak terlibat dalam penglihatan. [9] Informasi dikirimkan menempuh arus retinohypothalamic [ RHT ]. Beberapa mamalia sangat peka terhadap hal ini dan beberapa agung diyakini sebagai bagasi evolusi. [9]

Lihat juga

  • Kronobiologi
  • Florigen
  • Scotobiologi
  • Fisiologi tumbuhan

Rujukan

  1. ^ a b N. A. Campbell; Jane B. Reece; Lawrence G. Mitchell [1999]. Biology. Texas: Hill Country Books. 
  2. ^ B. Lakitan [2010]. Dasar-Dasar Fisiologi Tumbuhan. Jakarta: Rajawali Pers. 
  3. ^ a b c d e f g h i j k l m n o p q r s Mauseth, James D. [2003]. Botany : An Introduction to Plant Biology [ed. 3rd]. Sudbury, MA: Jones and Bartlett Learning. hlm. 422–427. ISBN 0-7637-2134-4. 
  4. ^ a b c d e f g h i Gardner, F.P., R.B. Pearce, dan R. L Mitchell [1991]. Physiology of Crop Plants. Jakarta: UI Press. 
  5. ^ Capon, Brian [2005]. Botany for Gardeners [ed. 2nd]. Portland, OR: Timber Publishing. hlm. 148–151. ISBN 0-88192-655-8. 
  6. ^ Hamner, K.C.; Bonner, J. [1938]. "Photoperiodism in relation to hormones as factors in floral initiation and development". Botanical Gazette 100 [2]: 388–431. doi:10.1086/334793. JSTOR 2471641. 
  7. ^ Hamner, K.C. [1940]. "Interrelation of light and darkness in photoperiodic induction". Botanical Gazette 101 [3]: 658–687. doi:10.1086/334903. JSTOR 2472399. 
  8. ^ a b c d e f g h i j k l Nelson Randy J. [2005]. An Introduction to Behavioral Endocrinology. Sunderland, MA: Sinauer Associates. 
  9. ^ a b R. Foster and R. Williams. "Extra-retinal photo receptors". ABC Radio National. Diakses 25 April 2014. 


edunitas.com

Page 4

Sebuah lukisan melon yang paling mirip dengan foto

Fotorealisme yaitu genre di dalam menyusun ulang karya fotografi menjadi karya lukis, khususnya dalam hal mencapai motif bersifat hiperrealisme.

Sejarah

Di dalam seni rupa, istilah ini biasanya dipakai untuk merujuk kepada lukisan-lukisan dalam gerakan fotorealisme di penghabisan 1960an sampai awal 1970an yang populer di Amerika dan Eropa.

Louis K. Meisel yaitu orang pertama yang memakai istilah ini, dan juga menulis buku-buku tentang gaya fotorealisme. Fotorealis generasi pertama meliputi nama-nama Richard Estes, Robert Anderson, Phillip Pearlstein, Denis Peterson, John Mandel, Dennis Martin, Robert Bechtle, Audrey Flack, Robert Cottingham, Don Eddy, Ron Kleemann, Tom Blackwell, Charles Bell, Chuck Close, John Kacere, David Parrish, Ralph Goings, Richard McLean, John Salt dan Ben Schonzeit. Duane Hanson yaitu contoh yang langka dari pemahat fotorealis, terkenal sebab kemampuannya membuat pahatan manusia yang benar-benar menyerupai manusia, lengkap dengan rambut dan kainnya.

Meskipun aslinya merupakan gerakan dari Amerika, pada awal tahun 2000an, sekelompok perupa fotorealisme mulai berdiri. Termasuk di dalamnya Clive Head, Steve Whitehead, Raphaella Spence dan Bertrand Meniel. Meskipun untuk mencapai tujuan fotorealisme karya-karya mereka tetap mengikuti metode Amerika, namun tetap memasukkan ciri khas tradisi seni rupa Eropa.

