Uraikan hubungan antara sikap empati dan filantropi sosial

Merdeka.com - Simpati dan empati sebetulnya memiliki kedekatan makna antara satu sama lainnya. Keduanya akan berarti penting bagi manusia yang notabene merupakan makhluk sosial. Di dalam menjalin suatu hubungan serta kedekatan dengan sesama, maka setiap orang juga perlu bersimpati serta berempati.

Sebetulnya, kedua kata ini miliki makna yang berbeda meskipun juga sama-sama berkaitan dengan perasaan. Banyak juga yang keliru dengan memahami kedua maknanya dalam kehidupan sehari-hari.

Simpati sendiri sering digunakan dalam menggambarkan untuk berbagi rasa sakit serta emosional seseorang. Saat sedang merasa kasihan pada seseorang, Anda akan merasakan simpati. Anda merasa sedih mereka mengalami kemalangan. Perasaan ini bisa terhadap individu atau kelompok.

Menurut kamus Oxford, perbedaan utama antara empati dan simpati adalah bahwa simpati melibatkan suatu tingkat penilaian atau evaluasi. Simpatisan berasumsi bahwa mereka tahu apa yang mungkin dirasakan orang lain, dan kemudian memperluas pengalaman emosional itu dengan rasa kasihan, misalnya.

Lalu, bagaimana perbedaannya dengan empati? Agar dapat mengetahui dengan rinci, berikut kami telah rangkum perbedaan simpati dan empati dalam kehidupan sehari-hari, yang dilansir dari Skills You Need.

2 dari 4 halaman

Sebelum kita mengetahui perbedaan simpati dan empati, mari kita simak penjelasan mengenai pengertian simpati terlebih dahulu. Simpati adalah suatu proses di mana seseorang merasa tertarik terhadap pihak lain, sehingga mampu merasakan apa yang dialami, dilakukan dan diderita orang lain.

Simpati ini merupakan suatu proses di mana seseorang akan merasa tertarik dengan orang lain. Maka dari itu, mereka akan mampu merasakan apa yang dialami oleh orang lain, serta dilakukan dan diderita orang lain.

Bila dibandingkan dengan rasa kasihan, maka simpati akan menyiratkan rasa kesamaan yang akan lebih besar bersama dengan keterlibatan pribadi yang lebih mendalam. Namun, simpati juga tidak sama seperti empati, yang tidak melibatkan perspektif bersama atau bisa dikatakan emosi bersama, serta meskipun ekspresi wajah simpati menunjukkan kepedulian dan perhatian, mereka tidak menunjukkan kesusahan bersama.

3 dari 4 halaman

  • Simpati Tidak Mendalam, Jika Empati Lebih Mendalam

Perbedaan simpati dan empati yang pertama adalah jika simpati merupakan hanya sifat merasa iba, dan biasanya tak terlalu mendalam. Simpati pada umumnya tak menunjukkan sikap prihatin terhadap apa yang orang lain rasakan tanpa adanya memandang bahwa perlu atau tidaknya membantu seseorang tersebut untuk menangani kesulitannya.

Sedangkan jika empati merupakan sikap yang lebih mendalam, karena seseorang akan lebih merasakan kesedihan orang lain serta tahu apa yang sedang orang lain rasakan ketika dalam situasi tersebut. Saat sikap ini muncul, seseorang biasanya juga akan lebih berusaha bekerja sama untuk mencari penyelesaian masalah bersama. 

  • Simpati adalah Respon Dukungan, Empati untuk Memahami Orang Lain

Perbedaan simpati dan empati yang berikutnya adalah jika simpati merupakan suatu respon dukungan yang ditunjukkan kepada orang lain. Biasanya, orang lain akan dapat merasakan dukungan tersebut tetapi tak sampai kepada tahap penyelesaian pemecahan masalahnya. Bagi sebagian orang, ada juga yang merasa telah cukup karena memang mereka tak mengharapkan bantuan lebih banyak dari orang lain.

