Tuliskan proses koneksi internet pada pc atau laptop lewat modem WiFi

/en/tr_id-basic-computer-skills/apa-itu-berkas-pdf-/content/

Langkah-langkah mempersiapkan koneksi Wi-Fi

Internet adalah perangkat yang sangat hebat. Internet memberi kita akses ke semua jenis informasi pada saat yang kita inginkan. Beberapa jenis informasi ini termasuk layanan seperti email, mesin pencarian Google, dan Wikipedia. Panduan ini akan membahas koneksi internet yang berlainan dengan koneksi internet yang Anda gunakan pada komputer desktop Anda di rumah. Bagaimana jika Anda dapat menggunakan internet dimanapun Anda berada?

Jika Anda telah memiliki koneksi internet kecepatan tinggi (broadband) di rumah Anda, maka cukup mudah untuk membuat jaringan nirkabel di rumah Anda sendiri. Jaringan nirkabel ini umumnya disebut sebagai Wi-Fi yang dapat Anda hubungkan ke laptop, smartphone, dan perangkat seluler lainnya tanpa sambungan kabel apapun.

Membeli router nirkabel

Untuk membuat jaringan Wi-Fi, Anda memerlukan router nirkabel. Perangkat ini yang akan memancarkan sinyal Wi-Fi dari modem internet di seluruh area rumah Anda. Penyedia layanan internet (ISP) yang Anda gunakan mungkin menawarkan router nirkabel dengan biaya bulanan yang murah. Jika Anda belum pernah membuat jaringan Wi-Fi, tawaran ini mungkin pilihan yang termudah.

Jika Anda ingin membeli router nirkabel sendiri, maka kami merekomendasikan Anda untuk mencari referensi informasi yang lengkap. PC Mag menawarkan panduan yang lengkap tentang Cara Membeli Router Nirkabel.

Beberapa modem internet mungkin sudah menyediakan fitur router nirkabel built-in sehingga Anda tidak perlu membeli secara terpisah.

Menyambungkan kabel

  1. Setelah menyiapkan router nirkabel, maka Anda harus menghubungkannya ke modem internet.

  2. Sambungkan kabel Ethernet dari modem ke router nirkabel (biasanya sudah disediakan kabel Ethernet saat Anda membeli router nirkabel).

  3. Colokkan kabel daya ke router nirkabel.

  4. Tunggulah minimal 30 hingga 60 detik dan pastikan lampu indikator pada router Anda berfungsi dengan benar.

Mengkonfigurasi router nirkabel

Selanjutnya, Anda harus menggunakan komputer Anda untuk mengkonfigurasi pengaturan router nirkabel. Proses konfigurasi ini termasuk mengatur nama dan kata sandi unik untuk jaringan nirkabel Anda.

  1. Buka browser web, lalu masukkan alamat IP default router ke dalam kotak isian alamat situs web, lalu tekan Enter. Petunjuk dokumentasi router nirkabel Anda harus menyertakan informasi IP yang biasanya terdiri dari beberapa alamat IP seperti 192.168.0.1 atau 192.168.1.1 atau 192.168.2.1.

  2. Halaman sign-in router nirkabel akan muncul. Periksalah kembali rincian sign-in yang sesuai dengan dokumentasi router nirkabel Anda (biasanya sebagian besar router nirkabel menggunakan kombinasi nama pengguna dan kata sandi standar seperti admin.

  3. Setelah sign-in berhasil, maka halaman pengaturan router nirkabel Anda akan ditampilkan. Cari dan pilih pengaturan "Network Name", lalu inputkan nama jaringan yang unik.

  4. Cari dan pilih pengaturan "Network Password" lalu pilih opsi Enkripsi. Ada beberapa jenis enkripsi yang dapat Anda gunakan, tetapi kami merekomendasikan opsi enkripsi WPA2 yang umumnya merupakan mode enkripsi paling aman.

  5. Masukkan kata sandi (password) yang Anda inginkan. Pastikan menggunakan kata sandi yang kuat untuk memastikan tidak ada orang lain yang dapat mengakses tanpa ijin jaringan nirkabel Anda.