Gerakan fotorealisme tetap eksis di Amerika dengan salah satu contoh pendukungnya yaitu Galeri Louis K. Meisel, yang mengkhususkan diri untuk karya-karya fotorealisme. Selain itu fotorealisme juga berkembang di anggota selatan Amerika, meskipun pada dasarnya gaya ini lebih jumlah berkembang di New York dan Los Angeles.

Objek yang sering dipakai

Biasanya fotorealis bekerja dengan obyek-obyek pemandangan [yang tentu saja dalam sudut pandang urban, bukan pemandangan yang biasa ditemukan dalam lukisan tradisional], potret, dan still life.

Penjelasan teknik yang dipergunakan

Fotorealis dengan disiplin mengikuti pola hasil imaji fotografis, dan bila perlu dengan memproyeksikannya dengan bantuan proyektor dan mamakai teknik gridding untuk mendapatkan akurasi peniruan yang tinggi. Tingkat peniruan dalam fotorealisme paling tinggi, bahkan dalam penekanan pada detail-detail yang sering diabaikan oleh gaya lukis lain, seperti kilatan permukaan logam dan bentuk-bentuk geometris dari benda-benda buatan manusia.

Fotorealisme dan trompe l'oeil

Fotorealisme pada zaman 20 bisa dibedakan dengan teknik trompe l'oeil dari zaman 19. Meskipun trompe l'oeil juga dimaksudkan untuk mencapai kemiripan yang bisa menipu mata, namun jumlah sekali detail-detail kecil seperti objek still life yang seolah dihilangkan dari lukisan. Di bidang lain, fotorealisme bisa mencapai tujuan trompe l'oeil sekaligus juga tidak menghilangkan detail-detail sekecil apapun.

Lihat pula


edunitas.com

Page 5

Page 6

Page 7

Page 8

Page 9

Suatu lukisan melon yang sangat mirip dengan foto

Fotorealisme adalah genre di dalam menyusun ulang karya fotografi menjadi karya lukis, khususnya dalam hal sampai motif bersifat hiperrealisme.

Sejarah

Di dalam seni rupa, istilah ini kebanyakan dipakai sebagai merujuk kepada lukisan-lukisan dalam gerakan fotorealisme di belakang 1960an sampai awal 1970an yang populer di Amerika dan Eropa.

Louis K. Meisel adalah orang pertama yang menggunakan istilah ini, dan juga menulis buku-buku mengenai gaya fotorealisme. Fotorealis generasi pertama meliputi nama-nama Richard Estes, Robert Anderson, Phillip Pearlstein, Denis Peterson, John Mandel, Dennis Martin, Robert Bechtle, Audrey Flack, Robert Cottingham, Don Eddy, Ron Kleemann, Tom Blackwell, Charles Bell, Chuck Close, John Kacere, David Parrish, Ralph Goings, Richard McLean, John Salt dan Ben Schonzeit. Duane Hanson adalah contoh yang langka dari pemahat fotorealis, terkenal karena kemampuannya membuat pahatan manusia yang benar-benar mirip manusia, lengkap dengan rambut dan kainnya.

Meskipun aslinya merupakan gerakan dari Amerika, pada awal tahun 2000an, sekelompok perupa fotorealisme mulai berdiri. Termasuk di dalamnya Clive Head, Steve Whitehead, Raphaella Spence dan Bertrand Meniel. Meskipun sebagai sampai tujuan fotorealisme karya-karya mereka tetap mengikuti aktivitas Amerika, namun tetap memasukkan ciri khas tradisi seni rupa Eropa.

Gerakan fotorealisme tetap eksis di Amerika dengan salah satu contoh pendukungnya adalah Galeri Louis K. Meisel, yang mengkhususkan diri sebagai karya-karya fotorealisme. Selain itu fotorealisme juga mengembang di anggota selatan Amerika, walaupun pada dasarnya gaya ini kebanyakan mengembang di New York dan Los Angeles.

Objek yang sering dipakai

Kebanyakan fotorealis melakukan pekerjaan dengan obyek-obyek pemandangan [yang tentu saja dalam sudut pandang urban, bukan pemandangan yang biasa ditemukan dalam lukisan tradisional], potret, dan still life.