Berbeda dengan empati yang dapat dilihat sebagai cara untuk memahami orang lain. Seseorang yang sedang berempati dianggap dapat mengerti bahwa permasalahan yang dihadapi orang lain adalah berat.

Orang yang berempati akan berusaha untuk menjadi pendengar yang baik serta berusaha membebaskan orang lain untuk bercerita mengenai permasalahannya sebebas-bebasnya.

4 dari 4 halaman

  • Simpati Berdasarkan Pada Persamaan, Empati Pada Perbedaan

Perbedaan simpati dan empati yang berikutnya adalah jika simpati sering dilakukan atas dasar persamaan. Seseorang mungkin dapat juga pernah alami hal yang senasib dan membuatnya mudah iba atau merasa prihatin dengan apa yang dialami orang lain. Mereka memang berusaha saling menguatkan, namun tak memiliki niat untuk terlibat lebih jauh lagi di dalam proses suatu pemecahan masalah yang telah ada.

Sedangkan empati biasanya dilakukan berdasarkan faktor perbedaan. Seseorang akan bersikap empati karena mungkin tak mengalami hal yang sama saat hal tersebut menimpa seseorang. Namun orang yang berempati akan mampu merasakan apa yang dialami orang tersebut.

  • Simpati Bersifat Spontan, Sedangkan Empati Melibatkan Beberapa Faktor

Perbedaan simpati dan empati yang selanjutnya adalah jika simpati merupakan suatu reaksi yang bersifat spontan. Contohnya saja, jika seseorang telah mendengar seseorang sedang tertimpa musibah, maka kita mungkin hanya bisa memberikan respon belasungkawa kepada mereka. Reaksi ini akan cukup spontan dan hanya menunjukkan bahwa kita bersimpati atas apa yang terjadi pada orang lain.

Sedangkan jika empati akan melibatkan beberapa faktor yaitu kognitif dan afektif, di mana akan mempengaruhi seseorang untuk ikut berpikir dalam mencari solusi permasalahan orang lain. Sikap yang ditunjukkan akan memberikan rasa kenyamanan pada orang lain agar mau membuak dirinya lebih luar lagi.

filantropi sosial. Kegiatan 3] merupakan contoh sikap simpati. Sementara itu, kegiatan 4] dan 5] merupakan contoh empati sosial.

6. Gotong royong merupakan upaya masyarakat untuk dapat berbaur satu sama lain meskipun berbeda latar belakang ekonomi, agama, ras, dan kelompok. Sikap kritis yang tercipta dari gotong royong adalah . . . .

a. komunikasi sosial dan toleransi b. komunikasi sosial dan simpati c. filantropi sosial dan toleransi d. empati sosial dan toleransi e. simpati dan empati

Jawaban: a

Melalui kegiatan gotong royong, setiap warga saling berbaur satu sama lain, tidak ada lagi batasan atau pengelompokan kaya dan miskin. Kegiatan ini memungkinkan terjadi komunikasi sosial antarindividu. Selain itu, melalui kegiatan gotong royong tercipta sikap saling toleransi satu sama lain.

7. Perhatikan alur berikut!

Sikap yang tepat untuk mengisi kotak P dan Q adalah . . . .

a. simpati dan empati b. empati dan simpati c. empati dan toleransi

d. komunikasi sosial dan empati e. toleransi dan menghargai perbedaan

Jawaban: a

Sikap yang tepat untuk mengisi kotak P dan Q adalah simpati dan empati. Filantropi sosial muncul diawali dari sikap simpati masyarakat dalam melihat fakta sosial semisal ketimpangan sosial. Sikap simpati akan berkembang menjadi sikap empati sosial. Perasaan iba yang muncul dari sikap empati akhirnya mendorong seseorang melakukan filantropi sosial.

