Apa saja gerakan pemanasan sebelum melakukan olahraga?

Saat berolahraga, pemanasan adalah step yang penting buat kita lakukan. Tujuannya supaya menghindarkan diri dari cedera dan supaya olahraga utama yang kita lakukan akan lebih maksimal.

Nah, biar kita bisa memperoleh manfaat yang lebih baik dari olahraga yang kita lakukan, yuk kenali 12 gerakan pemanasan yang paling tepat sebelum olahraga.

(Baca juga: 5 Trik PDKT Sama Cowok Kalau Dia Atlet Lari)

Memutar kepala

Gerakan pemanasan yang pertama adalah memutar kepala. Lakukan dengan posisi berdiri dengan kaki tegak, selebar bahu. Kemudian mulai putar kepala kita ke kanan dan ke kiri secara bergantian sebanyak 20 hitungan.

Memutar lengan 1

Dengan posisi yang tetap sama, rentangkan kedua tangan. Selanjutnya kita melakukan gerakan memutar lengan atas. Lakukan putaran ke dalam dan ke luar, masing-masing selama 30 detik.

Memutar lengan 2

Dengan posisi yang sama, angkat lengan kita ke atas, selebar bahu. Kemudian putar lengan kita ke luar dan ke dalam, masing-masing sebanyak 20 hitungan.

Memutar bahu

Masih dengan posisi yang sama, jarak kaki selebar bahu. Luruskan lengan ke samping badan. Kemudian putar bahu kita ke dalam dan ke luar sebanyak 20 hitungan.

Memutar pergelangan tangan

Kaitkan jari-jari tangan kanan dan kiri kita. Kemudian putar pergelangan tangan selama 60 detik. Lakukan putaran sebaliknya juga.

Mengayunkan torso

Dengan piosisi badan tegak dan kaki selebar bahu, bungkukkan badan ke depan 90 derajat sambil mengayunkan tangan. Lakukan sebanyak 15 kali ke kanan dan ke kiri.

Membungkukkan torso

Dengan posisi yang sama kaki selebar bahu, bungkukkan badan ke kanan dan kiri (pastikan lutut tetap lurus) kemudian kembali ke posisi semula. Lakukan selama 40 kali.

Memutar pinggang

Letakkan kedua tangan di atas pinggul. Kemudian putar pinggang kita mengikuti arah jam dan arah sebaliknya selama 10 kali.

Memutar lutut

Kembali ke posisi semula, posisi tangan di atas pinggang. Angkat kaki kanan dengan lutut di tekuk ke depan. Kemudian putar lutut ke kanan dan ke kiri sebanyak 10 kali. Lakukan hal serupa untuk kaki kiri.

Memutar kaki

Dengan sedikit melebarkan posisi kaki, kemudian ambil posisi berjinjit pada sati kaki. Putar kaki mengikuti arah jam dan sebaliknya sebanyak 10 kali. Lakukan di kedua kaki.

Latihan otot abdominal

Dengan posisi terlentang, angkat kaki setinggi 15 cm di atas lantai. Lalu dengan bergantian angkat kaki kiri dan kanan secara horizontal selama 30 detik. Ambil waktu 5 detik untuk istirahat. Ulangi dengan bergantian angkat kaki kiri dan kanan kemudian ayunkan secara vertikal selama 30 detik.

Latihan otot punggung

Dengan posisi telungkup, angkat tangan dan kaki dengan gerakan naik-turun. Saat menganggat tangan dan kaki biarkan selama 1 detik, kemudian turunkan. Lakukan sebanyak 20 kali. (SimpleWarmUp)

(Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Tubuh Langsing Seperti Son Yeon Jae, Atlet Gymnastic )

Video

Advertising