Penjelasan teknik yang dipakai

Fotorealis dengan disiplin mengikuti pola hasil imaji fotografis, dan bila perlu dengan memproyeksikannya dengan bantuan proyektor dan mamakai teknik gridding sebagai memperoleh akurasi peniruan yang tinggi. Tingkat peniruan dalam fotorealisme sangat tinggi, bahkan dalam penekanan pada detail-detail yang sering diabaikan oleh gaya lukis lain, seperti kilatan permukaan logam dan bentuk-bentuk geometris dari benda-benda hasil pekerjaan manusia.

Fotorealisme dan trompe l'oeil

Fotorealisme pada seratus tahun 20 bisa dibedakan dengan teknik trompe l'oeil dari seratus tahun 19. Meskipun trompe l'oeil juga dimaksudkan sebagai sampai kemiripan yang bisa menipu mata, namun banyak sekali detail-detail kecil seperti objek still life yang seolah dihilangkan dari lukisan. Di sisi lain, fotorealisme bisa sampai tujuan trompe l'oeil sekaligus juga tak menghilangkan detail-detail sekecil apapun.

Lihat pula


edunitas.com

Page 10

Suatu lukisan melon yang sangat mirip dengan foto

Fotorealisme adalah genre di dalam menyusun ulang karya fotografi menjadi karya lukis, khususnya dalam hal sampai motif bersifat hiperrealisme.

Sejarah

Di dalam seni rupa, istilah ini kebanyakan dipakai sebagai merujuk kepada lukisan-lukisan dalam gerakan fotorealisme di belakang 1960an sampai awal 1970an yang populer di Amerika dan Eropa.

Louis K. Meisel adalah orang pertama yang menggunakan istilah ini, dan juga menulis buku-buku mengenai gaya fotorealisme. Fotorealis generasi pertama meliputi nama-nama Richard Estes, Robert Anderson, Phillip Pearlstein, Denis Peterson, John Mandel, Dennis Martin, Robert Bechtle, Audrey Flack, Robert Cottingham, Don Eddy, Ron Kleemann, Tom Blackwell, Charles Bell, Chuck Close, John Kacere, David Parrish, Ralph Goings, Richard McLean, John Salt dan Ben Schonzeit. Duane Hanson adalah contoh yang langka dari pemahat fotorealis, terkenal karena kemampuannya membuat pahatan manusia yang benar-benar mirip manusia, lengkap dengan rambut dan kainnya.

Meskipun aslinya merupakan gerakan dari Amerika, pada awal tahun 2000an, sekelompok perupa fotorealisme mulai berdiri. Termasuk di dalamnya Clive Head, Steve Whitehead, Raphaella Spence dan Bertrand Meniel. Meskipun sebagai sampai tujuan fotorealisme karya-karya mereka tetap mengikuti aktivitas Amerika, namun tetap memasukkan ciri khas tradisi seni rupa Eropa.

Gerakan fotorealisme tetap eksis di Amerika dengan salah satu contoh pendukungnya adalah Galeri Louis K. Meisel, yang mengkhususkan diri sebagai karya-karya fotorealisme. Selain itu fotorealisme juga mengembang di anggota selatan Amerika, walaupun pada dasarnya gaya ini kebanyakan mengembang di New York dan Los Angeles.

Objek yang sering dipakai

Kebanyakan fotorealis melakukan pekerjaan dengan obyek-obyek pemandangan [yang tentu saja dalam sudut pandang urban, bukan pemandangan yang biasa ditemukan dalam lukisan tradisional], potret, dan still life.

Penjelasan teknik yang dipakai

Fotorealis dengan disiplin mengikuti pola hasil imaji fotografis, dan bila perlu dengan memproyeksikannya dengan bantuan proyektor dan mamakai teknik gridding sebagai memperoleh akurasi peniruan yang tinggi. Tingkat peniruan dalam fotorealisme sangat tinggi, bahkan dalam penekanan pada detail-detail yang sering diabaikan oleh gaya lukis lain, seperti kilatan permukaan logam dan bentuk-bentuk geometris dari benda-benda hasil pekerjaan manusia.

