Kenapa orang sunda tidak mau disebut orang jawa

Ini yang seringkali membuat orang-orang dari luar pulau Jawa bingung, mengapa orang Sunda dan Betawi dan penduduk Jakarta lainnya enggan disebut ‘orang Jawa’, padahal orang Minang, Batak, dan Aceh tak ada masalah disebut sebagai orang Sumatra, orang Lamaholot, Sikka, Manggarai, dan Lio ada masalah disebut sebagai orang Flores, orang Dayak, Banjar, dan Kutai tak ada masalah disebut sebagai orang Kalimantan, dan orang Bugis, Makassar, Bone, Minahasa, Kaili, Gorontalo, dan Toraja tak ada masalah disebut dengan orang Sulawesi.

Hal ini disebabkan karena saat orang-orang luar pulau Jawa disebut sebagai orang yang tinggal di pulau asli mereka, tidak ada suku yang bernama persis seperti nama pulau tempat mereka tinggal. Tidak seperti di Pulau Jawa yang penduduknya tidak hanya terdiri atas suku Jawa, namun juga ada orang Sunda, Betawi, penduduk Jakarta lainnya, bahkan keturunan pendatang dari luar pulau Jawa.

Mari kita perhatikan peta di bawah

Bisa kita lihat bahwa orang penutur bahasa Jawa menempati seluruh Jawa Tengah, pesisir utara Jawa Barat dan Banten, dan sebagian besar Jawa Timur. Inilah yang disebut sebagai Tanah Jawa. Di bagian barat dan barat daya tanah Jawa, terdapat Tatar Sunda di mana penduduknya merupakan penutur bahasa Sunda.

Sebetulnya, batas alami zaman dulu antara orang Jawa yang tinggal di Tanah Jawa dengan orang Sunda yang tinggal di Tatar Sunda adalah sungai Cipamali yang bermuara di pantai Brebes di sebelah utara, dan sungai Ciserayu yang bermuara di pantai Cilacap di selatan. Namun, pada zaman dulu, Kerajaan Tarumanegara di Jawa Barat sempat meluaskan kekuasaannya hingga mencapai wilayah Kendal di utara dan Bagelen / Bagaluhan [Purworejo] di selatan. Ada pula dugaan bahwa sebenarnya pun orang Sunda sempat tinggal hingga menjorok hingga Kendal dan Bagelen, namun pada akhirnya terasimilasi menjadi penutur bahasa Jawa Ngapak setelah wilayah tempat tinggal mereka masuk ke dalam wilayah kerajaan Mataram Hindu, Kediri, Singasari, dan Majapahit.

Periode selanjutnya adalah ekspansi orang Jawa ke Jawa Barat. Dimulai dari berdirinya kerajaan Islam Cirebon. Walau pendiri kerajaan Cirebon adalah ningrat dari kerajaan Pajajaran yang bercorak Sunda, pada akhirnya kerajaan Cirebon memilih bahasa Jawa sebagai bahasa resminya. Saya menduga hal ini dilakukan untuk lebih mendekatkan diri kepada kerajaan Islam Demak yang berbudaya dan berbahasa Jawa. Pedagang-pedagang dan nelayan-nelayan suku Jawa pun banyak yang mendarat di Cirebon. Pemuka-pemuka agama Islam tentu saja banyak yang datang dari Tanah Jawa karena orang-orang Tanah Jawa terlebih dulu menerima Islam secara masif dibandingkan orang-orang Tatar Sunda. Ada pula cerita tentang Adipati Wiralodra yang berasal dari Bagelen yang membawa banyak pekerja dari Tanah Jawa dan keluarga mereka untuk memperbaiki pelabuhan di muara sungai Cimanuk di Indramayu yang berbatasan dengan Cirebon. Kerajaan Islam Banten pun didirikan dari gabungan dari para pendatang dari kerajaan Cirebon dan Demak yang tinggal di wilayah pesisir utara. Adanya orang-orang Jawa yang masuk ke wilayah utara Jawa Barat ini membuat orang Sunda lebih banyak ditemukan di daerah selatan menjauhi pesisir utara.

