Cara melihat aplikasi yang sudah di download di laptop

Untuk menemukan unduhan di PC:

  1. Pilih File Explorer dari taskbar, atau tekan tombol dengan logo Windows   + E.

  2. Di bagian Akses cepat, pilih Unduhan.

Anda juga dapat menemukan folder Unduhan Anda di bagian This PC.

Melihat di mana browser Anda menyimpan unduhan

Anda dapat mengustomisasi menu Mulai taskbar Anda. Anda juga dapat memastikan bahwa kesalahan instalasi, perangkat lunak antivirus, Windows pembaruan yang tertunda tidak dapat dilakukan.

Catatan: Siswa yang Windows 11 SE tidak akan dapat mengunduh aplikasi dari Microsoft Store. Aplikasi dikelola oleh Admin TI mereka. Pelajari selengkapnya

Berikut cara mengkustomisasi apa yang Anda lihat di menu Mulai taskbar:

  • Untuk melihat daftar aplikasi Anda, pilih Mulai , lalu pilih panah di samping Semua aplikasi untuk memperluas panel tersebut. Gulir daftar alfabetis.

  • Untuk memilih apakah pengaturan menu Mulai Anda memperlihatkan aplikasi yang paling sering digunakan di bagian atas daftar semua aplikasi, atau apakah aplikasi tersebut menampilkan aplikasi yang baru saja diunduh di bagian yang disarankan, pilih Mulai > Pengaturan > Personalisasi > Mulai dan aktifkan/nonaktifkan Tampilkan aplikasi yang baru saja ditambahkan atau Perlihatkan aplikasi yang paling sering digunakan.

  • Untuk menyesuaikan folder mana yang diperlihatkan sebagai ikon di samping tombol daya Anda di menu Mulai, pilih Mulai > Pengaturan > personalisasi > Mulai.  Lalu pilih Folder dan pilih folder mana yang akan muncul dengan menonaktifkan setiap opsi Aktif atau Nonaktif.

  • Untuk menyematkan aplikasi favorit ke menu Mulai atau ke taskbar, pilih dan tahan (atau klik kanan) aplikasi yang ingin Anda sematkan. Kemudian pilih Sematkan ke Mulai, Sematkan ke taskbar, atau Tombol > Sematkan ke taskbar.

Untuk menemukan aplikasi tertentu dengan cepat, ketik nama aplikasi tersebut di kotak pencarian di atas menu Mulai. Jika aplikasi yang diunduh tidak diinstal dengan benar, aplikasi tidak akan muncul dalam daftar aplikasi atau ketika Anda mencarinya. Anda bisa mencoba memperbaiki aplikasi tersebut.

Jika Anda masih belum melihat aplikasi yang Anda cari, kemungkinan instalasi aplikasi diblokir oleh pembaruan Windows atau perangkat lunak antivirus Anda. Anda dapat menonaktifkan perangkat lunak antivirus untuk sementara waktu saat mencoba menginstal aplikasi lagi. Jika Anda menonaktifkan perangkat lunak antivirus, pastikan Anda mengaktifkan kembali Proteksi real-time setelah Anda selesai menginstal.

Menonaktifkan proteksi antivirus di Keamanan Windows
Periksa Windows Pembaruan

Anda dapat mengustomisasi menu Mulai taskbar Anda. Anda juga dapat memastikan bahwa kesalahan instalasi, perangkat lunak antivirus, Windows pembaruan yang tertunda tidak dapat dilakukan.

Berikut cara mengkustomisasi apa yang Anda lihat di menu Mulai taskbar:

  • Untuk melihat daftar aplikasi Anda, pilih Mulai dan gulir daftar sesuai alfabet. Beberapa aplikasi berada dalam folder dalam daftar aplikasi—seperti Notepad, yang ada dalam folder Windows Aksesori.

  • Untuk memilih apakah pengaturan menu Mulai Anda memperlihatkan semua aplikasi Anda atau hanya aplikasi yang paling sering digunakan, pilih Mulai > Pengaturan > Personalisasi > Mulai dan sesuaikan setiap pengaturan yang ingin Anda ubah.

  • Untuk menyesuaikan folder mana yang Anda lihat di halaman menu Mulai, pilih Mulai > Pengaturan > personalisasi > Mulai. Lalu   pilih Pilih folder yang muncul di Mulai dan alihkan folder ke Aktif atau Nonaktif.

  • Anda dapat menyematkan aplikasi favorit ke menu Mulai atau ke taskbar. Pilih dan tahan (atau klik kanan) aplikasi yang ingin Anda sematkan. Lalu pilih Sematkan ke Mulai atau Lainnya>Sematkan ke taskbar .

Untuk menemukan aplikasi tertentu dengan cepat, ketik nama aplikasi di kotak pencarian di bilah tugas. Jika aplikasi yang anda unduh tidak diinstal dengan benar, itu tidak akan muncul di menu Mulai atau saat Anda mencarinya. Anda bisa mencoba memperbaiki aplikasi tersebut.