Fotorealisme dan trompe l'oeil

Fotorealisme pada seratus tahun 20 bisa dibedakan dengan teknik trompe l'oeil dari seratus tahun 19. Meskipun trompe l'oeil juga dimaksudkan sebagai sampai kemiripan yang bisa menipu mata, namun banyak sekali detail-detail kecil seperti objek still life yang seolah dihilangkan dari lukisan. Di sisi lain, fotorealisme bisa sampai tujuan trompe l'oeil sekaligus juga tak menghilangkan detail-detail sekecil apapun.

Lihat pula


edunitas.com

Page 11

Suatu lukisan melon yang sangat mirip dengan foto

Fotorealisme adalah genre di dalam menyusun ulang karya fotografi menjadi karya lukis, khususnya dalam hal sampai motif bersifat hiperrealisme.

Sejarah

Di dalam seni rupa, istilah ini kebanyakan dipakai sebagai merujuk kepada lukisan-lukisan dalam gerakan fotorealisme di belakang 1960an sampai awal 1970an yang populer di Amerika dan Eropa.

Louis K. Meisel adalah orang pertama yang menggunakan istilah ini, dan juga menulis buku-buku mengenai gaya fotorealisme. Fotorealis generasi pertama meliputi nama-nama Richard Estes, Robert Anderson, Phillip Pearlstein, Denis Peterson, John Mandel, Dennis Martin, Robert Bechtle, Audrey Flack, Robert Cottingham, Don Eddy, Ron Kleemann, Tom Blackwell, Charles Bell, Chuck Close, John Kacere, David Parrish, Ralph Goings, Richard McLean, John Salt dan Ben Schonzeit. Duane Hanson adalah contoh yang langka dari pemahat fotorealis, terkenal karena kemampuannya membuat pahatan manusia yang benar-benar mirip manusia, lengkap dengan rambut dan kainnya.

Meskipun aslinya merupakan gerakan dari Amerika, pada awal tahun 2000an, sekelompok perupa fotorealisme mulai berdiri. Termasuk di dalamnya Clive Head, Steve Whitehead, Raphaella Spence dan Bertrand Meniel. Meskipun sebagai sampai tujuan fotorealisme karya-karya mereka tetap mengikuti aktivitas Amerika, namun tetap memasukkan ciri khas tradisi seni rupa Eropa.

Gerakan fotorealisme tetap eksis di Amerika dengan salah satu contoh pendukungnya adalah Galeri Louis K. Meisel, yang mengkhususkan diri sebagai karya-karya fotorealisme. Selain itu fotorealisme juga mengembang di anggota selatan Amerika, walaupun pada dasarnya gaya ini kebanyakan mengembang di New York dan Los Angeles.

Objek yang sering dipakai

Kebanyakan fotorealis melakukan pekerjaan dengan obyek-obyek pemandangan [yang tentu saja dalam sudut pandang urban, bukan pemandangan yang biasa ditemukan dalam lukisan tradisional], potret, dan still life.

Penjelasan teknik yang dipakai

Fotorealis dengan disiplin mengikuti pola hasil imaji fotografis, dan bila perlu dengan memproyeksikannya dengan bantuan proyektor dan mamakai teknik gridding sebagai memperoleh akurasi peniruan yang tinggi. Tingkat peniruan dalam fotorealisme sangat tinggi, bahkan dalam penekanan pada detail-detail yang sering diabaikan oleh gaya lukis lain, seperti kilatan permukaan logam dan bentuk-bentuk geometris dari benda-benda hasil pekerjaan manusia.