8. Akibat isolasi geografis, setiap daerah akhirnya mengembangkan budaya masing-masing. Meskipun demikian, setiap budaya bertemu dan berbaur satu sama lain dan kadang terdapat budaya yang mendominasi. Sikap toleransi dan menghargai perbedaan dirasa tepat untuk menyikapi realitas di atas karena . . . . .

a. setiap budaya dapat mengembangkan

kebudayaannya

b. setiap budaya akan saling menghormati dan menghargai perbedaan dalam masyarakat

c. dapat menumbuhkan sikap saling peduli

antarkelompok budaya

d. dapat mengantarkan setiap kelompok untuk menunjukkan sikap kedermawanan

e. dapat terjadi proses komunikasi intrapersonal antarkelompok budaya

Jawaban: b

Sikap toleransi dan menghormati perbedaan adalah sikap yang tepat untuk diterapkan dalam kasus pada soal. Dominasi salah satu budaya lokal terhadap budaya lain kadang terjadi seiring dengan sedikit banyaknya jumlah anggota dalam suatu kelompok masyarakat. Perbedaan kadang menimbulkan prasangka, stereotip, dan merenggangkan hubungan antarbudaya. Oleh karena itu, diperlukan sikap toleransi dan menghargai kebudayaan. Dengan sikap ini, setiap budaya saling menghormati dan menghargai satu sama lain.

9. Perhatikan wacana berikut!

Berdasarkan penelitian tim UGM tahun 2013, kondisi alam di Gunung Kidul didominasi oleh lahan tandus. Kondisi ini menyebabkan masyarakat tidak optimal memanfaatkan lahan sehingga tertinggal dengan daerah lain. Selanjutnya, masyarakat diberdayakan untuk memanfaatkan lahan untuk ditanami melon. Setelah dilakukan uji coba dan hasilnya menguntungkan, banyak masyarakat tertarik mengikuti program tersebut. Melalui program ini taraf hidup masyarakat diharapkan meningkat.

sumber:

//nasional.news.viva.co.id/news/read/448398- ugm-kembangkan-melon-di-lahan-tandus-pantai-gunungkidul, diunduh 19 Juni 2015 [dengan perubahan]

Berdasarkan wacana di atas, dapat disimpulkan bahwa . . . .

a. kondisi sosial masyarakat dapat menjadi penyebab timbulnya ketimpangan sosial

b. kondisi geografis suatu daerah dapat

mendorong terjadinya ketimpangan sosial c. ketimpangan sosial dapat dihindari jika

kondisi ekonomi masyarakat meningkat

d. dominasi peran pemerintah mampu

meningkatkan perekonomian masyarakat e. dampak akhir dari ketimpangan sosial adalah

peningkatan taraf hidup

Jawaban: b

Pada wacana dijelaskan bahwa kondisi geografis Gunung Kidul yang didominasi tanah tandus menyebabkan masyarakat kurang optimal memanfaatkan lahan untuk kegiatan pertanian. Diperlukan peran agen perubahan sosial untuk membantu pemerintah dalam usaha pemberdaya-an masyarakat dalam mengelola lahpemberdaya-an pertpemberdaya-anipemberdaya-an. Melalui usaha tersebut, masyarakat diharapkan mampu memanfaatkan lahan untuk kegiatan lebih produktif yaitu dengan menanam melon. Dengan demikian, ketimpangan sosial yang disebabkan oleh kondisi geografis akibat lahan yang tandus dapat diatasi.

10. Sebagai pemeluk agama Hindu yang taat, Ida berupaya mengumpulkan uang saku untuk melakukan dana punia bagi masyarakat miskin di sekitar rumahnya. Niat tulus Ida tersebut ternyata didukung oleh keluarga dan teman-temannya. Mereka juga mengumpulkan untuk dana punia. Selain membantu sesama, tujuan lain suatu umat melakukan filantropi sosial atas dasar ajaran agama adalah . . . .