  6. Cari dan pilih tombol "Save" untuk menyimpan pengaturan Anda.

Menghubungkan komputer dengan jaringan nirkabel

Selesai sudah proses konfigurasi jaringan nirkabel Anda ! Sekarang komputer Anda siap untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi. Proses untuk menghubungkan komputer ke jaringan Wi-Fi sedikit berbeda tergantung pada jenis komputer atau perangkat yang Anda gunakan, namun secara garis besar melalui langkah-langkah dasar ini.

  1. Cari pengaturan jaringan komputer, lalu cari jaringan Wi-Fi terdekat.

  2. Pilih jaringan Wi-Fi yang telah Anda konfigurasi di atas, dan masukkan kata sandi yang sesuai.

  3. Jika koneksi berhasil, maka bukalah browser web Anda dan cobalah akses ke sebuah situs web seperti www.google.com. Jika situs web berhasil ditampilkan, maka jaringan Wi-Fi sudah berfungsi dengan benar.

Selamat!

Anda sudah selesai membuat jaringan nirkabel (Wi-Fi) di rumah Anda sendiri!

/en/tr_id-basic-computer-skills/langkahlangkah-memperbarui-perangkat-lunak-anda/content/

/en/tr_id-computer-basics/mengenal-sistem-operasi/content/

Bagaimana cara terhubung ke internet ?

Setelah Anda selesai mengatur komputer Anda, maka Anda ingin menghubungkannya dengan layanan internet di rumah sehingga Anda dapat mengirim dan menerima email, browsing Web, video streaming, dan masih banyak lagi. Atau Anda ingin menikmati layanan internet nirkabel di rumah (atau yang dikenal sebagai Wi-Fi) sehingga Anda dapat menyambungkan beberapa perangkat komputer ke Internet pada waktu bersamaan.

Mari lihat video di bawah ini untuk memahami cara menghubungkan komputer ke Internet.

Jenis layanan internet yang dapat Anda pilih tergantung pada penyedia jasa layanan Internet (ISP) di sekitar Anda. Berikut ini adalah beberapa jenis layanan Internet yang umum.

  • Dial-up: Layanan ini merupakan layanan internet yang kecepatannya paling lambat, dan Anda sebaiknya tidak menggunakannya kecuali layanan ini adalah satu-satunya layanan yang tersedia di wilayah Anda. Dial-up menggunakan saluran telepon Anda, jadi Anda tidak dapat menggunakan telepon dan internet bersamaan kecuali Anda memiliki beberapa saluran telepon.
  • DSL: Layanan ini menggunakan koneksi broadband dimana kecepatannya jauh lebih cepat daripada layanan dial-up. DSL terhubung ke Internet melalui saluran telepon, tetapi tidak mengharuskan Anda memasang telpon di rumah. DSL berbeda dengan dial-up yaitu Anda dapat menggunakan Internet dan telepon Anda pada waktu yang bersamaan.
  • Kabel: Layanan ini terhubung ke Internet melalui kabel TV, meskipun Anda tidak perlu memiliki TV untuk menggunakannya. Layanan ini juga menggunakan koneksi broadband dan lebih cepat dari dial-up dan DSL; namun layanan ini dapat digunakan jika di wilayah Anda telah terpasang jaringan kabel TV.
  • Satelit: Koneksi satelit juga menggunakan broadband tetapi tidak membutuhkan kabel atau saluran telepon; namun melalui satelit yang mengorbit bumi. Dengan demikian, layanan ini dapat digunakan hampir di mana saja tetapi dapat dipengaruhi oleh kondisi cuaca. Koneksi satelit biasanya lebih lambat daripada layanan DSL atau kabel.
  • 3G dan 4G: layanan 3G dan 4G ini paling sering digunakan di ponsel yang terhubung secara nirkabel melalui jaringan seluler Anda. Namun, jenis layanan ini tidak secepat DSL atau kabel. Penyedia layanan ini juga membatasi jumlah pemakaian data yang digunakan setiap bulan, yang berbeda dengan sebagian besar layanan broadband.

Memilih penyedia layanan internet

Sekarang Anda sudah mengetahui tentang berbagai jenis layanan Internet dan Anda dapat menanyakan layanan-layanan mana yang disediakan oleh penyedia ISP di wilayah Anda. Jika Anda kesulitan memulainya, sebaiknya Anda bertanya kepada teman-teman, anggota keluarga, dan tetangga Anda tentang ISP yang mereka gunakan. Hal ini biasanya akan memberi Anda rekomendasi jenis layanan Internet yang tersedia di wilayah Anda.