Fotorealisme dan trompe l'oeil

Fotorealisme pada seratus tahun 20 bisa dibedakan dengan teknik trompe l'oeil dari seratus tahun 19. Meskipun trompe l'oeil juga dimaksudkan sebagai sampai kemiripan yang bisa menipu mata, namun banyak sekali detail-detail kecil seperti objek still life yang seolah dihilangkan dari lukisan. Di sisi lain, fotorealisme bisa sampai tujuan trompe l'oeil sekaligus juga tak menghilangkan detail-detail sekecil apapun.

Lihat pula


edunitas.com

Page 12

Suatu lukisan melon yang sangat mirip dengan foto

Fotorealisme adalah genre di dalam menyusun ulang karya fotografi menjadi karya lukis, khususnya dalam hal sampai motif bersifat hiperrealisme.

Sejarah

Di dalam seni rupa, istilah ini kebanyakan dipakai sebagai merujuk kepada lukisan-lukisan dalam gerakan fotorealisme di belakang 1960an sampai awal 1970an yang populer di Amerika dan Eropa.

Louis K. Meisel adalah orang pertama yang menggunakan istilah ini, dan juga menulis buku-buku mengenai gaya fotorealisme. Fotorealis generasi pertama meliputi nama-nama Richard Estes, Robert Anderson, Phillip Pearlstein, Denis Peterson, John Mandel, Dennis Martin, Robert Bechtle, Audrey Flack, Robert Cottingham, Don Eddy, Ron Kleemann, Tom Blackwell, Charles Bell, Chuck Close, John Kacere, David Parrish, Ralph Goings, Richard McLean, John Salt dan Ben Schonzeit. Duane Hanson adalah contoh yang langka dari pemahat fotorealis, terkenal karena kemampuannya membuat pahatan manusia yang benar-benar mirip manusia, lengkap dengan rambut dan kainnya.

Meskipun aslinya merupakan gerakan dari Amerika, pada awal tahun 2000an, sekelompok perupa fotorealisme mulai berdiri. Termasuk di dalamnya Clive Head, Steve Whitehead, Raphaella Spence dan Bertrand Meniel. Meskipun sebagai sampai tujuan fotorealisme karya-karya mereka tetap mengikuti aktivitas Amerika, namun tetap memasukkan ciri khas tradisi seni rupa Eropa.

Gerakan fotorealisme tetap eksis di Amerika dengan salah satu contoh pendukungnya adalah Galeri Louis K. Meisel, yang mengkhususkan diri sebagai karya-karya fotorealisme. Selain itu fotorealisme juga mengembang di anggota selatan Amerika, walaupun pada dasarnya gaya ini kebanyakan mengembang di New York dan Los Angeles.

Objek yang sering dipakai

Kebanyakan fotorealis melakukan pekerjaan dengan obyek-obyek pemandangan [yang tentu saja dalam sudut pandang urban, bukan pemandangan yang biasa ditemukan dalam lukisan tradisional], potret, dan still life.

Penjelasan teknik yang dipakai

Fotorealis dengan disiplin mengikuti pola hasil imaji fotografis, dan bila perlu dengan memproyeksikannya dengan bantuan proyektor dan mamakai teknik gridding sebagai memperoleh akurasi peniruan yang tinggi. Tingkat peniruan dalam fotorealisme sangat tinggi, bahkan dalam penekanan pada detail-detail yang sering diabaikan oleh gaya lukis lain, seperti kilatan permukaan logam dan bentuk-bentuk geometris dari benda-benda hasil pekerjaan manusia.

Fotorealisme dan trompe l'oeil

Fotorealisme pada seratus tahun 20 bisa dibedakan dengan teknik trompe l'oeil dari seratus tahun 19. Meskipun trompe l'oeil juga dimaksudkan sebagai sampai kemiripan yang bisa menipu mata, namun banyak sekali detail-detail kecil seperti objek still life yang seolah dihilangkan dari lukisan. Di sisi lain, fotorealisme bisa sampai tujuan trompe l'oeil sekaligus juga tak menghilangkan detail-detail sekecil apapun.