a. menyebarkan nilai-nilai kemanusiaan yang terdapat dalam ajaran agama

b. mengajarkan kepada generasi penerus akan bentuk filantropi keagamaan

c. menumbuhkan dan membiasakan sikap

murah hati

d. menunjukkan identitas keagamaan suatu

kelompok masyarakat

e. upaya mendapatkan pahala sesuai ajaran agama

Jawaban: e

Dana punia artinya pemberian yang baik dan suci. Dana punia menurut agama Hindu adalah pemberian yang baik dan suci dengan tulus ikhlas sebagai salah satu bentuk pengamalan ajaran dharma. Agama Hindu mengajarkan kepada pemeluknya untuk berbagi/berderma kepada orang lain yang membutuhkan. Ajaran ini merupakan bentuk filantropi sosial dari ajaran keagamaan. Umat yang melakukan kegiatan ini selain memiliki niat membantu sesama juga dilandasi ingin mendapatkan pahala sesuai ajaran agama.

B. Kerjakan soal-soal berikut!

1. Mengapa komunikasi sosial perlu ditumbuhkan sebagai upaya menyikapi ketimpangan sosial?

Jawaban:

Komunikasi merupakan salah satu syarat terjadinya interaksi. Melalui komunikasi, antarkelompok masyarakat yang mengalami ketimpangan sosial bersedia menjalin interaksi satu sama lain. Komunikasi dapat mengurangi terjadinya prasangka, stereotip, bahkan kecemburuan sosial. Komunikasi dapat mem-berikan saran, solusi, berita, atau informasi yang berguna bagi kelompok lain.

2. Berikan pandangan Anda mengenai praktik

toleransi dan menghargai perbedaan terkait ketimpangan sosial sekarang ini!

Jawaban:

Jawaban sesuai pemahaman peserta didik dalam menyikapi realitas sosial. Pada intinya, dewasa ini praktik toleransi dan menghargai perbedaan semakin diterapkan oleh masyarakat Indonesia. Masyarakat mulai terbuka dengan adanya per-bedaan termasuk perper-bedaan akibat ketimpangan sosial.

3. Uraikan hubungan antara sikap empati dan filantropi sosial!

Jawaban:

Sikap empati memiliki hubungan erat dengan perilaku filantropi sosial. Dilihat dari maknanya, empati merupakan keadaan seseorang untuk mengerti tentang perasaan dan emosi orang/ kelompok lain ser ta kemampuan untuk membayangkan diri sendiri di tempat orang lain. Perasaan empati ini sering menggugah perasaan iba, kasihan, dan rasa peduli terhadap orang lain. Jika perasaan iba, kasihan, dan rasa peduli diimplementasikan dalam bentuk nyata akhirnya tercipta perilaku filantropi seperti berderma, menolong sesama, atau bakti sosial.

4. Berikan contoh bentuk filantropi sosial atas dasar respons realitas sosial!

Jawaban:

Filantropi atas dasar respons realitas sosial merupakan filantropi yang dilakukan seseorang ketika melihat realitas sosial bahwa terdapat orang lain yang membutuhkan uluran bantuan. Filantropi jenis ini misalnya berderma ketika terjadi bencana

alam, bakti sosial bagi warga korban penggusuran, dan penggalangan dana bagi pemberdayaan masyarakat miskin di perdesaan.

5.

Survei Lembaga Sensus Indonesia [LSI] pada tahun 2014 menyatakan bahwa masyarakat Indonesia termasuk toleran dalam hal perbedaan pendapatan. Sebanyak 66% responden setuju bahwa dalam keadaan tertentu perbedaan pendapatan bisa diterima. Berdasarkan hasil survei di atas, apa yang dapat Anda simpulkan jika dikaitkan dengan ketimpangan sosial?

Jawaban:

Hasil survei LSI menunjukkan di Indonesia terjadi keberagaman dalam hal jumlah pendapatan. Data yang dipaparkan menunjukkan bahwa masyarakat mampu menerima adanya perbedaan pendapatan antarindividu di lingkungannya. Masyarakat sadar bahwa perbedaan pendapatan merupakan sesuatu yang wajar karena sesuai dengan jenis dan beban pekerjaan setiap individu.