Kebanyakan ISP menawarkan beberapa macam layanan internet yang kecepatannya diukur dalam Mbps (singkatan dari megabit per detik). Jika Anda ingin menggunakan Internet terutama untuk akses email dan jejaring sosial, maka kecepatan koneksi sekitar 2 sampai 5 Mbps sudah cukup. Jika Anda ingin mengunduh musik atau streaming video, maka Anda sebaiknya menggunakan koneksi internet yang lebih cepat (minimal 5 Mbps atau lebih tinggi).

Selain kecepatan, Anda sebaiknya juga mempertimbangkan beberapa faktor lainnya seperti biaya instalasi dan biaya bulanan. Pada umumnya, semakin cepat koneksi internet maka semakin mahal biayanya.

Meskipun layanan dial-up memiliki kecepatan lambat, sebagian besar ISP telah menaikkan biaya layanan dial-up sama dengan layanan broadband. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong pengguna beralih ke layanan broadband. Kami tidak menyarankan layanan dial-up kecuali layanan itu satu-satunya yang tersedia di wilayah Anda.

Perangkat keras yang dibutuhkan

Modem

Setelah Anda memiliki komputer, maka Anda tidak membutuhkan banyak perangkat keras tambahan untuk terhubung ke Internet. Perangkat utama yang Anda butuhkan adalah modem.

Jenis layanan Internet yang Anda akan gunakan juga akan menentukan jenis modem yang Anda gunakan. Koneksi dial-up menggunakan modem telepon, koneksi DSL menggunakan modem DSL, koneksi kabel menggunakan modem kabel, dan lkoneksi satelit menggunakan adaptor satelit. ISP yang Anda pilih dapat memberikan modem sekaligus (biasanya dikenakan biaya tambahan) saat Anda telah menandatangani kontrak pembelian layanan internet. Namun jika Anda ingin membeli modem sendiri, maka Anda dapat memilih untuk membeli layanan internet saja.

Router

Router adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dan perangkat lainnya ke koneksi internet tunggal. Mayoritas router adalah nirkabel, yang dapat Anda gunakan untuk membuat jaringan nirkabel di rumah (atau dikenal sebagai jaringan Wi-Fi).

Anda tidak harus membeli router supaya dapat terhubung ke Internet. Anda dapat langsung menghubungkan komputer ke modem menggunakan kabel Ethernet. Sebagian besar modem sudah memiliki fitur router built-in, sehingga Anda dapat membuat jaringan Wi-Fi tanpa perlu membeli perangkat tambahan.

Pengaturan koneksi internet Anda

Setelah Anda membeli layanan internet dari ISP pilihan Anda, maka pada umumnya mereka akan mengirim teknisi ke rumah Anda untuk mengaktifkan koneksi internet. Jika tidak demikian, maka Anda dapat mengikuti panduan yang disediakan oleh ISP (atau sudah termasuk dengan panduan modem) untuk mengatur koneksi Internet Anda.

Setelah Anda selesai mengatur semuanya, maka Anda dapat membuka browser web dan mulai menggunakan Internet. Jika Anda mengalami kendala dengan koneksi internet Anda, maka Anda dapat menghubungi nomor telepon ISP.

Jaringan internet di rumah Anda

Jika Anda memiliki beberapa komputer di rumah dan ingin menggunakan semuanya untuk mengakses Internet, maka Anda dapat membuat jaringan internet nirkabel di rumah Anda (dikenal sebagai jaringan Wi-Fi). Semua perangkat di rumah Anda terhubung ke router yang terhubung ke modem. Dengan demikian, setiap orang di rumah Anda dapat menggunakan Internet bersamaan.

Teknisi ISP Anda mungkin dapat membantu membuat jaringan Wi-Fi saat memasang layanan Internet Anda. Jika tidak demikian, Anda dapat mempelajari panduan kami tentang langkah-langkah membuat jaringan Wi-Fi di How to Set Up a Wi-Fi Network.

Jika Anda ingin menghubungkan komputer yang tidak memiliki fitur Wi-Fi built-in, Anda dapat membeli adaptor Wi-Fi yang dihubungkan ke port USB komputer Anda.

/en/tr_id-computer-basics/memulai-menggunakan-internet/content/