Lihat pula


edunitas.com

Page 13

Tags [tagged]: fotosfer, unkris, matahari korona, sehingga, sinar dari korona, tidak, km, cahaya, fotosfer terlihat berwarna, kuning dari, elemen, elemen lebih berat, 2 referensi, leoneko, or id my, angin surya, semburan, matahari lontaran massa, korona, center, of, studies rintisan bertopik, astronomi semua, rintisan, astronomi fotosfer center, of studies

Page 14

Fotosintesis anoksigenik adalah ronde fototrof mana energi cahaya ditangkap dan diubah menjadi ATP, tanpa menghasilkan oksigen. Oleh sebap itu, air tidak digunakan sbg sumber elektron. Hadir beberapa kelompokan bakteri yang mengalami fotosintesis anoksigenik: Bakteri belerang hijau, Chloroflexi hijau dan merah , Bakteri ungu fototrof, Acidobacteria fototrof, dan Heliobacteria fototrof.[1][2]

Referensi

  1. ^ [Donald A. Bryant, Niels-Ulrik Frigaard, Prokaryotic photosynthesis and phototrophy illuminated, Trends in Microbiology, Volume 14, Issue 11, November 2006, Pages 488-496, ISSN 0966-842X, 10.1016/j.tim.2006.09.001. [//www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0966842X06002265]]
  2. ^ Candidatus Chloracidobacterium thermophilum: An Aerobic Phototrophic Acidobacterium Donald A. Bryant, Amaya M. Garcia Costas, Julia A. Maresca, Aline Gomez Maqueo Chew, Christian G. Klatt, Mary M. Bateson, Luke J. Tallon, Jessica Hostetler, William C. Nelson, John F. Heidelberg, and David M. Ward Science 27 July 2007: 317 [5837], 523-526. DOI:10.1126/science.1143236

Bila Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang semakin spesifik. Terima kasih.


edunitas.com

Page 15

Fotosintesis anoksigenik adalah ronde fototrof mana energi cahaya ditangkap dan diubah menjadi ATP, tanpa menghasilkan oksigen. Oleh sebap itu, air tidak digunakan sbg sumber elektron. Hadir beberapa kelompokan bakteri yang mengalami fotosintesis anoksigenik: Bakteri belerang hijau, Chloroflexi hijau dan merah , Bakteri ungu fototrof, Acidobacteria fototrof, dan Heliobacteria fototrof.[1][2]

Referensi

  1. ^ [Donald A. Bryant, Niels-Ulrik Frigaard, Prokaryotic photosynthesis and phototrophy illuminated, Trends in Microbiology, Volume 14, Issue 11, November 2006, Pages 488-496, ISSN 0966-842X, 10.1016/j.tim.2006.09.001. [//www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0966842X06002265]]
  2. ^ Candidatus Chloracidobacterium thermophilum: An Aerobic Phototrophic Acidobacterium Donald A. Bryant, Amaya M. Garcia Costas, Julia A. Maresca, Aline Gomez Maqueo Chew, Christian G. Klatt, Mary M. Bateson, Luke J. Tallon, Jessica Hostetler, William C. Nelson, John F. Heidelberg, and David M. Ward Science 27 July 2007: 317 [5837], 523-526. DOI:10.1126/science.1143236

Bila Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang semakin spesifik. Terima kasih.


edunitas.com

Page 16

Fotosintesis anoksigenik adalah ronde fototrof mana energi cahaya ditangkap dan diubah menjadi ATP, tanpa menghasilkan oksigen. Oleh sebap itu, air tidak digunakan sbg sumber elektron. Hadir beberapa kelompokan bakteri yang mengalami fotosintesis anoksigenik: Bakteri belerang hijau, Chloroflexi hijau dan merah , Bakteri ungu fototrof, Acidobacteria fototrof, dan Heliobacteria fototrof.[1][2]

