Volume ketika inspirasi kembali setelah inspirasi 1500 ml disebut volume

“Volume udara paru-paru adalah udara yang dapat ditampung oleh organ paru-paru saat proses pernapasan berlangsung. Pada orang dewasa, organ paru-paru memiliki kapasitas rata-rata sebanyak 3-5 liter. Namun, hal tersebut akan tergantung pada jenis kelamin, usia, dan aktivitas harian yang dilakukan. Lantas, bagaimana dengan volume udara residu paru-paru? Bagaimana cara mengukurnya?”

Halodoc, Jakarta – Pada pria dewasa, kapasitas normal organ paru-parunya adalah sebanyak 4-5 liter. Sedangkan pada wanita dewasa, kapasitas normal organ paru-parunya adalah sebanyak 3-4 liter. Total kapasitas tersebut dapat berkurang jika seseorang mengidap penyakit tertentu, seperti penyakit paru, penyakit jantung yang memicu kongesti paru, serta lemahnya otot pernapasan.

Baca juga: Ini 5 Penyakit yang Menyerang Paru-Paru

Bagaimana Cara Mengukur Volume Udara Residu Paru-Paru?

Saat manusia mengembuskan napas kuat, sekitar 1.500 mililiter volume udara yang dikeluarkan dari dalam tubuh. Udara tersebut disebut dengan udara suplementer. Meski sudah diembuskan dengan kuat, masih terdapat sisa udara dalam paru-paru, yang disebut dengan udara residu. Sebelum mengetahui bagaimana cara mengukur volume udara residu paru-paru, sebaiknya kamu lebih dulu mengetahui jenis perubahan volume paru-paru:

1. Volume Tidal

Volume tidal adalah volume udara yang masuk dan keluar dari paru-paru saat proses pernapasan berlangsung. Pada orang dewasa, mereka memiliki rata-rata volume tidal sebanyak 500 mililiter.

2. Volume Cadangan Inspirasi

Volume cadangan inspirasi adalah volume udara udara tambahan yang masuk ke paru-paru setelah proses pernapasan berlangsung. Pada orang dewasa, mereka memiliki rata-rata volume cadangan inspirasi kurang lebih sebanyak 3.000 mililiter.

3. Volume Cadangan Ekspirasi

Volume cadangan ekspirasi adalah volume udara yang masih tersisa, dan dapat diembuskan di akhir proses pernapasan. Pada orang dewasa, mereka memiliki rata-rata volume cadangan ekspirasi kurang lebih sebanyak 1.000 mililiter.

4. Volume Residu

Volume residu adalah volume udara yang tetap berada dalam paru-paru, meskipun napas sudah diembuskan kuat. Pada orang dewasa, mereka memiliki rata-rata volume residu kurang lebih sebanyak 1200 mililiter.

Pertanyaannya adalah, bagaimana cara mengukur volume udara residu paru-paru? Nah, hal tersebut dihitung dengan menambah volume cadangan ekspirasi dengan volume residu. Pada orang dewasa, nilai normal volume residu adalah sekitar 1800 – 2200 mililiter.

Baca juga: 4 Makanan Penyebab Kanker Paru-Paru

Begini Tahapan Proses Pemeriksaan Kapasitas Paru-Paru

Pemeriksaan ini memakan waktu 40-45 menit. Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan sebelum, selama, dan setelah pemeriksaan berlangsung:

1. Sebelum Pemeriksaan

Beberapa hal yang harus dilakukan sebelum pemeriksaan, seperti jangan makan terlalu banyak, jangan mengonsumsi alkohol, beritahu dokter jika kamu sedang mengonsumsi obat, jangan merokok, serta batasi aktivitas yang dilakukan.

2. Selama Pemeriksaan

Pemeriksaan dilakukan dengan mengukur berat badan, tinggi badan, usia, jenis kelamin, serta riwayat penyakit pasien. Pasien kemudian disarankan untuk memakai masker. Selanjutnya, dokter akan menyuruh mengambil napas dalam-dalam, dan menahan napas selama beberapa detik. Kemudian, embuskan napas sekeras mungkin. Tes ini biasanya dilakukan sebanyak 3 kali.

3. Setelah Pemeriksaan

Setelah pemeriksaan kamu dapat langsung melanjutkan aktivitas harian. Namun, dokter akan menjelaskan mengenai langkah perawatan selanjutnya, jika ditemukan adanya gangguan pada paru-paru. Langkah perawatan tersebut bertujuan untuk menjaga kesehatan paru-paru pasien.

Baca juga: Kenali Gejala Awal Kanker Paru-paru

Itulah cara mengukur volume udara residu paru-paru beserta langkah pemeriksaan kapasitas paru-paru. Seperti pada ulasan sebelumnya, menghitung volume udara residu paru-paru dilakukan dengan menambah volume cadangan ekspirasi dengan volume residu. Masing-masing orang akan memiliki angka yang berbeda. Semua tergantung pada jenis kelamin, usia, dan aktivitas harian yang dilakukan.

Jika kamu memiliki tanda paru-paru bermasalah, seperti batuk, sesak napas, perubahan suara, rasa lelah berlebihan, bengkak pada tungkai, dan lain-lain, silahkan diskusikan dengan dokter penyakit dalam di aplikasi Halodoc untuk menentukan langkah penanganan selanjutnya. Yuk, download aplikasinya di sini.