Jika Anda masih belum melihat aplikasi yang Anda cari, kemungkinan instalasi aplikasi diblokir oleh pembaruan Windows tertunda atau perangkat lunak antivirus Anda. Anda dapat menonaktifkan perangkat lunak antivirus untuk sementara waktu saat mencoba menginstal aplikasi lagi. Jika Anda menonaktifkan perangkat lunak antivirus, pastikan Anda mengaktifkan kembali Proteksi real-time setelah Selesai menginstal. 

Menonaktifkan proteksi antivirus di Keamanan Windows
Periksa Windows Pembaruan

Laptop merupakan perangkat elektronik yang banyak dibutuhkan selain smartphone. Ada banyak kelebihan dari laptop, salah satunya adalah kita bisa membacanya kemana-mana alias portable.

Selain itu, laptop juga lebih ringan dibandingkan komputer dan penggunannya yang cenderung praktis. Setiap laptop pasti menggunakan sistem operasi yang di dalamnya juga terpasang berbagai macam aplikasi.

Aplikasi-aplikasi tersebut harus terpasang di komputer karena manfaatnya untuk membantu pekerjaan atau hanya sekedar hiburan semata. Ada banyak aplikasi dengan berbagai macam tipenya. Ada yang digunakan untuk edit video, internet, maupun digunakan untuk bermain game. Di bawah ini akan kami berikan informasi cara melihat aplikasi yang berjalan di laptop / komputer.

Cara Melihat Aplikasi yang Berjalan di Laptop

1. Klik kanan ikon Windows pada desktop.

2. Kemudian anda pilih Task Manager.

3. Atau lebih mudah lagi anda bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Shift + Esc.

4. Pada Task Manager, anda bisa melihat aplikasi apa saja yang berjalan di laptop anda. Dengan mengetahui aplikasi yang berjalan, anda bisa memanejemen penggunaan RAM dengan optimal.

Sebagai tambahan saja, untuk mengurangi kinerja laptop, anda bisa mengecek aplikasi mana saja yang berjalan di startup (yang otomatisberjalan ketika laptop dihidupkan). Pilih Disable untuk mendisable aplikasi yang anda rasa tidak penting / tidak diperlukan terlalu sering.

Berikut ini beberapa jenis aplikasi yang sering terinstall di laptop, diantaranya sebagai berikut ini:

1. Aplikasi antivirus

Jenis aplkasi yang pertama adalah aplikasi yang tergolong sebagai antivirus. Laptop kita tidak akan bisa lepas dari yang namanya virus. Virus bisa masuk kapans aja dan dimana saja tanpa anda sadari dan meskipun kondisi laptop anda sedang mati. Virus-virus tersebut juga bisa hadir ketika anda pernah masuk ke situs atau website yang tidak terpecaya untuk mendownload file di sana padahal file yang anda download tersebut sudah disisipi virus yang siap mengincar data-data anda.

Maka dari itu, anda harus memastikan telah menginstal antivirus di laptop. Ada banyak antivirus yang bisa digunakan, seperti Avast, 360 Security, Bitdefender, NOD32, dan lain sebagainya. Yang terpenting dari antivirus tersebut adalah anda sering mengupdatenya secara berkala. Dengan begitu, antivirus bisa mengenali jika ada virus baru yang muncul sehingga tidak sampai membahayakan laptop anda.

2. Aplikasi multimedia

Jenis aplikasi yang kedua adalah untuk keperluan multimedia. Tidak jarang pengguna juga memerlukan hiburan untuk kegiatannya. Tidak mungkin mereka selalu fokus menatap laptopnya ketika mengerjakan sesuatu. Maka dari itu, dibutuhkan aplikasi multimedia yang terinstall di laptop. Beberapa aplikasi yang termasuk ke dalam multimedia antara lain: VLC Player, Windows Media Player, Winamp, dan lain sebagainya.

3. Aplikasi DBMS

Apa itu DBMS? DBMS merupakan singkatan dari Database Management System atau aplikasi yang digunakan untuk keperluan database. Di dalam aplikasi ini terdapat ribuan database yang diimplementasikan menjadi sebuah sistem yang terintegrasi. Ada banyak aplikasi yang termasuk ke dalam aplikasi DBMS terbaik. Beberapa aplikasi tersebut antara lain:

  • Oracle
  • MySQL
  • Microsoft SQL Server
  • IBM DB2
  • SAP System ASE, dan lain sebagainya

4. Aplikasi editing

Jenis aplikasi yang keempat adalah untuk keperluan editing. Bagi anda yang bekerja di sektor editing, baik itu edit video maupun lagu atau audio pasti membutuhkan aplikasi ini. Aplikasi editing tersebut juga ada yang memiliki ukuran besar dan ada yang memiliki ukurna kecil. Anda tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan anda karena mungkin setiap orang memiliki kebutuhan editing yang berbeda.

Beberapa aplikasi editing yang populer antara lain: Adobe Photoshop, Corel Draw, Sony Vegas, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk mengupdate-nya secara rutin agar bisa menikmati fitur-fitur terbarunya.

Editor: Muchammad Zakaria