Referensi

  1. ^ [Donald A. Bryant, Niels-Ulrik Frigaard, Prokaryotic photosynthesis and phototrophy illuminated, Trends in Microbiology, Volume 14, Issue 11, November 2006, Pages 488-496, ISSN 0966-842X, 10.1016/j.tim.2006.09.001. [//www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0966842X06002265]]
  2. ^ Candidatus Chloracidobacterium thermophilum: An Aerobic Phototrophic Acidobacterium Donald A. Bryant, Amaya M. Garcia Costas, Julia A. Maresca, Aline Gomez Maqueo Chew, Christian G. Klatt, Mary M. Bateson, Luke J. Tallon, Jessica Hostetler, William C. Nelson, John F. Heidelberg, and David M. Ward Science 27 July 2007: 317 [5837], 523-526. DOI:10.1126/science.1143236

Bila Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang semakin spesifik. Terima kasih.


edunitas.com

Page 17

Fotosintesis anoksigenik adalah ronde fototrof mana energi cahaya ditangkap dan diubah menjadi ATP, tanpa menghasilkan oksigen. Oleh sebap itu, air tidak digunakan sbg sumber elektron. Hadir beberapa kelompokan bakteri yang mengalami fotosintesis anoksigenik: Bakteri belerang hijau, Chloroflexi hijau dan merah , Bakteri ungu fototrof, Acidobacteria fototrof, dan Heliobacteria fototrof.[1][2]

Referensi

  1. ^ [Donald A. Bryant, Niels-Ulrik Frigaard, Prokaryotic photosynthesis and phototrophy illuminated, Trends in Microbiology, Volume 14, Issue 11, November 2006, Pages 488-496, ISSN 0966-842X, 10.1016/j.tim.2006.09.001. [//www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0966842X06002265]]
  2. ^ Candidatus Chloracidobacterium thermophilum: An Aerobic Phototrophic Acidobacterium Donald A. Bryant, Amaya M. Garcia Costas, Julia A. Maresca, Aline Gomez Maqueo Chew, Christian G. Klatt, Mary M. Bateson, Luke J. Tallon, Jessica Hostetler, William C. Nelson, John F. Heidelberg, and David M. Ward Science 27 July 2007: 317 [5837], 523-526. DOI:10.1126/science.1143236

Bila Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang semakin spesifik. Terima kasih.


edunitas.com

Page 18

Tags [tagged]: fotosfer, unkris, matahari korona, sehingga, sinar dari korona, tidak, km, cahaya, fotosfer terlihat berwarna, kuning dari, elemen, elemen lebih berat, 2 referensi, leoneko, or id my, angin surya, semburan, matahari lontaran massa, korona, pusat, ilmu, pengetahuan rintisan bertopik, astronomi semua, rintisan, astronomi fotosfer pusat, ilmu pengetahuan

Page 19

Tags [tagged]: fotosfer, unkris, matahari korona, sehingga, sinar dari korona, tidak, km, cahaya, fotosfer terlihat berwarna, kuning dari, elemen, elemen lebih berat, 2 referensi, leoneko, or id my, angin surya, semburan, matahari lontaran massa, korona, pusat, ilmu, pengetahuan rintisan bertopik, astronomi semua, rintisan, astronomi fotosfer pusat, ilmu pengetahuan

Page 20

Tags [tagged]: fotosfer, unkris, matahari korona, sehingga, sinar dari korona, tidak, km, cahaya, fotosfer terlihat berwarna, kuning dari, elemen, elemen lebih berat, 2 referensi, leoneko, or id my, angin surya, semburan, matahari lontaran massa, korona, center, of, studies rintisan bertopik, astronomi semua, rintisan, astronomi fotosfer center, of studies

Page 21

Tags [tagged]: fotosfer, unkris, matahari korona, sehingga, sinar dari korona, tidak, km, cahaya, fotosfer terlihat berwarna, kuning dari, elemen, elemen lebih berat, 2 referensi, leoneko, or id my, angin surya, semburan, matahari lontaran massa, korona, center, of, studies rintisan bertopik, astronomi semua, rintisan, astronomi fotosfer center, of studies

Page 22

Portal Film

Selamat datang di Portal Film

Film adalah gambar-hidup, juga sering dinamakan movie [semula pelesetan sebagai 'berpindah gambar']. Film, secara kolektif, sering dinamakan 'sinema'. Gambar-hidup adalah bangun-bangun seni, bangun-bangun populer dari hiburan, dan juga bisnis.