Orang-orang Jawa yang tinggal di pesisir utara Banten, Indramayu, dan Cirebon mengembangkan budaya sendiri, independen dari budaya Jawa yang berkembang di Jawa Tengah dan Jawa Timur, bahkan berbeda dengan budaya Jawa Tegal-Banyumasan yang lebih sering dikenal sebagai budaya Jawa Ngapak. Memang ada orang-orang Banten utara, Indramayu, dan Cirebon yang tidak mau disebut sebagai orang Jawa, namun sebenarnya secara kebudayaan dan bahasa, mereka masih bisa digolongkan sebagai orang Jawa, meski memang budaya mereka lain dengan budaya Jawa di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Beberapa orang penduduk Banten utara, Indramayu, dan Cirebon bahkan menyebut tempat tinggal mereka sebagai [Tanah] Jawa. Sementara itu, penduduk Tatar Sunda memiliki budaya dan bahasa yang lain dari penduduk Tanah Jawa. Kekerabatan antara bahasa Jawa dengan bahasa Sunda sebenarnya tidaklah terlalu dekat. Bahasa Sunda malah sebenarnya lebih dekat dengan bahasa Melayu dan Bali daripada dengan bahasa Jawa. Karena perbedaan budaya dan bahasa itulah maka suku Sunda sebagai penduduk Tatar Sunda enggan disebut sebagai orang Jawa, karena di pikiran mereka, orang Jawa itu berarti orang yang berbahasa dan berbudaya Jawa. Contoh percakapan berbahasa Sunda. Orang Jawa yang tinggal di Jawa Tengah dan Jawa Timur akan lebih mengerti percakapan bahasa Jawa Cirebonan yang saya bagikan tadi dibandingkan dengan percakapan bahasa Sunda.

Jakarta, sebagai pewaris sejarah yang dimulai dari Sunda Kelapa, Jayakarta, dan Batavia, pun sebenarnya pun merupakan wilayah yang dulunya masuk ke dalam Tatar Sunda. Orang Sunda adalah penduduk asli daerah yang sekarang bernama Jakarta, sementara orang Betawi baru mulai terbentuk begitu Batavia dijadikan koloni Belanda.

Oleh karena aslinya Jakarta, yang dulunya bernama Sunda Kelapa, adalah wilayah Tatar Sunda, maka penduduk Jakarta juga merasa berbeda dengan orang Jawa. Mereka jelas menolak disebut sebagai orang Jawa. Meski terdapat migrasi besar-besaran suku Jawa ke Batavia hingga Jakarta, suku Jawa tidak pernah mencapai jumlah mayoritas [lebih dari 50%] di Jakarta, yang mengakibatkan anak keturunan orang Jawa yang lahir di Jakarta hampir dipastikan akan kehilangan kemampuan berbahasa Jawa, dan pada generasi berikutnya, mereka akan merasa berbeda dengan orang Jawa meski mungkin mereka menyadari bahwa mereka juga keturunan suku Jawa.

Sunda Kelapa, Jayakarta, Batavia, dan Jakarta adalah kota multietnis. Tidak ada satu pun etnis yang secara jumlah mendominasi hingga mencapai persentase lebih dari 50%. Karena keadaan multietnis inilah, terjadi percampuran budaya, bahasa, kebiasaan, dan tradisi di antara penduduk Jakarta yang multietnis, yang membuat penduduk Jakarta merasa berbeda dengan penduduk di sekitar mereka, yakni suku Jawa dan Sunda, namun terutama dengan suku Jawa.

Oh ya, karena dulunya merupakan wilayah dari Tatar Sunda, maka pendatang suku Sunda yang merantau ke Jakarta beserta anak keturunan mereka biasanya tidak akan mengatakan ‘mudik ke Sunda’ apabila hendak pulang ke kampung halaman mereka di Jawa Barat dan Banten selatan, namun langsung spesifik ‘mudik ke Bandung’ atau ‘mudik ke Sukabumi’ atau ‘mudik ke Pandeglang’ atau ‘mudik ke Karawang’. Berbeda dengan para pendatang suku Jawa dan anak keturunan mereka yang akan mengatakan ‘mudik ke Jawa’ saat hendak pulang ke kampung halaman mereka di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Maksud dari ‘mudik ke Jawa’ di sini adalah ‘mudik ke Tanah Jawa’, baru apabila ditanya lebih rinci, mereka akan menjelaskan lebih detail lokasi kampung halaman mereka di Tanah Jawa, yakni provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

BNews–JATENG- Mungkin masyarakat awam, terlebih yang berada di luar Pulau Jawa sering merasa terheran-heran kenapa orang-orang di Jawa Barat tidak berbahasa Jawa. Bahkan terkadang menolak disebut sebagai orang Jawa.