A. Pilihlah jawaban yang tepat!

1. Perbedaan sumber daya alam dapat menjadi faktor yang memengaruhi ketimpangan sosial karena . . . .

a. kepemilikan sumber daya alam suatu daerah berbanding lurus dengan besar kecilnya luas daerah

b. ketidakmampuan masyarakat mengolah dan

memanfaatkan sumber daya alam

c. sumber daya alam memiliki hubungan erat dengan tingkat perekonomian suatu daerah

d. sumber daya alam memiliki kaitan erat

dengan tingkat modernitas suatu daerah e. semakin banyak sumber daya alam, semakin

besar kemungkinan muncul ketimpangan sosial

Jawaban: c

Bagi daerah yang memiliki sumber daya alam dan dapat memanfaatkannya dengan baik, laju pertumbuhan ekonominya akan meningkat. Hanya saja, tidak setiap daerah dikaruniai banyak sumber daya alam. Bagi daerah yang tidak banyak memiliki sumber daya alam, per tumbuhan ekonominya akan tertinggal sehingga dapat menjadi pemicu munculnya ketimpangan sosial.

2. Perhatikan pernyataan berikut!

1] Masyarakat perbatasan meminta pemerintah membangun menara telekomunikasi.

2] Masyarakat yang melakukan urbanisasi

cenderung memiliki tingkat keahlian rendah. 3] Hubungan Indonesia dengan negara tetangga memungkinkan terjadi pertukaran kebudayaan. 4] Masyarakat Palangkaraya masih mengantre di pangkalan gas karena keterlambatan pengiriman pasokan elpiji dari pusat. 5] Bantuan beras untuk warga masyarakat di

sekitar Gunung Merapi terhambat karena akses jalan yang sulit.

Pernyataan yang dapat menimbulkan ketimpangan sosial akibat faktor letak dan kondisi geografis ditunjukkan oleh nomor . . . .

a. 1], 2], dan 3] b. 1], 2], dan 4] c. 1], 4], dan 5] d. 2], 3], dan 4] e. 3], 4], dan 5] Jawaban: c

Salah satu faktor yang memengaruhi ketimpangan sosial adalah perbedaan letak dan kondisi geografis. Adapun contoh yang sesuai ditunjukkan

oleh nomor 1], 4] dan 5]. Adapun nomor 2] merupakan contoh yang diakibatkan oleh kondisi demografis. Nomor 3] kurang tepat karena lebih mengarah pada pengaruh globalisasi.

3. Pengaruh budaya dari negara-negara Asia sangat terlihat di kalangan remaja Indonesia. Realitas ini sangat terlihat di daerah perkotaan. Pengaruh globalisasi ini dapat menimbulkan ketimpangan budaya apabila . . . .

a. budaya bangsa berakulturasi dengan budaya global

b. masyarakat mengalami culture shock

terhadap kebudayaannya sendiri

c. kebudayaan global diterima oleh sebagian masyarakat saja

d. budaya global melunturkan jati diri bangsa Indonesia

e. budaya global memiliki kemiripan dengan budaya asli Indonesia

Jawaban: d

Masuk dan berkembangnya budaya dari negara lain merupakan konsekuensi logis dari globalisasi. Akan tetapi, konsekuensi ini dapat menimbulkan ketimpangan budaya apabila budaya global lebih disukai oleh masyarakat dan menyisihkan budaya asli. Selain itu, dampak lainnya adalah jati diri bangsa menjadi luntur dan tergantikan dengan karakter budaya global tersebut.

4. Perhatikan contoh kasus berikut!

1] Perusahaan menetapkan karyawan wanita

hanya boleh mengisi jabatan sebagai karyawan produksi.

2] Petugas kecamatan mempermudah urusan

surat-menyurat apabila ada uang pelicin. 3] Penetapan upah buruh kontrak di bawah upah

minimum regional.

4] Pelarangan penggunaan atribut keagamaan di tempat-tempat tertentu.

5] Pihak sekolah menolak murid yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Contoh tindakan yang mengarah pada bentuk diskriminasi tidak langsung ditunjukkan oleh

Video yang berhubungan

Bài Viết Liên Quan

Bài mới nhất

Chủ Đề