Film dihasilkan dengan rekaman dari orang dan benda [termasuk fantasi dan figur palsu] dengan kamera, dan/atau oleh animasi.

Selengkapnya.......

Artikel pilihan

Final Destination adalah suatu film horor tahun 2000 tentang sekelompok pelajar yang 'menipu kematian' sesudah terhindar dari kecelakaan pesawat ketika sebelumnya seorang dari mereka melihat pertanda kematian mereka, tapi tak lama sesudah itu, mereka mulai mati satu per satu dalam kecelakaan misterius yang mengerikan. Skripsi film ini awal mulanya ditulis oleh Jeffrey Reddick sebagai catatan spekulasi sebagai X-Files. [Sutradara James Wong melakukan pekerjaan sebagai penulis, direktur dan produsen serial itu]. Kisah ini benar beberapa kesesuaian dengan episode The Twilight Zone berjudul "Twenty-Two". Film dihasilkan oleh New Line Cinema. DVDnya diresmikan pada 26 September 2000.

Selengkapnya.......

Gambar pilihan

Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides adalah film fantasi petualangan 2011 dan angsuran keempat dalam seri Pirates of the Caribbean. Dalam film tersebut, Kapten Jack Sparrow [Johnny Depp] bergabung dengan Angelica [Penélope Cruz] sebagai mencari Air Mancur Awet Muda, menghadapi bajak laut Blackbeard terkenal [Ian McShane]. Penggambaran plot terinspirasi dari novel On Stranger Tides oleh Tim Powers, yang juga terinspirasi permainan LucasArts The Secret of Monkey Island. Film ini disutradarai oleh Rob Marshall, yang ditulis oleh Ted Elliott dan Terry Rossio, dan dihasilkan oleh Jerry Bruckheimer.

Selengkapnya.......

Tahukah anda.......

Biografi pilihan

Kategori

Page 23

Tags [tagged]: portal, film, articles, choice, unkris, articles choice, film setiap, pengguna, mengajukan artikel pilihannya, merupakan artikel, rintisan, artikel pilihan saat, 2, film artikel pilihan, 12 27, februari, 28 3, 2010, juli 2010, rumah, dara 8 portal, film artikel, pilihan, 7, center of, studies roman, twilight, film 28 thriller, rumah dara, sutradara

Page 24

Tags [tagged]: portal, film, character, choices, character choices, unkris, telah banyak, berperan, perfilman artikel harus, netral, sebuah, kawasan, perkampungan miskin medan, sumatera utara, caca, chacha lahir jakarta, 10 agustus, 1989, iklan citra lintas, ternyata sesampai, sana, marshanda, center of, studies carvil, millenium, susu bendera selengkapnya, tokoh portal, character choices portal

Page 25

Tags [tagged]: portal, film, character, choices, character choices, unkris, telah banyak, berperan, perfilman artikel harus, netral, sebuah, kawasan, perkampungan miskin medan, sumatera utara, caca, chacha lahir jakarta, 10 agustus, 1989, iklan citra lintas, ternyata sesampai, sana, marshanda, center of, studies carvil, millenium, susu bendera selengkapnya, tokoh portal, character choices portal

Page 26

Tags [tagged]: portal, film, tokoh, pilihan, tokoh pilihan, unkris, telah banyak, berperan, perfilman artikel harus, netral, sebuah, kawasan, perkampungan miskin medan, sumatera utara, caca, chacha lahir jakarta, 10 agustus, 1989, iklan citra lintas, ternyata sesampai, sana, marshanda, pusat ilmu, pengetahuan carvil, millenium, susu bendera selengkapnya, tokoh portal, tokoh pilihan portal

Video yang berhubungan

Bài mới nhất

Chủ Đề