Referensi:

European Respiratory Journal. Diakses pada 2021. Standardisation of the measurement of lung volumes.
NCBI. Diakses pada 2021. Pulmonary Function Tests.
NCBI. Diakses pada 2021. The physiological basis and clinical significance of lung volume measurements.
Journal Universitas Negeri Semarang. Diakses pada 2021. APLIKASI SENSOR TEKANAN GAS MPX5100 DALAM ALAT UKUR KAPASITAS VITAL PARU-PARU.
Halodoc. Diakses pada 2021. 6 Tips yang Wajib Dicoba untuk Menjaga Kesehatan Paru.

Volume tidal adalah udara yang masuk dan keluar paru-paru pada saat pernapasan biasa. Volume cadangan inspirasi adalah udara yang masih dapat dimasukkan ke dalam paru-paru secara maksimal, setelah melakukan inspirasi normal. Volume cadangan ekspirasi adalah udara yang masih dapat dikeluarkan dari paru-paru secara maksimal setelah melakukan ekspirasi biasa. Volume residu adalah udara yang tersisa di dalam paru-paru. Masing-masing besaran udara pernafasan dijelaskan lebih lanjut pada pembahasan dibawah ini.

Pembahasan

Pernapasan adalah proses pengambilan O₂ untuk memperoleh energi melalui respirasi seluler. Udara yang masuk dan keluar sel dapat ditentukan besar volumenya.  

Volume udara pernafasan adalah jumlah udara pernafasan yang keluar masuk melalui sistem pernafasan. Volume udara pernafasan terdiri dari:

a. Udara pernapasan biasa (volume tidal) --> VT

Volume tidal merupakan udara yang masuk dan keluar paru-paru pada saat pernapasan biasa. Besarnya volume tidal adalah 500 ml

b. Udara cadangan inspirasi (udara komplementer) --> UK

Udara cadangan inspirasi merupakan udara yang masih dapat dimasukkan ke dalam paru-paru secara maksimal, setelah melakukan inspirasi normal. Besarnya udara komplementer adalah 2500 - 3000 ml

c. Udara cadangan ekspirasi (udara suplementer) --> US

Udara cadangan ekspirasi merupakan udara yang masih dapat dikeluarkan dari paru-paru secara maksimal setelah melakukan ekspirasi biasa. Besarnya udara suplementer adalah 1250 - 1300 ml

d. Udara residu --> UR

Udara residu merupakan udara yang tersisa di dalam paru-paru, yang berfungsi untuk menjaga agar paru-paru tetap dalam keadaan mengembang. Besarnya udara residu adalah 1200 ml.

e. Kapasitas vital --> KV

Kapasitas vital merupakan kemampuan paru-paru mengeluarkan udara secara maksimal setelah melakukan inspirasi secara maksimal.

Kapasitas paru-paru dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut:  

KV = VT + UK + US

Berdasarkan rumus di atas kapasitas vital paru-paru adalah sebesar 4750 ml

f. Kapasitas total --> KT

Kapasitas total merupakan udara yang dapat tertampung secara maksimal di paru-paru secara keseluruhan.

Kapasitas total paru-paru dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut:

KT = KV + UR

Berdasarkan rumus di atas dapat dihitung kapasitas total paru-paru adalah sebesar 5800 ml.

Volume udara perafasan setiap orang berbeda-beda dikarenakan volume paru-paru yang berbeda pula. Volume paru-paru dipegaruhi antara lain oleh:

a. Faktor genetik

b. Aktivitas olahraga

Orang yang sering berolahraga memiliki volume paru-paru lebih besar.

c, Kondisi lingkungan

Orang yag tinggal di dataran tinggi dengan kadar oksigen rendah biasanya mempuyaivolume paru-paru lebih besar daripada orang yang tiggal di datara rendah.

d. Jenis kelamin

Laki-laki biasanya mempuyai volume paru-paru lebih besar daripada perempuan.  

Frekuensi pernapasan adalah intensitas memasukkan atau mengeluarkan udara per menit. Pada umumnya intensitas pernapasan pada manusia berkisar antara 16 - 18 kali.

Faktor yang mempengaruhi kecepatan frekuensi pernapasan adalah:

a. Usia

  • Balita memiliki frekuensi pernapasan lebih cepat dibandingkan manula. Semakin bertambah usia, intensitas pernapasan akan semakin menurun.
  • Bayi membutuhkan energi lebih banyak untuk pertumbuha selsel nya sehingga frekuensi pernafasan nya lebih tinggi.  

b. Jenis kelamin

Laki-laki memiliki frekuensi pernapasan lebih cepat dibandingkan perempuan

c. Suhu tubuh

Semakin tinggi suhu tubuh (demam) maka frekuensi pernapasan akan semakin cepat

d. Posisi tubuh

Frekuensi pernapasan meningkat saat berjalan atau berlari dibandingkan posisi diam. frekuensi pernapasan posisi berdiri lebih cepat dibandingkan posisi duduk. Frekuensi pernapasan posisi tidur terlentar lebih cepat dibandingkan posisi tengkurap.

e. Aktivitas

Semakin tinggi aktivitas, maka frekuensi pernapasan akan semakin cepat.

Pelajari lebih lanjut

1. mekanisme ekspirasi: brainly.co.id/tugas/21071990

2. iInspirasi: brainly.co.id/tugas/21021486

3. sistem pernafasan: brainly.co.id/tugas/21355929

Detil Jawaban

Kelas: 2 SMA

Mapel: Biologi

Bab: Sistem pernafasan manusia

Kode: 11.4.7

Kata kunci: volume udara pernafasan, volume tidal, volume cadangan inspirasi, volume cadangan eskpirasi, volume residu