Padahal sejatinya mereka tinggal dan hidup menerap di Pulau Jawa. Mengapa bisa demikian?

Dilangsir dari phinemo.com, Janggal memang, saat hampir seluruh wilayah di Pulau Jawa menggunakan Bahasa Jawa sebagai bahasa keseharian, orang-orang Jawa Barat justru malah berbahasa Sunda.

Dalam ilmu linguistik, antara Bahasa Jawa dan Bahasa Sunda sebenarnya masih satu rumpun bahasa Melayu-Polinesia. Meskipun demikian, tetap saja dari segi fonologi, penuturan, dan sistem penulisan keduanya jelas sangat berbeda.

Alasan kenapa orang-orang Jawa Barat tidak berbahasa Jawa serta menolak jika disebut orang Jawa adalah karena memang mereka bukan orang Jawa. Orang Jawa yang tinggal di sebagian besar wilayah Pulau Jawa berasal dari Suku Jawa.

Sedangkan orang-orang di Jawa Barat tidak, mereka berasal dari kelompok etnis berbeda, Suku Sunda. Mereka sudah sejak lama tinggal di wilayah barat Pulau Jawa yang dikenal sebagai Tatar Pasundan.

Tome Pires, seorang penjelajah Portugis dalam catatannya Suma Oriental pada abad ke-16 menjelaskan bahwa Tatar Pasundan adalah tanah kesatria dan pelaut pemberani. Mereka jauh lebih terkenal dibandingkan para kesatria atau pelaut dari Jawa. Menurut Pires orang Sunda pada masa itu selalu bersaing dengan orang Jawa, begitu pula sebaliknya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS [KLIK DISINI]

Dalam keseharian, antara orang Jawa dan Sunda tidak terlalu akrab dan berteman. Namun tidak pula bermusuhan. Mereka mengurus urusannya masing-masing. Mereka saling berdagang. Tapi ketika bertemu di lautan sebagai seorang perompak, pihak yang lebih siap akan lebih dulu menyerang. Serangan biasanya terjadi di wilayah perairan Cimanuk, tak peduli betapa erat hubungan atau pertemanan diantara keduanya.

Sejarah Penyebaran Bahasa Sunda

Karena memang bukan bagian dari Suku Jawa, Suku Sunda berbicara dengan bahasanya sendiri. Penyebaran Bahasa Sunda banyak diperngaruhi oleh peran politik dari kerajaan yang bertahta di Tatar Pasundan. Sebagian wilayah barat Jawa Tengah, khususnya Brebes dan Cilacap menggunakan Bahasa Sunda karena dulunya berada di bawah kekuasaan Kerajaan Galuh.

Masyarakat di Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah juga menggunakan Bahasa Sunda hingga abad ke-6 M. Hal ini diketahui dari sumber nama “Dieng” yang berasal dari kata dalam Bahasa Sunda Kuno, Dhiyang. Seiring transmigrasi dan imigrasi yang dilakukan etnis Sunda pasca kemerdekaan, membuat penggunaan Bahasa Sunda terus meluas hingga luar Pulau Jawa.

Tidak seperti Bahasa Jawa, Bahasa Sunda tidak mengenal tingkatan bahasa atau undak-usuk, Namun setelah Kerajaan Mataram Islam mulai berkuasa di Pulau Jawa, Bahasa Sunda – terutama di wilayah Parahyangan – mulai terpengaruh budaya Jawa. Bahasa Sunda selanjutnya mengenal tingkatan bahasa, mulai dari bahasa halus, bahasa loma/lancaran, dan bahasa kasar.

Bahasa Jawa di Jawa Barat

Memang sebagian besar penduduk Jawa Barat dan Banten menggunakan Bahasa Sunda dalam kesehariannya. Namun ada beberapa wilayah di Jawa Barat yang ternyata menggunakan Bahasa Jawa. Meskipun Bahasa Jawa yang digunakan tidak sama dengan yang digunakan di wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Beberapa wilayah tersebut adalah Kota Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten/Kota Cirebon, dan sebagian Pesisir Pangandaran, Kuningan, Majalengka, serta Subang. [*/Phinemo]

Video yang berhubungan

Bài Viết Liên Quan

Bài mới nhất

Chủ Đề